Review Komik Sandi Nusantara: Komik Petualangan Sains Budaya

"Setelah bangun dari tidurnya yang lelap, Sandi hanya mengingat namanya sendiri dan wajah sang Ayah. Saat itu Ia menemukan pesan dari Ayahnya yang memintanya bertualang masuk ke dalam sebuah buku yang bisa mengfembalikan semuat itu? Atau ada hal lain yang disiapkan oleh sang Ayah untuknya tentang nusantara?"

Saat pertama kali membaca blurb komik Sandi Nusantara, imajinasi yang terlintas di kepalaku adalah, apakah komik ini merupakan komik misteri sekaligus komik petualangan yang hendak membongkar rahasia Atlantis di Nusantara?

Ah tidak sabar juga untuk membaca petualangan Sandi dalam komik ini. Halaman demi halaman dibuka dan menampilkan gambar yang ciamik! Style gambarnya seperti manga, nge-pop banget untuk gambar komik Indonesia!

Baca Komik Sandi Nusantara
Baca Komik Sandi Nusantara

Rangkaian cerita komik Sandi Nusantara membawa kita flashback ke memori-memori masa lalu Gendra, Ayah Sandi. Bayangkan, kita dituntun untuk mengamini kalau cita-cita seharusnya tidak hanya melulu soal profesi, bisa juga tentang perjalanan ke Paris! Cita-cita yang diidam-idamkan anak sekolah dasar di ujung barat Pulau Sumatera di tahun 80-an, ketika belum ada gadget dan akses internet. Kok bisa imajinasi Gendra melayang nun-jauh kesana?

Ternyata Paris, tidak cuma sekadar negara barat yang indah dengan kemegahan Menara Eiffel-nya, Gendra membawa kita bertemu dengan tokoh-tokoh ilmuwan sains seperti Waclaw Sierspinski yang menjelaskan konsep segitiga sierspinski dalam struktur bangunan menara Eiffel, juga Benoit Mandelbort yang menunjukkan konsep geometri fraktal, geometri kemiripan pada diri sendiri yang jumlahnya tak terhingga di Menara Eiffel. Juga, penjelasan ekspansi thermal Menara Eiffel yang menyusut saat musim dingin dan memuai saat musim panas, sehingga ukurannya pun berubah-ubah.

Waaaaahhhh, baru di petualang-petualangan awal komik Sandi Nusantara, kita sudah diajak melanglang buana ke Paris dan belajar sains dengan gambar yang menarik dan bahasa yang mudah dimengerti, bahkan untuk usia anak-anak.

Spoiler Komik Sandi Nusantara
Spoiler Komik Sandi Nusantara

Buat teman-teman seangkatanku, muda-mudi generasi millenial, pasti pernah mengalami ini, menggambar pemandangan dengan dua buah segitia, setengah lingkaran di antara segitiga, segitiga panjang dari ujung garis horizontal di tengah halaman buku gambar sampai ke tepi, jajar genjang di sisi kanan dan kiri lengkap dengan kotak kubus di sebelah kanan. Yaaa, itulah pemandangan gunung dengan matahari dan jalan pedesaan, dilengkapi dengan area sawah di sebelah kiri, dan rumah di sebelah kanan. Nostalgia dengan gambar gunung ini?

Itulah geometri (lebih awam kita kenal sebagai matematika) yang diajarkan pada kita, anak-anak pelajar dari bangku sekolah dasar. Nyatanya geometri alam tidak seperti itu bentuknya, bukan berupa geometri dimensi 1 berbentuk garis horizontal, geometri dimensi 2 berbentuk segitiga gunung, lingkaran matahari, trapesium sawah, bukan juga geometri dimensi 3 berbentuk kubus rumah di pinggir kiri jalan.

Geometri alam lebih kompleks, geometri fraktal namanya.

Geometri yang memiliki kemiripan dengan dirinya sendiri, dan berbentuk pecahan, seperi brokoli yang kalau di buka tangkainya satu per satu, semuanya mirip! Juga ranting-ranting pohon, awan, juga ombak pantai. Ternyata kehidupan sehari-hari kita sangat dekat dengan sains, tapi kita tidak tahu. Komik Sandi Nusantara, benar-benar menjadi komik petualangan sekaligus komik sains yang menarik! Sudah auto masuk daftar buku bacaan parenting buatku. Mengenalkan sains sedari dini dengan media yang menarik dan kreatif!

Komik Sandi Nusantara yang terbit pada Agustus 2023 ini, merupakan Volume 1 dari Komik Sandi Nusantara, akan ada volume-volume berikutnya yang bikin penasaran dengan petualangan Sandi berikutnya, terlebih di akhir komik Sandi Nusantara, ada spoiler tentang dunia metaverse!

Komik Sandi Nusantara
Komik Sandi Nusantara
Pengarang: Hockey Situngkir
Cerita: Riani Charlina
Ilustrasi: Kris Yunita
Penerbit: Expose Anggota IKAPI
Cetakan ke-1, Agustus 2023
ISBN: 978-602-7829-74-9
Cover: Soft Cover
Isi: Full Color, 184 halaman

Jangan lewatkan kesempatan mendapatkan media edukasi yang kreatif dan menarik ini, penting buat mendidik anak-anak dan keponakan-keponakan kita tentang sains, apalagi literasi sains di Indonesia tergolong paling rendah peringkat 70/78 di antara kelompok negara-negara Organization Economic Cooperation Development (OECD). Semoga keberadaan komik sains seperti komik Sandi Nusantara bisa menjadi media literasi sains bagi anak-anak dan generasi pemimpin masa mendatang.

Promo terbatas buat kamu buat mendapatkan diskon 20% pembelian komik Sandi Nusantara di Tokopedia pakai kode promo XITY3CHM4

Buat yang suka koleksi merchandise, promo paket bundling ini juga sayang kalau dilewatkan yaaaa.

Promo Paket Bundling Komik Sandi Nusantara
Promo Paket Bundling Komik Sandi Nusantara

Review Buku Lainnya:

12 comments

  1. Wah, menarik sekali bukunya. Membaca komik sekaligus mengenal sains. Pasti anak-anak jadi suka belajar sains

    ReplyDelete
  2. saya suka baca komik dan sudah lama tidak membaca komik, penasaran jaidnya pengen cobain beli komik Sandi Nusantara ini, pasti bagus banget ya dari covernya saja sudha terlihat menarik

    ReplyDelete
  3. Wah bagus nih, komiknya , Mbak Wulan. Selain alur cerita, banyak juga pengetahuan yang cocok untuk anak-anak. Dan kalau info begini, pembaca anak-anak lebih cepat paham lewat cerita dan gambar.
    Promo Paket Bundling Komik Sandi Nusantara juga menarik hati.

    ReplyDelete
  4. Kyaaaa mauu bangettt mbaa~ pengeen punya komiknya juga. Kayaknyaa bagusss banget, gambarnya jg ngga ngasal hahaha. otw hubungi cp nya ah

    ReplyDelete
  5. Menarik nih komiknya, mau juga, ilustrasinya bagus ya, ceritanya bikin penasaran secara aku suka banget komik

    ReplyDelete
  6. Kalau melihat dari penampakan si karakternya kayak ala-ala manga gitu ya kak, jadinya seger sih tampilannya sambil menceritakan tentang sains

    ReplyDelete
  7. Menarik kak komiknya. Komik macam ini harus diperbanyak kalau menurutku biar lebih banyak komikus berkarya dan berjaya. Apalagi kalau komiknya memberi nilai-nilai edukasi ke pembacanya. Keren sih itu kak

    ReplyDelete
  8. Cakep nih. Bukunya cocok buat nambah pengetahuan anak sekaligus orang tua, yah kak.

    ReplyDelete
  9. Hahaha, iya. Ingat banget pernah gambar gunung dengan membuat 2 segitiga, terus dikasih matahari di tengahnya yang seakan-akan muncul dari balik gunung itu. Terus di kasih jalan lurus menuju gunungnya. Hehehe...

    ReplyDelete
  10. Unik bgt nih ada komik bergaya webtoon tp isinya lokal. Yg keren, ada cerita science plus budaya jd satu. Jd kita bs dpt pelajaran ganda tuh. Science dpt, budaya jg dpt. Emg keren sih pencipta komik ini.

    ReplyDelete
  11. Aku tuh suka baca komik karena ada gambarnya. Bisa dipakai untuk mengajarkan anak belajar membaca juga. Keren nih sandi nusantara yang basa budaya bangsa lewat komik. Bisa buat belaja anak anak

    ReplyDelete
  12. Buat yang penasaran ingin membaca Komik Sandi Nusantara, kesempatan bagus banget yah.. karena bisa membeli dengan harga diskon plus dapetin merchandise khas Sandi. Aku penasaran banget sama kelanjutan kisah Sandi dalam menemukan jati dirinya.

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation