11 Istilah Dasar Digital Marketing

11 Istilah Dasar Digital Marketing
11 Istilah Dasar Digital Marketing

Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran atau promosi statu merek, brand atau produk yang dilakukan secara online dengan menggunakan media online atau internet. Digital marketing menjadi strategi pemasaran yang berkembang pesat di era digital saat ini. 

Tren terbaru dalam digital marketing melibatkan penggunaan data yang lebih cerdas untuk mengidentifikasi target audience secara lebih tepat. Digital marketing berupaya meningkatkan pengalaman pengguna, personalisasi konten dan memanfaatkan teknologi seperti kecerdasan buatan dan analitik data untuk mengoptimalkan kampanye pemasaran.

Selain itu, platform media sosial terus menjadi pusat perhatian dalam digital marketing. Saat ini, media sosial kian memiliki peran yang semakin penting dalam membangun brand awareness dan interaksi langsung dengan konsumen. 

Berikut 11 istilah dasar dalam dunia digital marketing
  1. Impression. Jumlah tayangan pada konten.
  2. CTR (Click Trough Rate). CTR=Click/Impression. Menunjukkan kualitas konten iklan, berhasil membuat orang meng-click iklan tersebut. Semakin tinggi kualitas konten, semakin banyak orang yang tartarik pada konten dan klik kontennya.
  3. Click. Merupakan jumlah click/klik yang terjadi pada landing page. Semakin tinggi, semakin relevan landing page-nya.
  4. Click Rate. Dihitung dengan membagi jumlah click dengan Impression Landing Page (Click/Impression LP). Click rate menunjukkan percentage orang yang men-klik landing page. Metriks click rate biasa digunakan juga pada email marketing untuk mengukur klik pada link yang diberikan.
  5. CPC (Cost per Click). CPC=Cost/Click. Menunjukkan seberapa mahal biaya tiap klik yang didapatkan dari iklan.
  6. Conversion Rate, dihitung dengan membagi jumlah Conversion dengan Click, Conversion/Click. Menunjukkan seberapa bagus kualitas orang-orang dari click, jika hasilnya jelek, mungkin targetnya salah orang.
  7. CPR (Cost per Result). CPR=Cost/Conversion. Menunjukkan seberapa mahal harga conversion atau berapa uang yang dikeluarkan untuk 1 konversi.
  8. ATV (Average Transaction Value). Menunjukkan Basket Size, seberapa banyak rata-rata spending 1 orang di tiap transaksi.
  9. ROAS (Return of Ads Spend). Revenue yang dihasilkan dari specific ads/total ads spend. Seberapa bagus ads yang dipakai.
  10. MER (Marketing Efficiency Ration). MER=Total Ratio. Merupakan total revenue dari all paid media/cost all paid media. Menunjukkan efisiensi dari media buying/ads yang telah dilakukan.
  11. ROI (Return of Investment). ROI=(Total Revisi-Total Cost)/Total Cost. Menunjukkan biaya keseluruhan cost yang dikeluarkan.

No comments

your comment awaiting moderation