Tips Mengatur Keuangan untuk Masa Depan

Masa pandemi seperti sekarang ini semakin terasa ya pentingnya mengatur keuangan agar tidak terhimpit dengan beban dan risiko ekonomi. Aku sering mendengar keluhan anggota keluarga, teman dan kerabat yang mengalami dampak keuangan dan jatuh bangunnya ekonomi keluarga selama Covid-19 menyerang. Mengatur keuangan ternyata tidak hanya sesederhana mengatur uang masuk dan uang keluar atau pun menjaga pemenuhan kebutuhan sehari-hari, tetapi juga memikirkan tentang prospek masa depan baik untuk keperluan tabungan, investasi atau meminimalisir risiko keuangan.

Selagi kita memiliki penghasilan baik penghasilan rutin dari gaji maupun pendapatan sampingan ataun hasil usaha, memang sudah harus memulai membuat perencanaan keuangan untuk masa depan. Aku bersyukur sekali, karena sudah mendapatkan didikan manajemen keuangan ala Mamak aku sendiri sedari usia sekolah dasar untuk bijak menggunakan dan mengelola uang. Meminimalisir pengeluaran konsumtif dan perbanyak belanja produktif atau pun investasi aset masa depan. Seiring perjalanan hidup, aku pun mendapatkan tambahan-tambahan insight baru seputar pengaturan dan pengelolaan keuangan. Berikut tips mengatur keuangan untuk masa depan ala aku!

01 Pay the Bill

Sebagai karyawan kantoran yang rutin mendapatkan salary setiap tanggal satu setiap bulannya aku selalu menerapkan prinsip bayar-bayar tagihan di tanggal satu. Tentu, sebelumnya aku sudah membuat pembukuan keuangan, tagihan dan cicilan bulanan yang harus dibayarkan, dan aku akan memulai pengeluaran awal bulan dengan membayar seluruh daftar cicilan dan tagihan terlebih dahulu sebelum beranjak ke urusan tabungan dan belanja-belanja lainnya.

Sisihkan Pendapatan untuk Tabungan

Jumlah tabunganku setiap bulannya tidak menetap, tergantung dengan banyaknya pemasukan tambahan yang aku peroleh dari pekerjaan content creator. Semakin banyak penghasilan tambahan yang aku dapatkan maka semakin banyak nominal uang yang aku sisihkan untuk tabungan. Biasanya, ketika pencairan invoice pekerjaan content creator, aku akan mengalokasikan sebagian dana tersebut ke aplikasi reksa dan dengan minimum belanja Rp 100.000,- Namun, selain menunggu pembayaran invoice content creator, aku selalu mengalokasikan tabungan auto debit dengan jumlah tetap setiap bulannya yang akan otomatis ditarik dari rekening utama. Sehingga secara otomatis akan terpotong sejumlah nominal tabungan di setiap tanggal satu dari rekening payroll gaji.

Membuat Pos Kebutuhan Primer Bulanan

Setelah membayar tagihan, cicilan dan tabungan barulah aku akan mengalokasikan uang belanja untuk membeli kebutuhan pokok mulai dari bahan makanan, dan keperluan haircare, skincare, make up, bodycare atau pun outfit yang sekiranya dibutuhkan sesuai dengan budget yang tersedia.

Belanja Kebutuhan Bulanan

Boleh Berhutang, Asal Produktif

Salah satu prinsip keuangan yang ditanamkan Mamak juga, kita boleh berhutang asal produktif misalnya saja untuk membeli properti yang mana nilainya di masa mendatang akan lebih menguntungkan, dan aku sendiri sudah merasakan hal ini. Beberapa tahun belakangan ini pun aku mengambil hutang untuk membeli smartphone canggih untuk menunjang kebutuhan produksi konten dan menjadi aset produkti bagiku.

Meminimalisir Risiko dengan Asuransi

Asuransi merupakan upaya perlindungan dalam salah satu pengaturan keuangan yang penting namun sering luput dan terabaikan dari daftar perencanaan keuangan. Padahal, keikutsertaan asuransi akan membantu kita meminimalisir risiko keuangan di masa mendatang, misalnya saja asuransi kesehatan akan meng-cover biaya rumah sakit dan perawatan pada saat kecelakaan, sehingga bisa meminimalisir risiko keuangan saat terjadi peristiwa naas tersebut. Contohnya saja, dulu sewaktu aku duduk di bangku SMP dan mengalami kecelakaan motor sehingga harus melakukan operasi kepala, orang tuaku harus menjual sebidang tanah sawah untuk membiayai operasi dan perawatanku selama di rumah sakit. Tentu hal demikian tidak akan terjadi jika saat itu orang tuaku memiliki asuransi kesehatan bagi seluruh anggota keluarganya bukan?! Karena ada sejumlah uang pertanggungan yang akan diberikan oleh penyedia jasa asuransi kesehatan sesuai polis dan premi asuransi kesehatan yang diambil.  

Selain asuransi kesehatan, ada juga asuransi jiwa yang menurutku penting untuk dimiliki terlebih bagi kepala keluarga atau pun pencari nafkah dalam keluarga. Karena kepemilikan asuransi jiwa akan memberikan santunan sesuai dengan kesepakatan polis asuransi jiwa manakala pemegang asuransi meninggal dunia. Dengan kepemilikan asuransi jiwa, anggota keluarga yang ditinggalkan baik pasangan maupun anak akan mendapatkan uang santunan dari polis asuransi jiwa tersebut. Sehingga, tidak lagi menjadi beban anggota keluarga yang ditinggalkan, justru memberikan uang perlindungan untuk kebutuhan hidup di masa mendatang.

FWD Insurance dan Aplikasi Chatbot Fi untuk Permudah Proses Asuransi

FWD Insurance menjadi salah satu perusahaan penyedia jasa asuransi digital yang terpercaya dan terkemuka di Indonesia. Dengan track record yang bagus selama kiprahnya di Indonesia bisa menjadi salah satu jaminan perlindungan risiko keuangan kita di masa mendatang, baik dengan polis asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa. Sebagai asuransi digital tentu memberikan keuntungan dan kemudahan tersendiri di masa pandemi seperti sekarang, terlebih dengan peluncuran chatbot Fi yang akan membantu mempercepat dan mempermudah proses asuransi para calon nasabah. Chatbot Fi menjadi salah satu komitmen FWD Insurance untuk memberikan pengalaman asuransi yang lebih baik kepada nasabah. Fi siap membantu nasabah mendapatkan layanan yang paling sederhana, cepat dan dapat diakses 24/7.

Penggunaan layanan chatbot Fi pun sangat mudah, kita tinggal mengakses laman www.fwd.co.id dan bisa langsung melakukan chat secara real time dengan Fi untuk mencari informasi seputar asuransi dengan mudah dan cepat. Sekarang, Fi dapat membantu nasabah dengan layanan-layanan seperti,

  • Informasi produk dan brosur.
  • Prosedur untuk melakukan perubahan polis dan klaim.
  • Menemukan lokasi rumah sakit/klinik rekanan dan kantor pemasaran FWD Insurance terdekat.

Chatbot Fi FWD Insurance

Semakin mudah dan praktis ya untuk menggali informasi terkait layanan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa maupun jenis asuransi dan layanan lainnya yang disediakan FWD Insurance. Kehadiran chatbot Fi menjadi cara FWD Insurance untuk mengenalkan dan mendekatkan layanan asuransi kepada publik supaya lebih mudah dipahami, mudah dibeli dan mudah diklaim. Jadi, sudah ga ada lagi alasan bingung dan tidak tahu product knowledge asuransi ya karena ada layanan chatbot Fi dari FWD Insurance?! Yuk lindungi risiko keuangan kita di masa depan!


50 comments

  1. Sisihkan dana untuk tabungan? Setuju!

    Karena selain dana darurat, tabungan juga perlu untuk kepentingna tak terduga di masa depan ya kak

    ReplyDelete
  2. Lucu banget ini si Fi. Sangat membantu mendapatkan info seputar keuangan dong, ya

    ReplyDelete
  3. Asuransi emang berguna banget klo ada hal-hal urgent, misalnya kecelakaan gitu ya, mba
    Jadi ga harus jual asset buat pengobatan

    ReplyDelete
  4. Nah bener juga meski kepepet harus berhutang tapi tetap produktif biar bisa menghasilkan ya..semangat makin produktif!

    ReplyDelete
  5. Nah asuransi penting banget buat manajemen resiko keuangan klo ada apa2 ya mbak wulan

    ReplyDelete
  6. Di zaman pandemi gini, ngerasain banget pentingnya perencanaan keuangan. Hampir semua sektor terkena imbas pandemi. Selain menabung, salah satu cara menyelamatkan aset, ya dengan cara investasi, termasuk asuransi juga...

    ReplyDelete
  7. Kadang orang males kalo didatangin agen, terutama asuransi. Kesannya kayak melebihi orang minta sumbangan. Apalagi kalo agennya itu temen sendiri. Mau nolak, segan. Mau ikutan, kayak masih belum sreg dgn produknya.

    Kalo ada fitur chatbot kayak gini, terutama yang disediakan FWD, tentu kita bisa leluasa bertanya ttg produk asuransi, terlebih lagi yang cocok dgn kebutuhan kita.

    ReplyDelete
  8. wah bener sih, berhutang asal buat sesuatu yang produktif ya biar gak buntung.. Asuransi memang bisa jadi pilihan sih buat dana masa depan, apalagi nemu yang tepat ya

    ReplyDelete
  9. betul banget kak, aku sepakat kita boleh berhutang tapi yang produktif artinya hutang kita ini bisa dipakai untuk menghasilkan kembali. Wah FWD sih asuransi yang keren banget, produk asuransinya juga aku suka karena bisa cover kegiatan extreme.

    ReplyDelete
  10. FWD memang terdepan soal kemudahan dalam menyediakan layanan asuransi online yaaa, apalagi sekarang ada chatbot gini, jadi nilai plus tersendiri

    ReplyDelete
  11. penting banget menyisihkan dana untuk ditabung ya kak. Wah lucu banget ada chatbot Fi, serunya dibales langsung sama chatbot Fi, ya jadi gak di gosthing

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh berhutang asal produktif, nah ini ya biar ga kebablasan dan hutang makin numpuk. Bagus banget ada FWD fi chatbot ini lucuu

      Delete
  12. Pengen lebih dekat sama Fi nih. Biar makin tahu produk asuransi yang cocok untukku.

    Kita memang perlu menyisihkan uang tiap bulan buat nabung. Wajib banget. Terus kalau punya utang, ya wajib juga berusaha keras untuk melunasi.

    ReplyDelete
  13. Tabungan termasuk pengeluaran wajib ya Mbak... Akupun. Dulu itu aku nabung kalau ada dana sisa, sekarang enggak sih dan tabungan masuk pengeluaran wajib selain bayar cicilan2, bayar sekolah anak dan belanja.

    ReplyDelete
  14. Asuransi itu sekarang sudah menjadi kebutuhan utama.Aku pakai asuransi juga walaupun preminya tidak begitu besar tetapi membantu dan itu buat aku disiplin untuk menyisihkan dana tiap bulannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul nih, paling gak sudah ada persiapan keuangan kalau-kalau ada sesuatu yang tidak diinginkan, hidup jadi lebih tenang kalau ada asuransi ya :)

      Delete
  15. Tips mengelola keuangannya oke banget nih. Makasi sudah menuliskannya ya, kak. Hal penting yang perlu digarisbawahi seperti masalah utang. Jangan sampai deh berutang untuk hal-hal konsumtif ya.

    ReplyDelete
  16. wah ini makin inovatif ajaa FWD.. udah punya fitur chabot juga ya. mempermudah kalau kita mau nanya2 penting tanpa perlu menunggu terlalu lama untuk dapat jawaban

    ReplyDelete
  17. Boleh berhutang asal produktif ini bener banget.
    Bahkan ada slogan yang mengatakan kalau berhutang bikin hidup lebih hidup.
    Hihii...bukan berarti menyarankan berhutang, tapi ada perhitungan keuangan yang tepat untuk menjamin agar membayarnya bisa lancar.

    Seperti FWD Insurance yang kini memiliki Aplikasi Chatbot Fi yang bisa membantu mempercepat dan mempermudah proses asuransi para calon nasabah

    ReplyDelete
  18. asuransi penting banget, makanya milih asuransi juga gak sembarangan. asuransi yang track recordnya bagis kayak fwd insurance ini bisa jadi pilihan berlabuh ya kak

    ReplyDelete
  19. Gemes banget sih chatbotnya, jadi kalau mau nanya-nanya tentang FWD jadi lebih mudah ya.

    ReplyDelete
  20. Jaman teknology semuanya bikin jadi lebih mudah nih. Fwd bikin segalanya lebih tertata soal keuangan dan perlindungan anggota keluarga

    ReplyDelete
  21. Bener nih, Mba. Boleh pinjem uang asal untuk kebutuhan produktif. Dan jangan lupa untuk alokasikan dana untuk kebutuhan asuransi karena asuransi wajib punya.

    ReplyDelete
  22. Setuju banget pada poin boleh berhutang asal produktif karena ini akan mendatangkan 2 semangat sekaligus, usahanya itu sendiri dan melunasinya sekaligus.

    ReplyDelete
  23. harus semangat, apalagi untuk masa depan. Selalu produktif, buat orang-orang tersayang. Dengan asuransi, udh pasti aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sekali kak, buat keluarga tercinta yaa apa sih yang gak, musti kerjaaaa dan atur keuangan dengan baik

      Delete
  24. Asuransi sekarang ini udah kayak kebutuhan ya..ibarat punya payung buat jaga-jaga di musim hujan.

    ReplyDelete
  25. Aku dulu udah pernah nih coba fitur chatbot Fi ini. Lebih interaktif buat baca informasi tentang fitur-fitur asuransinya dibanding cari sendiri di website

    ReplyDelete
  26. Ada asiknya juga layananan chatbot begini. Terkadang saya suka malas ngobrol ma CS. Padahal ada yang pengen ditanyain. Nah, lebih nyantai kalau nanya ke Fi

    ReplyDelete
  27. punya dana tabungan itu memang perlu banget, bisa untuk dana darurat kalau lagi ada keperluan mendadak. Enak ya FWD sekarang punya Fi chatbot jadi lebih cepat pelayanannya

    ReplyDelete
  28. Paling sepakat sama nabung tiap dapet uang sih.. 👍

    ReplyDelete
  29. Hutang produktif nih yg masih aga membingungkan hihi.. karena rata2 abis ngutang buat jajan

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini aku beberapakali ambil hutang buat beli properti sih mas buat aset masa depan kan, sama buat cicilan iphone buat menunjang bikin konten hahhaha, jadi produktif toh, mereka bisa memberikan keuntungan buat masa kini dan masa depan hahhaha, IMHO

      Delete
  30. terobosan baru dari FWD nih pake chatbot.. saya udah nyoba utak atik chatbot dan membantu banget sik terutama buat informasi bersifat umum.. jadi gosah lama lama nunggu teleponan sama CS

    ReplyDelete
  31. Asuransi itu bak bawa payung ya. Kita tidak tahu kapan hujan datang, tapi tetap siaga bawa payung. Salam hangat kak Wulandari. @depus

    ReplyDelete
  32. hidup di masa pandemi memang butuh matang banget ya perencanaan keuangan, baik itu porsi investasi maupun asuransi. Nah untuk asuransi nih kalo fwd memang juara banget soal asuransi online praktis gak ribet cukup apply online

    ReplyDelete
  33. Kak Wulan udah ok banget mengatur keuangan. Auto debit untuk saving dan investing jadi bisa mengelola gaji dengan lebih baik. Enggak tergoda melihat saldo di rekening.

    ReplyDelete
  34. Seneng banget tuh ada aplikasi buat chat, meski masih berupa chatbot. Tapi aku lebih seneng chat dgn manusianya langsung sih, jadi bukan dgn mesin.

    Chatbot ini kalo pertanyaan template sih udah pasti bisa kejawab. Namun klo utk kasus tertentu, butuh jawaban dr manusia. Apalagi ini terkait jasa keuangan, khususnya asuransi. Jadi jangan main2 ya dgn konsumen.

    ReplyDelete
  35. Kalau saya sih selalu pakai cara yang sisihkan tabungan, dari jaman kuliah udah terbiasa dengan cara begitu hihi dan bener banget dikit2 tabungan jadi banyak.

    ReplyDelete
  36. Berhutang kalau produktif emang itu yang dilakukan para pebisnis ya. Jadi modal dan aset itu berputar untuk menghasilkan laba. Kalau berhutang buat memenuhi gaya hidup mah aduh itu salah banget kayanya ya

    ReplyDelete
  37. Urusan pengaturan keuangan ini aku baru benar-benar menerapkan. Setelah sekian lama memiliki penghasilan sendiri, aku suka abai. Hasilnya, aku nggak memiliki tabungan apapun. Sekarang mah alhamdulillah. Keuangan sudah mulai membaik.

    Terus urusan asuransi memang penting banget sih. Kita nggak tahu kan apa yang akan terjadi di masa depan.

    Jadi, asuransi tu semacam usaha untuk sedia payung sebelum hujan gitu.

    ReplyDelete
  38. Nah iya nih pos primer atau bulanan penting dirutinkan biar gak kebablasan ngambil buat dibelanjakan

    ReplyDelete
  39. setuju nih dengan ajaran Mamaknya, karena bisa dibilang hutang produktif itulah yang mencari dananya sendiri untuk membayar si hutang ya.
    kita memang harus punya asuransi karena gak tahu apa yang akan terjadi pada kita, makanya butuh perlindungan dini ya.

    ReplyDelete
  40. Wah seru ya.. aku sampai sekarang masih belum mulai pakai asuransi pribadi nih. karena masih tergantung sama yang kantor aja, hehe

    ReplyDelete
  41. FWD makin berkembang dan inovatif nih, salut banget. tau aja kadang kita2, ortu milenial, suka butuh tanya2 sesuatu tapi engga mau menunggu lama.. makanya kalau ada chatbot gini menurutku solutif banget kalau ada pertanyaan2 terkait asuransi yg kita beli

    ReplyDelete
  42. Berhutang untuk produktif ini aku setuju banget kak. Karena istilahnya akan terus berkembang itu usaha/apapun hal yg produktif tersebut. Kalau hutang konsumtif, jangan deh ya.

    ReplyDelete
  43. Chatbox salah satu ujung tombak CS, nih. Apalagi kalau sudah AI. Saya pernah coba chatbox perusahaan plat merah, aduh ngeselin. Ga dapat solusi malah dimintai review aja. Chatbox-nya FWD pasti bagus dan solutif.

    ReplyDelete
  44. asuransi kesehatan penting bgt. Minimal punya lah itu BPJS. Apalagi kalau udah punya penyakit bawaan spt jantung, diabet, darah tinggi dll agak sulit apply asuransi swasta. Bahkan bisa ditolak.

    ReplyDelete
  45. Dari kecil, papa mamaku selalu pakai asuransi untuk berobat. Bahkan sampai skr di saat sudah pensiun tapi masih aktif menjalankan bisnis, asuransi jadi membantu banget untuk berobat.

    Makanya saat udh nikah, yg aku dan suami beli pertamakali itu asuransi jiwa masing2. Itu semua utk memastikan anak2 kami nantinya ga akan terlantar sampai setidaknya lulus kuliah. Setelah asuransi jiwa kebeli, baru kami nambah asuransi kesehatan yg bisa cover rawat jalan dan rawat inap sekeluarga. Sebnrnya dari kantor udah ada. Tp itukan bakal selesai kalo udh pensiun. Sementara aku pengen di saat pensiun, amit2 kalo sakit, kami punya asuransi mandiri, ga tergantung Ama BPJS yg harus ngantri dan ada jdwal buat operasi misalnya. Mikirnya kalo udh tua, pengen yg nyaman ajalah kalo berobat 😄. Makanya LBH milih asuransi pribadi dr skr :).

    Toh kalo ada asuransi, rasanya itu tenang, kalo terjadi apa2, ga susah2 amat lah, atau ga harus ngabisin aset utk membiayai kerusakan atau sakit.

    ReplyDelete
  46. Suka banget dengan point, "Boleh berhutang asal produktif".
    Ini membuktikan bahwa pandemi bisa tetap menghasilkan pendapatan yang baik dengan ide-ide brilliant dan pengaturan keuangan yang strict.

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation