Sandi Nusantara: Menyusuri Jejak-jejak Sains dan Budaya Nusantara

Dulu, apa yang ku suka dari budaya Indonesia? Baju-baju adat tiap daerah yang terlihat cantik dan menarik! Apalagi setiap ada pawai kemerdekaan di sepanjang jalan raya Kabupaten Tegal! Sejak SMP, aku tak absen menonton pawai kemerdekaan untuk melihat penampilan baju-baju adat nusantara dan atraksi-atraksi kebudayaan yang ditampilkan murid-murid se-Kabupaten Tegal saat itu. Sampai akhirnya aku pun mulai ikut-ikutan kursus menari dan mulai mencoba-coba bersolek dengan kain dan kebaya milik mamak saat SMA.

Terlepas dari memori masa kecil, setelah merantau ke Jakarta dan bergabung dengan komunitas pendataan budaya. Kenangan-kenangan masa kecil itu seakan butiran debu di tengah kekayaan jutaan data budaya Indonesia ternyata!

Tak bisa dibantah, Indonesia menyimpan sejuta kekayaan budaya di setiap jengkal tanah airnya. Bukan hanya pernak-pernik kerajinan tangan, motif-motif wastra yang menarik mata, ragam kuliner yang memuaskan lidah, atraksi budaya yang mengagumkan, alunan-alunan nada penuh pesan yang disenandungkan sejak zaman nenek moyang, upacara-upacara adat yang mengatur tata aturan dan norma-norma kehidupan masyarakat, lebih jauh lagi, kekayaan budaya tradisi nusantara menyimpan sandi-sandi informasi yang menyibakkan sudut pandang pengetahuan dan peradaban nusantara.

Ikut serta dalam pendataan budaya sejak 2014 dan kali pertama menggenggam buku Kode-Kode Nusantara tahun 2016, aku serasa dibawa menjelajah kekayaan budaya dan ilmu-ilmu pengetahuan yang berhasil dipecahkan dari riset-riset sains yang dilakukan! Takjub tentu! Siapa sangka, beberapa tahun berselang akhirnya data budaya dan hasil riset itu sekarang menjelma menjadi webtoon "Sandi Nusantara" (?)


Webtoon "Sandi Nusantara"

Sejak 2016, eksplorasi dengan metode ilmiah atas puluhan ribu data warisan tradisi melalui belasan tahun pendataan melalui Perpustakaan Digital Budaya Tradisi telah terdiseminasikan melalui penerbitan buku Kode-Kode Nusantara. Kini, Bandung Fe Institute bersama Komunitas Sobat Budaya kembali berinovasi demi terus menyebarkan semangat pendataan digital dan penggalian budaya Indonesia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi dengan meluncurkan  komik digital “Sandi Nusantara” yang diadaptasi dari hasil-hasil penelitian dalam buku Kode-Kode Nusantara bertepatan dengan perayaan HUT Republik Indonesia ke-76 dengan semangat “Merdeka dengan jejak-jejak sains dan matematika dalam budaya tradisi Nusantara,” pada Selasa, 17 Agustus 2021.


Memperhatikan animo dan pergeseran tren membaca di masyarakat yang cenderung beralih ke media digital, LINE Webtoon dan KaryaKarsa menjadi media yang dipilih untuk penerbitan komik digital “Sandi Nusantara” yang dirasa tepat menjadi media penceriteraan dan visualisasi khazanah peradaban pengetahuan nusantara tanpa bermaksud menggurui kepada anak-anak muda sekarang ini. Selain dapat diakses secara gratis melalui platform LINE Webtoon, para penggemar buku Kode-Kode Nusantara juga dapat berkontribusi memberikan dukungan kepada kreator melalui sistem tipping atau berlangganan bulanan untuk akses episode terbaru “Sandi Nusantara” melalui platform KaryaKarsa.


Komik digital “Sandi Nusantara” akan diterbitkan secara berkala setiap minggu melalui platform baca komik gratis LINE Webtoon dan KaryaKarsa. Komik ini akan menceritakan perjalanan Gendra bersama teman-temannya menelusuri kekayaan budaya tradisi nusantara dan jejak-jejak sains serta matematika yang ditemukan di balik informasi-informasi yang tersandikan di setiap cerita dan prakarya budaya tradisi nusantara. 


 

Spoiler cerita "Sandi Nusantara"


Gendra menggambarkan karakter muda yang senantiasa dirundung rasa penasaran dan rasa ingin tahu terhadap matematika dan ilmu pengetahuan yang berkelindan di sekitar kehidupannya. Dalam petualangan intelektualnya, Gendra menemukan jigsaw puzzle jejak-jejak peradaban dan ilmu pengetahuan nenek moyang dalam sandi-sandi informasi budaya tradisi nusantara.



Peluncuran webtoon “Sandi Nusantara” dikemas dalam kegiatan live talk show bersama dengan Hokky Situngkir selaku peneliti dan penulis buku Kode-Kode Nusantara, Nicky Ria Azizman (Ketua Sobat Budaya), Siti Wulandari (Ketua Tim Webtoon Sandi Nusantara), dan Tantowi Albanani (ilustrator webtoon “Sandi Nusantara”). Live talk show diselenggarakan melalui Instagram Live @sobatbudaya dan @kodenusantara pada Selasa malam, 17 Agustus 2021 pukul 19.00 WIB hingga selesai. Para penggemar buku Kode-kode Nusantara juga bisa turut berpartisipasi dengan menjadi “patron” bagi proyek terbaru Sobat Budaya ini di LINE Webtoon dan KaryaKarsa.


Sampai jumpa untuk merayakan kemerdekaan dengan jejak-jejak sains dan budaya Nusantara!

30 comments

  1. Penasaran sama Sandi Nusantara. Menggali kembali sejarah dan jejak masa lalu memang selalu menarik. Menambah kecintaan terhadap tanah air.

    ReplyDelete
  2. Acara semacam ini patut kita dukung sepenuhnya. Dengan menggali sejarah dan jejak masa lalu itu artinya kita dapat melihat kembali perjuangan nenek moyang kita. Semakin mendalami sejarah semakin menambah kecintaan kita pada tanah air. Kalau bukan dimulai dari diri kita lalu siapa lagi yang bisa melestarikan kebudayaan bangsa kita. Jadi makin penasaran sama Sandi Nusantara ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat mbaa. acara seperti ini harus banyak diapresiasi dan juga disosialisasikan ke blogger2 nihh biar makin nyebar infonya <3 aku juga suka baca2 soal sejarah, sandi2 nusantara ini sepertinya menarik kalo dikaji lebih dalam ya mba

      Delete
  3. Kegiatan seperti ini yg harus diperbanyak. Biar masyarakat Indonesia tau betapa banyak warisan leluhur kita yang harus dijaga dan dilestarikan.

    ReplyDelete
  4. Masya Allah mbak Wulan ternyata Ketua Tim Webtoon Sandi Nusantara. Sukses untuk acara nanti malam ya mbak. Sangat perlu event seperti ini berkelanjutan, agar minat baca kita semakin meningkat

    ReplyDelete
  5. Sama kak aku juga paling seneng dengan keanekaragaman nusantara, apalagi saat ada Karnaval. Apapun yang terjadi saya berusaha untuk tetap turun untuk meliput beritanya. Tapi sayang pandemi seperti ini banyak event2 kayak gini ditiadakan.

    ReplyDelete
  6. Nanti malam nih acara Sandi Nusantara. Coba ah untuk hadiri supaya bisa lebih kenal lebih dalam

    ReplyDelete
  7. Artha Nugraha Jonar17 August 2021 at 15:17

    Seru banget ini webtoon sandi nusantar. Jadi penasaran banget untuk ikutan acaranya.

    ReplyDelete
  8. wah ana wong tegal iki ya? salam kenal dari wong brebes

    keren mbak wulan, warisan nusantara yang jarang disentuh nih salah satunya sandi nusantara ini ya.. semoga lancar ya nanti malam acaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahaha cedhaakk yoo mbaa, tapi kamu menetap di Brebes? aku banyakan stay di Jakarta soalnya sekarang ini hehe.

      makasih mba, ayo ikutan nonton live nyaa dan bincang2 langsung :)

      Delete
  9. Mba Wulan Kabupaten Tegalnya di mana? Saya juga pernah liat pawai 17-an benar-benar meriah banget dah. Di sepanjang jalan raya Bojong sampai ke Desa Lengkong. Pokoknya top banget waktu itu. Tapi sekarang sedih, 17-an sepi banget, gegara pandemi.

    Wah keren banget nih Mba Siti. SEmoga acaranya berjalan dengan lancar ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dulu nonton nya di Slawi mas, kebetulan kan SMP nya di Slawi waktu itu. Iya paraah kaya seru banget iring-iringan pawai 17-annya tuh, sepanjang jalan kanan-kiri orang sorak sorai rame banget.

      heem nih semoga pandemi cepet kelar ya dan bisa ada pawai2 kemerdekaan lagi.

      Delete
  10. wah keren ya acara seperti ini
    bisa tahu banyak tentang warisan nusantara
    penting buat generasi mendatang

    ReplyDelete
  11. Jadi kangen karnaval jadinya kak. Sayang masih bergulat sama perjuangan melawan pandemi. Semoga bisa segera menyaksikan kekayaan indonesia seperti sebelumnya

    ReplyDelete
  12. Keren nih idenya. Memasukkan budaya nusantara pada budaya modern. Salah satunya dengan komik digital ini. Siapa lagi yang mau membaca sejarah bangsa kalau bukan kita? Dengan saluran ini, semoga budaya kita makin dikenal luas. Tak hanya remaja kita sendiri, semoga bisa juga diterjemahkan ke bahasa asing. Apalagi jaringan Line juga luas. Amin.

    ReplyDelete
  13. Eventnya sangat bagus, saya udah follow semoga saya tidak ketinggalan hehe

    ReplyDelete
  14. Wow, mbak Wulan salah satu orang di balik Sandi Nusantara? Duh aku langsung terpikat. Sayang baru baca inii, kelewatan eventnya semalem, semoga sukses ya mbaaak sama Sandi Nusantara dan bisa diadaptasi ke media audio visual lain!

    ReplyDelete
  15. Aku juga jadi ikut penasaran dengan webtoon Sandi Nusantara ini. Pasti keren banget nilai budaya diterangkan disana.

    ReplyDelete
  16. menariikk ide ceritanya. ini yang penting dan biasanya bisa laris loh ceritanya.. soalnya menceritakan keunikan dan ciri khas negara kita yang masih belum banyak yg mengulik dalam bentuk karya komik

    ReplyDelete
  17. Keren, Kak Wulan. Bisa menjadi salah satu pegiat Sandi Nusantara, bahkan Ketua Tim,
    loh. Ini tentu bukan hal yang biasadong, sayangnya saya telat jadi kelewat Talk Show. Semoga ke depannya makin banyak talk show seperti ini ya, Kak. Sukses terus untuk giat Sandi Nusantara melalui platform baca digital.

    ReplyDelete
  18. Selama ini anak2 suka bangey akses webtoon ntuk membaca, sygnya yg sy lihat bacaannya hanya seputar romance. Hadirnya Sandi Nusantara jelas menjadi Angin segar ntuk orang tua menggiring anaknya membaca hal positif dn berbobot di webtoon

    ReplyDelete
  19. Mantap banget ini merupakan ide brilian, jadi ini cara modern juga ya memperkenalkan budaya Nusantara kepada generasi muda kita ya dg komik yang sangat digandrungi oleh mereka. Semoga sukses terus ya Sandi Nusantara. Top banget dah!

    ReplyDelete
  20. Bagus banget sih, Lan, Aku juga suka banget semua hal yang berbau budaya. Menyenangkan dan menakjubkan. Penasaran sama Sandi Nusantara. Berdoa juga semoga suatu saat bisa ikut terlibat dalam produksi karya2 yg kental nuansa budayanya.

    ReplyDelete
  21. Menarik sekali kak project Sandi Nusantara ini. Aku lagi banyak baca buku tentang budaya Indonesia, terutama dari sisi seni, dan baru tau ada project ini๐Ÿ˜ Sukses terus kak wulan๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  22. Tulisan yang membuat kita semua menghargai keanekaragaman di suatu wilayah yaa..Sandi Nusantara ini sebenernya seperti apa tapi yah..

    ReplyDelete
  23. Keren mbak... Budaya Indonesia memang kaya dan beragam. Sudah saatnya dikenalkan melalui berbagai media yang dekat dengan para milenial. Saluut... Penasaran dengan jalan ceritanya

    ReplyDelete
  24. wow, menarik sekali ini, ada webtoon mengenai cerita budaya. kalau dikemas melalui komik digital begini, banyak orang (terutama remaja, imo) yang bisa menyelami cerita budayanya ^^

    ReplyDelete
  25. Wah pas banget lagi hobi baca webtoon. Langsung meluncur buat cari Sandi Nusantara ah ๐Ÿ˜„

    ReplyDelete
  26. komik digital sandi nusantara ini patut dan wajib dibaca oleh siapa saja
    karena dari sinilah beragam budaya indonesia dikenalkan dan dilestarikan supaya lebih diketahui oleh seluruh rakyat indonesia.
    semoga sandi nusantara eksis terus

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation