Apa itu IndoMuse App?

Tahu ya kalau Indonesia adalah negara dengan tingkat biodiversitas budaya paling tinggi di dunia! Indonesia punya 17.000 kepulauan, 1.200 suku bangsa, 726 bahasa, dan bukan hal yang mustahil kalau Indonesia punya jutaan kekayaan budaya!

Baiklah, Indonesia kaya budaya! Banyaaakkkkk banget! Mulai dari kuliner, pakaian, kain, obat-obatan, rumah tradisional, tarian, pertunjukan, musik dan lagu dan masih banyak seabreg kategori budaya lainnya. Sekarang aku mau fokus cerita tentang Lagu dan Musik Indonesia aja, karena aku anaknya emang fokus, fokus merhatiin kamu seorang misalnya, eh :D

Jadi, musik dan lagu tradisional di Indonesia sangat beragam kan, tiap-tiap daerah memiliki lagu tradisional yang khas. Di Jawa Tengah ada gundul-gundul pacul, lir ilir, cublak-cublak suweng, di Jawa Barat ada bubuy bulan, es lilin, manuk dadali, di Maluku ada rasa sayang sayange dan ribuan lagu lainnya yang kalau ditulis satu-satu pasti blognya penuh sama list judul lagu daerah tok :p.

Nah, aku mau kenalin ada suatu komunitas yang kerjaannya nih ngedata kekayaan budaya-budaya tradisi Indonesia, namanya Komunitas Sobat Budaya. Komunitas ini sudah bertahun-tahun setia, SETIAAAAAAAAAA, mendata budaya tradisi Indonesia, salah satunya lagu dan musik tradisi, dan telah terkumpul 1.070 lagu tradisional yang semuanya bisa dilihat dan dibaca di Perpustakaan Digital Budaya Indonesia yang dibangun dan dikembangkan oleh komunitas ini. Wah banyak banget yaa lagu dan musik daerah itu, 1.070 lagu dari Aceh hingga Papua, dan belum semuanya lengkap terdata! Masih banyak lagi yang perlu didata!

Ribuan data lagu dan musik itu terus sekarang diapain dong ya? Nah, kumpulan data lagu tradisional itu sudah ditelaah dan diteliti sama Komunitas Sobat Budaya bersama dengan tim riset Bandung Fe Instititute menjadi "Peta Lagu Tradisional Indonesia." Peta lagu ini merupakan sebuah peta yang menunjukkan persaudaraan dan kekerabatan musikal di Kepulauan Indonesia. Dari 1.070 data lagu yang terhimpun, sebanyak 250 lagu terpilih untuk mengisi Peta Lagu Tradisional Indonesia. KEREEEENNNNN DAN SALUT SAMA UPAYA PENGUMPULAN DAN RISET PEMETAAN LAGU INI DEH!


Nah ini dia penampakan Peta Lagu Tradisional Indonesia

Peta Lagu Tradisional Indonesia ini sekarang sudah bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Peta ini telah dibuat dalam bentuk mobile app yang bisa secara bebas dan gratis diunduh di Play Store dan App Store dengan nama IndoMuse App. Jika ditilik lebih jauh, Muse adalah salah seorang dewi pelindung seni dan ilmu pengetahuan dari Mitologi Yunani. Muse, diartikan juga sebagai sumber dari inspirasi seorang seniman.


IndoMuse sendiri ingin menggambarkan suasana inspirasi musikal, sebuah jiwa dari musik. IndoMuse merupakan jiwa-jiwa musikal dari orang-orang yang ada di Nusantara, di Kepulauan Indonesia. IndoMuse berisikan lagu-lagu tradisi Nusantara yang berupa nada monofonik. Tujuan dari kumpulan nada monofonik dalam IndoMuse agar bisa menjadi inspirasi, bisa menjadi jiwa dari lagu-lagu yang berkembang dalam hidup kolektif orang Indonesia.


IndoMuse App ini resmi diluncurkan pada tanggal 28 Oktober 2015, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, bertempat di Auditorium JNE Learning Center. Usut punya usut, momen Hari Sumpah Pemuda yang kini diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda, bermuasal dari Kongres Pemuda II 28 Oktober 1928, di mana pada saat itu lagu kebangsaan "Indonesia Raya" pertama kali diperkenalkan. Sehingga, tanggal ini adalah tanggal penting dalam tonggak sejarah musik dan lagu di Republik Indonesia. Oleh karena itu, IndoMuse App diluncurkan pada momen 28 Oktober 2015, dan semoga bisa menjadi tonggak bangkitnya kembali lagu-lagu tradisi Nusantara. Momemnnya pas ya! Peluncuran aplikasi lagu tradisi nusantara pada momen lagu "Indonesia Raya" digaungkan!

Jadi Peta Lagu Tradisional dan IndoMuse App ini keren dan bermanfaat banget yah. Kita bisa melihat dan mempelajari perkembangan lagu tradisi di Indonesia, bisa menjadi alat untuk mengenali dan mencari tahu asal muasal suatu lagu tradisi, IndoMuse App ini bisa juga jadi sarana edukasi dan pengenalan lagu tradisi buat anak-anak, remaja, dewasa, orang Indonesia dan bahkan untuk mengenalkan lagu-lagu tradisi Indonesia ke mancanegara! Dan tentu, aplikasi ini bisa juga jadi sumber inspirasi buat para seniman di dunia kreatif musik :)

Semoga "Peta Lagu Tradisional Indonesia" berupa IndoMuse app dapat meningkatkan pengetahuan dan kecintaan kita terhadap lagu tradisional Indonesia, sebagai warisan tradisi adiluhung Nusantara.

Mari mencintai Indonesia dan mari menginspirasi dunia!



No comments