Cara Baru Stimulus Otak di Pekan Olahraga Otak ZenCore

Setuju ga kalau seberapapun hebatnya skill yang pernah kita miliki tapi jika tidak terus diasah, lama kelamaan kemampuan itu pun akan hilang?

Aku merasakan tamparan kehilangan English active skill saat berhadapan dengan program baru di sekolah yang harus aku jalankan saat ini, English Days! Hari-hari di mana, aku dan para pamong (pengajar) beserta cantrik (pelajar) harus menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi sepanjang hari baik secara langsung, active speaking dan juga texting. Rasa-rasa bete dan menyesal dan menggerutu tentu berkelindan dalam pikiran, "ahh sia-sia enam tahun belajar di immersion class, kelas berbahasa Inggris di RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional), mengikuti kegiatan English Club saat di bangku SMP dan SMA, juga aktif dalam Debate Club di tahun-tahun pertama perkuliahan."

Menghadapi realita itu tentu aku tidak lantas menyerah dan pasrah, aku secara aktif mempelajari lagi materi-materi bahasa Inggris, terutama untuk Conversation dan Grammar, sampai akhirnya mengikuti short course English Conversation selama sebulan mendatang.

Ternyata memang benar ya, segala macam skill yang kita miliki harus terus diasah, kalau tidak ya akan semakin tumpul, dan bahkan menghilang di telan bumi jika tak pernah kita pakai sama sekali. Life is about never ending learning and practices guys.

Aku menjadi sadar, aktivitas stimulus otak memang penting sekali ya, otak kita tidak boleh dibiarkan tidur terlalu lama, bahkan harus selalu diajak bekerja dan berpikir setiap harinya. Pantas saja, Zenius menciptakan terobosan dan cara baru untuk menstimulus otak melalui kegiatan Pekan Olahraga Otak X Fiesta Primagama di ZenCore nih.

Pekan Olahraga Otak ZenCore bersama Fiesta Primagama menjadi program yang bertujuan untuk memberikan pengalaman pertama yang baru dan unik bagi para user yang belum pernah mencoba ZenCore dan memfasilitasi beragam pengalaman lainnya bagi para user yang sudah pernah atau bahkan rutin menggunakan ZenCore sebagai pemanasan otak. Program Pekan Olahraga Otak menggunakan fitur ZenCore dari Zenius menjadi bagian dari rangkaian Fiesta Prigama, dalam rangka merayakan 40 tahun bimbel offline Primaga! Wuaaa, jadi teringat pas dulu kelas 3 SMA ikut bimbel Primagama untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Akhir Nasional (UAN) hihi. Dan sekarang bimbel Primagama sudah resmi bergabung dengan Zenius sejak Maret lalu loh! Wohoooo, integrasi bimbel offline yang terpercaya dengan bimbel online yang memang sesuai dengan kebutuhan jaman sekarang yaaa. 

Pengalaman Pertama Mencoba ZenCore

Karena aku memang sedang berusaha memberikan stimulus tambahan ke otak, terlebih untuk kemampuan Bahasa Inggris, aku pun penasaran dengan olahraga otak di ZenCore dan auto install Aplikasi ZenCore untuk Android deh! Selain tersedia di Android, kita juga bisa melakukan pemanasan otak melalui Aplikasi ZenCore untuk iOS loh ya! Pengalaman pertama coba ZenCore memang membuat rasa deg-degan yaa, karena kita disuguhkan dengan soal dan pilihan jawaban dengan alokasi waktu yang tipis! Hanya beberapa detik saja, huhu. Memang yaa inovasi ZenCore ini jadi cara baru ganti cara belajar yang monoton menjadi ajang kuis yang menarik!

Pemanasan Otak
Mencoba ZenCore

Yang paling kusuka saat mencoba ZenCore, kita bisa melihat pembahasan dari set soal yang kita kerjakan. Bagian mana yang salah, penjelasan singkat dari soal tersebut dan tersedia juga penjelasan berupa video YouTube yang semakin memudahkan pemahaman kita.

Pelatihan Keterampilan Fundamental dengan Cara yang Fun!

Enaknya lagi, ZenCore ini bisa jadi pilihan platform belajar untuk melatih keterampilan fundamental di tiga bidang nih,

  • Matematika. Soal Matematika di ZenCore terdiri dari 8 soal dengan alokasi waktu 120 detik. Nah karena ada countdown waktunya, biasanya ini sih yang bikin deg-degan dan terpacu untuk ngerjain soal secepatnya, tapi terkadang kepleset juga pas jawab huhu. Biasanya soal-soal yang dikeluarkan berupa pertambahan, perkalian, pengurangan, akar kuadrat, aljabar, dan logika sederhana.
  • Bahasa Inggris. Sama seperti soal Matematika, subjek Bahasa Inggris pun memberikan 8 pertanyaan yang harus dijawab selama 120 detik. Rangkaian soal berupa vocabulary dan idiom, tenses dan grammar. Sungguh, bagian tenses dan grammar yang paling mengecoh sih.
  • Verbal Logic. Subjek ini merupakan kumpulan soal-soal yang berkaitan dengan tata bahasa dan EYD Bahasa Indonesia. Soal-soal seputar konjungsi, premis, logika bahasa dan waktu dikemas dalam rangkaian soal berjumlah 8 dan harus dikerjakan selama 120 detik.

Another good news is ZenCore dirancang dengan menggunakan pendekatan adaptive learning, jadi para users bisa belajar menggunakan ZenCore sesuai dengan level pemahaman dan pengetahuan dari masing-masing users. Karena penggunaan metode adaptive learning, ZenCore jadi cocok untuk segala usia loh, bisa untuk persiapan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), Ujian Mandiri Universitas dan Sekolah Kedinasan, tes CPNS sampai rekruitmen pekerjaan, jadi banyak banget ya manfaatnya latihan asah otak ZenCore ini, terlebih keterampilan fundamental ini memang selalu menjadi materi-materi tes baik untuk sekolah maupun untuk perusahaan ya.

ZenCore
Keterampilan Fundamental ZenCore
Sumber: zenius.net

Ganti Cara Belajar
ZenCore Adaptive Learning

Penggunaan ZenCore secara rutin akan bagus loh untuk mengasah otak sekaligus seru-seruan belajar tapi seperti main game hihi.

Pekan Olahraga Otak ZenCore x Fiesta Primagama

Pssstt, ternyata asah otak ZenCore tidak hanya berguna untuk menstimulus otak loh, tapi bisa juga nih jadi ajang jagoan adu otak untuk meraih kemenangan dan mendapatkan beragam hadiah menarik! Zenius memang terus mengajak para users untuk terus melatih otak dengan ZenCore melalui Pekan Olahraga Otak yang berlangsung setiap dua minggu sekali. Namun ingat, untuk Pekan Olahraga Otak x Fiesta Primagama, periodenya mulai dari 28 Maret sampai 24 April 2022.

Aku sudah mengintip top dashboard para champion ZenCore dari berbagai level dan kategori, baik kategori Matematika, Verbal Logic, Bahasa Inggris dan all categories, dan memang banyak banget nih users-nya karena memang seluruh user ZenCore di seluruh wilayah berkumpul di arena Pekan Olahraga Otak ZenCore x Fiesta Primagama!

Jagoan Adu Otak
Pekan Olahraga Otak ZenCore x Fiesta Primagama
Sumber: zenius.net

Buat para users yang sudah getol pemanasan otak dan mau jadi jagoan adu otak bisa jadi pemenang Olahraga Otak di ZenCore nih kalau mendapatkan skor total tertinggi di masing-masing kategori subjek. Penentuan pemenang juga dihitung dari keseluruhan jumlah peserta yang ikut serta adu otak selama periode Olahraga Otak di ZenCore yhaa!

Zenius memang gencar ajak kita ganti cara belajar dengan cara-cara yang lebih fun dan menantang ya, biar siap menghadapi berbagai ujian karena terdapat berbagai latihan soal dan pembelajaran untuk persiapan ujian. Para pemenang Pekan Olahraga Otak ZenCore x Fiesta Primagama akan diumumkan melalui instagram @zeniuseducation dan @primagama_id di minggu selanjutnya untuk memenangkan beragam hadiah menarik loh mulai dari iPad 9, Samsung Smart Watch 4, Xiaomi Haylou Solar LS05, JBL T450 dan hadiah hiburan untuk lima orang yang beruntung. Wahhh hadiahnya menarik banget yaa, makanya para users rajin pemanasan otak di ZenCore nih! Dan para users bisa memenangkan hadiah sesuai kategori yang dipertandingkan dalam helatan Pekan Olahraga Otak ZenCore x Fiesta Primagama.

Baca Juga: Sosmed Berkah atau Toxic?

Sudah siap untuk pemanasan otak setiap hari dan jadi jagoan adu otak bareng ZenCore guys?!

59 comments

  1. wah seru banget latihan senam otak ya!
    aku mau coba juga deh zencore ini, uji nyali!

    ReplyDelete
  2. Zenius oke banget ya program Zencorenya aku liat zaman now ini benar - benar deh urusan belajar aja dimanjakan aplikasi dan lengkap pulak! Great!

    ReplyDelete
  3. anak-anak perlu banget nih senam otak biar encer dan makin cerdas juga kritis dalam berpikir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak. Apalagi ada matematika, bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris. Cocok buat anak sekolahan.

      Delete
  4. Seru banget latihan otak dg ZenCore bisa dapat hadiah pula kalah jadi jagoan adu otak

    ReplyDelete
  5. Jangan sampai ketinggalan ikutan Pekan Olahraga Otak ini, Mbak. Jadi pemanasan otak di ZenCore dulu, biar jadi jagoan adu otak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ini hari terakhir lho pak. Udah sampai mana nih skornya? Semoga menang yaaa.

      Delete
  6. 3 pelajaran fundamental dibuat dengan style asik ala Zencore, bikin ceria sih ini belajarnya. Apalagi ada olahraga otak juga, kudu ikutan pasti seru

    ReplyDelete
  7. Dengan ZenCore penggunanya dibuat pemanasan otak ya kak. Harus menjawab quis secara cepat namun butuh jawaban akurat, rasanya membuat kitapun spot jantung. Namun seru. Bila seringkali berlatih lama2 akan terbiasa terutama terbiasa dengan gerakan cepat dan penuh tanggung jawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, Mbak Yuni. Jadi semakin cepat menjawab dan benar, maka poinnya juga tinggi. Terus harus jeli menjawab pertanyaan juga, karena kadang ada yang menjebak hehehe.

      Delete
  8. Seru banget emang asak otak di zencore. Apalagi kalau lomba sama temen. Seru bgt.

    ReplyDelete
  9. Dari dulu saya gak pernah bisa pelajaran bahasa inggris, jadi ingin coba ikutan biar tau kemampuanku sekarang

    ReplyDelete
  10. Seru pastinya bisa jadi jagoan adu otak bareng ZenCore. Selain menantang juga bisa belajar mengerjakan kuis dengan cepat bahkan akurat. Jadi pengen ikutan Pekan Olahraga Otak siapa tahu dapat hadiahnya.

    ReplyDelete
  11. Belum pernah pakai ZenCore sih tapi kayaknya seru ya.. lebih mudah ditangkap otak kynya

    ReplyDelete
  12. wah penasaran banget nih sama pekan olahraga otak hehe.. kayanya seru ya, kudu mulai pemanasan dulu dong biar lola nanti otaknya wkwkwk

    ReplyDelete
  13. Aku perlu menstimulus otak nih, ke dalam soal matematika. Karena basicnya aku ga jago banget math, dari jaman sekolah. Justru itu, makin penasaran.

    ReplyDelete
  14. Aku juga lagi rajin ikutan Pekan Olahraga Otak ZenCore nih. Soalnya emang seru banget, ngisi waktu sambil asah otak. Nggak heran ya event Zenius sama Primagama sih, terdepan dalam prestasi haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh bisa diikutin buat umum yaa mba.. saya kira cuma buat anak sekolah heheh

      Delete
  15. Emang seru sih asah otak pakai ZenCore. Makin tinggi levelnya makin semangat buat nyelesein soal2nya. Wajib nih ikut Pekan Olahraga Otak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi makin tertantang yah mba, saya juga suka mengasah otak menggunakan fitur Zencore

      Delete
  16. Aku ngiler sama hadiahnyaaa hahaha, bisa ngga yaa keluar jadi jagoan adu otak? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu berjuang sih emang, J. Tapi seru banget ya ikutan ZenCore gini jadi brasa balik ke masa muda yang ambis dan kompetitif abis

      Delete
    2. Hayuuk ikutan.
      Apalagi olahraga otak ini manfaatnya bagus juga buat kita. Sehingga tetap bisa konsentrasi sambil inget pelajaran waktu sekolah haha

      Delete
  17. Seru banget mengikuti Pekan Olahraga Otak ZenCore.
    Bukan hanya hadiahnya yang menarik tapi proses belajarnya yang membuat kita terbiasa melatih otak agar tetap fresh.

    ReplyDelete
  18. Acara Pekan Olahraga Otak ini keren euy. Beneran bisa memanaskan otak ya, Mbak :D

    ReplyDelete
  19. Primagama ini padahal pemain lama ya dalam dunia pendidikan. Tapi prestasinya gak pernah padam. Selalu punya win win solution yang bisa diandalkan

    ReplyDelete
  20. Wih kudu ikutan ini. Seru dan menarik tampaknya. Bisa asah pengetahuan juga.

    ReplyDelete
  21. penting sekali untuk senantiasa memberi stimulus pada otak, baik saat masih anak-anak maupun jika sudah dewasa. aku jadi ingin ikut juga

    ReplyDelete
  22. iya banget mbak.. aku sekarang udah nggak begitu lancar berhitung. kalau lagi ke warung tuh kudu buka kalkulator.. haha payah banget. soalnya nggak pernah aku latih siih

    ReplyDelete
  23. wow mantap nih aplikasi, proses belajar jadi fun, tak membosankan dan jug aada banyak tayangan video makin mudah di mengerti

    ReplyDelete
  24. Betul banget mba kemampuan kalo ga. Dilatih ya jd sia-sia rasanya. Saya pun kursus bahasa Inggris waktu kuliah tp stelah berumahtangga jarang bgt practise jd ya gitu deh lepas lagi ilmunya

    ReplyDelete
  25. Wah seru ada lomba Pekan Olahraga Otak di ZenCore. Wajib ikutan nih biar sekalian mengasah skill dan menambah pengetahuan. Zenius emang pilihan tepat buat semua kalangan.

    ReplyDelete
  26. Hadiah untuk top 3 sangat menggiurkan, mau lah dapat, soalnya bakalan mudah nggak ya, atau bertingkat gitu. Mau banget jadi top 3

    ReplyDelete
  27. Daku baru engeh, ternyata Primagama ini sudah lama ya hadirnya.
    Wah boleh banget nih diikuti olahraga otak ini.
    Semangat belajarnya.

    ReplyDelete
  28. Demen banget deh kalo olahraga otak alias ngerjain soal2 yang bikin mikir. Auto download deh ini,biar bisa pecahin soal2 seru.

    ReplyDelete
  29. ZenCore keren. Bisa menstimulus otak dengan baik. Soal2 yang disajikan untuk tiga materi fundamental membuat kita belajar menjadi jagoan otak. Semua ini demi memulihkan daya ingat kita menjadi lebih baik. Apalagi para emak yang makin komplek permasalahannya, jadi gampang lupa, suka telat mikir atau konsentrasi terganggu. Dengan ZenCore ini bisa memulihkan konsentrasi emak menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  30. Pengalaman soal English Club, dulu kalo dikantor ada English Friday malah jadi sepi, ga banyak yang ngobrol hahahaha. Lucu ya, soalnya dulu belum ada Zenius sih.

    ReplyDelete
  31. Pekan olahraga otak dari ZenCore ini emang cara yg tepat untuk menstimulasi otak kita ya mbak
    Dengan cara yg seru dan menyenangkan tentunya

    ReplyDelete
  32. Ikutan ZenCore dari tahun lalu bikin jadi ketagihan belajar lho aslik. sampai sekarang jg masih sering latihan verbal logic, english and math di sana. ini ada hadiahnya lagi, jadi makin semangatt

    ReplyDelete
  33. mantab banget ya Zencore ini, bisa untuk semua kalangan, tidak hanya pelajar saja tapi bisa untuk umum yang sedang mempersiapkan tes masuk kerja pun juga tersedia ya pelajarannya, apalagi ada adu otaknya gini jadi bisa lebih semangat untuk terus menstimulus otak, biar gak gampang lupa dengan apa yang udah pernah dipelajari ya.

    ReplyDelete
  34. Aku ngiler ih sama hadiahnya, jadi makin semangat asah otak pakai ZenCore nih. Tapi kalau pas soal matematika kok mendadak nyut2an ya kepalanya, wkwk.

    ReplyDelete
  35. Asah otak pake Zencore ini bisa dilakukan dimana aja dan kapan aja ya kak, aq pengen ikutan juga nih

    ReplyDelete
  36. Semangat untuk ikut pekan olahrga asah otak, otak jd terlatih gak lemot dan makin byk nambah wawasan ya sis!

    ReplyDelete
  37. saya kira zencore ini untuk anak-anak, ternyata untuk dewasa juga bisa. Jadi pengin coba asah otak di Zencore

    ReplyDelete
  38. seru sih memang nyobain zen core, aplikasinya cukup menyenangkan untuk sebuah aplikasi belajar, bagus untuk melatih kemampuan otak kita nih

    ReplyDelete
  39. Sama seperti saya kalau ngisi terus dikasih waktu, bukannya mikir dulu, tapi udah degdegan dan mules duluan. Hehehe ...
    Saya mau mencoba belajar juga di Zencore ini ah

    ReplyDelete
  40. Setuju nih, latihan latihan menjadi proses proses jadi lebih baik Insya Allah. ZenCore ini bisa jadi tempat untuk latihan juga.

    ReplyDelete
  41. Iya juga yaa..
    Bisa karena biasa ini bener banget.

    Jadi jangan pernah berhenti untuk berlatih dan instal aplikasi yang mendukung untuk menstimulus otak untuk senantiasa aktif menggunakan aplikasi ZenCore.

    ReplyDelete
  42. Walah Mbak, dirimu enam tahun lalu seperti nggak membekas karena lama nggak diasah? Apalah aku yang cuma enam tahun di Kampung Inggris Pare Kediri... Rasanya kayak nyesel dan sia-sia, ya. Jujur, aplikasi ini jadinya membantu aku untuk refresh tentang bahasa Inggris. Biar ilmunya nggak sia-sia yang enam bulan dulu itu.

    ReplyDelete
  43. Keren memang belajar di Zencore ya mba, bikin kita jadi merasa tertantang...

    ReplyDelete
  44. rasanya pengen ikutan deh, kok seru ya bisa tetep aktif otaknya buat pemanasan biar tetep sehat terus ya :)

    ReplyDelete
  45. Segala seauatu kalau nggak dipraktikkan ujungnya memang jadi lupa ya. Untung ada aplikasi Zencore yang fleksibel bisa digunakan oleh siapa saja. Jadi nggak bingung lagi nyari tempat untuk asah kemampuan dasar seperti logika, bhs inggris, dan juga matematika ya...

    ReplyDelete
  46. Anak saya punya akun Zenius. Kayaknya mau cobain juga, deh. Seru juga nih stimulus otak. Siapa tau saya masih bisa ngerjain soalnya

    ReplyDelete
  47. Keren nih aplikasi ZenCore bisa menstimulasi otak. Untuk seumuranku 40+ masih bisa ikutankah kak? Pengen uji kemampuan saja, masih bisa gak ya mikir cepat kaya masih umur 20-1n.
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  48. Bener banget, Kak. Tanpa practice makan kemampuan apapun cenderung menurun. Zenius dengan ZenCorenya bisa membantu kita terus berlatih pemanasan otak. Biar nggak ilang skillnya.

    ReplyDelete
  49. Pembahasannyamenarik nih mbak, Pekan Olah Raga Otak bareng Zencore. Tentu ini terobosan yang luar biasa yang mendukung otak unyuk tetap bekerja dengan maksimal.

    ReplyDelete
  50. wah hadiahnya bikin ngiler nih acara dari zenius dan primagama ini. memang sih ya keterampilan itu harus sering diasah biar nggak hilang atau terlupakan

    ReplyDelete
  51. Bener banget mbak. Kemampuan banyak yang hilang ketika tidak diasah. Dan di rumah aja memperparah semuanya. Alhamdulillah sekarang ada Zencore ya. Jadi bisa berlatih pemanasan otak lagi

    ReplyDelete
  52. Bener banget mba, dulu aku sampe bisa nulis cerpen dalam bahasa inggris. Sekarang daily convo aja rasanya banyak salah. Pengen banget ngasah skill english lagi. Coba download Zencore deh kalau gitu ^^

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation