Tips Mengembangkan Bakat Anak Melalui Ajang Yupi's Got Talent 2022

Jelang memasuki fase berumah tangga ternyata menambah spektrum ketertarikan kita pada suatu hal yaa, misalnya saja isu-isu parenting. Selain mempersiapkan diri untuk hidup selaras dan harmonis bersama pasangan, bersiap mengemban tugas baru sebagai manajer keuangan rumah tangga aku pun mulai melirik tips-tips parenting. Ternyata isu parenting dan ilmunya itu maha luassssss ya, ada aja ilmu-ilmnya di setiap detik tumbuh kembang anak, salah satunya ya tentang pengembangan minat dan bakat anak.

Setiap orang, setiap anak memang memiliki ketertarikan, bakat dan potensi dirinya masing-masing. Ada yang menyukai olahraga seperti Naa Hee Doo dalam drama korea Twenty One, Twenty Five yang menyukai anggar, ada juga tokoh fisika teoritis sekaligus kosmolog, Stephen Hawking yang menyukai ilmu-ilmu sains, kita bisa menonton cuplikan perjalanan hidupnya dalam film The Theory of Everything. Selain itu, banyak juga ketertarikan anak-anak pada dunia entertainment seperti menyanyi, menari, permainan alat musik, modelling, juga kesukaan anak-anak pada dunia sastra atau literasi, seperti puisi, cerpen, cerbung, novel, dan beragam jenis karya sastra lainnya.

Salam manis dari kami, Dewasa Tanggung yang sedang menekuni minat Podcasting!

Sebagai orang tua harus pandai membaca ketertarikan dan bakat anak, karena dapat menunjang potensi diri anak, membuka jalan untuk berbagai pilihan masa depannya dan memudahkan kita untuk menentukan jenis kegiatan yang cocok dan tepat untuk kebutuhan anak agar selaras dan bisa mendukung pengembangan minat dan bakat anak.

Tips Mengembangkan Bakat Anak

Mendukung Minat dan Bakat yang Disukai Anak

Sebagai orang tua, ada baiknya kita tidak menghakimi minat dan bakat anak, selama pilihan anak masih bersifat positif kita semestinya memberikan dukungan sebagai motivasi anak. Karena, di era sekarang dengan segala perubahan yang serba cepat dan kreatif, segala macam kegiatan yang non-akademik pun dapat menemukan jalannya sendiri untuk menuju kesuksesan, misalnya aktivitas Livy sebagai seorang streamer game online yang membuatnya terkenal dan mandiri secara finansial (bahkan berlebih, hehe) di usianya yang masih belasan tahun saat mulai menekuni game. Tentu, segala macam kegiatan yang dilakukan anak dengan pengawasan dan penilaian-penilaian dari orang tua ya.

Memberi Kebebasan & Menghindari Tekanan kepada Anak

Dengan adanya kebebasan, niscaya anak-anak akan berlatih dengan keras untuk menggapai cita-citanya. Tapi, tentu saja kebebasan ini masih dengan pengawasan orang tua, kebebasan untuk menentukan pilihan pun tentu harus disertai dengan pengawasan dan persetujuan orang tua. 

Memberi Fasilitas

Fasilitas yang memadai tentu dibutuhkan agar minat dan bakat anak bisa berkembang secara optimal. Dengan beragam kegiatan yang disukai anak terutama di dunia entertainment, sastra dan olahraga kita bisa memfasilitasi minat dan bakat anak melalui ajang Yupi's Got Talent 2022.

Yupi's Got Talent 2022

Program ini merupakan sebuah kegiatan bagi anak untuk bisa mengekspresikan semua bakatnya, mulai dari menyanyi, menari, modeling, story telling dan baca puisi hingga pertunjukan olahraga. Dalam helatan Yupi's Got Talent 2022 ada 2 kategori untuk junior serta kategori remaja loh.

Kategori Kontes Yupi's Got Talent Junior

  • Singing. Dengan pilihan musik dan genre apapun.
  • Dancing. Bisa single atau group yang berisikan maksimal 5 orang. Ragam dance yang ditampilkan bisa berupa Breakdance, Hip Hop, Ballet, Shuffle Dance, LED Dance hingga tarian tradisional.
  • Music Performance. Alat musik yang disarankan antara lain piano/organ, biola, gitar, saxophone dan alat musik tradisional.
  • Sport Performance mulai dari Wushu, Cheerleading, Gymnastic dan olahraga lainnya yang bisa ditampilkan di panggung pertunjukan.
  • Photo Contest
  • Modelling
  • Bakat lainnya, seperti baca puisi dan story telling yang bisa disampaikan baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
Kategori Kontes Yupi's Got Talent Remaja

  • Singing. Dengan pilihan musik dan genre apapun.
  • Dancing. Bisa single atau group yang berisikan maksimal 5 orang. Ragam dance yang ditampilkan bisa berupa Breakdance, Hip Hop, Ballet, Shuffle Dance, LED Dance hingga tarian tradisional.
  • Music Performance. Alat musik yang disarankan antara lain piano/organ, biola, gitar, saxophone dan alat musik tradisional.
  • Sport Performance mulai dari Wushu, Cheerleading, Gymnastic dan olahraga lainnya yang bisa ditampilkan di panggung pertunjukan.
  • Unjuk bakat lainnya seperti stand-up comedy, vlogging dan bakat-bakat unik lainnya yang dapat ditampilkan

Cara Mengikuti Yupi's Got Talent 2022

  1. Mendaftarkan diri sebagai member (sign up) tanpa dipungut biaya apapun di website Yupi Gummy. Bagi anak-anak yang mengikuti Yupi's Got Talent Junior bisa didaftarkan dengan data diri orang tua.
  2. Setelah registrasi, masuk ke bagian halaman registrasi Yupi's Got Talent dan isi data-data tambahan berikut:
    • Masukkan kode unik yang ada dalam produk Yupi's Got Talent varian Shine (tersedia varian Yupi Ice Cream Cone dan Cookies) atau Bright (varian yang bisa dipilih Yupi Milly Moos dan Little Stars) yang bisa kita beli melalui Shopee atau Tokopedia seharga Rp 15.000,-

Unjuk Bakat Anak Yupi's Got Talent
Produk Yupi's Got Talent varian Shine & Bright
Sumber Gambar: yupiland.com/ygt

Bakat Anak Yupi's Got Talent
Barcode pada Kemasa Yupi's Got Talent

Bakat Anak Yupi's Got Talent
Kode Unik Yupi's Got Talent

    • Subscribe Yupi Gummy di YouTube dan unggah video penampilan bakat ke YouTube pribadi peserta Yupi's Got Talent 2022.
    • Sisipkan link video atau upload foto yang anak dilombakan sebagai syarat utama kepersertaan.
    • Video peserta akan dinilai secara online dan offline oleh pihak terkait dan dewan juri yang kompeten dalam bidangnya masing-masing.
    • Photo Contest (Yupi's Got Talent Junior) diperbolehkan edit warna atau efek selama foto masih terlihat jelas. Penggunaan produk Yupi varian apa saja dalam foto merupakan nilai plus.
    • Siapkan identitas diri/anggota seperti KTP/Kartu Pelajar/Kartu Keluarga.


Hadiah Yupi's Got Talent 2022
Hadiah Yupi's Got Talent 2022
Sumber Gambar: yupiland.com/ygt

Jadwal Yupi's Got Talent 2022
Sumber Gambar: yupiland.com/ygt

Cukup mudah bukan untuk memfasilitasi pengembangan minat dan bakat melalui Yupi's Got Talent 2022? Terlebih program ini GRATIS tanpa dipungut biaya apapun! Dan berkesempatan memenangkan hadiah berupa uang elektrokik total ratusan juta rupiah, trophy dan paket menarik lainnya dari Yupi. Catat ya masa registrasi Yupi's Got Talent 2022 15 Maret samapi 20 Mei 2022 nanti, jangan sampai terlewat!

Menjadi Pendengar

Saat anak-anak mengalami kesulitan, misalnya pesimis dan tidak merasa percaya diri, orang tua pun berperan sebagai teman dan pendengar. Agar anak tetap optimis dan tidak merasa mendapatkan penghakiman dari orang tua.

Memberikan Apresiasi

Bentuk apresiasi berupa tepuk tangan, peluk dan pujian merupakan hal-hal kecil yang dapat membesarkan hati dan semangat anak untuk terus mengembangkan minat dan bakatnya.

Melatih Ketekunan dan Kedisiplinan Anak

Sebagai orang tua pun kita harus mengajarkan kedisiplinan dan ketekunan pada anak untuk melanjutkan ragam aktivitas minat dan bakat yang sudah mereka lakukan. Karena ketekunan dan kedisiplinan adalah salah satu kunci penting dalam keberhasilan yang bisa terus dijalankan hingga dewasa kelak. Dengan didikan ini, sifat pantang menyerah, pekerja keras dan tekun saat berusaha lambat laun akan tumbuh dan terpatri dalam mindset anak.

Demikain yaaa, tips mengembangkan bakat anak yang sama-sama bisa kita pelajari dan terapkan ke anak-anak kita saat ini dan kelak hehe. Good luck for us, the parents and parents to be!

14 comments

  1. Ah yupi, sampai sekarang masih suka Yupi. Sukabanget tips parentingnya mbak, ada point yang aku garis bawahi yaitu tentang apresiasi. Beberapa orang tua kadang lupa mengapresiasi apa yang telah anak mereka lakukan karena terkadang mereka menuntunya untuk sempurna, padahal sekecil apapun pencapaian seorang anak patut di aparesiasi entah itu dengan tepukan tangan atau pujian. Semoga kita semua bisa menjadi orang tuang baik untuk anak-aank kitakelak

    ReplyDelete
  2. saya baru tahu nih kalo Yupi ngadain event menarik Yupi's Got Talent. Pas banget buat ngembangin bakat anak yang senang berkarya. Saya rekomendasiin ah buat keponakan. makasih infonya ya

    ReplyDelete
  3. Wkwkwkw baru tahu nih ada Yupi's Got Talent, apalagi ada bidang olahraganya. Wah menarik buat dicoba eksplor dengan anak atau keponakan. Pandemi 2 tahun jadi berasa males gerak nih hehehe

    ReplyDelete
  4. Benar juga ya. Yang namanya anak tentu memiliki minat dan bakatnya sendiri. Selagi itu positif kenapa nggak kita dukung saja. Jaman sekarang mah semua bisa dihargai. Apalagi minat dan bakat. Pasti ada jalan suksesnya sendiri. Selama mau berusaha

    ReplyDelete
  5. Wahhh.. Mbak Wulan udah siap jadi ibu dan orang tua yang baik, ya? Aamiin.
    Bener banget, kadang kita suka menekan anak dengan keinginan dan impian orang tua, padahal mereka juga punya impian dan bakat yg unik. Tugas kita sebenarnya hanya mengawasi dan membimbing mereka, bukan memaksa.

    ReplyDelete
  6. Baru tahu adanya Yupi's Got Talent 2022 ini. Kalau bisa, bakat anak itu dihargai dan diasah sejak dini. Ikut pencarian bakat kaya gini juga oke

    ReplyDelete
  7. wah kekinian banget Yupi, keren bisa adain ajang got talent. ini kayaknya keponakan-keponakan bar-barku mesti pada ikut.

    ReplyDelete
  8. Yupi's gak hanya bikin senang karena kenyalnya, tapi juga membuat ajang kreativitas seperti ini, jadi makin semangat nih buat para remaja dan adik² kita

    ReplyDelete
  9. Wah, keren juga Yupi mengadalakan Yupi Got Talent, kayaknya nanti pemenang bisa calon seleb cilik baru yang bakal mewarnai TV atau youtube Indonesia.

    ReplyDelete
  10. sangat menarik ya mbak, salah satu impianku bisa gali potensi anak sejak dini. dan si gadis sudah pinter main podcast ya. penasaran dulu awalnya bagaimana bisa menemukan bakat dan minat anak

    ReplyDelete
  11. Event nya, menarik banget kak. Jadi wadah banget buat anak yang produktif. Sehingga mereka bisa lebih optimal mengasah minat dan bakatnya ya kak

    ReplyDelete
  12. baru tau kalau yupi punya program seperti ini. Bagus banget ini dan support ke prestasi anak-anak gitu.
    kalau ada kompetisi kayak gini, anak-anak jadi semangat berlatih juga

    ReplyDelete
  13. Wah iya, minat dan bakat anak anak ini perlu diasah sejak dini ya mbak
    Menarik banget Yupi got talent ini

    ReplyDelete
  14. Ajang pencarian bakat kini bukan janha di TV aja, ya. Dari brand atau merk tertentu bisa mengadakannya. Kayak Yupi's Gots Talent ini. Kategori yang bisa diikuti juga banyak, dari singing, dancing, sampaing vlohing dan storytelling.

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation