Tips Generasi Sandwich Bebas Jalani Passion

Belakangan, marak sekali yaa obrolan-obrolan tentang generasi sandwich. Generasi yang terhimpit dengan beban tanggunan orang tua, diri sendiri dan pasangan sekaligus anak. Kebutuhan dan tanggung jawab yang berlapis bukan? Fenomena ini semakin marak menjadi sorotan karena banyak dialami gen z dan milenial di Indonesia. 

Generasi Sandwich

Himpitan tanggung jawab dan kebutuhan biaya hidup anggota keluarga tentu menjadi hambatan dan tantangan tersendiri untuk generasi z dan milenial. Terlebih dengan tuntutan, lifestyle, dan perkembangan jaman yang sedikit banyak semakin mempengaruhi kebutuhan rumah tangga.

Kondisi ini tentu bisa menjadi kerikil yang menghalangi gen z dan milenial untuk menjalani hidup dan karir sesuai passion hidupnya. Padahal anak-anak muda gen z dan milenial memiliki pola pikir dan gaya yang berbeda dengan generasi orang tua yang bisa dikelompokkan dalam gen x atau baby boomers. Sebagian gen z dan milenial menyukai tantangan, fleksibilitas dan kebebasan.

Dampak Generasi Sandwich

Dengan jumlah tanggungan finansial yang dipikul generasi sandwich menjadikan beban finansialnya jauh lebih tinggi disertai proporsi waktu luang yang lebih sedikit dibandingkan dengan non-generasi sandwich. Berdasarkan studi Solberg dkk status generasi sandwich turut memberikan dampak negatif terhadap kondisi pernikahan, kesehatan, menimbulkan stres, kecemasan dan kesedihan. Penelitan Hopps dkk di Amerika Serikat (2017) juga menemukan bahwa kelompok individu yang memiliki tanggung jawab merawat orang tua lebih banyak yang merasa tertekan dibandingkan dengan kelompok yang tidak memiliki tanggung jawab serupa. Konsekuensi lanjutan dari kondisi tersebut adalah terjadinya risiko konflik antara tuntutan tanggung jawab keluarga dan pekerjaan yang harus diselesaikan secara bersamaan. Bahkan risiko potensi konflik semakin tinggi terjadi pada kelompok berpendapatan rendah sehingga mempengaruhi kualitas hidup generasi sandwich dalam hal tingkat kepuasan terhadap keluarga dan pekerjaannya seperti penelitian yang dilakukan Ahmad dan koleganya di Malaysia pada 2016 silam.

Tips Generasi Sandwich Bebas Jalani Passion

Problema hidup memang selalu menjadi tantangan di setiap perjalanan ya dan tidak ada solusi tunggal untuk mengatasinya. Namun, kita bisa melakukan berbagai langkah kreatif untuk meringankan tantangan dan masalah-masalah yang kita temui. Manajemen hidup yang baik perlu kita persiapkan untuk meminimalisir hingga menghindari risiko-risiko generasi sandwich tersebut.

Menjalani Bebas Passion
Menjalani Bebas Passion

Tingginya tanggung jawab finansial dan lebih sedikitnya waktu luang tentu menjadi tantangan tersendiri untuk menjalani hidup sesuai passion. Beberapa tips yang diberikan FWD Insurance dan Mada Aryanugraha, Financial Consultant, CoFounder & CEO Sipundi.id berikut ini mungkin bisa menjadi cara-cara kreatif yang bisa kita lakukan untuk membantu generasi sandwich menjalani hidup sesuai passion.

Baca juga: Finansial Check-Up untuk Merencanakan Masa Depan

Buat Circle Pertemanan Anti Toxic

Seperti nasihat "Bertemanlah dengan minyak wangi, paling tidak kau akan mendapatkan aroma wanginya," artinya kita memang harus pandai-pandai mencari teman. Pilihlah teman-teman yang baik dan saling memberikan dukungan. Kita bisa berteman dan bergaul tidak hanya dengan orang-orang yang memiliki frekuensi dan passion yang sama, tetapi juga teman-teman yang bisa memperkaya pengetahuan dan sudut pandang agar bisa saling mengisi pengetahuan satu sama lain. Dengan demikian, kita akan mendapatkan masukan, solusi, insight yang membangun agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan positif.

Baca Juga: Sahabatan Sama Dua Alfa Female

Maksimalkan Proteksi Bare Minimum

Makan-makan, hang out atau jalan-jalan bisa jadi beberapa aktivitas bare minimum yang bisa kita utak-atik untuk mengantisipasi membengkaknya pengeluaran. Pemilihan paket AYCE, atau memanfaatkan promo-promo keluarga dan berburu kuis bisa jadi cara-cara kreatif untuk memenuhi kebutuhan entertainment dengan budget minimal ya.

Selain urusan entertainment, proteksi diri dan keluarga juga menjadi hal mendasar yang penting. Demi perlindungan keluarga sekaligus mengamankan kondisi keuangan di saat-saat tidak terduga, seperti sakit, musibah dan lain sebagainya. Memiliki proteksi dengan bare minimum bisa menjadi salah satu manajemen hidup yang penting untuk dipenuhi dibandingkan jika kita tidak punya proteksi sama sekali.

Bayangkan saja, jika anggota keluarga mengalami sakit, atau terjadi kecelakaan dan harus menjalani perawatan di rumah sakit, namun kita tidak memiliki proteksi atau asuransi? Akan semakin banyak kocek yang harus kita keluarkan untuk biaya ini! Aku pernah mengalaminya di tahun 2004 dan 2016, sehingga harus menjual sebidang tanah sawah untuk biaya operasi dan rawat inap.

Kita harus memperbanyak informasi mengenai risiko kesehatan dan produk perlindungan yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan plus kondisi keuangannya. Pilih proteksi dengan bare minimum tapi mendapatkan perlindungan maksimal untuk perlindungan diri dan anggota keluarga.

Kondisi pandemi memang sudah berlalu, tapi risiko paparan dan penularan Covid-19 masih ada. Mahalnya biaya Covid-19 tentu menjadi salah satu kecemasan banyak orang, termasuk generasi sandwich. Melihat adanya kebutuhan proteksi bagi generasi sandwich dengan beban finansial yang berat, FWD Insurance berusaha memberikan solusi dan menghadirkan produk asuransi dengan biaya terjangkau namun memberikan perlindungan maksimal. Sehingga generasi sandwich pun bisa lebih yakin untuk merakayan hidup bebas rasa khawatir.

Saat menghadapi risiko kesehatan dengan biaya perawatan rumah sakit yang relatif tidak murah, disertai keterbatasan kondisi untuk bekerja dan menghasilkan rupiah, tentu akan lebih tenang jika kita memiliki proteksi ya. Asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa tentu akan sangat membantu kondisi keuangan generasi sandwich.

Asuransi Bebas Handal
Asuransi Bebas Handal

Dengan produk proteksi seperti Asuransi Bebas Handal yang bisa dibeli dengan premi yang terjangkau mulai dari Rp90.000 per bulan saja atau FWD Hospital Care Protection yang merupakan produk dengan manfaat perawatan di rumah sakit secara privasi dan dapat digunakan di mana saja di seluruh dunia serta menyediakan fasilitas cashless, rasa cemas saat harus menghadapi tagihan rumah sakit bisa hilang seketika. Beban kesehatan dan biaya rumah sakit sudah teratasi ya jika kita memiliki asuransi kesehatan atau pun asuransi jiwa yang disediakan FWD Insurance tersebut.

FWD Hospital Care Protection
FWD Hospital Care Protection

Baca Juga: Tips Investasi: Start Early, Start Small!

Pilih Jalur Karir yang Tepat

Persaingan dunia profesional semakin tinggi, terlebih dengan semakin terbukanya akses informasi dan teknologi. Penting bagi generasi sandwich mengasah kemampuan profesional dan meningkatkan soft skill yang menunjang kesempatan kerja di masa sekarang. Pemetaan peluang profesional yang sesuai dengan skill dan passion sejak awal tentu akan menguntungkan bagi generasi sandwich untuk menjalani karir dengan nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga: 5 Platform e-Learning Terbaik untuk Meningkatkan Skills

Asuransi kesehatan atau pun asuransi jiwa merupakan bentuk proteksi sekaligus bagian dari kebebasan finansial yang bisa kita atur. Untuk menunjang kebebasan finansial jangka panjang bagi generasi sandwich, FWD Insurance pun menawarkan program #FWDUnstoppable30 Lucky Draw, FWD Insurance ingin terus mengajak masyarakat untuk merasakan kegiatan berasuransi yang mudah dipahami, mudah dibeli, serta mudah proses klaimnya. Dengan penawaran spesial, setiap pembelian salah satu atau lebih dari 12 (dua belas) produk asuransi pilihan dari FWD Insurance mulai tanggal 10 Juni – 31 Desember 2022 nasabah akan mendapatkan nomor undian untuk kesempatan memenangkan 56 hadiah istimewa termasuk All New Honda HR-V, Vespa LX, iPhone 13, serta hadiah menarik lainnya yang bernilai jutaan Rupiah. Pengundian dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan di Januari 2023 mendatang. Untuk keterangan lebih detail, serta syarat dan ketentuan undian berhadiah, para calon nasabah dan nasabah existing dapat langsung mengunjungi fwd.co.id atau menghubungi FWD Customer Care di 1500 525. 

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan untuk Kebebasan Finansial


Referensi:

FWD Insurance

money.kompas.com : Generasi Sandwich Itu Apa? Pahami Arti dan Dampak Generasi Sandwich

9 comments

  1. punya asuransi penting banget untuk proteksi keselamatan kita yaa mba, apalagi masa sekarang resiko semakin besar

    ReplyDelete
  2. Saya setuju sekali, dua jenis asuransi yang wajib kita miliki itu adalah asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Dan kita beruntung banget karena sekarang sudah banyak penawaran asuransi yang sangat terjangkau seperti Fwd ini

    ReplyDelete
  3. Kebanyakan generasi sekarang dari generasi Y, milenial, Z, memang banyak yang jadi generasi sandwich. Penting banget untuk memutus mata rantai itu agar turun lagi ke generasi keluarga.

    ReplyDelete
  4. Asuransi pendidikan dan kesehatan, keduanya penting banget kak..
    Tpi kita juga harus mmpelajari benefit yg bakal di dapat.

    ReplyDelete
  5. generasi sandwich ini memang harus kerja dengan giat banget ya biar bisa terbebas dari bebannya dan di masa tua nanti juga tidak mewariskan hal sama pada anak-anaknya. alhamdulillah sih sekarang kita sudah banyak sekali yang mengedukasi seputasi investasi dan pengelolaan keuangan ini jadinya bisa mengetahui cara mengatasinya

    ReplyDelete
  6. Asuransi sangat penting sih skrg.. Biar kita tetap aman meski kadang kita gak tau kejadian atau sakit yg membutuhkan biaya besar gitu kan

    ReplyDelete
  7. Generasi sandwich ini di luar negeri tidak lumrah ya, tapi di Indonesia sepertinya masih dianggap wajar karena kaitan dengan berbakti ke keluarga. Tetapi bagaimanapun agar tak memberi beban ke anak, memang sebaiknya kita memproteksi diri dan menyiapkan keuangan dengan baik sih ya kak. Termasuk mungkin dengan asuransi ini

    ReplyDelete
  8. Bisa kelola finansial dengan apik buat generasi sandwich maupun yang bukan, kudu banget dilakukan. Siapkan pos mana yang buat kebutuhan bulanan, asuransi, tabungan, dsb.

    ReplyDelete
  9. Dulu saya enggak begitu perhatian sama asuransi. Enggak merasa ada hal penting yang kudu dilindungi. Tapi sekarang makin paham dan merasakan sendiri jika asuransi perlu ada di kehidupan saya.

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation