Kreasi Brownies Mocaf Tiga Sapi

Jujur, aku bukan tipikal anak baking yaa. Dari dulu, aku lebih sering masak-masakan nusantara, baik lauk pauk, sayuran maupun jajanan rumahan. Tapi, setelah menikah dan berjibaku dengan Paksu yang suka nyemil kue-kue, jadilah aku mulai belajar baking dan mengkreasikan resep-resep kue, hehe.

Baca Juga: Tips Menyiapkan Menu Makanan ala Pasutri Kantoran

Kebetulan sekali aku menemukan Challenge Cerita Tiga Sapi nih, ya sudah memulai dunia baking demi Paksu sekalian ikut Challenge Cerita Tiga Sapi seru nih. Ya sudah, aku memilih brownies mocaf susu evaporasi Tiga Sapi sebagai Kreasi resep Tiga Sapi.

Kreasi Resep Tiga Sapi
Kreasi resep Tiga Sapi: Brownies Mocaf

Susu Evaporasi

Memulai dunia baking ternyata ada banyak hal yang baru kutemui, misalnya saja susu evaporasi. Ternyata susu evaporasi merupakan salah satu produk susu sapi yang pembuatannya mengurangi (evaporasi) kadar air di dalamnya. Kandungan susu sapi evaporasi pun sama halnya dengan susu sapi segar, mengandung protein, kalsium, vitamin, kalori, lemak dan laktosa. Manfaat dari susu evaporasi ini pun sangat banyak mulai dari sumber energi, merawat tulang, membantu menjaga berat badan dan bahan tambahan makanan. Plus plus nya dari susu evaporasi tuh lebih tahan lama loh, jadi ga worry ya kalau buat stok bahan-bahan kue.

Baca Juga: Healthy Food Lifestyle

Tiga Sapi Susu Evaporasi

Setelah mengulik-ngulik tentang susu evaporasi, akhirnya pilihanku jatuh pada Tiga Sapi Susu Evaporasi sebagai salah satu bahan mengkreasikan brownies mocaf. Ada banyak hal nih yang membuat ku memilih brand Tiga Sapi Susu Evaporasi.

  • Produksi Indofood. Jujur, ketika melihat kemasan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan memiliki label Indofood, salah satu brand F&B ternama, aku langsung suka, karena merasa sudah merasa puas dan percaya ya sama kualitasnya.
  • Harga lebih hemat. Tiga Sapi Susu Evaporasi seberat 500 gr ku beli hanya dengan harga Rp 13.500 di e-commerce Shopee. Harga Lebih Hemat dan Isi Lebih Banyak!
  • Bisa ditutup kembali. Kemasan Tiga Sapi Susu Evaporasi ini unik sekali ya, seperti kemasan fresh milk, jadi bisa ditutup kembali jika tidak habis digunakan. Kemasan Tiga Sapi Susu Evaporasi merupakan susu evaporasi dalam kemasan kotak pertama di Indonesia.
  • Tiga Sapi praktis dan ekonomis. Tentu dengan harga yang lebih hemat dan kemasan yang bisa ditutup kembali menambah nilai kepraktisan dan ekonomis nya Tiga Sapi Susu Evaporasi ya.
  • Cocok sebagai pengganti santan! Aku takjub sih saat membaca keterangan dalam kemasannya, kalau Tiga Sapi Susu Evaporasi ini cocok sebagai pengganti santan. Worth to try ya, next aku coba kreasikan masakan nusantara pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi ah!
  • Banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Karena susu evaporasi ini layaknya susu segar, dengan kandungan protein, kalsium, vitamin, kalori, lemak dan laktosa yang sudah kusebutkan tadi, tentu semakin menambah manfaat makanan yang kita konsumsi buat kesehatan tubuh yaa.

Selain Tiga Sapi Susu Evaporasi, Tiga Sapi juga memiliki varian produk Tiga Sapi Kental Manis. Diproduksi dalam kemasan kaleng 490 gr dan mudah sekali dijumpai di minimarket dengan harga Rp 12.400. Produk Tiga Sapi Kental Manis Lebih Praktis dan Ekonomis, selain menjadi bahan pelengkap membuat kue, bisa juga digunakan sebagai bahan campuran membuat minuman seperti yang direkomendasikan dalam kemasan Tiga Sapi Kental Manis. Pun, aku juga kebetulan menjumpai penggunaan Tiga Sapi Kental Manis sebagai pelengkap minuman susu jahe di angkringan dekat rumah.

Baca Juga: My Comfort Foods in Mood Swing Mode

Let's Start Baking

Setelah minggu lalu mencoba membuat cookies almond caramel, kali ini aku mencoba membuat brownies mocaf susu evaporasi. Brownies Mocaf? Yaa, aku menggunakan tepung singkong untuk mengkreasikan brownies kali ini. Demi menunjang gaya hidup sehat, tepung singkong yang notabene glutenfree bisa jadi pilihan bagus ya, terlebih tepung mocaf yang gunakan ini berasal dari organic farming masyarakat adat, semakin mendukung niat hidup sehat dan jaga lingkungan deh.

Sebagai newbie baker, aku merasa deg-degan juga yaa, apakah kue ku akan masak dengan sempurna, hahaha. Beruntunglah, ketika mencoba membuat resep Cookies Almond Caramel dan Brownies Mocaf Susu Evaporasi ini masak sempurna! Proud of me, LOL!

Baca Juga: Pola Makan Eating Clean

This is it, Resep Brownies Mocaf Susu Evaporasi

Bahan:

  • 150 gr tepung mocaf
  • 2 butir telur
  • 2 sdm gula pasir
  • Dark Chocolate
  • Coklat Bubuk
  • Garam
  • Bubuk Vanili secukupnya
  • 1 sdt emulsi SP
  • Baking Powder secukupnya
  • Margarin secukupnya
  • 150 ml Tiga Sapi Susu Evaporasi
  • Tiga Sapi Kental Manis secukupnya

Tiga Sapi Susu Evaporasi
Bahan-bahan Kreasi Brownies Mocaf Tiga Sapi 

Tiga Sapi Praktis dan Ekonomi
Pembuatan Brownies Mocaf Tiga Sapi



Cara Membuat:
  • Parut dark chocolate dan campurkan dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi. Panaskan hingga coklat mencair, dinginkan.
  • Kocok lepas telur yang dicampur dengan gula pasir, garam, emulsi SP dan baking powder.
  • Campurkan tepung mocaf dengan coklat bubuk.
  • Aduk hingga merata tepung mocaf-coklat bubuk dengan cairan Tiga Sapi Susu Evaporasi-Dark Chocolate.
  • Campur  adonan dengan kocokan telur. Aduk merata.
  • Olesi loyang dengan margarin.
  • Masukkan adonan yang sudah jadi ke dalam loyang.
  • Panggang dalam oven selama 30 menit.
  • Cek kematangan brownies.
  • Tata dalam piring.
  • Lumuri dengan Tiga Sapi Kental Manis dan taburan gula halus.
  • Sajikan.
Challenge Cerita Tiga Sapi
Brownies Mocaf Tiga Sapi


Akhirnya yaa, resmi sudah aku terjun ke dunia baking demi Paksu! Dengan beragam manfaat dan rekomendasi olahan makanan dan masakan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis, seperti Soto Betawi, Puding, Cake dan Thai Tea, aku makin semangat nih untuk mengkreasikan menu-menu Tiga Sapi buat Paksu! Apalagi produk Tiga Sapi praktis dan ekonomis, bisa jadi bahan andalan masak-masak di rumah nih.

Baca Juga: Resolusi 2021, Shifting to Real Foods

Kompetisi Foto Cerita Tiga Sapi

Ssstt, HUT RI memang sudah berlalu, lombaan 17an sudah selesai, tapi masih ada loh kompetisi yang bisa kita ikuti nih. Akan ada kompetisi foto Cerita Tiga Sapi buat menceritakan Kreasi resep Tiga Sapi versi kamu di tanggal 9-30 September mendatang! Info lengkapnya nanti bisa dilihat di Official Instagram Tiga Sapi yaa.

Caranya buat ikutan kompetisi foto Cerita Tiga Sapi juga gampang sekali loh!

  • Follow akun IG @lezatnyatigasapi dan Fan Page Facebook Tiga Sapi
  • Upload foto dan cerita Kreasi resep Tiga Sapi dengan kreasi masakan menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi atau Tiga Sapi Kental Manis
  • Tag @lezatnyatigasapi dan tiga orang teman lainnya ya
  • Jangan private akun mu
  • Lima pemenang beruntung akan mendapatkan saldo OVO/GoPay total Rp. 5.000.000 dan paket spesial dari Tiga Sapi. Oke banget kan buat ikut kompetisinya?!
  • Gunakan tagar #ceritatigasapi

Cuss cari inspirasi kreasi resep dan bersiap ikutan kompetisi foto Cerita Tiga Sapi! 

Baca Juga: Momen Favorit Tahun Ini, Foto Wisuda Keluarga



31 comments

  1. Wah, lagi ada kompetisi cerita tiga sapi ya mbak? jadi pengen ikutan nih. Ya, walaupun gak pinter masak tapi bisalah kalau bikin menu yang simpel.

    ReplyDelete
  2. Wow, saya sering bikin brownies, tapi kalau pakai mocaf dan susu Tiga Sapi sih belum pernah... Cobain ah... Makasih ya resepnya...

    ReplyDelete
  3. Wah browniesnya tampak enak. Nyoklat sekali ya. Cocok buat para pecinta coklat
    Apalagi ditambah susu tiga sapi, pastinya makin enak dan bikin nagih

    ReplyDelete
  4. Wah jadi juga browniesnya 😍
    Makin lezat ya pakai susu evaporasi.
    Boleh juga ah coba resepnya sepertinya asik dan gak ribet

    ReplyDelete
  5. Nyamm enak banget browniesnya kak, resep apapun kalau pake Tiga Sapi emang maknyuss yahhh

    ReplyDelete
  6. Saya juga baru tahu kalau ada susu evaporasi. Ini mah cuma tahu susu full cream dan susu sapi doang ternyata ada juga ya susu yang kadar airnya dikurangi dengan cara dipanaskan. Pastinya jadi lebih gurih.

    ReplyDelete
  7. Yang sudah menikah memang dituntut bisa masak dan menyenangkan hati suami yaa Mba Wulan, hehehe

    untungnya sekarang resep dan bahan-bahan masakan tersedia dan bisa dijangkau dengan mudah. Seperti Tiga Sapi Susu Evaporasi ini yang murah dan praktis. Bikin kue jadi lebih lembut dan enakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi kalau masak buat yang tersayang pastilah lebih semangat ya :) apalagi kalau bahan-bahannya mudah ditemukan ya

      Delete
  8. Wah nampaknya enak banget brownies mocaf ini ya mbak
    Apalagi kalau pakai susu evaporasi cap tiga sapi ini

    ReplyDelete
  9. Brownies mocafnya sungguh menggoda cocok buat cemilan pagi dan sore hari bersama teh hangat.
    Makasih resepnya, pasti tambah gurih lezat berkat susu cap tiga sapi.

    ReplyDelete
  10. Aku dari dulu mikirnya Tiga Sapi itu ya produk kental manis sih, baru tahu kalau mereka punya evaporasi. Dan ternyata cocok banget ya buat aneka masakan, kue dan minuman ya hahaha jadi pengen coba, ini pasti hasilnya enak sih soalnya Tiga Sapi udah meyakinkan bangeet rasanya

    ReplyDelete
  11. Hwaaa mba enak banget ini kayaknyaa, buat bekal anak kayaknya bisa yaahh dan ngga terlalu ribet jugaa bikinnyaa

    ReplyDelete
  12. wah jadi makin nikmat nih kalau pake tiga sapi :) pasti manis gurihnya pas ya

    ReplyDelete
  13. Ada brownies lagi nih, udah ngebayangin makannya pake kopi nih mbak , nikmat banget ya

    ReplyDelete
  14. Seru nih..
    Kalo perempuan uda turun gunung, eh turun ke dapur dan mencoba baking.
    Aku seneng banget sama brownies dan rasanya cocok punya stock susu evaporasi mengingat yaa.. Kalau masak juga jarang-jarang, jadi bisa tahan beberapa hari dengan cara ditutup kembali ini akan sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keseruan yang indah ya Teh, karena tercipta hidangan nikmat yang luar biasa, dan bergizinya ini nih yang makin jadi idaman

      Delete
    2. Betul..
      Hehe... aku tertarik karena menggunakan tepung mocaf sebagai bahan pembuat roti browniesnya. Dan bahan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis yang semakin membuatnya gurih, nikmat.

      Delete
  15. Wah saya belum coba tepung mocafnya.. bisa juga ya dibuat brownirs.. kapan2 dieksekusi ni tepungnya

    ReplyDelete
  16. Jujur akutuh gak bisa baking. Tapi karena sesuka itu sama brownis, ya udah deh cobaik bikin juga pakai susu evaporasi seerti resep kaka

    ReplyDelete
  17. Resepnya gampang ya sis, cocok banget untuk cemilan keluarga nih, apalagi anakku doyan banget sama brownies.

    ReplyDelete
  18. Aku juga masih punya tepung Mocaf dan jujurly bingung maw bikin apaan. Untung dapet resep ini, kebetulan juga masih punya stok Tiga Sapi. Buat ahhhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yaa mocaf yg kemarin kayaknya enak juga dibikin brownies kayak gini, cobain juga ahhh

      Delete
  19. wah brownies mocaf nih, gluten free, pas banget punya mocaf di rumah, ijin recook ya mba, fix pengen coba

    ReplyDelete
  20. Brownies coklat salah satu kegemaran anak-anak di rumah. Jujur saya, resep vrownies pa

    ReplyDelete
  21. Brownies coklat adalah salah satu kegemaran anak-anak di rumah, jujur saja resep brownies pake susu ini baru bagi saya. Udah kebayang nih enaknya brownies pake evaporasi dari susu tiga sapi. Izin save resep ya kak..

    ReplyDelete
  22. Susu evaporasi dan susu kental manis cap tiga sapiii cocok nih buat stok.susu dirumah. Bisa buat bikin kue dan masakan minuman pasti endul

    ReplyDelete
  23. wah bisa dong ya bikin brownies homemade gini, mudah juga nih cara bikinnya, cobain ak praktekkin resepnya

    ReplyDelete
  24. Mbak wulan imutny brownisnya hahahhaa.. akubelum berani terjun ke area bakingw nih hahhaa.padahal stok Tiga Sapinya ada di rumah. Keren mbak wulan

    ReplyDelete
  25. Kurang banyak kak brownisnya. Buat aku mana? Haha..Besok aku coba bikin ah resepnya pake Tiga Sapi. Biar makin yummy.

    ReplyDelete
  26. Masak apa pun, Tiga Sapi enggan boleh ketinggalan, tapi emang bisa sih buat masak apapun termasuk bikin brownies mocaf ini... Jadi pengen icip brownies nya juga nih..

    ReplyDelete
  27. Wah, krucil saya suka brownis nih, Mbak. Dan bahannya juga tidak ribet ya. Bikinnya juga mudah. Bisa nih, dicoba di rumah.

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation