Tips Generasi Sandwich Bebas Jalani Passion

Belakangan, marak sekali yaa obrolan-obrolan tentang generasi sandwich. Generasi yang terhimpit dengan beban tanggunan orang tua, diri sendiri dan pasangan sekaligus anak. Kebutuhan dan tanggung jawab yang berlapis bukan? Fenomena ini semakin marak menjadi sorotan karena banyak dialami gen z dan milenial di Indonesia. 

Generasi Sandwich

Himpitan tanggung jawab dan kebutuhan biaya hidup anggota keluarga tentu menjadi hambatan dan tantangan tersendiri untuk generasi z dan milenial. Terlebih dengan tuntutan, lifestyle, dan perkembangan jaman yang sedikit banyak semakin mempengaruhi kebutuhan rumah tangga.

Kondisi ini tentu bisa menjadi kerikil yang menghalangi gen z dan milenial untuk menjalani hidup dan karir sesuai passion hidupnya. Padahal anak-anak muda gen z dan milenial memiliki pola pikir dan gaya yang berbeda dengan generasi orang tua yang bisa dikelompokkan dalam gen x atau baby boomers. Sebagian gen z dan milenial menyukai tantangan, fleksibilitas dan kebebasan.

Dampak Generasi Sandwich

Dengan jumlah tanggungan finansial yang dipikul generasi sandwich menjadikan beban finansialnya jauh lebih tinggi disertai proporsi waktu luang yang lebih sedikit dibandingkan dengan non-generasi sandwich. Berdasarkan studi Solberg dkk status generasi sandwich turut memberikan dampak negatif terhadap kondisi pernikahan, kesehatan, menimbulkan stres, kecemasan dan kesedihan. Penelitan Hopps dkk di Amerika Serikat (2017) juga menemukan bahwa kelompok individu yang memiliki tanggung jawab merawat orang tua lebih banyak yang merasa tertekan dibandingkan dengan kelompok yang tidak memiliki tanggung jawab serupa. Konsekuensi lanjutan dari kondisi tersebut adalah terjadinya risiko konflik antara tuntutan tanggung jawab keluarga dan pekerjaan yang harus diselesaikan secara bersamaan. Bahkan risiko potensi konflik semakin tinggi terjadi pada kelompok berpendapatan rendah sehingga mempengaruhi kualitas hidup generasi sandwich dalam hal tingkat kepuasan terhadap keluarga dan pekerjaannya seperti penelitian yang dilakukan Ahmad dan koleganya di Malaysia pada 2016 silam.

Tips Generasi Sandwich Bebas Jalani Passion

Problema hidup memang selalu menjadi tantangan di setiap perjalanan ya dan tidak ada solusi tunggal untuk mengatasinya. Namun, kita bisa melakukan berbagai langkah kreatif untuk meringankan tantangan dan masalah-masalah yang kita temui. Manajemen hidup yang baik perlu kita persiapkan untuk meminimalisir hingga menghindari risiko-risiko generasi sandwich tersebut.

Menjalani Bebas Passion
Menjalani Bebas Passion

Tingginya tanggung jawab finansial dan lebih sedikitnya waktu luang tentu menjadi tantangan tersendiri untuk menjalani hidup sesuai passion. Beberapa tips yang diberikan FWD Insurance dan Mada Aryanugraha, Financial Consultant, CoFounder & CEO Sipundi.id berikut ini mungkin bisa menjadi cara-cara kreatif yang bisa kita lakukan untuk membantu generasi sandwich menjalani hidup sesuai passion.

Baca juga: Finansial Check-Up untuk Merencanakan Masa Depan

Buat Circle Pertemanan Anti Toxic

Seperti nasihat "Bertemanlah dengan minyak wangi, paling tidak kau akan mendapatkan aroma wanginya," artinya kita memang harus pandai-pandai mencari teman. Pilihlah teman-teman yang baik dan saling memberikan dukungan. Kita bisa berteman dan bergaul tidak hanya dengan orang-orang yang memiliki frekuensi dan passion yang sama, tetapi juga teman-teman yang bisa memperkaya pengetahuan dan sudut pandang agar bisa saling mengisi pengetahuan satu sama lain. Dengan demikian, kita akan mendapatkan masukan, solusi, insight yang membangun agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan positif.

Baca Juga: Sahabatan Sama Dua Alfa Female

Maksimalkan Proteksi Bare Minimum

Makan-makan, hang out atau jalan-jalan bisa jadi beberapa aktivitas bare minimum yang bisa kita utak-atik untuk mengantisipasi membengkaknya pengeluaran. Pemilihan paket AYCE, atau memanfaatkan promo-promo keluarga dan berburu kuis bisa jadi cara-cara kreatif untuk memenuhi kebutuhan entertainment dengan budget minimal ya.

Selain urusan entertainment, proteksi diri dan keluarga juga menjadi hal mendasar yang penting. Demi perlindungan keluarga sekaligus mengamankan kondisi keuangan di saat-saat tidak terduga, seperti sakit, musibah dan lain sebagainya. Memiliki proteksi dengan bare minimum bisa menjadi salah satu manajemen hidup yang penting untuk dipenuhi dibandingkan jika kita tidak punya proteksi sama sekali.

Bayangkan saja, jika anggota keluarga mengalami sakit, atau terjadi kecelakaan dan harus menjalani perawatan di rumah sakit, namun kita tidak memiliki proteksi atau asuransi? Akan semakin banyak kocek yang harus kita keluarkan untuk biaya ini! Aku pernah mengalaminya di tahun 2004 dan 2016, sehingga harus menjual sebidang tanah sawah untuk biaya operasi dan rawat inap.

Kita harus memperbanyak informasi mengenai risiko kesehatan dan produk perlindungan yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan plus kondisi keuangannya. Pilih proteksi dengan bare minimum tapi mendapatkan perlindungan maksimal untuk perlindungan diri dan anggota keluarga.

Kondisi pandemi memang sudah berlalu, tapi risiko paparan dan penularan Covid-19 masih ada. Mahalnya biaya Covid-19 tentu menjadi salah satu kecemasan banyak orang, termasuk generasi sandwich. Melihat adanya kebutuhan proteksi bagi generasi sandwich dengan beban finansial yang berat, FWD Insurance berusaha memberikan solusi dan menghadirkan produk asuransi dengan biaya terjangkau namun memberikan perlindungan maksimal. Sehingga generasi sandwich pun bisa lebih yakin untuk merakayan hidup bebas rasa khawatir.

Saat menghadapi risiko kesehatan dengan biaya perawatan rumah sakit yang relatif tidak murah, disertai keterbatasan kondisi untuk bekerja dan menghasilkan rupiah, tentu akan lebih tenang jika kita memiliki proteksi ya. Asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa tentu akan sangat membantu kondisi keuangan generasi sandwich.

Asuransi Bebas Handal
Asuransi Bebas Handal

Dengan produk proteksi seperti Asuransi Bebas Handal yang bisa dibeli dengan premi yang terjangkau mulai dari Rp90.000 per bulan saja atau FWD Hospital Care Protection yang merupakan produk dengan manfaat perawatan di rumah sakit secara privasi dan dapat digunakan di mana saja di seluruh dunia serta menyediakan fasilitas cashless, rasa cemas saat harus menghadapi tagihan rumah sakit bisa hilang seketika. Beban kesehatan dan biaya rumah sakit sudah teratasi ya jika kita memiliki asuransi kesehatan atau pun asuransi jiwa yang disediakan FWD Insurance tersebut.

FWD Hospital Care Protection
FWD Hospital Care Protection

Baca Juga: Tips Investasi: Start Early, Start Small!

Pilih Jalur Karir yang Tepat

Persaingan dunia profesional semakin tinggi, terlebih dengan semakin terbukanya akses informasi dan teknologi. Penting bagi generasi sandwich mengasah kemampuan profesional dan meningkatkan soft skill yang menunjang kesempatan kerja di masa sekarang. Pemetaan peluang profesional yang sesuai dengan skill dan passion sejak awal tentu akan menguntungkan bagi generasi sandwich untuk menjalani karir dengan nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga: 5 Platform e-Learning Terbaik untuk Meningkatkan Skills

Asuransi kesehatan atau pun asuransi jiwa merupakan bentuk proteksi sekaligus bagian dari kebebasan finansial yang bisa kita atur. Untuk menunjang kebebasan finansial jangka panjang bagi generasi sandwich, FWD Insurance pun menawarkan program #FWDUnstoppable30 Lucky Draw, FWD Insurance ingin terus mengajak masyarakat untuk merasakan kegiatan berasuransi yang mudah dipahami, mudah dibeli, serta mudah proses klaimnya. Dengan penawaran spesial, setiap pembelian salah satu atau lebih dari 12 (dua belas) produk asuransi pilihan dari FWD Insurance mulai tanggal 10 Juni – 31 Desember 2022 nasabah akan mendapatkan nomor undian untuk kesempatan memenangkan 56 hadiah istimewa termasuk All New Honda HR-V, Vespa LX, iPhone 13, serta hadiah menarik lainnya yang bernilai jutaan Rupiah. Pengundian dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan di Januari 2023 mendatang. Untuk keterangan lebih detail, serta syarat dan ketentuan undian berhadiah, para calon nasabah dan nasabah existing dapat langsung mengunjungi fwd.co.id atau menghubungi FWD Customer Care di 1500 525. 

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan untuk Kebebasan Finansial


Referensi:

FWD Insurance

money.kompas.com : Generasi Sandwich Itu Apa? Pahami Arti dan Dampak Generasi Sandwich

44 comments

  1. punya asuransi penting banget untuk proteksi keselamatan kita yaa mba, apalagi masa sekarang resiko semakin besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mikirin asuransi selain yg dari pemerintah, Mbak. Namun, masih saja kendala berbagai hal.

      Delete
  2. Saya setuju sekali, dua jenis asuransi yang wajib kita miliki itu adalah asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Dan kita beruntung banget karena sekarang sudah banyak penawaran asuransi yang sangat terjangkau seperti Fwd ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget dengan Kak Gita, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa adalah dua jenis asuransi yang layak dimilki oleh setiap keluarga Indonesia, jadi jika terjadi sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan atau bahkan kematian, asuransi dapat menjadi salah satu tumpuannnya

      Delete
  3. Kebanyakan generasi sekarang dari generasi Y, milenial, Z, memang banyak yang jadi generasi sandwich. Penting banget untuk memutus mata rantai itu agar turun lagi ke generasi keluarga.

    ReplyDelete
  4. Asuransi pendidikan dan kesehatan, keduanya penting banget kak..
    Tpi kita juga harus mmpelajari benefit yg bakal di dapat.

    ReplyDelete
  5. generasi sandwich ini memang harus kerja dengan giat banget ya biar bisa terbebas dari bebannya dan di masa tua nanti juga tidak mewariskan hal sama pada anak-anaknya. alhamdulillah sih sekarang kita sudah banyak sekali yang mengedukasi seputasi investasi dan pengelolaan keuangan ini jadinya bisa mengetahui cara mengatasinya

    ReplyDelete
  6. Asuransi sangat penting sih skrg.. Biar kita tetap aman meski kadang kita gak tau kejadian atau sakit yg membutuhkan biaya besar gitu kan

    ReplyDelete
  7. Generasi sandwich ini di luar negeri tidak lumrah ya, tapi di Indonesia sepertinya masih dianggap wajar karena kaitan dengan berbakti ke keluarga. Tetapi bagaimanapun agar tak memberi beban ke anak, memang sebaiknya kita memproteksi diri dan menyiapkan keuangan dengan baik sih ya kak. Termasuk mungkin dengan asuransi ini

    ReplyDelete
  8. Bisa kelola finansial dengan apik buat generasi sandwich maupun yang bukan, kudu banget dilakukan. Siapkan pos mana yang buat kebutuhan bulanan, asuransi, tabungan, dsb.

    ReplyDelete
  9. Dulu saya enggak begitu perhatian sama asuransi. Enggak merasa ada hal penting yang kudu dilindungi. Tapi sekarang makin paham dan merasakan sendiri jika asuransi perlu ada di kehidupan saya.

    ReplyDelete
  10. aku ngerasai banget sebagai generasi sandwich saat ini selain perlu mencari tambahan pekerjaan juga perlu untuk menjaga kesehatan dengan cara berasuransi.

    ReplyDelete
  11. Sangat banyak generasi sandwich saat ini ya, Mbak. Termasuk saya juga hehehe. Jadi harus ada pemutusan mata rantai. Dan menurut saya, memang harus dari generasi muda sekarang. Mereka saat sekolah belajar dengan baik. selesai kuliah mendapat pekerjaan yang baik dengan penghasilan bagus.
    Dan memang harus pengeluaran karena kebutuhan, bukan keinginan. jadi nanti bisa dialihkan dengan berinvestasi untuk masa depan lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya Pak, kalau tidak diputus mata rantainya semenjak sekarang maka akan terus berkelanjutan pada masa berikutnya

      Delete
  12. Makasih banget tips-tips menariknya Kak. Beneran, asuransi kalau dipikir emang penting banget sih dimiliki. Apalagi untuk anak-anak milenial. Generasi sadwich harus dihindari sih

    ReplyDelete
  13. Perlindungan untuk gen sandwich memang harus ekstra dan memilih asuransi terbaik. Selain dirinya sendiri, ada banyak orang perlu ia tanggung.

    ReplyDelete
  14. Bener deh, fenomena generasi sandwich masih rame banget. Banyak yang bilang bisa menghalangi gen z dan milenial meraih mimpi dan passionnya. Penting juga punya Asuransi kesehatan atau pun asuransi jiwa sebagai bentuk proteksi agar bebas finansial kelak.

    ReplyDelete
  15. Generasi Sandwich harus benar-benar matang dalam hal literasi finansial, mengingat beban hidup yang laur biasa, termasuk dalam hal keuangan. Dan ya, asuransi adalah salah satu jalan ninja yang bisa dipersiapkan dalam menjalani kehidupan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali, Mas. Dengan posisi "terhimpit" menjadikan beban tanggung jawab semakin besar. Dan untuk pemenuhan semuanya, harus kerja ekstra juga. Makanya perlu sekali asuransi.

      Delete
  16. asuransi ini memang awalnya terlihat gak penting ya, tapi kalau lagi beneran kondisi darurat, bisa banget ngebantu, apalagi kalau kita bisa cocok dan sesuai dengan kebutuhan milihnya :)

    ReplyDelete
  17. Jadi tantangan banget buat generasi sandwich karena harus cerdas finansial dan jadi PR juga sih buat kita biar ketika tua nanti gak memberikan beban ke anak2 dengan punya jaminan sendiri di hari tua. Karena itu punya perlindungan berupa asuransi memamg penting banget ya

    ReplyDelete
  18. Ah iya, berat banget jadi generasi sandwich
    Aku merasakan sendiri
    Tapi kalau tahu caranya, bisa tetap menjalani passion ya mbak

    ReplyDelete
  19. Dengan adanya asuransi, generasi apapun bisa lebih tenang dalam menjalani hari yaa.. Makasih tipsnya jg mbak..

    ReplyDelete
  20. Ngobrol soal generasi sandwich ini kayaknya memang nggak ada habisnya ya, mbak. Banyak halnyg ternyata jadinbagian dari generasi ini, salah satunya yg paling dekat ya soal finansialq

    ReplyDelete
  21. Memang aku sepertinya bukan generasi sandwich ya, tapi aku juga harus melek tentang keuangan dan harus bisa bagi pos pos keuangan supaya finansial aman sentosa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju nih. Meskipun mungkin kita tidak termasuk generasi sandwich tapi melek finansial itu tetap penting setidaknya buat persiapan di hari tua

      Delete
  22. relate banget nih sebagai gen sandwich, meski bukan dari jalur orang tua tetapi dari mertua. memang agak berat jalaninnya, kudu agak upaya.. yang penting tau apa aja yang kudu dilakuin dan betul, asuransi jadi salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mba, asuransi saat ini penting untuk proteksi masa depan

      Delete
  23. saya masih mencari-cari asuransi terbaik yang cocok dengan saya, membaca ini jadi rekomendasi saya mba, kebetulan banget sedang mencari-cari asuransi. karena dengan adanya pandemi saya menjadi sadar dengan keberadaan asuransi ini snagat penting ya

    ReplyDelete
  24. Ah bener banget ini
    Punya asuransi itu salah satu jalan ninja untuk ketenangan menjalani hidup
    Karena kebutuhan yang makin meningkat, dengan adanya perlindungan dari auransi kita juga jadi lebih tenang mau ngapa-ngapain

    ReplyDelete
  25. Bener banget, nih. Menurutku, terlepas dari generasi sandwich atau bukan, asuransi tetap jadi hal penting yang harus dipertimbangkan dan dipikirkan semua orang, apalagi pasca pandemi gini.

    ReplyDelete
  26. Doaku semoga kalau kelak sudah tua tidak merepotkan anak-anakku, ingin terus bekerja sampai tua dan tak bisa apa-apa biar ga jadi beban anak-anak

    ReplyDelete
  27. Setuju banget kak, milih circle yg positif itu penting banget salah-salah bisa kelilit itu sama gaya hidup teman kita. Nah gen z suka ketipu nih dg yg satu ini

    ReplyDelete
  28. Memiliki asuransi akan membuat hidup yang tidak pasti memiliki satu pelindung yang dapat diadalkan saat mengalami masalah kesehatan, salah satu yg harus jadi prioritas gen sandwich.

    ReplyDelete
  29. seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, kita juga harus paham betapa pentingnya sebuah proteksi yakni asuransi. Apalagi FWD menawarkan pengalaman asuransi yg berbeda.

    ReplyDelete
  30. Bener banget sih utk masalah entertainment mending cari diskonan atau promo yaa..

    ReplyDelete
  31. memang harus ada planning ya kalau punya tanggungan jadi generasi sandwich ini. Ternyata asuransi juga kadang bisa jadi pilihan oke juga kalau pas dengan kebutuhan kita ya

    ReplyDelete
  32. Jadi generasi sandwich itu berat
    Aku sudah mengalami
    Makanya penting banget bisa manage keuangan ya mbak
    Biar tetap bisa jalani passion

    ReplyDelete
  33. Wajib banget punya asuransi kesehatan dan asuransi jiwa saat ini. Tips ini berguna banget untuk kaum generasi sandwich.

    ReplyDelete
  34. Asuransi yang membuat kita semua merasakan kemudahannya dalam melangkah dan menentukan rencana keuangan masa depan. Pos-pos penting sudah dilengkapi ketika usia produktif dan semoga mendukung ketika usia sudah tdak lagi produktif bekerja.

    ReplyDelete
  35. Hhaahah anti toxic, bener bangett. jadi ngga bisa menikmati hasil jerih payah sendiri yaa mbaa kalau terusterusan begini.. FWD selalu kasih edukasi kayak gini keren banget sih

    ReplyDelete
  36. Semoga kita bisa mandiri finansial dikemudian hari mulai sejak dini gemar berinvestasi....tapi kalau dalam islam anak laki laki bertanggung jawab terhadap ibunya sampai tiada, berbakti kepada orang tua tidak merugi juga ya kakk.

    ReplyDelete
  37. Jadi generasi sandwich harus kuat-kuat mental ya kak. Harus happy, lingkungan positif, bebas jalani passion dan bebas dari tekanan. karena banyak tanggung jawab yang dia emban.

    ReplyDelete
  38. Kadang, meskipun sudah tertata dengan rapi dan hidup sesuai passion. Kalau terlalu besar pasak daripada tiang, tetap kepikiran ya kak. Apalagi jika berperan sebagai tulang punggung keluarga

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation