5 Tips Menstabilkan Keuangan Keluarga dan Investasi

Keluarga Bahagia
Keluarga Bahagia
Sumber Gambar: Pexels

Setiap orang pasti ingin memiliki keluarga yang sejahtera agar masa depannya terjamin. Untuk mewujudkan hal tersebut Anda harus pintar mengatur uang agar kondisi finansial keluarga tetap terjaga.

Namun, sayangnya banyak orang gagal melakukannya karena berbagai sebab, salah satunya karena lifestyle. Orang yang terbiasa hidup boros biasanya kesulitan mengelola uang dengan baik. Untuk mengatasinya Anda harus mendisiplinkan diri agar tidak menghambur-hamburkan uang.

Caranya dengan melakukan investasi, Reksadana Pendapatan Tetap dapat menjadi pilihan yang tepat bagi yang belum memiliki pengalaman. Berikut tips menstabilkan keuangan keluarga selengkapnya.

Tips Menstabilkan Keuangan Keluarga

Keuangan menjadi salah satu pokok permasalahan yang sering mempengaruhi kondisi sebuah keluarga. Tak heran bila banyak ditemukan pasangan suami-istri yang berselisih pendapat karena masalah finansial. Jika Anda tidak ingin mengalami masalah tersebut sebaiknya mulai terapkan tips di bawah ini:

Menghitung Pendapatan Secara Keseluruhan

Sebelum memulai rencana lebih lanjut, cari tahu dulu berapa jumlah pendapatan Anda dan pasangan. Semua uang yang masuk harus dihitung mulai dari gaji pokok, upah lembur, bonus atau insentif, pendapatan bisnis, dan lainnya.

Menghitung seluruh pendapatan akan mempermudah dalam mengatur keuangan rumah tangga. Anda dapat membuat rencana pengeluaran yang efektif untuk meminimalisir pembelian barang/jasa yang tidak diperlukan.

Membedakan Antara Kebutuhan & Keinginan

Ketidakmampuan membedakan kebutuhan dan keinginan menjadi salah satu faktor keuangan keluarga tidak stabil. Tipe orang yang demikian umumnya tidak dapat menentukan mana kebutuhan yang harus diprioritaskan dan mana yang harus dikesampingkan.

Jika kebiasaan ini terus berlanjut, maka besar kemungkinannya timbul masalah finansial yang lebih serius. Mulai sekarang Anda harus belajar membedakan antara kebutuhan dan keinginan agar arus pengeluaran rumah tangga tetap sehat.

Membuat Rincian Pengeluaran

Agar arus kas rumah tangga tetap terjaga, sebaiknya Anda membuat daftar rincian pengeluaran bulanan. Di dalamnya harus merinci pengeluaran prioritas yang bersifat wajib, contohnya uang belanja, tagihan listrik, tagihan air, uang bensin, uang sekolah anak, dan semacamnya.

Rincian pengeluaran bulanan dapat mempermudah Anda dalam mengatur keuangan rumah tangga. Serta mampu mencegah pengeluaran impulsif yang bersifat pemborosan. Jadi, tidak ada ruginya meluangkan sedikit waktu setiap akhir bulan untuk membuat rincian pengeluaran rumah tangga.

Menyiapkan Dana Darurat

Menstabilkan keuangan keluarga tidak cukup dengan tiga hal tadi, Anda juga perlu menyiapkan dana darurat untuk kepentingan mendesak. Kita memang tidak tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang tapi Anda harus bersiap menghadapinya.

Salah satu cara mempersiapkan yaitu dengan mengumpulkan dana darurat. Dana darurat dapat membantu Anda ketika mengalami hal tidak terduga seperti PHK, kecelakaan, krisis ekonomi nasional, bisnis rugi, dan masalah lainnya.

Bagaimana cara mengumpulkan dana darurat keluarga? Sebenarnya mudah, cukup sisihkan 10-3- persen dari total pendapatan bulanan secara konsisten. Sebaiknya uang tersebut disisihkan di rekening khusus supaya tidak terpakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Mulai Berinvestasi

Selain dana darurat, hal penting lainnya yang harus Anda miliki adalah aset investasi. Berinvestasi di Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT) dapat menjadi keputusan yang tepat bila Anda belum cukup pengalaman dalam bidang investasi.

Mengapa bisa demikian? Karena RDPT termasuk investasi yang legal dan rendah risiko. Selain itu, Anda tidak perlu pusing melakukan analisa pasar secara mendalam untuk menghasilkan keuntungan.

Karena tugas tersebut sudah dilakukan oleh Manajer Investasi yang mengelola dana investor. Lalu apa pentingnya investasi? Tentu sangat penting terutama dalam menunjang masa depan keluarga Anda.

Manajer Investasi
Manajer Investasi
Sumber Gambar: Pexels

Mengapa Reksadana Menjadi Pilihan Investasi yang Tepat?

Apa itu Reksadana Pendapatan Tetap? Meskipun tergolong baru, RDPT termasuk instrumen yang aman dan menawarkan keuntungan yang relatif stabil. Dikutip dari sikapiuangmu.ojk.go.id, RDPT menawarkan potensi return sekitar 7-8 persen per tahun bahkan berdasarkan rata-rata dapat mencapai 9 persen.

Selain untuk investasi, RDPT juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan dana darurat karena mudah dicairkan. Anda dapat menariknya sewaktu-waktu pada hari bursa tanpa perlu membayar denda layaknya Deposito.

Tipe investor konservatif sangat direkomendasikan memilih RDPT sebagai investasi. Namun, pastikan Anda memilih Manager Investasi profesional yang sudah terjamin legalitasnya dan memiliki izin resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Untungnya Investasi Reksadana Bersama Manager Profesional

Semua orang pasti ingin keuangan rumah tangganya sehat dan stabil namun banyak yang gagal mewujudkannya karena berbagai alasan. Dengan investasi di Reksadana Pendapatan Tetap Anda dapat menstabilkan keuangan keluarga secara efektif.

Tidak tahu harus memulai investasi dari mana? Anda dapat bergabung menjadi Nasabah perbankan prioritas DBS Treasures untuk kemudahan dalam berinvestasi. Tersedia berbagai macam pilihan produk yang dikelola oleh Manajer Investasi profesional terkemuka.

Dengan beragamnya pilihan aset investasi yang tersedia, Anda dapat melakukan penyebaran dana untuk meminimalisir risiko. Tim ahli mereka juga akan memberikan informasi terkait peluang investasi dan hasil amalisa pasar yang akurat.

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengkomunikasikannya. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensimu.

Untuk mendapat semua dukungan tersebut Anda perlu mendaftar diri menjadi Nasabah perbankan prioritas. Stabilkan keuangan keluarga Anda melalui investasi di perbankan prioritas DBS Treasures dan dapatkan keuntungan dengan investasi di Reksdana Pendapatan Tetap sekarang. Klik di sini untuk melihat detail selengkapnya.


No comments

your comment awaiting moderation