Rekomendasi Wisata Makassar

Ternyata aku sudah tiga kali bolak-balik Makassar dengan segala macam bitter and sweet memories yang bersisa sampai sekarang, haha! Mulai dari keseruan penjelajahan dan kegiatan sosial, agenda komunitas sampai urusan-urusan perasaan yang sudah usai.

Tapi, dari semua perjalanan lebih banyak cerita serunya dong, karena banyak pengalaman, teman baru, dan perjalanan-perjalanan wisata Makassar yang tentunya sayang kalau dilewatkan nih. Oke, aku bakal spill rekomendasi tempat-tempat wisata di Makassar yang worth to visit!

Rekomendasi Wisata Makassar
Rekomendasi Wisata Makassar

Pantai Losari

Pertama kali menginjakkan kaki ke pantai Losari di bulan Juni 2013 bersama dengan relawan-relawan Safari Bhakti Kesetiakawan Sosial (SBKS) Kemensos RI. Perjalanan 24 hari yang penuh kesenangan, kebersamaan dan juga ketegangan, haha. Setiap singgah di kota-kota kunjungan SBKS, kami semua akan kegirangan karena bisa berburu kuliner khas daerah setempat. Kulineran menjadi surga bagi kami kala itu, karena lama-kelamaan merasa tersiksa juga dengan makanan kapal yang cenderung hambar! Hahaha.

Fort Rotterdam

Disebut juga sebagai benteng Ujung Pandang, sebuah bangunan yang dibangun abad 16 untuk menjadi benteng pertahanan melawan penjajah pada saat itu.

Taman Nasional Banti Murung

Perjalanan kali ini, menjadi kali kedua diriku menginjakkan kaki di Makassar. Taman Nasional Banti Murung, menjadi salah satu tempat wisata yang sangat menarik perhatianku, karena di sini kita bisa melihat-lihat ragam flora fauna dan beragam jenis kupu-kupu! I love butterflies so much!

Maros, Kawasan Karst Terbesar Indonesia

Aku mengunjungi beberapa destinasi wisata di Maros seperti Taman Batu Selerang, Taman Prasejarah Leang-leang,  Bisseang Labboro (Bislab) dan Rammang-rammang.

Rammang-rammang
Rammang-rammang

Taman Batu Selerang merupakan pegununan kapur terluas di Indonesia, perjalanannya naik-turun layaknya mendaki gunung yaa, tapi sangat-sangat landai, cocok buat aku yang belum kuat naik gunung tinggi dan curam hehe.

Taman Batu Selerang
Taman Batu Selerang

Di Taman Prasejarah Leang-leang, kita akan banyak melihat gua-gua prasejarah dengan ornamen-ornamen gambaran tangan di dinding-dinding gua.

Taman Prasejarah Leang-leang
Taman Prasejarah Leang-leang

Kawasan wisata Bislab ternyata memiliki cerita legenda tersendiri loh! Di sini, kita akan menemukan tiga batu besar yang menyerupai bentuk perahu. Konon, jaman dahulu ada seorang saudagar dari Tiongkok yang datang untuk melamar dan mempersunting gadis Samangki, namun lamarannya ditolak. Akhirnya sang saudagar pun mengkaramkan perahunya dan disebut-sebut sebagai "Bisseang Labboro" oleh masyarakat Samangki yang artinya perahu terdampar.

Masjid Apung Amirul Mukminin

Masjid Amirul Mukminin menjadi salah satu masjid termegah di nusantara loh dan diresmikan oleh Bapak Jusuf Kalla! Masjid ini memang dibangun di atas perairan dan mengapung dekat dengan Pantai Losari.

Masjid 99 Kubah Makassar

Merupakan ikon baru kota Makassar dan termasuk dalam 30 masjid terunik di dunia loh! Kubah masjid ini berjumlah 99 yang diambil dari jumlah asmaul husna.

Kulineran

Ada banyak kuliner yang ku suka dari Makassar mulai dari sop konro, coto makassar, es pallubutung, es pisang ijo, pallubasa, sop sodara, pallumara, pisang epe dan segala macam cemilan di Mama Toko Kue! Argghhh, semuanya aku suka!

Itu baru sebagian rekomendasi tempat wisata Makassar yang memang sudah pernah ku kunjungi yaa, dan masih banyak lagi deretan tempat-tempat wisata yang worth to visit di Makassar. Nah, sembari jalan-jalan dan berpetualang ke Makassar, atau sekalian mau menetap di Kota Daeng ini kita juga bisa melihat-lihat perumahan Summarecon Mutiara Makassar. Komplek perumahan dengan konsep Aeroport City, dengan lokasi di antara Bandara Sultan Hasanuddin dan Makassar New Port dengan fasilitas yang lengkap. 

Lingkungan Summarecon Mutiara Makassar memadukan kawasan komersil dan perumahan dengan konsep pengelolaan kota profesional. Dengan lokasi yang strategis, perumahan Summarecon Mutiara Makassar pun diuntungkan dengan kemudahan akses dan potensi bisnis. Beragam tipe perumahan  dan ruko sebagai tempat berbisnis tersedia di kawasan perumahan ini dengan kisaran harga mulai dari 700-an juta rupiah.

Summarecon Mutiara Makassar
Summarecon Mutiara Makassar
Sumber Foto: Rumah 123

By the way, karena ada rencana pemindahan Ibu Kota Negara baru ke Kalimantan Timur, kota-kota di Sulawesi Selatan seperti Makassar akan menjadi wilayah yang kecipratan keuntungan secara ekonomi, logistik dan pembangunan infrastruktur loh. Membeli investasi properti di Summarecon Mutiara Makassar sepertinya bisa menjadi salah satu investasi masa depan yang menggiurkan dan mengikuti pergerakan roda perekonomian Indonesia yang akan bergeser ke arah timur nih!






64 comments

  1. Apalah aku yang menginjakkan kaki di Makassar cuma transit pesawat aja huf. Kayaknya yang paling sering denger pantai Losari sama Maros yak. Pengen deh ke sana :')

    ReplyDelete
  2. Wah Makassar!!
    Saya pernah 2 kali ke Makassar dan Makassarlah kota pertama yang saya kunjungi dengan pesawat dari Bali. Bagaimana saya bisa lupa? banyak cerita seru juga disana.

    Semua tempat yang Mba Wulan sebutkan sudah saya kunjungi. Saya suka sekali dengan Rammang-rammang. Berapa kali pun kesana, tidak akan pernah bosan.
    Ah, jadi pengen ke Makassar lagi

    ReplyDelete
  3. Wah dari travelling langsung ada penawaran rumah di Makassar. Luar biasa Summarecon memang pengembang yang jeli melihat peluang besar . Semoga pembeli tertarik dengan apa yang disajikan.

    ReplyDelete
  4. Di awal nikah saya sempat tinggal di Makassar ikut suami yang kerja disana. Dan dari beberapa tempat wisata yang disebutkan diatas saya belum pernah berkunjung ke taman prasejarah Leangleang dan kawasan wisata Bislab. Dan saya juga belum kesampean liat masjid Apung Amirul Mukminin sama masjid 99 kubah soalnya keburu pindah. Duh jadi kangen Makassar.

    ReplyDelete
  5. Wisata Makkasar emang terkenal bagus-bagus ya mbak. Begitu pun dengan kulinernya. Ni, ada tetanggaku di Medan dulu pindah ke Makassar. Liat medsosnya tentang jalan-jalan pengen liburan ke sana juga.

    ReplyDelete
  6. Urusan kuliner ni pas di Semarang, aku suka sekali jajan es pisang ijo pas jam istirahat siang. Entah apakah ini sama seperti yang di Makasar? Atau memang ini jajanan khas Makasar yang dijual di Semarang. Tapi emang enak sih.

    ReplyDelete
  7. Udh pernah ke Sulawesi, tapi belum berpijak ke Sulawesi Selatan nih kak. Jujur pgn banget pergi ke destinasi yang disebutin tadi. Biasanya juga cmn baca hasil traveling mereka. Semoga tahun ini pandemi bisa lekas usai. Jadi ga cuman bisa traveling virtual aja nih. Doakan aku juga bisa menjejakkan kaki di Makassar ya kak.

    ReplyDelete
  8. Duhhh dari dulu pengen banget ke pantai Losari. Semoga suatu hari kesampaian yah. Pengen ke Taman Nasional Banti Murung juga deh. Pengen nyicipin coto Makassar sekalian. Ahh seru pasti!

    ReplyDelete
  9. jadi kangen makasar
    aku belum sempet ke Maro waktu itu mbak, wishlist pengen ke leang-leang
    kulinernya banyak juga ya disana
    pokoknya kudu balik lagi explore makasar nih

    ReplyDelete
  10. Wow.. jadi kangen ke sana lagi. Terakhir ke Makassar 2017. Dan sebenarnya wisata makassar itu hanya Pantai Losari, Fort Rotterdam, terus masjid-masjid. Selebihnya berada di kabupaten Maros.
    Tapi ada juga benteng Somba Opu, Mbak. Termasuk kalo mau ke Pulau Kayangan.

    ReplyDelete
  11. Saya kalau transit di Makassar selalu mampir ke Losari. Lumayan banyak destinasinya. Terus kulineran deh, termasuk Jalangkote. Kalau untuk properti, kawasan Tanjung Bunga Makassar yang lagi naik daun.

    ReplyDelete
  12. Iya kalau ibukota negara pindah, daerah sekitar bakal ikut maju dan menjadi wilayah penunjang meningkatnya perekonomian ya. Cuss ah cari hunian idaman sebagai investasi

    ReplyDelete
  13. Aku belum pernah ke sulawesi nih, Kak Wulan. Termasuk Makassar ya. Ternyata banyak wisata menarik yang bisa dikunjungi kalo ke Makassar nanti. Belum lagi kulinerannya juga menarik buat dicobain nih.

    Wah boleh juga tuh punya investasi perumahan maupun ruko di Makassar apalagi di perumahan yang pengelolaannya profesional.

    ReplyDelete
  14. Wah jadi pengen ke makasar nih kk, recommendasi nyan keren bangets

    ReplyDelete
  15. Akuuuu...belum pernah ke Makassaaaar. Heuheu.... Semoga ada rezeki buat ke sana. Punya beberapa sahabat lama di sama. Pengen banget silaturahmi ke sana sambil jalan-jalan ke Gua Leang-Leang.

    ReplyDelete
  16. wah auto aku keep nih artikelnya kalo nanti pas aku jalan-jalan ke Makassar buat referensi, bagus nih buat nyetok foto healing alias travelling di lokasi wisatanya oke banget

    ReplyDelete
  17. aku org sulawesi tetapi blm pernah langsung ke kota Makassar, cmn sekedar transit di Bandara sih sering hehe. Sulsel adalah Provinsi terbersar utk wilayah Sulawesi, sdh pasti pembangunan udh lebih maju dibanding prov sulawesi yang lain

    ReplyDelete
  18. Wah, bisa direkomendasikan pada teman yang sedang nyari-nyari rumah di Makasar nih. Summarecon Mutiara Makassar ini bisa jadi pilihannya, secara mempunyai lokasi yg strategis. Biar nanti teman2nya berkunjung dekat ke tempat dolan yang bagus2 di Makassar.

    ReplyDelete
  19. Aduh jadi ngiler banget ini pengen halan halan ke Makassar. Ternyata wisatanya banyak dan eksotik eksotik. Pas banget untuk healing healing lucuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Healing oh healing. Hehee.

      Sejatinya indonesia itu cantik dg kealamiannya apalagi daerah luar jawa macam makasar ini ya.

      Jadi melancong dari ujung timur sampai barat gak cukup deh hanya bebrapa hari bahkan bulan.

      Kayak di makasr ini aja banyak pilihan destinasinya ya

      Delete
  20. Jadi inget, 2005 lalu aku pernah dikirim liputan ke Makassar. Nginep di hotel pinggir pantai yang dekat sama benteng dan Pantai Losari. Tapi... kok ya nggak bisa nyempetin ke sana. Jadi sia-sia deh!

    ReplyDelete
  21. aku fokus banget ngebaca tulisan tentang kulineran. sop konro, coto makassar, es pallubutung, es pisang ijo, pallubasa, sop sodara, pallumara, pisang epe semuanya enak dan menggoda selera. Wuenaaaaak semuanya

    ReplyDelete
  22. Jadi pengen ke Makassar. Rekomendasi tempat wisata dan kulinernya bikin pengen cepet" nyebrang ke makassar.

    ReplyDelete
  23. Wah Mbak Wulan ternyata udah beberapa kali ke Makassar ya. Saya tinggalnya di Maros nih dan rumah di sini juga dekat dengan Rammang-Rammang, Leang-Leang dan air terjun Bantimurung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaaaa, udah 3x ke Makassar, huwaaaa ketemu orang aslinya nih hihi. Satu yg pengen dikunjungi lagi tuh taman kupu2 bantimurung, kemaren pas kesana udah tutup heuheu

      Delete
  24. Daku galfok lihat foto Kak Wulan yang di Ramang-ramang, ayu banget.
    Kan jadi OOT, semoga bisa berkesempatan traveling ke sana, mengingat temen kuliah daku sempet ngajakin ke Makassar, tapi belum kesampaian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modelnya ayu, objek wisata Ramang-Ramang di Makasar juga menghimbau untuk dikunjungi. Semoga kita sama2 kesampain mengunjunginya mba dan nginap di rumah salah satu kenalan di Summarecon Mutiara Makassar.

      Delete
  25. Wah Makasar punya banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi ya mbak
    Nggak hanya wisata sejarah, tapi juga bisa mencoba beragam wisata kuliner khas Makasar

    ReplyDelete
  26. aku ke makassar baru sekali nih tahun 2017 kalau nggak salah dan cuma sempat ke fort rotterdam. semoga nanti bisa ke makassar lagi dan mengunjungi tempat wisata lainnya

    ReplyDelete
  27. wacana perpindahan ibukota ke kalimanta ternyata segera terwujud ya. udah pasti wilayah sekitanya bakalan terkena dampak positif terkait pembangunan ekonomi dan ifrastruktur. terasuk summarecon ini nih di makassar. developernya tahu pangsa pasar banget ya, bisa membaca peluang. mantap nih

    ReplyDelete
  28. Wah ada taman batu gt di makassar? Ih kok cakep, jadi penasaran pengen ke makassar.. aku belom pernah nih ke makassar, semoga dapet kesempatan ke makassar jugaaaa.. aamiin..

    ReplyDelete
  29. Tentu saja wisata kuliner menjadi tujuanku kalau travelling kemanapun, penasaran banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah me too kak Mut.
      Soalnya ke-khasan tiap daerah itu bisa dirasakan saat menikmati kulinernya, sehingga bikin kangen buat balik lagi

      Delete
  30. masya Allah bersyukur sekali mbakbisa jelong2 ya sampai maaksar. btw pantai losari ini yang paling aku sering denger ttg makasar tapi ternyata banyak ya destinasi untuk dikunjungi mantap dah

    ReplyDelete
  31. Oh iya yaa..?
    Aku pikir yang kecipratan seneng cuma warga Kalimantan nih.. Karena bakalan pembangunan besar-besaran.
    Semoga pemindahan Ibukota juga diiringi banyak keberkahan untuk kita semua.

    ReplyDelete
  32. Duh Makasar, sekalipun saya belum pernah ke sini

    malah di luar pulau Jawa, paling jauh saya cuma ke Lampung dan Madura

    wajib banget nih ke Makasar kalo ngaku cinta NKRI ya?

    ReplyDelete
  33. one of destination adalah kota Makassar, aku ingin sekali ke Makassar, karena pernah lihat temenku foto di salah satu sudut kotanya, bagus sekali. Semoga sewaktu2 bisa ke makassar.

    ReplyDelete
  34. Huaah Makassar., Beberapa kali penerbangan ku transit sini tapi belum pernah sampai keliling kota Makassar :')

    Wisata alaamnya begitu menggodaaa

    ReplyDelete
  35. Semua destinasi wisata di Makassar ini cocok banget ya kak buat konten di sosmed dan blog. Duh jadi pgn ke semua destinasi yang udh disebutin ini nih.

    Cukup nggak ya buat 3 hari di sana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mikirnya cocok banget mas buat konten sosmed. Bagus2 soalnya. Kayaknya gak cukup mas. Semingguan kali ya di sana biar makin puas explorasinya juga.

      Delete
  36. dari penamaan aku kita ini perumahan, ternyata objek wisata yang sangat keren. moga bisa berkunjung suatu saat nanti. Salam from Bali

    ReplyDelete
  37. Baca artikel ini jadi kebayang bayang es pallubutung. Segar banget disantap siang siang...
    Aku belum pernah ke Makassar setidaknya udah pernah makan es Paluubutungnya wkwkwk

    ReplyDelete
  38. Banyak ya kak rekomendasi wisata dan kulinernya, semoga suatu saat nanti bisa main² ke Makasar juga

    ReplyDelete
  39. Wah, banyak destinasi wisata keren nih di Makasar. Aku penasaran dengan Masjid 99 ini. Apalagi masuk kategori 30 masjid terunik di dunia dan kubahnya berjumlah 99? Wow! Rasanya pengen ke sana.

    ReplyDelete
  40. wah saya sudah mengunjungi semuanya, memang seru banget ke Makassar, pengen balik lagi main ke sana deh, seru tempatnya bagus-bagus, makanannya juga enak-enak

    ReplyDelete
  41. Banyak juga ya tempat wisata di Makassar ini, dulu sempat mau ke sana tapi gak jadi hihi, berharap suatu saat bisa sampe ke sana

    ReplyDelete
  42. pantai losari ini melegenda banget ya. terimakasih tulisannya, bisa jadi acuan nanti klo bisa poiknik ke Makasar

    ReplyDelete
  43. keep, semoga dapet rejeki lebih untuk berkunjung ke makassar terutama ke pantai losari, dan lokasi wisata kerennya juga lah aamiin :D

    ReplyDelete
  44. Seru banget ya wisata makasar... Saya baru pernah ke pantai losari, masjid apung, sama fort rotterdam... Tapi paling seru memang kulinernya, duh jadi kangen...

    ReplyDelete
  45. Saya pengen ke Makassar, plisss. Pengan ngunjungin semua yang ditulis di blog ini dan cobain kulinernya jugaaa. Semoga tahun ini bisa ke Makassar amiin.

    ReplyDelete
  46. makasar banyak banget ya destinasi wisatanya, auto pengen kesana...mupeng. aku pengen banget ke pantai losari. cuman lihat di internet aja, indah juga pantainya

    ReplyDelete
  47. Alhamdulillah sudah ke tempat wisata yang Kaka sebut cuma ke Bislab yang belum. Next pengen deh balik lagi ke Makssar...

    ReplyDelete
  48. Banyak banget ya tempat wisata di Makassar yang recommended buat dikunjungi. Jadi tahu nih, soalnya aku belum pernah ke Makassar.

    ReplyDelete
  49. Wah aku belum pernah nih ke makasar. Ntar dah abis lebaran semoga bisa jalan2 ke sana ya. Pingin liat kupu2 di Taman Nasional Banti Murung nih

    ReplyDelete
  50. Seru banget yaaa. Taunya di makasar cuma pantai losarii aja.😅
    Ternyata banyak tempat indah nan menyenangkan yaa kak

    ReplyDelete
  51. belum pernah ke sana semuaa.. aku ke amkassar itu terkahir tahun 2012 dan cuma ke losari ajah dan sekitarnya. harusnya main lebih jauh lagi nii

    ReplyDelete
  52. Jadi pengen ke makasar jugaaaa, ternyata banyak.tempat wisata yang kece kece ya kaak.. abis itu wisata kuliner cto makassar.. mantap sekaliiii

    ReplyDelete
  53. Oh iyaya... Meski Ibukota barunya di Kalimantan, Makassar juga ikutan kena bahagianya.
    Siap-siap semakin ramai dan semoga membawa keberkahan bagi masyarakat.

    ReplyDelete
  54. Ih,berasa diajak jalan-jalan beneran ke Makassar Kak. Belum pernaha sama sekali keluar pulau Jawa-Madura:D

    ReplyDelete
  55. Sekarang Makassar semakin berkembang yg paling penting tetap diperhatikan diper hatikan
    . Dulu suka main di pantai losari sebelum di pindah

    ReplyDelete
  56. Aku pernah ke Maros dan melihat bebatuan kars di Rammang Rammang. Tapi sayang waktu itu ada beberapa batu yang tidak diindahkan dengan dicoret-coret.. semoga kelestariannya masih terjaga ya sampai sekarang. amin..

    ReplyDelete
  57. jujur nih aku agak menyesal pas ke makassar dulu nggak nyobain coto makassarnya. cuma pernah makan sup konro doang. duh semoga aja nanti bisa ke makassar lagi

    ReplyDelete
  58. Wisata di Makassar ternyata beragam banget ya. Aneka kulinernya juga cukup menggoda dan tampaknya bikin perut makin maju, soalnya enak2 banget, hehe...

    ReplyDelete
  59. Beberapa tempat wisatanya udah aq datengin semasa kuliah dulu, hehe. Skrg lg gak di mksr, duh jadi kangen kesana lagi

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation