9 Rekomendasi Seserahan Pernikahan & Maknanya

Setelah melalui penantian panjang untuk menemukan tambatan hati sebagai tempat berlabuh sekaligus teman hidup dalam mengarungi bahtera rumah tangga, akhirnya aku menemukan dia, sosok lelaki Jawa yang menjadi jawaban atas doa-doa yang kupanjatkan di setiap sujudku pada Tuhan.

Pre-Wedding Adat Jawa
Pre-Wedding Adat Jawa

Kurun waktu satu tahun kami jalani sebagai masa-masa perkenalan, pendekatan, matur izin kepada orang tua, lamaran hingga akhirnya melangsungkan akad nikah dan resepsi pernikahan pada Rabu, 20 Juli 2022 lalu di Tegal, kampung halamanku.

Mengingat waktu persiapan yang cukup pendek, empat bulan sejak mendapatkan restu dari orang tua, kami mencoba menyiapkan barang-barang seserahan sesuai dengan adat Jawa yang memang biasanya dilangsungkan di tempatku dengan budget yang minimalis. Dan ternyata, barang-barang seserahan pernikahan tersebut memang memiliki makna dan tujuannya masing-masing.

Seserahan pernikahan memang bukan syarat mutlak bagi dua insan untuk sah mengikat janji suci pernikahan, hanya saja seserahan pernikahan diberikan oleh pihak calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita sebagai simbol bahwa calon suami siap bertanggung jawab untuk memenuhi segala kebutuhan rumah tangganya. Selain itu, seserahan pernikahan juga menjadi tanda keseriusan seorang lelaki terhadap calon pengantinnya. Dari sisi keluarga, seserahan pun bisa menjadi tali pengikat hubungan silaturahmi antara kedua pihak keluarga.

9 Rekomendasi Seserahan Pernikahan Jawa & Maknanya

1. Peralatan Ibadah, Tumpuan Agama dalam Kehidupan

Peralatan ibadah, bagi kami umat muslim berupa seperangkat alat sholat, yang biasanya berisi mukenah, sajadah, tasbih  & Al-Qur'an menjadi semacam seserahan "wajib" bagi sebagaian besar umat muslim di Indonesia. Seserahan ini dimaksudkan agar kedua mempelai senantiasa menegakkan tiang agama, yakni sholat. Seserahan pernikahan ini juga dapat dijadikan lambang pengingat calon mempelai pada Sang Pencipta.

Seserahan Pernikahan Seperangkat Alat Sholat & Al-Qur'an
Seserahan Pernikahan Seperangkat Alat Sholat & Al-Qur'an

2. Satu Set Cincin sebagai Hubungan Cinta Abadi

Cincin pernikahan biasanya akan diberikan satu set, satu untuk pengantin pria dan satu untuk pengantin wanita. Satu set cincin ini sebagai tali pengikat kedua calon mempelai dalam berumah tangga dan menjadi lambang hubungan cinta yang abadi. Bagi calon pengantin muslim, cincin pria tidak berupa emas, bisa diganti dengan cincin berbahan perak, kuningan atau palladium. Kemarin (calon) Paksu memilih cincin berbahan palladium dengan pertimbangan, bahan ini cenderung lebih bagus dari pada yang lain. Kedua cincin kami diukir dengan nama pasangan. Harapannya tentu agar awet menjadi simbol pernikahan kami sampai akhir hayat, Aamiin.

Satu Set Cincin Pernikahan
Satu Set Cincin Pernikahan

3. Perhiasan Simbol Sinar dalam Keluarga

Set perhiasan dalam seserahan biasanya berupa cincin, kalung, lionting, antin, dan gelang untuk mempelai wanita dengan jumlah yang disesuaikan dengan kemampuan calon mempelai pria. Pesan yang ingin disampaikan adalah agar wanita layaknya perhiasan emas yang senantiasa berkilau dan bersinar. Saat pernikahanku kemarin, aku mengganti set perhiasan emas menjadi logam emas murni, tujuannya ya tentu agar tetap bisa bersinar di masa-masa mendatang sekaligus sebagai batu pijakan aset investasi ekonomi keluarga baru kami.

Seserahan Pernikahan Logam Mulia
Seserahan Pernikahan Logam Mulia

Baca Juga: Tips Mengelola Investasi

4. Setelan Pakaian & Pakaian Dalam Melambangkan Terjaganya Kerahasiaan Rumah Tangga

Setelan pakaian yang diberikan bisa berbagai macam bentuknya sesuai dengan kesepakatan atau pun permintaan calon mempelai wanita. Karena aku lebih membutuhkan baju kerja, akhirnya (calon) Paksu membelikan satu setel baju kerja, beserta lingerie dan pakaian dalam. Tapi ternyata, dari pihak mamakku meminta pakaian gamis sebagai simbol rumah tangga yang Islami. Jadi ya ditambahkan juga satu set pakaian gamis.

Selain lambang terjaganya kerahasiaan rumah tangga, menurutku pemberian setelan pakaian juga bisa dimaksudkan sebagai tanggung jawab calon suami mencukupi kebutuhan sandang calon istri juga ya.

5. Peralatan Kosmetik agar Menjaga Penampilan di Depan Suami

Berbagai macam seserahan pernikahan jgua dimaksudkan sebagai tanda pengantin pria menyediakan perawatan tubuh dan make up bagi calon istri yang disimbolkan dalam peralatan kosmetik yang biasa digunakan pihak mempelai wanita. Kebetulan pada momen-momen menyiapkan pernikahan, aku sedang cocok dan suka sekali menggunakan rangkaian produk Hanasui. Akhirnya diputuskan (calon) Paksu membeli Hanasui Make Up Kit, berupa setting spray, serum cushion, setting powder, blush on dan lipstik.

Tips saat membeli rangkaian make up atau pun skincare agar terlihat cantik dalam box seserahan sebaiknya memilih produk-produk dari brand yang sama, atau nuansa warna produk yang sama.

6. Perlengkapan Mandi Simbol Kebersihan Lahir Batin

Mandi menjadi aktivitas sehari-hari untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan debu selama beraktivitas seharian. Seserahan perlengkapan mandi juga menjadi simbol harapan agar calon mempelai wanita bisa selalu selalu menjaga kebersihan lahir dan batin. Produk perlengkapan mandi dalam seserahan pernikahan bisa disesuaikan dengan kebutuhan calon mempelai wanita. Kemarin aku memilih rangkaian produk hair tonic, shampoo dan conditioner dari Natur serta sepasang handuk suami-istri lengkap dengan nama kami.

Baca juga: Perawatan Tubuh Sebelum Menikah

7. Tas & Dompet sebagai Simbol Tanggung Jawab

Tas dalam seserahan pernikahan memberikan lambang tanggung jawab suami agar selalu memenuhi berbagai macam keperluan istrinya, termasuk barang-barang yang bukan kebutuhan utama. Sedangkan dompet menjadi simbol "pendaringan" dalam adat Jawa. Pendaringan merupakan pasu atau gentong dalam menyimpan beras yang juga dimaknai, istri sebagai tempat penyimpanan rizki suami. 

Pranoto Coro Kacar-Kucur
Pranoto Coro Kacar-Kucur

Kebetulan prosesi pernikahanku juga menggunakan pranoto coro adat Jawa, dan ada sesi Kacar-Kucur yakni pemberian beras kunir beserta uang logam dan biji-bijian dari suami ke pangkuanku, ke pangkuan istri, yang juga melambangkan hal serupa dengan dompet seserahan pernikahan.

Baca Juga: Tas Mewah, Hobi atau Investasi?

8. Sepatu Melambangkan Kebersamaan

Seserahan pernikahan sepatu melambangkan pasangan suami-istri akan senantiasa sejalan dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Aku pun teringat kuotes menarik tentang sepatu, "Good shoes, take you good places," mungkin ini juga menjadi salah satu harapan seserahan pernikahan sepatu ya. 

9. Buah-buahan, Simbol Suka Cita & Berkat bagi Keluarga dan Orang Sekitar

Seserahan pernikahan berupa buah-buahan dengan rasa manis alami bermakna agar pasangan pengantin bisa menghasilkan buah suka cita dan berkat bagi keluarga dan orang sekitar seperti rasa manis yang muncul secara alami pada buah-buahan.

Karena kami mempersiapkan seserahan pernikahan berdua saja di tanah rantau, terlebih kesulitan juga menemukan jasa dekorasi seserahan yang sesuai dengan kebutuhan kami (barang-barang seserahan di Depok dan harus dibawa ke Tegal dengan durasi acara pernikahan tiga hari) akhirnya kami pun mendekorasi barang-barang seserahan pernikahan sendiri dengan menggunakan keranjang seserahan tutupan kain tile.

Daftar barang-barang seserahan pernikahan beserta dekorasinya bisa dicek dan dibeli di rekomendasi seserahan hallowulandari.

20 comments

  1. Orang tua dulu emang punya pemikiran yang luar biasa. Banyak hal yang kemudian disimbolkan dengan sesuatu yang kemudian menjadi pembelajaran untuk memaknai setiap kejadian dan momen. Simbol-simbol ini terus berkembang diwariskan ke generasi selanjutnya dan menjadi sebuah tradisi.

    Seserahan seperti ini emang biasa ditemui dalam acara pernikahan, tapi ga banyak orang tahu tentang setiap makna seserahan yang dibawa.

    Tulisan yang menarik mbak wulan :)

    ReplyDelete
  2. Baru tahu gw, kalo ada makna filosofi di dalemnya.. Bisa jadi referensi nih.. Nice post as always! :)

    ReplyDelete
  3. Iqbal -- saya agak punya pendapat yg beda. Kasihan anak2 muda yg mau nikah kalau dibebani "ongkos" yg besar, bikin biaya nikah jd momok buat mereka mikir2 untuk nikah. Kalau bs dipermudah dan dipermurah, mungkin mereka lbh happy:)

    ReplyDelete
  4. Ternyata ada makna di balik seserahan itu ya, baru tahu nih aku. Btw, kak itu ada yang typo harusnya anting jadi antin. Kan aku jadi merasa terpanggil hehe

    ReplyDelete
  5. oow serius baru tahu makna seserahan kenapa ada barang ini dan itu. Memang banyak yaa tapi sebenarnya bisa dibicarakan mau yang mana aja, harganya, dsb. Ga harus biaya dari satu pihak saja.

    ReplyDelete
  6. Seserahan dalam adat jawa sangat menarik ya. Ada banyak makna dan filosofi dalam tiap seserahan itu. Semoga langgeng dan jadi keluarga samawa ya Wulan dan paksu..

    - Deny Oey -

    ReplyDelete
  7. Ini seserahan yang patut dicontoh, makasih mba wulan sudah merekomendasikannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah... Menarik bgt mba penjelasannya. Walaupun di adat saya ga ada kewajiban mengenai seserahan ini, tp jd menarik krn sering liat temen2 yg merit n hrs siapin seserahan.

      Delete
  8. Rupanya maknanya dalem ya. Seneng banget bacainnya, jadi pengen siapin seserahan juga deh wkwkw. Langgeng ya buat kalian berdua! Aamiin.

    ReplyDelete
  9. Wah aku beneran baru tau makna yang tersembunyi dibalik pemberian lantaran ini, kirain dulu ngasih ngasih aja.

    Ternyata makna pakaian dalam itu kerahasiaan ya, kirain dulu apaan haha

    ReplyDelete
  10. Seserahan adalah hadiah dr calon pengantin pria untuk calon pengantin wanita...

    Dulu aku jg sama..karena sama2 merantau di Jakarta, bungkus2 sendiri, pas udah dibungkus kasih lagi ke calon, biar dibawa pas acara..🤭

    ReplyDelete
  11. Wah ya ampun baru tahu sejelas dan sedetail itu makna dari barang-barang seserahan.
    Selama ini cuma tahu sekilas dan hanya di permukaannya saja.
    Terimakasih sudah mau berbagi kak.
    Semoga pernikahannya langgeng dan bahagia selalu ya.

    ReplyDelete
  12. Meski terkesan agak ribet, tapi setiap adat istiadat dan tradisi selalu ada foa dan makna di baliknya ya ka...

    ReplyDelete
  13. Baru tahu kalo ternyata seserahan itu adalah simbol yang masing-masing memiliki makna. Menarik sih satu set cinicin yang melambangkan hubungan cinta abadi.

    ReplyDelete
  14. Banyak banget yaa seserahan dan makna dibaliknya. kalo di daerahku, ga sebanyak ini sih lan, tapi mungkin ada makna nya juga kali yaa.

    ReplyDelete
  15. Wah ya ampun baru tahu sejelas dan sedetail itu makna dari barang-barang seserahan.
    Selama ini cuma tahu sekilas dan hanya di permukaannya saja.
    Terimakasih sudah mau berbagi kak.
    Semoga pernikahannya langgeng dan bahagia selalu ya.

    ReplyDelete
  16. Dulu sebelum ku menikah, calon suami jg tanya ke ibu ku mengenai seserahan krn aku adat jawa juga, jawaban kak wulan hampir sama dgn yg dulu ibuku sampaikan ke calonsuamiku (kini paksu), pasti banyak yg blm tau knp harus A atau B seserahan ya. Btw selamat menempuh hidup baru ya kak, samawah selalu.

    ReplyDelete
  17. Walaupun bukan orang Jawa, saya kagum dengan budaya Jawa. Termasuk seserahan, yang ternyata penuh makna. 9 makna tersebut tidak hanya filosofi tapi lengkap. S Tentunya teriring doa semoga pasangan tersebut seiring sejalan menjaga bahtera rumah tangga. Amazing pisan. Btw, selamat ya Mbak Wulan.

    ReplyDelete
  18. Wahh keren Mba Wulan, selamat ya sebelumnya atas pernikahannya, semoga menjadi keluarga yang terbaik di mata Tuhan dan suri tauladan di mata masyarakat, pemahaman baru buat saya tulisannya Mba, ternyata ada makna filosofi dibalik seserahan itu, dan ternyata maknanya sangat dalam,

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation