Ga Ribet! Inilah Tips Nyaman Bepergian dengan Kereta Api

Bagi kamu yang suka jalan-jalan keluar kota, tentunya beragam transportasi yang ada di Indonesia bisa jadi pilihan saat akan merencanakan liburan. Namun, bepergian dengan kereta api bisa jadi cara yang paling menyenangkan, nyaman dan terjangkau. Apalagi jika kamu bepergian keluar kota dan harus menempuh jarak yang jauh.

Melakukan perjalanan dengan kereta api di Indonesia juga sangat mudah, kamu bisa memesan tiket KAI di Traveloka dari jauh-jauh hari agar mendapatkan tempat dan jadwal yang sesuai.

Perjalanan dengan kereta api tentunya harus dimanfaatkan dengan baik. Kamu juga perlu mengetahui beberapa tips untuk bepergian dengan kereta api yang dapat membantu waktu kamu selama perjalanan yang panjang.

Nah, supaya perjalanan dengan kereta api kamu nyaman dan lancar, kamu bisa simak beberapa tips di bawah ini ya!

Tips Nyaman Bepergian dengan Kereta Api

Tips Perjalanan Kereta Api
Tips Bepergian Menggunakan Kereta Api

1. Hindari Pesan Tiket Saat Peak Season

Jika kamu ingin berlibur dengan menaiki kereta api, maka sebaiknya hindari memesan tiket saat musim liburan atau peak season. Hal ini dilakukan karena biasanya tiket kereta pada tanggal-tanggal masa liburan akan lebih cepat habis atau memilihi harga yang mahal. Selain itu, kereta api juga akan lebih penuh. Tentunya hal ini akan mengurangi kenyamanan kamu saat liburan.

2. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Selalu jadi langkah pertama bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan yang jauh. Memakai pakaian yang nyaman dan berlapis cocok dikenakan saat kamu menaiki kereta. Pertimbangkan juga pakaian yang lembut dan santai, pastikan kamu membawa sandal untuk digunakan ke kamar mandi.

3. Datang Lebih Awal

Supaya perjalananmu lancar, gak ada salahnya untuk datang ke stasiun setidaknya 30 menit lebih awal. Datang lebih awal dapat membantu kamu menemukan peron dan memeriksa tas yang kamu bawa. Setelah di stasiun, kamu bisa meninjau rute kereta, memeriksa lama perjalanan, bahkan membeli makanan di stasiun untuk bekal makan di dalam kereta.

4. Baca dengan Seksama Nomor Kursi

Tiket KAI di Traveloka yang kamu beli biasanya memiliki informasi nama kereta, stasiun asal dan tujuan, nomor kursi, sampai waktu keberangkatan. Supaya dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka kamu bisa menanyakan kepada petugas terkait lokasi kursi dan kereta yang akan kamu gunakan.

5. Bawa Selimut

Suhu di kereta tidak akan cocok untuk semua orang, apalagi jika kamu memutuskan untuk melakukan perjalanan di malam hari. Kalau kamu takut kedinginan, maka kamu bisa membawa selimut untuk menghangatkan kamu dari suhu pendingin ruangan di kereta.

6. Bawa Tisu Toilet Sendiri

Saat kamu bepergian untuk liburan, tentunya kamu memiliki tas berisi perlengkapan mandi seperti sampo, sabun, pasta dan sikat gigi. Namun, sebelum berangkat ga ada salahnya kamu memasukkan tisu toilet kedalamnya.

Kereta memang memiliki tisu toilet, namun terkadang kenyataan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Jadi ketika kamu bepergian dengan kereta, tidak ada salahnya untuk menyiapkan tisu toilet sendiri ke dalam tas perlengkapan mandi.

7. Bawa Powerbank

Sebagian kereta dilengkapi dengan port charger, namun sebagian lagi tidak. Walau telah dilengkapi dengan port charger, bisa jadi fasilitas tersebut tidak berfungsi dengan baik. Maka, gak ada salahnya untuk kamu membawa powerbank di dalam tas saat melakukan perjalanan jauh supaya ponsel tidak kehabisan baterai selama perjalanan.

8. Bawa Hiburan

Supaya tidak bosan di perjalanan, kamu bisa membawa barang yang dapat menemani perjalanan kamu. Kamu bisa membaca buku, menonton film, mendengarkan musik, dan bermain game selama perjalanan. Membawa hiburan sendiri saat melakukan perjalanan di kereta api tentu akan mengusir rasa bosan. Jika kamu bepergian dengan keluarga atau teman dekat, kamu juga bisa membawa kartu untuk dimainkan selama perjalanan.

Baca Juga: Hiburan Tanpa Batas Pakai Netflix

9. Bawa Camilan

Kamu bisa membawa camilan selama perjalanan di kereta. Walau kamu bisa mendapatkan makanan dari gerbong restoran, namun, selalu sediakan makanan ringan karena biasanya makanan ringan di kereta cenderung mahal. Namun, hindari makanan yang membuat berantakan, kamu perlu menjaga kebersihan dan kerapihan gerbong selama perjalanan hingga sampai ke tujuan.

Baca Juga: Comfort Foods untuk Menenangkan Emosi

10. Menikmati Pemandangan

Salah satu kelebihan menaiki kereta api saat liburan adalah kamu bisa menikmati berbagai macam pemandangan dari kereta. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan mulai dari perkotaan yang penuh dengan gedung sampai pedesaan yang penuh dengan sawah dan kebun. Tentunya, kamu tidak akan terlalu bosan di perjalanan menuju kota tujuan jika disuguhkan dengan berbagai macam pemandangan yang indah, bukan?

Demikian tips nyaman melakukan perjalanan dengan kereta api yang bisa kamu coba. Jika kamu memiliki rencana liburan yang menyenangkan, jangan lupa untuk pesan tiket KAI di Traveloka agar tidak kehabisan.

Kamu juga bisa memesan tiket hotel dan reservasi tempat di situs resmi dan aplikasi Traveloka, loh. Liburan bakal jadi lebih menyenangkan!

Baca Juga: Rekomendasi Hotel di Bandung

14 comments

  1. sukaaa banget menikmati pemandangan luar dari kereta lewat jendela karena bisa melihat derah baru jd pengalan menarik kan soalnya kadang kereta lewat jalan2 yg gak dilalui mobil

    ReplyDelete
  2. Menarik. Aku pribadi juga lebih memilih mode transportasi kereta api sih kalau bepergian ke luar kota. Lebih nyaman.

    Tapi, emang bener sih. Ada hal-hal yang perlu kita persiapkan saat bepergian dengan kereta api.

    Aku setuju dengan point-point yang sudah tersebut di atas. Biasanya untuk hiburan aku suka bawa novel sih.

    Ah iya. Sama bantal leher itu lho. Jadi, kita bisa lebih nyaman.

    ReplyDelete
  3. Ah iya, sepanjang apapun dan sekama apapun perjalanannya, akan sangat menyenangkan jika menggunakan kereta api
    Apalagi kalau sudah mempersiapkan semua ini

    ReplyDelete
  4. Tipsnya bermanfaat banget nih mba buat aku, rencana aku mau ajak anakku naik kereta ke luar kota, soalnya belum pernah, udh aku catet apa aja yg ga boleh lupa kaya cemilan,powerbank, aku juga beli semua di Traveloka, tiket dan penginapannya soalnya enak praktis ga ribet dan aman pastinya

    ReplyDelete
  5. Pokoknya kalau sudah ada rencana traveling atau bepergian naik kereta api duuh saya tuh sering nggak sabaran. Seru banget pokoknya perjalanan naik kereta ini apalagi bareng keluarga menyenangkan banget.

    ReplyDelete
  6. jadi ingin naik kereta api lagi ini, sayangnya di sini gak ada kereta niih, waktu pertama naik kereta di malam hari jadinya hampir sepanjang jalan cuma tidur aja padahal pengennya sih bisa lihat pemandangan di luar :D

    ReplyDelete
  7. nah benar sebaiknya bisa datang minimal 30 menit sebelum cuss pergi. Selain itu Obat-obatan pribadi juga perlu sih dibawa, biar makin nyaman dalam perjalanan

    ReplyDelete
  8. Terima kasih tipsnya, Mbak. Saya belum pernah naik kereta api. Tapi bawa tisu sendiri untuk ke toilet itu ide yang bagus.

    ReplyDelete
  9. Aku suka naik kereta
    Buat yang jarak jauh, aku pernah ke Bandung dan Jogja
    Asik juga lho, menikmati pemandangan sepanjang jalan
    Bener banget ini, kudu siapin cemilan yang banyaaak hahaha

    ReplyDelete
  10. sekarang kereta api di Indonesia sudah nyaman banget tinggal mempersiapkan smartphone deh untuk mengambil momen dan video pemandangan. Biasanya cakep cakep kalau keluar daerah diatas 8 jam

    ReplyDelete
  11. aq kalo naik kereta mesti datang setengah jam sebelumnya mbak, soalnya takut banget ketinggalan kereta. beda sama naik bus yang bisa sewaktu2 ya

    ReplyDelete
  12. Kemarin di group akuu ada yang share tiket kereta api dr traveloka promoo murahhh lhoo...

    Gak ambil sih cuma lihat ajaa...
    Memang kereta itu palimg asik, cepet sampai jugaa.

    ReplyDelete
  13. Tipsnya mantap nih, hehehe.. Akupun juga suka bepergian naik kereta daripada bus karena kalau naik kereta aku jadi enggak mabuk, hehehehe..., tapi di jalan akutuh sukanya tidur padahal kalau naik kereta itu pemandangannya bagus yak...

    ReplyDelete
  14. Naik kereta itu emang asik banget, secara biaya juga lebih murah. Cuma memang makan waktu ya. Jadi mesti pilah pilih sih klo aku. Pas waktunya panjang dan bisa lebih santai, trus masih di pulau Jawa, aku naik kereta. Klo luar pulau, mau ga mau ya naik pesawat.

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation