QuBisa: Aplikasi Siap Kerja Buat Upskilling & Reskilling Digital Skill

Ahhh jaman sekarang di era serba digital apalagi karena gempuran pandemi Covid-19 yang semua-muanya dipaksa beralih ke digital emang benar-benar merubah kebiasan sehari-hari, pola kerja, bahkan perubahan perilaku bisnis yaa, semua didorong ke era digital. Bahkan aku sempat mengikuti webinar tentang digital skill dan auto berpikir ketika slide presentasi membahas tentang Top 10 Digital Skills of 2025 berdasarkan acuan World Economic Forum. 

Kenapa Perlu Upskilling & Reskilling Digital Skill?

Dua di antara 10 top skills tersebut benar-benar menekankan kemampuan penggunaan, monitoring dan pengontrolan teknologi serta desain dan programing. Pun, menurutku top skills lainnya juga masih relate dengan penggunaan teknologi dan gawai. Ya mau ga mau, kalau kita mau survive di masa mendatang ya harus scale up/upskilling dan reskilling digital skills dari sekarang, supaya kita bisa meningkatkan kemampuan kita dan mampu survive di tengah kemajuan teknologi yang secara otomatis pun menuntut SDM-nya untuk memiliki digital skill yang diperlukan.

Top 10 Skills of 2025
Sumber: World Economic Forum

Aplikasi siap kerja QuBisa menjadi salah satu aplikasi belajar online digital skill favoritku saat ini. Selama sebulanan mencoba membuat akun dan mendaftar sebagai murid, menelusuri materi-materi dan informasi-informasi yang diberikan, aku mendapatkan banyak insight baru tentang dunia digital serta materi dan tips-tips untuk upskilling dan reskilling kemampuan yang sudah dimiliki.

Kemudahan Penggunaan Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Pendaftaran akun pada aplikasi siap kerja QuBisa ini sangat mudah kita bisa sign up via email yang kita miliki dan otomatis terhubung. Atau bisa juga membuat akun dengan mendaftarkan username, email, password layaknya mendaftar akun digital lainnya. Aku sendiri mendaftar via sign up email baik di aplikasi hp maupun ketika membuka platform siap kerja QuBisa di laptop, keduanya bisa saling terhubung dengan akun yang sama.

Eksplorasi Aplikasi Belajar Online QuBisa

Sebagai aplikasi belajar online sekaligus aplikasi siap kerja, QuBisa menyediakan beragam program yang bisa kita ikuti untuk upskilling dan reskilling kemampuan yang kita butuhkan supaya siap bekerja nih sesuai tuntutan di dunia kerja era digital seperti sekarang ini. Beragam program yang tersedia mulai dari belajar plus dapet cuan bareng aplikasi siap kerja QuBisa, Sukses Milenial, Milenial Digital, Goes to Campus, Siap Kerja, Pengembangan Karir, Webinar, Kursus baik yang gratis maupun berbayar, Belajar Kilat, MicroLearning, Paket Kursus dan artikel-artikel sesuai kebutuhan upskiling, reskilling dan kesiapan kerja.

Belajar gak ribet via QuBisa
Baca artikel kapanpun dan dimanapun

Selain bekerja sebagai karyawan swasta aku juga aktif memonetisasi beragam digital aset yang kumiliki, mulai dari blog, podcast, sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram juga TikTok. Tapi ternyata ada banyak sekali informasi-informasi kebaruan tentang fitur dan layanan sosial media yang belum aku tau, funneling Facebook misalnya, aku baru tahu saat menjelajah artikel-artikel di aplikasi siap kerja QuBisa. Funneling Facebook ini akan sangat bermanfaat bagi pelaku usaha untuk mempromosikan usahanya. Tapi, selain itu kupikir, teknik funneling Facebook ini bisa juga diadaptasi untuk mempromosikan konten-konten review artikel bagi blogger untuk menjangkau pembaca yang lebih luas yaa.

Materi-materi seputar content creator dan digital marketing menjadi materi-materi awal yang ku baca dan pelajari saat mengeksplorasi aplikasi belajar online QuBisa. Membaca materi-materi tersebut lumayan sekali untuk reskilling pengetahuan-pengetahuan awal yang ku miliki seputar dunia content creator, dan ternyata ada banyak sekali informasi-informasi di balik dunia content creator! Tidak hanya semudah menuliskan cerita atau review, dan selesai. Masih banyak PR lainnya yang harus dipelajari dan dikerjakan, mulai dari teknik copy writing di dunia digital atau pun di sosial media, juga bagaimana tampilan blog, foto pendukung dan judul bisa mendukung artikel tersebut lebih menarik pembaca. Upgrade dan monitoring kualitas blog dengan memanfaatkan fitur-fitur dari Google Analytics dan Google Search Console menjadi satu PR utama yang harus ku lakukan nih.  Teknik-teknik digital marketing untuk mempromosikan konten-konten di sosial media supaya bisa menjangkau audience yang lebih luas juga tidak bisa terpisahkan dari kebutuhan upskilling dan reskilling seorang content creator. Dengan demikian kita pun bisa memanfaatkan aplikasi siap kerja QuBisa sebagai cara meningkatkan personal branding sebagai seorang yang tech savvy sesuai tuntutan kualifikasi dan kebutuhan dunia kerja di era digital dan informasi sekarang ini.

Kursus Online Gratis QuBisa biar Siap Kerja!

Berkaca pada berbagai referensi pentingnya digital skill dan rekomendasi tujuh skill yang dibutuhkan untuk era yang serba digital seperti komunikasi profesional melalui sosial media, paham pengoperasian gadget dan laptop, kemampuan promosi dan marketing melalui internet, mengambil dan mengedit gambar lewat smartphone, pemahaman terhadap SEO (Search Engine Optimization) sebagai nilai tambah skill, reskilling skill yang dimiliki saat ini dan mempromosikan produk lewat video. Dari sekian banyak tujuh digital skill tersebut, kemampuan untuk editing video nampaknya menjadi penting ya dan kebetulan skill ku di bagian tersebut masih sangat minim. Dan pas sekali aku menemukan kursus online gratis yang dapat membantu upskilling edit video di QuBisa, akhirnya aku pun memilih kursus online gratis QuBisa tentang tutorial editing video terbaik menggunakan aplikasi Filmora X. Beragam kursus online gratis yang disediakan aplikasi siap kerja QuBisa menjadi cara belajar efektif untuk upskilling dan reskilling digital skill kita.

Kursus Online Gratis QuBisa: Editing Video Menggunakan Filmora X

Aku mengikuti kursus editing video menggunakan Filmora X yang berisikan 14 video pembelajaran dengan total durasi 1 jam 7 menit. Pembabakan materi editing video ini memudahkan kita untuk mempelajari skill bagian per bagian sebagai berikut:
  • Menyisipkan efek gerakan mundur (reverse).
  • Menyisipkan video secara overlay.
  • Menyisipkan gambar secara overlay.
  • Pemberian efek slow motion dan fast motion.
  • Efek freeze frame.
  • Edit green screen dan menghilangkan background.
  • Efek animasi split screen dalam 1 frame.
  • Menyisipkan gambar ke video dan memasukkan watermark ke dalam video.
  • Menambah berbagai jenis tulisan (teks) ke dalam video.
  • Efek clone (kembaran) di dalam video.
  • Sensor suara dan sensor blur wajah.
  • Menyisipkan efek freeze dengan metode sequence.
  • Menyisipkan dan menghilangkan audio.
  • Menyisipkan efek transisi video.

Menurutku dengan metode kursus seperti ini akan memudahkan orang-orang yang sedang mempelajari materi dan skill tersebut menjadi cara belajar efektif sehingga belajar gak ribet dengan hal-hal teknis mengulang video dari awal untuk memantau beberapa bagian materi yang mau kita ulangi. Yang menarik lagi dari situs belajar online QuBisa ini kita bisa mempelajari banyak kursus online gratis dengan akses yang tidak terbatas, kita bisa menontonnya berulang kali sehingga bisa terus memperdalam materi selama melakukan praktik editing video, sembari belajar ya mesti terus mempraktikkan panduan skill editing videonya, karena practice makes perfect untuk upskilling dan reskilling kemampuang kita. Dengan upskilling dan reskilling digital skill melalui aplikasi siap kerja QuBisa pun menjadi salah satu cara meningkatkan personal branding dengan skill utama yang kita kuasai.

Oiya, dalam aplikasi belajar online QuBisa tersedia beragam materi kursus online gratis yang bisa kita ikuti secara gratis tanpa membayar apa pun. Daftar kursus yang sudah kita ikuti pun akan terdata dalam menu KursusQu, sehingga materi-materi kursus yang kita pelajari tidak akan berserakan dan terdata rapi dalam menu KursusQu. Selain kursus online gratis kita juga bisa mengikuti kursus-kursus lainnya yang bisa diikuti dengan menukar poin. Nah, setiap kita membuat akun, mengunduh aplikasi, daily check in, membaca artikel, menonton video, mengikuti kursus dan memberikan review atas kursus yang kita ikuti, kita bisa mendapatkan poin yang nantinya kita bisa gunakan untuk mendaftar kursus lainnya berbasis poin. Menarik bukan? Belajar mendapatkan poin yang dapat kita tukarkan untuk belajar materi lainnya untuk upskilling dan reskilling kemampuan kita. Selain kursus online gratis dan kursus berbasis poin, kita juga bisa mengikuti kursus materi lainnya yang lebih berbobot atau pun mengikuti kelas mentoring/coaching dengan membeli kursus berbayar.

Selain bisa diakses via website, Platform belajar QuBisa pun tersedia di AppStore maupun PlayStore yang pastinya akan lebih memudahkan kita mempelajari berbagai kursus dan materi-materi yang tersedia kapan pun dan dimanapun, belajar gak ribet pakai aplikasi QuBisa! Oiya selain memang aplikasi QuBisa ini mudah digunakan dan tentunya bermanfaat juga untuk banyak orang yang ingin meningkatkan kemampuannya juga mengembangkan diri mulai dari materi personal branding, upgrade ilmu dengan beragam kursus yang disediakan, juga bisa mengikuti program coaching dan mentoring dengan ahlinya. Beragam kesempatan untuk menyiapkan diri kita mampu bersaing dengan dunia kerja yang semakin maju seiring perkembangan teknologi terbuka luas di QuBisa. Pun, jika kita sudah berusaha upskilling dan reskilling kemampuan kita dengan belajar secara online di QuBisa, mempromosikan kemampuan kita dengan membuat beragam karya yang berkualitas serta pembuatan portofolio tentu kita juga sudah membangun personal branding diri kita sebagai tech savvy dengan beragam digital skill yang kita kuasai.

Kompetisi Blog QuBisa

Selain mencoba mengeksplorasi beragam materi untuk upskilling dan reskilling kemampuan kita, bisa banget loh untuk mengikuti kompetisi blog QuBisa, selain membagikan informasi yang bermanfaat untuk orang lain kita juga sekaligus mencoba upgarade kemampuan content writing dan juga berkesempatan memenangkan berbagai hadiah dari kompetisi blog QuBisa.

QuBisa, Aku Bisa, Kamu Bisa! Let's upskilling & reskilling our skills to be tech savvy Pakai Aplikasi Siap Kerja QuBisa!



35 comments

  1. qubisa ini memang menarik karena ada beberapa kursus yang free. jadi lumayan buat teman2 milenial dan gen z yang butuh wawasan hal2 yang basic

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadi bisa tetap hemat ya Kak buat upgrade skill. Ndak perlu buang-buang uang terlalu banyak bagi FG atau mereka yang ingin belajar di sela-sela wakut bekerja. Penawaran yang sagat menarik.

      Delete
  2. Aplikasi yang ada di hp saya juga nih mba. Seneng banget dapat insight pengalaman baru dan mendapat penjelasan lengkap tentang hal yang ingin kita tahu. QuBisa ini cocok buat anak milenial sekarang dan untuk upgrade skill untuk karyawan yang udah bertahun-tahun kerja dan ingin naik jabatan ya mba, karena pada hakikatnya setiap orang yang ingin berkembang harus mau terus belajar.

    ReplyDelete
  3. Aplikasi Qubisa memudahkan banget kita yang mau upgrade skill dan terus belajar. Saya juga tipe yang percaya kalau kita terus usaha dan upgrade skill, insyaAllah, rezeki kita juga akan diupgrade oleh sang Maha pemberi rezeki.

    ReplyDelete
  4. Banyak banget Mba main medsosnya, kalah saya nih. Saya belum punya podcast, belum mahir cuap-cuap. Lebih suka jadi pengawas aja, hehehe. BTW, baru tau ada funneling Facebook. Wah ketinggalan info deh saya. Memang harus upgrade skill meski cuma mainan medsos. Terima kasih atas ulasannya Mba Wulan.

    ReplyDelete
  5. Aku kemarin jg sempet cobain QuBisa lhoo. Alhamdulillah dapat kursus public speaking gratis. padahal kalau di luar harganya jutaan, di QuBisa gratis. luar biasa banget emang

    ReplyDelete
  6. Nah, ini nih belum daku ambil materinya belajar editing video. Karena adakalanya membuat konten video. Siip ah mau belajar juga materi ini di QuBisa

    ReplyDelete
  7. Wuih, asyik banget ya belajar tutorial video pakai filmora di qubisa... Gratis pula...
    Saya juga ikut kursus di qubisa, memang recomended...

    ReplyDelete
  8. Aku tertarik dengan beberapa jenis kursus yang disediakan terutama yang free, ntar mau nyiapin waktu ah ikut kursusnya, kan lumayan banget nih gratis dan online pula :D

    ReplyDelete
  9. Duh, kayaknya aku juga harus reskilling ilmu di content creator juga ya. Dan banyak kursus lainnya yang bisa menambah skill di Qubisa

    ReplyDelete
  10. Emang aplikasi siap kerja terbaik sih menurutku. Beberapa minggu terakhir seneng banget nnton video microlearning di QuBisa. Hasilnya dapet banyak ilmu bermanfaat untuk menghadapi dunia kerja

    ReplyDelete
  11. Qubisa bisa meraih mimpi dengan langkah yang mantap

    ReplyDelete
  12. berasa kayak ppunya mentor pribadi dong yaaaa kakkaaaak semoga tambah sukses ya kak cari kerjanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut mendoakan untuk kak Wulan, aamiin.
      Apalagi persiapannya udah matang dengan modal skill mumpuni ya

      Delete
  13. Di masa kini kita memang perlu mengupgrade skill dan kemampuan digital kita. Tentunya dengan belajar monetisasi aset digital juga. Hadirnya aplikasi QuBisa ini tentu akan sangat membantu buat siapapun yang mau mengupgrade kemampuannya. Mantap!

    ReplyDelete
  14. aku sedang sangat butuh untuk upgrade skill suaya semakin mantab dalam bekerja.... menarik sekali qubisa ini

    ReplyDelete
  15. Wow, those 10 top skills in 2025 ... banyak yang aku rasa masih perlu dipertajam lagi. Untungnya ada apliksi ini ya yang sangat bisa membantu siapa saja untuk belajar.

    ReplyDelete
  16. Baru tahu ada aplikasi QuBisa ini, banyak ya manfaatnya.

    ReplyDelete
  17. Berkah pandemi ya...walau asyik rebahan di rumah tapi tetep bisa produktif dan menambah ilmu melalui aplikasi QuBisa. Makasih sharingnya ya.

    ReplyDelete
  18. Wah ada aplikasi belajar online QuBisa ya. Makin banyk nih aplikasi belajar online. Tinggal pilih yang cocok materinya. Buat bekal cari kerja

    ReplyDelete
  19. Belum pernah coba nih kursus gratis yang QuBisa.Lihat kursus editing video gratis di atas jadi pengin nyoba. Salam hangat kak Wulan. @dewi_puspa

    ReplyDelete
  20. MamaWie baru tau pas baca ini ada aplikasi QuBisa jadi pengen cobain deh, makasih infonya kak

    ReplyDelete
  21. Perlu sekali kita terus belajar dan meningkatkan skill. Aplikasi belajar online QuBisa sangat membantu untuk belajar skill baru.

    ReplyDelete
  22. halo kak, makasih atas sahring artikelnya. semoga menang lombanya ya. akuauto klik situsnya qubisa, hehehe. mau cari tau ada kursus apa aja dan cari dulu yang gratis, hehehe.

    ReplyDelete
  23. Aku udah coba akses situsnya dan daftar beberapa webinar gratisnya. Aku ikut yang hari Sabtu besok, hehe. Kayanya aku pengen ikutan lombanya juga nih, hehehe

    ReplyDelete
  24. Qubisa bener-bener menebar kebaikan dimana-dimana yaa, semua seakan merasakan manfaatnya. Saya pun sedang ikut beberapa course gratis di aplikasi Qubisa

    ReplyDelete
  25. Halo mba, saya juga suka pakai aplikasi QuBisa. Walaupun sehati sebagai IRT, materi kursusnya ternyata relate juga sama saya,Karena saya suka nulis & marketing online banyak materi ttg ini. Ada juga materi stress management buat mengelola emosi kita yg mana sebagai IRT banyak yg harus diurus jd harus dikelola emosinya :)

    ReplyDelete
  26. Wah ada banyak kelas-kelas yang berkaitan dengan media sosial dan blog ya. Harus sisihkan waktu belajar nih. Makasih infonya, mau intip-intip kelas yang cocok ah di sana.

    ReplyDelete
  27. Upskilling itu penting ya mbak
    buat blogger juga perlu belajar edit video y
    untungnya bisa belajar di Qubisa ini

    ReplyDelete
  28. aku juga ikutan kursus di aplikasi QuBisa lho kak! banyak banget ya pilihannya dan ada kursus yang dapet sertifikat lagi!

    ReplyDelete
  29. Wah di QuBisa juga ada kursus video editing? Menarik!! Dari dulu, nyari-nyari kursus ngedit video karena belajar di Youtube aja kayaknya masih kurang. Makasih infonya kak

    ReplyDelete
  30. Suka deh dengan aplikasi QuBisa ini. Soalnya bisa untuk semua kalangan, bahkan ibu rumah tangga seperti aku. Melalui aplikasi ini, aku juga bisa belajar online dari rumah buat upskilling dan reskilling

    ReplyDelete
  31. wah banyak juga ya soft skill yang harus dikuasai di masa mendatang. tak cukup dengan label pintar tapi kita juga harus terus mengembangkan kemampuan diri dengan mengikuti berbagai pelatihan kayak di aplikasi qubisa ini

    ReplyDelete
  32. wah makinpensaran nih sama qubisa, kalo gini aku makin terdorong buat coba jga. duh ad alombanya juga bis asekalian praktik ya ntar hasil upskilingnya

    ReplyDelete
  33. Review Qubisanya menarik mbak.
    Seru ya, dengan membuka beberapa kursus onlinedan mereviewnya kita bisa dapat poin,uniknyalagi point yang kita dapat bisa digunakan untuk mendaftar kursus lainnya berbasis poin.
    Sip2, jadi mau buka aplikasinya,saya.

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation