HELP! Food for Somalia!

Somalia, salah satu negara yang sering dibahas ketika aku masih berada di bangku kuliah dengan beragam mata kuliah hubungan internasional. Negara (miskin) dengan pemerintah yang tidak stabil dan efektif hingga sekarang. Masih banyak ketegangan pemerintahan di Republik Somaliland, warlord di Putland dan Somalia Barat Daya hingga Pemerintahan Transisi Nasional yang diakui oleh banyak negara Barat namun otoritasnya masih banyak dipertanyakan.

Pemerintahan yang belum berjalan stabil dan efektif ini juga tentu belum bisa menangani kasus kelaparan yang melanda rakyat Somalia. Bencana kelaparan akut di Somalia telah terjadi beberapa tahun silam. Data PBB telah mencatat 260.000 orang telah tewas karena bencana kelaparan ini pada tahun 2011. Diperkirakan bencana besar ini akan terjadi lagi. Bayangkan bahwa akan terjadi kemungkinan gelombang genosida yang datang kembali karena kelaparan di belahan dunia lain!

Berikut foto-foto kondisi rakyat Somalia yang mengalami kelaparan: 








Banyak kisah tragis dan miris di balik foto-foto kondisi rakyat Somalia di atas. Ada kisah dari seorang ayah bernama Muhammad Ali (50 tahun), saat dirinya beserta istri dan ketujuh anaknya memutuskan pindah ke wilayah pusat kota Baidoa untuk memperbaiki nasib hidup. Karena kesulitan hidup yang dijalani, Ali dan keluarga harus saling berbagi makanan. Seringkali Ali dan istrinya memberikan makanan yang mereka miliki kepada anak-anak lebih dulu dan mereka memakan sisa-sisa makanannya, jika memang masih tersisa. Atau bahkan, mereka harus memilih kepada anak mereka yang mana yang sangat terlihat kelaparan untuk mendapat jatah makanan.

Ada pula kisah dari Abdille, seorang ibu yang harus memberi dua anaknya makanan. Ia merasa bingung, apakah ia harus bangga atau kasihan karena anaknya yang berumur 9 tahun membagi satu-satunya makanan yang ia miliki kepada adiknya. (Sumber informasi: ACT (Aksi Cepat Tanggap))


Melihat kondisi yang seperti ini dan saudara-saudara di Somalia benar-benar membutuhkan uluran tangan dan bantuan dari segala pihak di berbagai belahan dunia, ACT (Aksi Cepat Tanggap) sedang menjalankan program #FoodForSomalia. ACT, merupakan sebuah lembaga kemanusiaan berbentuk kemanusiaan yang memiliki nilai-nilai luhur untuk menolong orang-orang yang tertimpa bencana dan kekurangan. Sedikit ceritaku tentang ACT bisa dibaca di sini.

Karena ancaman gelombang bencana kelaparan di Somalia ini, ACT mengajak kamu semua untuk ikut serta berderma, menyisihkan sebagian rezeki mu untuk mengulurkan pertolongan pada mereka melalui Global Zakat ACT. Informasi lebih lanjut dan narahubung ACT untuk program #FoodForSomalia bisa kamu baca di poster berikut:

Ayo ikut serta bantu mereka bersama ACT


No comments