Amartha dan Bank Mandiri: Solusi Bagi Masyarakat Unbanked

Indonesia, dengan jumlah penduduk sekitar 241 juta orang, menjadi salah satu dari lima negara dengan jumlah penduduk paling besar di dunia. Namun siapa sangka, lebih dari tiga per empat dari total jumlah penduduk Indonesia tidak memiliki rekening bank?! Dari 241 juta penduduk Indonesia, hanya sekitar 60 juta orang yang memiliki rekening bank. (Sumber: Kompas.com)

Dari hasil survey yang dilakukan, ada tiga ulasan utama mengapa seseorang enggan untuk memiliki rekening bank. Tak ada sisa dana untuk ditabung, adanya setoran minimal untuk membuat rekening, dan adanya biaya-biaya yang diperlukan setiap bulan, menjadi tiga alasan utama, mengapa banyak penduduk Indonesia tidak memiliki rekening bank.

Pun, dengan para pengusaha UKM (Usaha Kecil dan Menengah), mungkin saja para pelaku UKM ini pun merasakan hal yang serupa. Padahal, jika memiliki rekening dan mutasi keuangan yang stabil, mereka bisa mengakses pinjaman bank untuk modal usaha mereka.

Kondisi seperti ini, menjadi salah satu latar belakang lahirnya Amartha sebagai start up keuangan yang memberikan pembiayaan bagi masyarakat unbanked (masyarakat yang tidak memiliki rekening bank dan belum tersentuh layanan bank).

Amartha yang merupakan portal dari PT Amartha Mikro Fintek menjadi portal peer to peer lending. Portal ini memberikan jasa pinjam meminjam yang menghubungkan investor (lender) dengan peminjam (borrower). Amartha menjadi solusi pinjaman kepada masyarakat dan pelaku usaha yang tidak memiliki atau belum tersentuh layanan bank (unbanked).

Andi Taufan Garuda, selaku CEO dan Founder dari Amartha menjelaskan bahwa dengan kehadiran platform Amartha ini, masyarakat yang belum terjangkau layanan bank akan lebih mudah mendapatkan pinjaman dana untuk menjalankan usahanya. Platform yang Ia gagas ini, berusaha untuk mendorong partisipasi publik untuk menjalankan usaha dan melibatkan publik untuk ikut serta mendanai usaha masyarakat unbanked, sebagai investor.

Bank Mandiri Mendukung Program Investasi Amartha
Sumber Foto: DailySocial

Setelah tuhuh tahun berjalan, kini Amartha mendapat suntikan investasi sebesar US$ 5 Juta dari Mandiri Capital. PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) yang merupakan anak usaha dari PT Bank Mandiri Tbk (Bank Mandiri) turut mendukung program peer to peer lending (P2P lending) yang digagas oleh Amartha ini. (Sumber: Liputan6.com)

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs www.jadimandiri.org. 


No comments