Asuransi Astra Life Syariah, Pilihan Perlindungan Sesuai Prinsip Syariah

Jika belajar tentang financial planning, asuransi menjadi salah 1 dari 5 poin penting prinsip dasar financial planning yang harus disiapkan untuk menjaga kesehatan keuangan dan melindungi kita dari risiko keuangan. Mengapa?

Sumber Gambar: MNC Media

Asuransi memberikan perlindungan finansial, jika terjadi suatu kejadian tidak terduga, seperti sakit parah, kecelakaan, atau kerusakan properti. Dalam kondisi seperti itu, asuransi dapat membantu menutupi biaya medis, penggantian kerusakan, bahkan mengganti pendapatan yang hilang karena ketidakmampuan bekerja.

Menenangkan pikiran, dengan memikiki asuransi, kita bisa merasa lebih tenang karena memiliki perlindungan finansial yang memadai. Kita tidak perlu merasa khawatir dengan biaya medis atau kerusakan properti yang besar, sehingga kita bisa fokus pada pemulihan diri manakala sakit.

Meningkatkan keamanan finansial. Dalam jangka panjang, memiliki asuransi dapat membantu meningkatkan keamanan finansial. Dengan pembayaran premi secara rutin per bulan, kita bisa menghindari risiko besar yang bisa menguras tabungan atau pun aset lainnya jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Keluargaku sendiri pernah mengalami pengalaman pahit karena harus menjual seperempat bau/bahu sawah (sekitar 0,2 hektare) untuk biaya operasi dan perawatan ku akibat kecelakaan motor saat duduk di bangku SMP. Selain kehilangan sebidang tanah sawah, keluarga juga kehilangan sumber pencarian dari pertanian pada saat itu. Jangan sampai deh pengalaman pahit ini terulang kembali. 

Baca Juga: 5 Prinsip Dasar Financial Planning

Prinsip Asuransi Syariah

Asuransi syariah menjadi pilihan terbaik bagi umat muslim yang ingin melakukan perlindungan sesuai dengan prinish syariah. Pada dasarnya prinsip asuransi syariah didasarkan pada prinsip-prinsip syariah Islam, antara lain:

  • Tabarru' (Donasi). Dalam asuransi syariah, kontribusi dalam bentuk donasi dari peserta asuransi sebagai dana yang akan digunakan untuk membantu peserta lain yang mengalami kerugian.
  • Takaful (Kebersamaan). Para pemilik premi secara bersama-sama memikul risiko. Para peserta asuransi saling membantu dan berkumpul untuk membayar kerugian yang dialami oleh salah satu dari mereka. Agar dapat meminimalkan risiko secara kolektif dan menghindarkan kerugian individu yang berat.
  • Mudharabah (Kemitraan). Menjadi hubungan kemitraan antara peserta asuransi dan penyedia asuransi syariah. Sebagai penyedia asuransi syariah, pihak penyedia akan bertindak sebagai pengelola dana dan akan berbagi keuntungan dengan peserta.
  • Adl (Keadilan). Prinsip ini menekankan pentingnya keadilan dalam setiap transaksi asuransi. Peserta harus membayar premi yang wajar dan setiap klaim harus diolah dengan adil dan proporsional.
  • Al-Wakalah (Agen Penyalur). Agen berperan sebagai perantara antara peserta dan penyedia asuransi syariah. Agen akan bertindak atas nama peserta dan akan menerima komisi dari penyedia asuransi syariah.
  • Al-Mudhun (Keterbukaan). Menekankan pentingnya keterbukaan dan transparansi dalam setiap transaksi asuransi. Peserta harus memberi informasi yang jelas dan akurat tentang produk asuransi dan risiko yang ditanggung.
  • Al-Ghahar (Ketidakpastian). Prinsip ini melarang penggunaan praktik-praktif spekulatif dan risiko yang tidak dapat dihitung secara akurat. Praktik seperti ini bertentangan dengan prinsip syariah dan dapat merugikan peserta asuransi.

Asuransi Astra Life Syariah, Pilihan Perlindungan Sesuai Prinsip Syariah

#AstraLife dengan badan hukum PT Asuransi Jiwa Astra merupakan perusahaan asuransi yang menjadi bagian dari Grup Astra. Astra Life Syariah menjadi layanan yang berupaya memberi jawaban atas kebutuhan layanan perlindungan atau asuransi dengan prinsip-prinsip syariah bagi umat muslim khususnya.

Kita bisa memilih tiga jenis layanan asuransi #AstraLifeSyariah, Flexi Life Syariah, ASLI Asya Proteksi Syariah, dan AVA iFamily Protection Syariah, sesuai dengan kebutuhan dan pertimbangan finansial. Sebagai bahan pertimbangan, berikut keunggulan dari masing-maisng layanan tersebut.

Flexi Life Syariah

  • Asuransi jiwa murni dengan manfaat santunan tutup usia hingga Rp 2 M tanpa cek medis.
  • 200% santunan hidup tutup usia akibat kecelakaan.
  • Perlindungan sesuai prinsip syariah.
  • Mencakup perlindungan atas Covid-19.
  • Dapat dibeli secara online.

Kita bisa juga melakukan simulasi kalkulator kontribusi dan manfaat Flexi Life Syariah, dengan memertimbangkan jenis kelamin, usia, manfaat santunan yang ingin dicapai hingga dapat ditentukan nilai premi bulanan sesuai indikator tersebut. Aku sendiri mencoba simulasi ini, dengan kriteria wanita, 31 tahun dan manfaat santuan yang ingin dicapai senilai 1M, maka premi bulanan yang harus dibayarkan senilai Rp294.000. Menurutku cukup terjangkau dengan manfaat yang diberikan.

ASLI Asya Proteksi Syariah

  • Asuransi jiwa unit link sesuai prinsih syariah dengan manfaat perlindungan menyeluruh mulai dari jiwa, terminal illness, catat total dan tetap hingga manfaat mudik lebaran.
  • Bonus loyalitas awal tahun polis ke-11 dan ke-16 masing-masing 25%*.
  • Tambahan booster investasi 3% mulai awal tahun polis ke-11 hingga berakhirnya polis*.
  • Manfaat nilai dana 100% di akhir masa polis.
  • Pembayaran kontribusi berkala yang terjangkau.
  • Pembelian secara online di sini.

AVA iFamily Protection Syariah

  • Asuransi jiwa berjangka sesuai prinsip syariah yang memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia, meninggal dunia akibat kecelakaan, santunan dana kecelakaan, penggantian biaya rawat jalan darurat karena kecelakaan, serta santunan harian rawat inap dan rawat inap ICU.
  • Memberikan tambahan manfaat berupa manfaat meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji, umroh serta mudik lebaran.
  • Biaya kontribusi terjangkau, mulai dari Rp90.000,- per bulan.
  • Diskon kontribusi hingga 20% jika menambahkan keluarga inti sebagai Peserta Tambahan yang diasuransikan dalam satu polis.
  • Asuransi AVA iFamily Protection Syariah dapat diperoleh di cabang PermataBank terdekat atau melalui 

Dengan prinsip syariah tentu layanan-layanan asuransi ini bisa menjadi pilihan asuransi untuk #LengkapCintadanKebaikan untuk diri sendiri dan keluarga. Terlebih di bulan Ramadan yang mengajarkan kita dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip keislaman sesuai syariah. Manfaat perlindungan untuk menghadapi mudik lebaran pun sudah bisa dicover, menjadi paket lengkap perlindungan umat muslim khususnya bukan?

Jadikan Asuransi Life Syariah ini sebagai sarana perlindungan kesehatan, jiwa sekaligus finansial keluarga. Dengan Astra Life Syariah Asuransi Syariah bikin tenteram diri sendiri dan keluarga, dan tentunya Astra Life becoming Life Insurer of the Future! Let's #LoveLife to the fullest.



Referensi:

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10444

https://www.qoala.app/id/blog/asuransi/umum/prinsip-asuransi-syariah/


15 comments

  1. Kadang seperti memandang sebelah mata ke asuransi, tapi untuk yang syariah ini beda lagi.

    ReplyDelete
  2. Wah, baru tahu saya kalau ada asuransi berbasis syariah seperti ini. Amat membantu untuk muslim yang ingin menggunakan asuransi, tapi merasa kurang yakin dengan asuransi biasa.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, ada asuransi syariah, jadi memudahkan muslim yang mau ikut asuransi. Apalagi Astra Life Syariah ini memiliki banyak pilihan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan

    ReplyDelete
  4. Seneng deh ada produk asuransi yang syariah begini. Btw di antara 3 produk Astra life Syariah itu, aku tertarik bgd sama Flexi Life Syariah. Mau ngulik ah. Terima kasih infonya ya, mbak.

    ReplyDelete
  5. Tiga pilihan produk Astra Life Syariah punya tujuan dan manfaat masing-masing ya. Paling simple memang yang Flexi Life Syariah. Saya sudah coba simulasinya dengan manfaat 500 juta, kontribusinya di angka 100 ribuan saja.

    ReplyDelete
  6. Baru tahu nih tentang astra life syariah. dan ternyata ada beberapa jenis ya. Paling menarik buatku yang iFamily kayaknya. Kontribusi perbulan lumayan terjangkau soalnya.

    ReplyDelete
  7. Keren nih Astra tanggap dengan kebutuhan asuransi yang berbasis syariah. Jadi lebih tenang saat mendaftarkan diri

    ReplyDelete
  8. Asuransi syariah sekarang kayaknya lagi booming ya. Bagus banget buat orang yang mau mencari asuransi yang lebih sesuai syariat.

    ReplyDelete
  9. Cari proteksi memang kudu yang bikin tenang ya, apalagi menggunakan prinsip syariah ini, sehingga perlindungan jiwa pun bisa lebih menenteramkan

    ReplyDelete
  10. buat yang muslim, adanya asuransi syariah ini melegakan hati yaa, jadi kita gak perlu takut lagi untuk ikutan karena udah pasti dijamin kehalalannya

    ReplyDelete
  11. Senengnya nih, sekarang udah ada asuransi Astra Life syariah. Yang benar-benar memegang prinsip syariah, bukan namanya saja.

    ReplyDelete
  12. Mempersiapkan dini itu penting, tapi cari produk yang lebih banyak feedback wajib kak. Harus teliti dan pintar" menghitung kalkulasinya.

    ReplyDelete
  13. Aku juga akan lebih memilih asuransi syariah supaya lebih tenang. Jenisnya di Astra juga macam-macam ya. Ada yang asuransi jiwa murni, ada yang disertakan unitlink juga. Jadi masyarakat bisa memilih produk yang sesuai kebutuhannya.

    ReplyDelete
  14. Saya itu terkadang samapai bingung, kan sekarang ini banyak sekali layanan asuransi.

    Tapi setelah tahu ada yang syariah, jadi lebih mudah untuk memilih. Apalagi, Asuransi Life Syariah ini merupakan badan usaha yang sudah lama terpercaya.

    Terima kasih, kak.. sangat membantu sekali artikelnya.

    ReplyDelete
  15. Terimakasih Infonya kaaak~ sangat berguna sekali~

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation