Tips Menyiapkan Ramadan Bagi Pekerja Kantoran

Tak terasa beberapa hari lagi Ramadan akan tiba, berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan Ramadan bagi pekerja kantoran agar ibadah puasa dan pekerjaan bisa berjalan beriringan dan seimbang.

Tips Menyiapkan Ramadan Bagi Pekerja Kantoran

1. Membuat Jadwal Kegiatan

Kita bisa membuat jadwal kegiatan selama bulan Ramadan agar bisa memanfaatkan waktu dengan baik dan mencapai tujuan Ramadan yang diinginkan. Mulai dari membuat jadwal dan target waktu ibadah, waktu bekerja dan waktu beristirahat.

Ramadan Planner
Ramadan Planner
Sumber Gambar: Pinterest

2. Menyiapkan Mental dan Fisik

Kita perlu mempersiapkan diri secara mental dan fisik, terlebih bagi pekerja kantoran yang masih day to day pergi ke kantor dan menggunakan transportasi umum. Kita bisa meningkatkan kualitas makanan, tidur yang cukup, olahraga teratur dan mengurangi kebiasaan buruk seperti begadang atau makan berlebihan.

3. Menyiapkan Persediaan Makanan

Siapkan persediaan makanan untuk sahur dan berbuka, termasuk makanan yang disunahkan seperti kurma, makanan bergizi dan mudah disiapkan.


Baca Juga: Tips Menyiapkan Menu Makanan ala Pasutri Kantoran

4. Membuat Jadwal Menu Sahur dan Buka Puasa

Buatlah jadwal menu sahur dan berbuka paling tidak selama satu minggu. Dengan demikian kita bisa mempersiapkan bahan-bahan dan melakukan food preparation selama satu minggu, mulai dari bahan pokok dan bumbunya. Food preparation ini akan memudahkan dan mempercepat waktu memasak di kala sahur maupun berbuka.

Food Preparation
Food Preparation
Sumber Gambar: Pinterest

5. Mengatur Keuangan

Selama bulan ramadan hingga perayaan Idul Fitri, biasanya kebutuhan akan meningkat yang diiringi dengan meningkatnya alokasi dana yang diperlukan. Oleh karena itu kita perlu menghitung kebutuhan dan mengatur keuangan yang tersedia, terutama untuk mencukupi kebutuhan selama Ramadan seperti kebutuhan makanan, zakat, sedekah dan keperluan lainnya.

Baca Juga:

6. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Kita bisa mulai meningkatkan kualitas ibadah seperti sholat, membaca Al-Qur'an dan berdzikir sebelum Ramadan dimulai.

7. Berdoa

Bulan Ramadan adalah salah satu bulan yang baik, dan waktu dimana doa-doa kita akan mudah diijabad dan dikabulkan Tuhan, berdoalah agar diberikan kemudahan dalam menjalanjan ibadan dan memanjatkan hajat yang ingin dicapai.

Demikian hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan Ramadan.

No comments

your comment awaiting moderation