Financial Check-Up untuk Merencanakan Masa Depan

Sebagai wanita karir yang masih melajang aku senantiasa mengatur dan merencanakan keuangan agar bisa memenuhi kebutuhan pokok dan target investasi hingga mencapai kemandirian finansial. Sejak usia 17 tahun dan memasuki bangku kuliah, aku sudah mulai mengatur keuanganku sendiri yang kudapatkan dari pekerjaan paruh waktu, beasiswa maupun mengajar. Kebiasaan ini secara pelan tapi pasti terpatri hingga saat ini agar pandai-pandai mengatur dan mengelola penghasilan yang ku dapatkan sebagai karyawan swasta maupun sebagai seorang content creator.

Aku pun semakin giat mencari informasi-informasi tambahan untuk memperbaiki pengaturan keuanganku untuk rencana-rencana masa depan. Ternyata, ada hal penting yang harus kita lakukan untuk mengecek kondisi keuangan kita agar bisa melakukan pengaturan keuangan dan membuat rencana-rencana masa depan, ya apalagi kalau bukan financial check up.

Inisiatif untuk melakukan financial check up menjadi sangat penting untuk kita lakukan, di tengah tuntutan trend dan gaya hidup yang tidak ada habisnya. Jangan sampai deh penghasilan kita habis hanya untuk gaya hidup tanpa ada alokasi dana untuk investasi dan merencanakan masa depan.

financial check up
Jangan Kebanyakan Nongki Bestie! LoL

Financial Check-Up

Kita bisa melakukan financial check up secara mandiri dengan me-review kondisi finansial kita selama 12 bulan terakhir dan memastikan kalau kondisi keuangannya masih berada di jalur yang tepat sesuai rencana pengelolaan keuangan. Selama melakukan financial check-up kita juga harus memeriksa utang, harga, rasio aset lancar, cash flow, investasi, rasio menabung dan dana darurat.

Setidaknya kita melakukan financial check-up setahun sekali atau setelah kejadian yang besar, seperti menikah atau melahirkan. Namun, akan lebih baik jika financial check-up dilakukan secara berkala mulai dari tiga bulan atau empat bulan sekali untuk mengantisipasi jika terjadi pelencengan-pelencengan pengeluaran.

Manfaat Financial Check-Up

Mengetahui Porsi Pengeluaran

Review porsi pengeluaran ini bisa menjadi refleksi pembayaran pos-pos wajib dan pembelanjaan uang berdasarkan kebutuhan dan keinginan.

Melihat Seberapa Aman Dana Darurat 

Berdasarkan beberapa sumber, idealnya dana darurat yang kita miliki sejumlah tiga kali lipat jumlah pengeluaran bulanan kita. Fungsinya ya sebagai dana bantuan yang bisa kita gunakan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau memang kebutuhan mendesak seperti terkena PHK atau pun mengalami kecelakaan.

Rasio Tabungan dan Investasi

Kita harus mengalokasikan dana tabungan dan investasi di awal pengaturan keuangan, sebelum penghasilan kita habis dibelanjakan dengan berbagai hal yang mungkin tidak perlu dibeli.

Melihat Ketepatan Proteksi yang Dimiliki dengan Tujuan Proteksi

Selain kepemilikan BPJS Kesehatan kita juga perlu memiliki asuransi kesehatan dari swasta juga asuransi jiwa. Karena terdapat beberapa jenis penyakit yang tidak bisa sepenuhnya di-cover oleh BPJS Kesehatan. Selain itu, BPJS Kesehatan juga tidak memberikan santunan bagi pemilik BPJS yang meninggal dunia.

Dengan memiliki proteksi baik asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa kita bisa melindungi diri kita dari risiko di masa depan. FWD Critical First Protection menjadi salah satu program perlindungan dari FWD Insurance yang patut dilirik untuk menjaga kesehatan finansial guna merencanakan masa depan yang lebih baik. Solusi proteksi dari FWD Critical First Protection mudah dipahami dengan premi yang terjangkau dan mudah diklaim serta mencakup berbagai kondisi kritis, baik yang disebabkan oleh penyakit maupun kecelakaan. Bahkan, kalau kita tidak pernah mengajukan klaim, kita akan mendapatkan uang premi kembali 100% loh di akhir masa asuransi! Selain itu diberikan juga diskon hingga 30% untuk setiap pembelian/kepersertaan premi tahun pertama produk Asuransi Bebas Handal FWD Cancer Protection, Bebas Rencan, & Bebas Aksi.

penyakit kritis
Peluncuran FWD Critical First Protection
Sumber Foto: FWD Insurance

Mengetahui Aset Apa Saja yang Dimiliki

Baik aset yang telah lunas dimiliki maupun aset yang dibeli secara cicilan/utang harus kita review, untuk memastikan utang kita tidak lebih besar dari pada aset yang dimiliki  atau kewajiban cicilan lebih besar dari pada alokasi yang tersedia. Jangan sampai deh aset-aset yang sudah kita miliki malah ditarik untuk membayar utang yang mangkrak. Selain melakukan review aset dan utang, kita juga bisa melakukan proteksi pinjaman online agar terhindar dari kondisi yang mengerikan seperti itu. FWD Insurance menjadi salah satu lembaga penyedia jasa asuransi pertama yang memberikan proteksi pinjaman online loh.

Dengan melakukan financial check-up kita bisa lebih tertata dan terstruktur untuk merencanakan masa depan bukan?


24 comments

  1. Berasa dicolek banget nih buat mulai melakukan financial check up biar keuangan aman terkendali, dan nggak asal mengeluarkan dana tanpa pemikiran matang.

    ReplyDelete
  2. betul banget kita wajib cek atau review aset dan utang kita untuk monitoring semuanya, jangan sampai merasa membeli aset terus tapi ternyata malah rugi alias utangnya lebih besar

    ReplyDelete
  3. Harus belajar banyak nih tentang financial check up ini, manfaatnya lumayan banyak juga, so far tak pernah terpikirkan. Terima kasih Kak untuk pencerahannya

    ReplyDelete
  4. Dahulu aku berpikir bahwa ribet banget yang financial planning soalnya perlu banyak pos-pos ini itu. Tapi setelah adulting dan ternyata hidup itu mahal, ya ternyata asyik2 juga dan melakukan financial check up ini lama-lama justru lebih mengasyikan dari pada ngabisin uang buat jajan ((tetep enak sih, cuma jangan keseringan kaaan hihi)). Perlu dicek ulang bagian keuangan mana sih yang masih kurang, biar setidaknya kita merasa aman terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  5. Mengetahui aset sendiri ini banyak yg diabaikan ternyata. Saya salah satunya. Gak kepikiran selama ini saya kerja udah menghasilkan apa aja? Punya apa? Padahal itu point' penting juga supaya kita bisa menentukan langkah selanjutnya ya dalam memanajemen keuangan kita.

    ReplyDelete
  6. Kebetulan banget nih lagi nyari informasi buat bikin polis asuransi jiwa. Lagi ngebanding-bandingin mana yang paling sesuai dengan kondisiku, termasuk kondisi keuangan.

    ReplyDelete
  7. Financial check up memang penting banget ya mba. Biar kita tahu berapa aset dan utang yg kita miliki. Klu masih dalam taraf besar aset daripada utang, masih aman. Kalau sebaliknya kudu ditinjau ulang...

    ReplyDelete
  8. Kalau kesehatan financial sudah diketahui kita bisa membenahi yang mengalami kebocoran hingga membuat kantong ngap2an ya. Tapi alokasi untuk insurance harus jadi prioritas ya kak.

    ReplyDelete
  9. Saya lagi memaksa diri untuk menabung dan investasi biar penghasilan gak bablas nih.

    Financial check up memang penting banget. Apalagi kalau kita punya cicilan atau utang. Perlu banget harus dilunasi dulu.

    ReplyDelete
  10. wah perlu banget ternyata ya sesekali financial check up nih, biar siap terus menghadapi masa depan yang gak pasti hihi.. apalagi kalau udh berkeluarga ya

    ReplyDelete
  11. Mantep nih emang FWD ada financial checkup jugaaa, ibarat badan yang sehat taunya ada penyakit harus medical chekcup dlu kaan yaa hihi

    ReplyDelete
  12. Ternyata ada banyak manfaatnya ya kalau kita rutin melakukan finansial check up ini. Pastinya mengatur keuangan juga bisa lebih baik. So noted banget nih buat saya masih keteteran dalam mengatur keuangan

    ReplyDelete
  13. Fotonya itu kyanya enak banget makanannya mba hehe financial check up saya tuh bulanan sih tp jarang bgt..

    ReplyDelete
  14. dengan mengetahui pemasukan dan pengeluaran kita jadi bisa menyesuaikan dan menyehatkan keuangan. termasuk mengetahui aset diam yang bisa dimanfaatkan untuk menambah cuan

    ReplyDelete
  15. Mbak, baru tahu lho, saya ada financial check up dan saya pengen langsung nyoba biar bisa merencanakan masa depan dengan lebih terencana. Bismillah mau nyoba, akh.

    ReplyDelete
  16. Kalau gak ada financial check up, yang ada makin tak terkendali uang yang dikeluarkan. Apalagi kalau alasannya healing huhu, memang kudu diterapkan sih financial checkup ini

    ReplyDelete
  17. memastikan kalau kondisi keuangannya masih berada di jalur yang tepat tuh penting banget ya. soale aku juga suka bablas buat jajan kalau gak diatur :')

    ReplyDelete
  18. Pastinya sejak dini sudah harus dilakukan financial check up ini ya, Mba. Makin tau sejak awal kondisi keuangan tentu akan lebih mudah menentukan langkah selanjutnya juga.

    ReplyDelete
  19. Pentingnya Financial Check-Up ini harus disiplin dilakukan agar finansial senantiasa sehat dan rencana keuangan untuk pos bucket list bisa terwujud.
    Seneng ya.. bisa menggapai impian rencana keuangan.

    ReplyDelete
  20. Wah-wah... aku termasuk yang jarang melakukan financial check up nih. Terus ntar tiba2 baru nyadar kalau banyak bocor di mana-mana. Dari postingan ini aku jadi sadar pentingnya ceki-ceki kesehatan keuangan kita ya... jadi tertarik sama produk FWD juga nih.

    ReplyDelete
  21. Aku gak pernah nih melakukan finansial check up. Memang penting banget, ya. Jadi lebih tahu kondisi keuangan kita bagaimana. Biar tetap aman jika ada hal-hal yang tidak terduga.

    ReplyDelete
  22. Penting banget buat financial checkup, jadi tau apakah keuangan kita sehat atau tidak. Kalau masih single masih bisa nabung banyaaak. Klo udah berkeluarga nih, memang perlu proteksi yang lebih dari sekadar nabung

    ReplyDelete
  23. Ternyata besar banget ya manfaat melakukan financial check-up sehingga kita bisa mengontrol rencana pengelolaan uang dengan baik.

    ReplyDelete
  24. thankyou for reminder kak :D

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation