5 Platform e-Learning Terbaik untuk Meningkatkan Skills

Masa-masa pandemi semakin redup, hal ini tentu menjadi secercah harapan, kita bisa segera menjalani kehidupan new normal, geliat bisnis dan kehidupan perkantoran sudah mulai menunjukkan kesibukannya, hingga aktivitas work from office (WFO) pun sudah semakin meningkat. Tetapi, masa-masa pandemi dengan segala macam keterbatasan yang masih melekat, tentu masih menjadi tantangan ya buat kita semua.

Melihat geliat bisnis dan aktivitas perkantoran yang semakin sibuk tentu membuka celah dan peluang baru bagi angkatan kerja yang belum mendapatkan kesempatan kerja maupun karir yang diinginkan. Di masa-masa penantian gelombang pembukaan kerja seiring semakin ramainya aktivitas perekonomian, menjadi saat terbaik dan tepat bagi kita semua untuk meningkatkan skills sesuai minat atau passion dan kebutuhan dunia lapangan kerja sekarang ini.

Menurutku, salah satu sisi positif yang menjadi peluang baik dan bisa kita manfaatkan selama masa pandemi adalah didorongnya aktivitas online learning atau belajar online baik di sekolah, universitas maupun belajar online bagi umum disertai menjamurnya platform e-learning di Indonesia. Dari berbagai platform e-learning di Indonesia, beberapa brand yang menjadi top of mind platform e-learning di kepalaku ya QuBisa, Skill Academy, Zenius, Moodle dan Ruangbelajar by Ruangguru. Dengan segala macam rekam jejak program, branding dan kualitas online learning yang disediakan, bisa dibilang kelima platform e-learning tersebut adalah platform e-learning terbaik di Indonesia.

Platform e-Learning di Indonesia
5 Platform e-Learning Terbaik untuk Meningkatkan Skills

5 Platform e-Learning Terbaik untuk Meningkatkan Skills

1. QuBisa

Pertama kali aku mengeksplorasi platform e-learning karena menemukan materi Top 10 Skills 2025 menurut World Economic Forum. Beberapa di antara Top 10 Skills tersebut berkaitan dengan critical thinking, penggunaan dan monitoring teknologi serta kepemimpinan dan pengaruh sosial, jadilah aku mencari-cari materi tentang keahlian-keahlian tersebut dan menemukan platform e-learning QuBisa. Kelas-kelas pertama yang aku ikuti saat itu adalah video editing dan public speaking karena sesuai dengan kebutuhanku sebagai content creator sekaligus karyawan perusahaan yang berurusan dengan program-program sosial yang dijalankan kantor.

Online Learning
Top 10 Digital Skils 2025
Sumber gambar: World Economic Forum

Menurutku, platform e-learning QuBisa ini adalah salah satu platform e-learning di Indonesia yang mudah untuk dimengerti, diakses dan digunakan. Kita bisa mengakses QuBisa baik dari website maupun aplikasi Aplikasi QuBisa untuk iOS dan Aplikasi QuBisa untuk Android sehingga kita bisa mengikuti kelas-kelas belajar online dengan bermodalkan smartphone dimanapun dan kapanpun, tanpa membatasi ruang gerak kita.

Pilihan kelas belajar online yang bisa kita akses dan manfaatkan di QuBisa yaitu,

  • Kelas KSM (Keterampilan Sukses Milenial), mencakup kelas kemampuan dasar, kepemimpinan dan juga keseimbangan diri.
  • Kelas KDM (Keterampilan Digital Milenial) yang meliputi kelas analisi data digital, publikasi konten digital dan produktivitas digital.
Ragam kelas yang disediakan tersebut selaras bukan dengan kebutuhan top 10 skills 2025 yang digagas oleh World Economic Forum?!

2. Skill Academy by Ruangguru.

Skill Academy menjadi one of top of mind 5 platform e-learning terbaik untuk meningkatkan skills karena banyak teman-teman content creator yang seringkali membagikan online course yang berkaitan dengan digital marketing dari kelas Skill Academy ini. Dan ternyata platform e-learning Skill Academy juga merupakan program pelatihan skills dari Ruangguru, awalnya ku kira Ruangguru hanya menyediakan platform belajar online untuk pelajar saja loh, hehe. Bisa dibilang Ruangguru ini memang pandai melihat situasi dan mengambil peluang kebutuhan belajar online di masa pandemi ya.

Fasilitas dan layanan yang kita bisa akses dari Skill Academy antara lain,

  • Ratusan pilihan kelas belajar online untuk meningkatkan skills mulai dari pengembangan diri, persiapan tes, teknologi dan software, bisnis dan keuangan serta pemasaran.
  • Kelas bersertifikat dan dapat diakses selamanya.
  • Dibimbing oleh instruktur profesional.
  • Materi berbentuk video interaktif.
  • Gratis bimbingan karir dan usaha.

3. Zenius

Aku sering melihat plang Zenius ketika perjalanan ke kantor atau saat-saat bepergian di akhir pekan. Awalnya Zenius di bawah naungan PT Zona Edukasi Nusantara merupakan lembaga bimbel offline yang menyediakan materi pembelajaran dalam bentuk CD dan DVD sejak 2004. Dan, sejak tahun 2007 Zenius telah menyesuikan layanan dengan tuntutan dan kebutuhan belajar online dengan menyediakan layanan bimbingan belajar online. Zenius mendukung kebutuhan belajar online bagi siswa-siswi Sekolah Dasar hingga mahasiswa Perguruan Tinggi. Simulasi Ujian Tulis Berbasi Komputer (UTBK) adalah fitur andalan dari layanan platform e-learning Zenius.

4. Moodle

Ketika mengambil studi magister di Universitas Paramadina aku berkenalan dan menggunakan Moodle sebagai platform e-learning yang digunakan untuk mengatur kurikulum perkuliahan sekaligus platform komunikasi, arahan tugas dari dosen pengajar dan pengumpulan tugas. Hingga pada akhirnya memasuki masa pandemi, dan kelas diselenggarakan 100% online, dan aktivitas e-learning pun dilakukan dengan menggunakan platform e-learning Moodle ini.

5. Ruangbelajar by Ruangguru

Yang paling terpatri dalam memoriku dari platform e-learning Ruangguru ya salah satu pendirinya, Iman Usman, aktivis BEM UI sekaligus Founder Indonesia Future Leader (IFL), organisasi non-profit untuk pemberdayaan pemuda dalam perubahan sosial. Dulu semasa kuliah, aku pun pernah berjejaring dengan aktivis-aktivis IFL, dan ketika mendengar kabar pendirian layanan belajar online Ruangguru oleh Iman, langsung takjub, wah Iman emang progresif banget yaa buat mengaktualisasikan gerakan sosial dan pendidikan yang emang ditekuni sejak di bangku perkuliahan.

Saat ini, Ruangguru menjadi platform e-learning di Indonesia yang telah bermitra dengan 32 pemerintah provinsi sekaligus 326 pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia loh! Ahh, tinggal dua provinsi lagi nih untuk digandeng bekerjasama. Ruangguru memberikan layanan video pembelajaran, platform ujian online, kelas virtual, les privat dan juga konten-konten pembelajaran lainnya yang bisa diakses melalui web atau pun aplikasi Ruangguru. Terdapat puluhan ribu video belajar animasi dan latihan soal yang bisa dieksplor oleh para siswa, sehingga bisa menunjang keberhasilan anak untuk belajar selama masa pandemi. Tentu, Ruangguru bisa menjadi tempat belajar online yang memudahkan siswa, guru, dan dosen yha!

Belajar Online Agar Siap Kerja!

Setelah mengasah dan meningkatkan skills melalui platform e-elearning kita harus makin pede dan siap kerja dong apalagi buat fresh graduate yang sedang berlomba memasuki dan bersaing di dunia kerja dan profesi. Dan sekarang masih berlangsung program Prakerja dari pemerintah loh sebagai upaya pemerintah menunjang angkatan kerja baru untuk bersiap menghadapi dunia kerja dan bersaing dengan masing-masing skills para angkatan kerja lainnya. Kelas pelatihan prakerja bisa kita akses melalui platform e-learning di Indonesia, seperti QuBisa.

Seperti tujuan platform e-learning QuBisa untuk meningkatkan kompetensi diri yang mudah digunakan, sehingga cocok dipilih sebagai platform belajar online untuk pelatihan prakerja bagi angkatan kerja fresh graduate. Saat ini, QuBisa menjadi tempat belajar online yang memudahkan siswa, guru dan dosen untuk melakukan pembelajaran dan pelatihan peningkatan skills agar siap kerja!

Kelas Pelatihan Prakerja
Belajar Online Kelas Pelatihan Prakerja di QuBisa

Pemaksimalan Belajar Online dengan LMS (Learning Management System)

Kelas pelatihan prakerja QuBisa menjadi maksimal untuk digunakan karena bisa menjadi pilihan sebagai tempat belajar online yang memudahkan siswa, guru, dan dosen. Selain itu QuBisa juga memanfaatkan sistem Learning Management System atau yang biasa disebut LMS corporate QuBisa. LMS menjadi sistem komputer yang dikembangkan untuk mengelola pembelajaran secara online mulai dari distribusi materi, komunikasi hingga interaksi dan kolaborasi antara siswa dan guru atau pun tenaga pengajar, seperti proses pembelajaran yang kita lakukan pada platform e-learning di Indonesia.

Model LMS corporate QuBisa bisa memberikan keuntungan dan kemudahan dalam proses belajar online. Terlebih dengan penyajian konten berupa audio visual yang berlimpah dengan simulasi interaktif. Jadi gimana nih, sudah siap bersaing dengan tuntuan dunia kerja masa depan? Yuk mulai bersiap dan tingkatkan skills dari sekarang!

54 comments

  1. Kampusku juga pakai Moodle, jadi terbantu banget waktu 2 tahun kemarin kuliah online. Banyak juga ya platform e-learning lainnya, memudahkan banget supaya bisa belajar dari mana saja

    ReplyDelete
  2. Emang QuBisa ini bener-bener solusi banget buat siapapun yang mau upskilling atau reskilling yah, materinya lengkap abis. Semangat buat para penerima Prakerja!

    ReplyDelete
  3. banyak ya sekarang pilihan platform buat menambah skill kita terutama buat yang ikutan program prakerja.

    ReplyDelete
  4. Ruangguru memiliki beberapa kelas pelatihan kerja ya.
    Senang pastinya mendapatkan ilmu yang sangat berkualitas dan menunjang karir kedepannya

    ReplyDelete
  5. Sekarang cari ilmu buat nambah skills bisa dari mana aja ya kak. Ngga harus pendidikan formal tp jg bs dr informal seperti ini. Apalagi habis kursus jg ada sertifikatnya. Keren2 tuh platform. Setidaknya aku juga pakai 4 dari 5 platform itu.

    ReplyDelete
  6. keren banget nih program pemerintah, ada pendidikan prakerja hingga yang habis di phk atau ingin mengegarkan kemampuannya bisa di lakukan, yuk di manfaatkan momennya

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak banget manfaat kartu prakerja ya, moga bisa di maksimalkan dan tepat sasaran e-learning dari pemerintah agar ekonomi segera pulih

      Delete
  7. Kelas KSM dan KDM di QuBisa emang cocok banget buat upgrade skill. Cocok juga buat fresh graduate yang lagi nyari kerja. Bisa buat belajar online kapan saja dan di mana saja pula.

    ReplyDelete
  8. Pilihan platform belajarnya ini asik-asik semua menurutku.
    Apalagi tiap bidangnya punya pilihan menarik, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan ingin belajar apa

    ReplyDelete
  9. Ternyata banyak pilihan platform e-learning yang bisa meningkatkan skill ya mbak. QuBisa ini recomended banget, banyak pelatihan yang bisa diambil sesuai kemampuan kita. Ada yang gratis ada pula yang berbayar... bahkan tak jarang memberikan reward bagi pesertanya. Keren deh pokoknya.

    ReplyDelete
  10. Wah asik banget sih kalau bisa pakai QuBisa karena ada buanyaaaak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari beragam kelasnya. Pembelajarannya pun menarik mulai dari materi sampai pematerinya.

    ReplyDelete
  11. Di QuBisa banyak kelas menarik ya mbak. Kemarin aku nemu kelas bikin web dengan wordpress di sana. Sekarang juga lagi ada Digital Bootcamp. Seru banget kayaknya.

    ReplyDelete
  12. Jadi ketika kita punya kartu prakerja bisa banget dimanfaatin belajar di QuBisa nih. Platform belajar online yang banyak pilihannya.

    ReplyDelete
  13. dengan banyak pilihan topik QuBisa memiliki nilai lebih sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan usernya apalagi jika mereka adalah gen Z seperti saat ini.

    ReplyDelete
  14. Ternyata banyak ya platform e-learning yg bisa digunakan untuk meningkatkan skill ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyess.. sekarang bagus2 yaa mba, kadang jadi bingung milihnya. tapi ya kita balikin aja ama kompetensi dan kurikulum penyedia platform dan kebutuhan kita juga

      Delete
  15. Yang belum saya cobain adalah Moodle ini, penasaran sistem kerja apliaksinya seperti apa, pastinya banyak banget ilmu yang bisa dipelajari di aplikasi ini, wajib cobain niy

    ReplyDelete
  16. dari 5 list, aku udah coba 4 kak, kecuali moodle pas kuliah juga gak dapet , soalnya waktu itu elearning belum se masif sekarang :D

    ReplyDelete
  17. semakin banyak yang memudahkan kita untuk belajar secara online ya, tinggal orangnya aja yang mau semangat belajar atau tidak, ya kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali kak, makanya ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin belajarnya. Biar dapat hasil sesuai ekspektasi

      Delete
  18. Sekarang banyak banget platform e-learning ya Mbak... Dulu tahunya cuma Ruangguru aja. Sekarang beragam, pilihan materi dan harga pun juga.

    ReplyDelete
  19. Sekarang mau belajar bisa di mana saja dan kapan saja. Termasuk lewat jalur Prakerja. Makanya pilih-pilih platform yang pelatihannya. manfaatkan saldo 1 juta yang diberikan. Kalau saya, sudah beberapa kali kursus dii QuBisa, Mbak.

    ReplyDelete
  20. Makin hari makin bagus-bagus aja ya program-program prakerja. Dulu pas pernah dapat angkatan IX, aku aja sampai bingung mau milih yang mana. Sampai harus teliti banget milihnya.

    ReplyDelete
  21. Sekarang banyak platform berkualitas yang memberi kesempatan untuk upgrade diri ya, mbak. Jangan sampai lewatkan kesempatan ini dong ya. untuk upgrade skill

    ReplyDelete
  22. Lagi butuh info tentang pelatihan prakerja nih, ternyata dapat referensi dari artikel ini. Wah bisa kupilih semuanya ya nih, wkwk

    ReplyDelete
  23. thanks infonya mba. sekarang makin banyak yaa platform untuk belajar mandiri. kayak udah ngga ada alasan untuk ngga bisa belajar sesuatu yang baru :D

    ReplyDelete
  24. diantara 5 platform ini, baru tahu yang nomor 4 - Moodle ini lho.
    platform-platform yang ada di Prakerja emang keren-keren, sampai bingung sendiri mau pilih yang mana yang mau digunakan untuk belajar, berasa ingin ambil semua kelasnya :D

    ReplyDelete
  25. Ada banyak pilihan platform e-learning saat ini menjadi pendukung untuk upskill dan reskill. Nah udah gak ada alasan lagi deh untuk tidak belajar ya, kak, apalagi di platform-platform tersebut banyak juga materi pembelajaran yang bisa diakses secara gratis

    ReplyDelete
  26. dengan adanya platform digital seperti di atas, kita sama2 mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengasah kemampuan ya mbak.

    ReplyDelete
  27. Mantap sekali, belajar di platform e-learning yang sesuaid dengan kebutuhan akan mampu meningkatkan skills serta peluang di bidang usaha.

    ReplyDelete
  28. Kelima platform e-learning tersebut memang udah nggak perlu diragukan lagi kualitasnya. Saya pribadi sudah pernah nyobain Zenius. Apik tenan jeh. Sangat membantu sekali untuk meningkatkan skill. Semoga saja selepas pandemi gini, tetap mudah untuk ningkatin skill....

    ReplyDelete
  29. Dari semua pilihan platform elearning baru coba Zenius dan QuBisa. Keduanya punya kelebihannya masing" tapi aku lebih seneng belajar di Zenius. Seru banyak fitur" menarik.

    ReplyDelete
  30. Dari 5 platform tersebut baru nyonbain yang qubisa. Banyak banget pelatihan skillnya di sana

    ReplyDelete
  31. kesemuanya sama-sama memiliki kualitas yang terbaik, mengikuti seiring perkembangan jadi kualitasnya bertambah juga. pilihan jadi beragam dan tidak bingung untuk mempelajari secara online. akses juga makin mudah ya, serta kursus juga memiliki biaya yang terjangkau

    ReplyDelete
  32. Mantepp yak dari ke5 platform ituu aku udah cobain 2 ajaa. Tapi yang paling banyak cobain QuBisa sampai 3 kelas deh waktu itu heheh, seneng sama materi dan Coachnya

    ReplyDelete
  33. Dari kelima e-learning diatas punya kelebihan masing-masing dan semuanya emang TOP. Aku udh coba beberapa kelasnya.

    ReplyDelete
  34. Dari kelima platform di atas, Moodle yang belum pernah kucobain nih. Sementara keempat lainnya udah pernah dan memang oke semua kualitasnya. Seneng ya sekarang bertaburan LMS dengan beragam pilihan, tinggal pilih mana yang paling cocok dari segi harga dan kebutuhan.

    ReplyDelete
  35. Semoga makin banyak yang mendapatkan manfaat dari kartu Prakerja salah satunya adalah pelatihan skill dari kelima plarform di atas

    ReplyDelete
  36. kita harus manfaatin kesempatan ini untuk upgrade skill ya. Sayang banget kalau nggak dipakai, apalagi kalau punya kartu prakerja.

    ReplyDelete
  37. ada banyak platform yang bisa digunakan untuk belajar. Beberapa sudah pernah kucoba untuk belajar, memudahkan banget sih buat ningkatin soft skill

    ReplyDelete
  38. semakin mudah belajar karena kehadiran platform e-learning yang beragam ini. Tentu saja yang mau dipelajari pun semakin banyak ya

    ReplyDelete
  39. Memilih pratform e-learning yang nyaman dan ilmu nya sesuai dengan kebutuhan.
    Ini menyenangkan sekali.. kembali belajar dan mendalami apa yang disukai.

    ReplyDelete
  40. Aku sering pakai QuBisa untuk belajar skill baru.
    banyak banget kursus online yang keren-keren, banyak yang gratis pula

    ReplyDelete
  41. sekarang mau belajar bisa serba online dan banyak pilihan platformnya
    apalagi buat mereka yang baru lulus kuliah dan pastinya juga butuh ilmu gimana menghadapi dunia kerja

    ReplyDelete
  42. QuBisa dan Skill Academy udah pernha coba mbak. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan sih. Dan aku suka keduanya karena ada pelatihan gratisnya hehe

    ReplyDelete
  43. Wow,semakin banyak pilihan e-learning sesuai dengan keinginan kita ya. Baru tahu juga ternyata ruanggguru ada kelas untuk content creator ya. Mantap..

    ReplyDelete
  44. Platform e learning yang harus direkoendasikan pada remaja di rumah ini agar skill-nya dapat ditingkatkan dengan belajar online pada ahli profesional. Makasih infonya mba.

    ReplyDelete
  45. Justru keuntungan pandemi, semakin menjamurnya platform e-learning yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan skills. Ini sangat bermanfaat sekali terutama bagi yang sedang mencari pekerjaan.

    ReplyDelete
  46. Sampai sekarang aku masih belum pernah cobain semua platform ini. Huhuhu, saking banyaknya pilihan yang bagus jadi bingung sendiri. Apalagi materi yang ditawarkan beragam. Kayanya harus bikin target nih dalam satu tahun harus ikut setidaknya satu pelatihan untuk upgrade skills.

    ReplyDelete
  47. Banyak juga ya platform buat belajar online. Jadi meskipun pandemi, belajar tetap jalan. Beberapa udah aku coba, dan memang asik ya.

    ReplyDelete
  48. Sejujurnya zaman sekarang, kursus atau lembaga pendidikan online semacam ini sangat dibutuhkan. Selain praktis, lebih aman dan efisien. Apa lagi untuk anak-anak. Tidak khawatir ini dan itu karena harus keluar rumah.

    ReplyDelete
  49. Semakin banyak platform e-learning, kita jadi bebas untuk belajar dimana dan kapanpun, ya. Banyak cara untuk mendapatkan ilmu dengan mudah dan nyaman

    ReplyDelete
  50. selain Qubisa ternyata banyak ya pelatihan daring. Sebaiknya kita nggak lewatkan kesempatan untuk upgrade skill ini ya, untuk menambah portofolio

    ReplyDelete
  51. Kelima aplikasinya bagus semua mbak. Udah nyoba yang qu bisa, skill academy sama zenius.

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation