Webtoon archipelaQode: Jejak-jejak Misteri Pusaka Nusantara!

Membahas nusantara memang tidak ada habisnya, mulai dari alamnya, suku bangsanya, bahasanya, dan segala macam seluk-beluk budayanya. Dan siapa sangka ada jejak-jejak pengetahuan dan teknologi moderen dalam peradaban nenek moyang nusantara?!

Terinspirasi dari hasil-hasil riset sains budaya oleh Bandung Fe Institute yang diterbitkan dalam buku berjudul "Kode-Kode Nusantara: Telaah Sains atas Jejak-jejak Tradisi Nusantara" membawa muda-mudi didikan insitutsi tersebut menggarap webtoon archipelaQode bertemakan Sci-Fi (science-fiction) untuk menarasikan untaian benang merah data, pengetahuan dan teknologi nenek moyang dengan ceritera kehidupan muda-mudi dari berbagai belahan nusantara yang kesepian dan mencari jati diri dan hasrat masing-masing.

Webtoon archipelaQode
Webtoon archipelaQode

Selama proses pencariannya, muda-mudi kesepian ini malah bertemu sosok Q yang justru membawa mereka mencari Pusaka Nusantara yang tersembunyi?! Serpihan-serpihan kode-kode yang misterius harus dipecahkan masing-masing tokoh dalam setiap episodenya. 

webtoon archipelaqode
Kode-kode misteri "Q" dan Pusaka Nusantara


Rahasia demi rahasia menjadi kegelisahan setiap tokoh dalam webtoon archipelaQode, termasuk Kara. Daru Bhagaskara, yang merasa sebatang kara, karena tak mengetahui informasi apa pun tentang keluarganya, hingga akhirnya Ia menemukan pesan untuk melakukan makan malam terakhir?!


webtoon archipelaqode
Makan Malam Terakhir Kara?!



Webtoon archipelaQode sedang mengikuti Webtoon Contest 2022 yang diselenggarakan Line Webtoon Indonesia, mohon dukungannya yaaa untuk archipelaQode dengan membaca dan memberikan like, favorit, rate, komentar dan membagikan webtoon ini kepada teman-teman lainnya. Tersebar luasnya webtoon archipelaQode, diharapkan bisa menjadi medium edutainment tentang nusantara, kebudayaan dan jejak-jejak ilmu pengetahuan moderen di baliknya, yang selama ini masih tertutup rapat-rapat.

webtoon archipelaqode
Yuk beri dukungan untuk webtoon archipelaQode


17 comments

  1. Unik sekali, komik/webtoon yang bertemakan sci-fi Nusantara. Semoga nanti makin terkenal dan digarap menjadi film/series. Seperti kebanyakan Drama Korea sekarang yang diambil dari cerita webtoon.

    ReplyDelete
  2. aku udah baca nih weebtoonnya, keren banget sih, itu authornya apa bikin semuanya sendiri? mulai dari cerita, gambar hingga coloring gitu, kalau iya pasti pengerjaannya makan waktu yang lama.

    ReplyDelete
  3. Baca artikel ini aku langsung penasaran dan baca webtoonnya langsung loh. Keren juga visualnya yaa sekalian bisa belajar budaya

    ReplyDelete
  4. Weih juga ditulis di blog juga reviewnya. Pertama kali lihat di feed instagramnya. Telaten memang yang bikin webtoon

    ReplyDelete
  5. Wah menarik banget ini ide ceritanya
    KLO dikemas dalam cerita webtoon seperti ini, mempelajari pustaka Nusantara jadi asik ya mbak

    ReplyDelete
  6. cuma mau bilang, uwooooow, keren banget
    kalau cerita soal sejarah sudah biasa nemu di wattpad
    tapi kalau di webtoon, baru kali ini
    enaknya baca di webtoon itu, jadi bisa bayangin langsung tempatnya
    sukses selalu

    ReplyDelete
  7. Kereeennnn banget webtoonnyaa. Emang tuh orang yang suja bukin webtoon imaji-nya tinggi banget ya

    ReplyDelete
  8. Bagus juga ni webtoonnya... jarang lho yg membahas tema seperti ini

    ReplyDelete
  9. Wah keren banget kak konsep cerita archipelaQode ini, semoga sukses di Webtoon Contest 2022 nya

    ReplyDelete
  10. Menarik sekali webtoon nya bertema budaya Indonesia. Yuk bisa diadaptasi ke film,kayaknya cocok genrenya sci-fi thriller mystery. Baru beberapa saja soalnya film yang diadaptasi dari webtoon, padahal banyak ide dasarnya yang menarik.

    ReplyDelete
  11. Makin keren aja ya industri weebtoon kita, suka banget sama konsep mengawinkan nilai-nilai tradisi Nusantara sama pop culture kaya genre sci-fi gini. Protagonis cowoknya ganteng hihi.

    ReplyDelete
  12. wahh keren nih tema webtoonnya. Anak-anak muda jadi lebih mudah mengetahui tentang nusantara karena diceritakan dalam bentuk webtoon gini

    ReplyDelete
  13. Keren sekali ambil idenya kak. Apalagi bertema science fiction Nusantara. Harus diboomingkan sih ini.

    Aku jg suka bgt sci-fi. Jadi penasaran nih ceritanya seseru apa. Smg ntar dibikinin jg filmnya. Amiiin

    ReplyDelete
  14. belom baca si ni webtoon, kayanya menarik ya ambil tema ttg nusantara

    ReplyDelete
  15. Menarik si..pengenalan nusantara lewat webtoon, ssemoga menjadi magnet untuk para muda mudi :)

    ReplyDelete
  16. saya suka sekali membaca sejarah, apalagi tentang jaman-jaman kerajaan gitu. ini sejarahnya dikemas dalam format webtoon, tentunya lebih akan menarik

    ReplyDelete
  17. Wah saya suka nih kalau nuansanya kental dengan kearifan lokal dan nggak meninggalkan jati diri bangsa.

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation