Tips Tetap Produktif Saat Puasa

Tak terasa ya beberapa hari lagi kita akan kembali memasuki bulan Ramadhan. Bulan yang dinanti umat muslim untuk beribadah, bertaubat, melakukan perbaikan-perbaikan diri hingga kembali ke fitrah. Selama bulan Ramadhan, tentu pola tidur dan pola makan kita akan berubah, yang kurang lebih juga akan berdampak pada produktivitas kita sehari-hari.

Sumber Foto: Wahdah Islamiyah

Nah, untuk menanggulangi penurunan produktivitas kita selama bulan Ramadhan, perlu kan kita melakukan kiat-kiat khusus untuk menjaga stamina dan etos kerja. Berikut beberapa tips yang bisa kita terapkan selama bulan Ramadhan.

1. Ingatlah bekerja juga bagian dari beribadah
    
Di bulan Ramadhan, beribadah tak hanya melulu tentang menahan lapar dan dahaga dan sholat. Selain itu, bekerja dengan niat dan tindakan yang baik juga merupakan bagian dari ibadah. Semakin kita berniat baik dan tulus dalam menjalankan pekerjaan kita, maka niscaya itu pun menjadi pundi-pundi amal dan ibadah bagi kita. Stay positive thinking and got the positive vibes :)


2. Perhatikan konsumsi saat sahur dan berbuka

Ketika di bulan-bulan lain kita bisa makan paling tidak tiga kali sehari atau bahkan lebih, di bulan Ramadhan paling tidak kita bisa mengkonsumsi makanan saat sahur dan berbuka. Oleh karena itu, kita harus mengatur pola makan yang sehat dan bergizi terutama pada saat sahur. Karena makanan sahur lah yang akan menjadi bekal energi kita selama beraktivitas seharian. Konsumsi 4 sehat 5 sempurna tentu menjadi acuan yang baik untuk menu sahur.

Sumber Foto: Blog Haruzhi

3. Menyusun daftar kerja saat puasa

Membuat daftar kerja selama Ramadhan akan membantu kita tetap produktif. Buatlah daftar prioritas pekerjaan yang harus dilakukan. Kerjaan hal prioritas di pagi hari ketika kita masih fresh dan penuh energi. Dengan membuat daftar prioritas tersebut tentu akan menjaga kita tetap produktif.

4. Jangan lupa istirahat

Selama bekerja dan berpuasa tentu tubuh juga membutuhkan waktu istirahat. Pada saat seperti ini manfaatkanlah jam makan siang untuk kita beristirahat. Tidur siang sejenak setelah sholat dhuhur akan membuat kita kembali fresh dan bisa melanjutkan pekerjaan kembali dengan baik.

5. Disiplin dalam bekerja

Disiplinlah untuk mengerjakan daftar pekerjaan prioritas yang telah dibuat. Dengan disiplin pada daftar kerja tersebut akan lebih meringankan beban pekerjaan dan pikiran kita. Dengan menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan di pagi hari akan lebih baik dari pada menunda-nunda pekerjaan hingga siang atau pun sore hari. Menunda pekerjaan tentu juga akan berdampak pada mood kita sehingga kurang baik untuk pekerjaan dan ibadah puasa kita.

6. Tetap berolahraga yang teratur

Puasa bukan berarti meniadakan olahraga sama sekali. Justru dengan olahraga-olahraga ringan yang rutin kita lakukan akan menambah kebugaran tubuh selama berpuasa. Kita bisa mengatur waktu olahraga satu jam sebelum buka puasa dan lakukan olahraga-olahraga ringan seperti jalan santai, jogging, atau pun yoga.

---
Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

No comments