Peluang Usaha Co-Working Space

Co-Working Space (tempat kerja bersama) merupakan sebuah tempat kerja yang saling berbagi antar penggunanya. Co-Working Space ini bisa dibangun di area ruko, gedung perkantoran atau pun area kafe. Para pengguna ini bisa berasal dari komunitas, freelancer, atau pun pengusaha pemula. Sehingga dalam satu co-working space bisa saja diisi oleh beragam organisasi.

Di era sekarang ini, co-working space semakin dibutuhkan dan diminati oleh angkatan kerja muda terutama di kota-kota besar. Kebutuhan tempat kerja yang fleksibel dan kenyamanan dalam bekerja menjadi keunggulan yang diberikan oleh usaha co-working space. Kita bisa menyewa co-working space dalam hitungan jam, hari, minggu bahkan bulan.

Para freelancer yang tidak memiliki kantor tetap namun ingin fokus bekerja tanpa mendapat gangguan di rumah, tentu akan merasa melirik kesempatan bekerja di co-working space. Bagi komunitas yang belum memiliki sekretariat pun, dapat melaksanakan rapat atau pun diskusi di co-working space agar mendapatkan suasana yang kondusif dan mendukung kegiatan mereka.

Kebutuhan akan co-working space ini seiring dengan era inforrmasi dan kemoderenan saat ini. Semakin hari, kita memiliki kebutuhan untuk bekerja secara mobile dan fleksibel. Terutama bagi para pebisnis start up dan pengusaha pemula. Co-working space yang menawarkan beragam paket dan fasilitas bagi para pengguna menjadi salah satu solusi dan pilihan para konsumen.

Dengan tawaran paket per jam, harian, mingguan atau bulanan dirasa lebih menguntungkan dibanding harus mengumpulkan modal yang jauh lebih besar untuk membangun tempat kerja atau kantor sendiri. Co-working space yang diisi oleh beragam individu atau organisasi juga membuka peluang untuk berkolaborasi serta membuka dan memperluas networking. Hal-hal ini lah yang menjadi faktor pendorong maraknya co-working space hadir dan tumbuh di Indonesia. Kebutuhan co-working space yang semakin tinggi ini juga menjadi peluang usaha baru di Indonesia.

Di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Bali telah berdiri beberapa co-working space yang telah digandrungi para konsumennya. Dan berikut lima contoh co-working space di lima kota besar tersebut:

Rework, Jakarta
Rework bisa kita jumpai di Citiloft Sudirman, Kawasan Tanah Abang. Fasilitas yang diberikan antara lain flexible desks, ruang meeting, loker, layanan kurir dan shower. Di sini sering juga diselenggarakan event-event informatif yang bisa diikuti masyarakat umum. Info lengkapnya rework bisa diakses di www.rework.id.

Co&Co Space, Bandung

Co&Co Space berada di Jalan Dipatiukur. Fasilitas yang diberikan adalah ruang rapat, area public, shower, area outdoor, area pribadi dan dapur. Ada juga fasilitas mesin printer dan fotokopi. Biaya sewanya mulai dari Rp. 22.500/hari hingga Rp. 650.000/bulan. Info lengkapnya silakan akses di coandcospace.com.

Maliome, Yogyakarta
Maliome berada di Jalan Kyai Mojo, selain sebagai  co-workingspace, Maliome juga memberikan fasilitas biliar, Xbox Kinnect, dan tv kabel. Informasi lengapnya bisa kamu akses di maliome.com.

Nin3 Space, Surabaya
Nin3 Space berada di kawasan Ketintang. Tema yang diusung di sini adalah eco vintage. Ada tiga ruangan utama yang bisa dipilih, yaitu conference room, quite room dan meeting room. Kita juga bisa bersantai di area balkon untuk melepas penat sejenak dari pekerjaan. Mau tahu lebih lanjut? Cek websitenya di www.nin3space.com.

Livit Spaces, Bali
Sumber-sumber Foto: Acer

Livit Spaces yang berada di kawasan Gianyar ini menawarkan konsep co-living dengan menyediakan sembilan vila untuk bekerja dan bersantai. Selain vila untuk bekerja, disediakan pula kolam renang, gazebo dan kafe outdoor untuk memfasilitasi para konsumen. Silakan intip lengkapnya di liv.it/spaces/ ya.
Dengan beragam peluang dan kebutuhan tersebut, mau mengambil peluang usaha co-working space?

---
Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

No comments