Pentingnya Kamera CCTV di Kawasan Rumah Susun

Rumah Susun
Rumah Susun
Image by Jeswin on freepik.com

Rumah susun memiliki area yang cukup luas. Baik di dalam maupun di luar ruangan, ada banyak spot yang harus diawasi dan bisa lebih efektif jika menggunakan kamera CCTV. Pemasangan Kamera diutamakan pada spot yang rawan terjadi tindak kejahatan.

Tentunya untuk mengurangi tindak kejahatan yang sering terjadi pada wilayah tersebut. Mengingat rumah susun merupakan lokasi yang sering dikunjungi banyak orang dari berbagai latar belakang, Maka perlu di lakukan sistem pengamanan yang ketat untuk meminimalisir tindak kejahatan yang mungkin bisa terjadi kapan saja.

Jenis-jenis kamera CCTV ada banyak sekali, namun berdasarkan penempatannya, secara umum dibagi menjadi dua, yaitu: indoor dan outdoor. Pada dasarnya CCTV indoor digunakan di dalam ruangan dengan tampilan yang lebih lebar. 

Sedangkan kamera CCTV outdoor biasanya dipasang diluar ruangan dengan keunggulan memiliki ketahanan dan ketangguhan dari perangkat CCTV karena bersinggungan langsung dengan panas dan air hujan.

Apalagi jika memiliki mobilitas tinggi, pemasangan jenis-jenis kamera CCTV akan membuat Anda merasa lebih tenang untuk meninggalkan rumah. Pengecekan maupun pemantuan situasi di sekitar rumah dapat di lakukan kapan saja saat Anda membutuhkannya.

Manfaat Pemasangan Kamera CCTV di Area Rumah Susun

Closed Circuit Television atau CCTV merupakan seperangkat alat yang berupa kamera video dengan cara mengirimkan sinyal ke sebuah layar monitor. Fungsinya, untuk memantau aktivitas-aktivitas di tempat yang terpasang kamera CCTV.

Tidak hanya dipasang pada perkantoran, bank, hotel atau supermarket, CCTV juga dipasang di Kawasan Rumah susun. Sama seperti tempat umum lainnya, rumah susun juga perlu dilakukan pemasangan CCTV. Adapun jenis-jenis kamera CCTV yang dipasang berupa kamera CCTV indoor dan outdoor.

Kamera CCTV indoor bisa dipasang pada lorong-lorong rumah susun. Sedangkan CCTV outdoor bisa dipasang untuk area luar rumah susun. Keduanya sangat penting, untuk mengawasi area yang suit mendapatkan pemantauan dari security.

Adapun manfaat pemasangan kamera CCTV di area rumah susun, antara lain:

1. Mengawasi Rumah Kapan Saja

Mengingat rumah susun juga sering dikunjungi banyak orang, perlu adanya sistem keamanan yang lebih kuat untuk menjamin kenyamanan penghuninya. Tidak cukup mendapatkan pengawasan dari penjaga saja, area rumah susun juga perlu di pasang CCTV.

Ada banyak sekali orang yang datang berkunjung, penjaga pasti akan mengalami kesulitasn jika harus mengamati seluruh area dan semua pengunjung yang datang. Jenis-jenis kamera CCTV indoor akan bermanfaat buat Anda yang memiliki asisten rumah tangga di rumah. Sehingga Anda bisa tahu, bagaimana kinerja karyawan jika ditinggalkan sendiri di rumah.

Hasil rekaman CCTV bisa menjadi bukti akurat apabila terjadi kejahatan di rumah Anda. Kamera tersebut juga dapat membantu mengawasi rumah Anada yang kosong Dan bisa menjadi sasaran empuk bagi pencuri.

2. Melakukan Penjagaan Selama 24 Jam Penuh

Jika Anda mengandalkan penjaga untuk mengawasi rumah susun, maka penjaga tersebut tidak akan bisa mengawasi selama 24 jam penuh. Sementara dengan CCTV Hikvision ColorVu, akan dapat memberikan penjagaan selama 24 jam penuh tanpa membutuhkannya biaya tambahan.

3. Rekaman Video yang Bisa Menjadi Bukti

Acapkali hadirnya orang yang mencurigakan tidak diketahui sampai akhirnya menyadari pentingnya pemasangan kamera CCTV. Jika terjadi tindak kejahatan di rumah susun, Anda akan lebih mudah mendapatkan bukti dengan melihat Hasil rekaman CCTV.

Tidak hanya berupa rekaman video saja, tapi sekarang CCTV juga dapat merekam audio. Hasil rekaman CCTV yang berupa audio dapat dijadikan barang bukti dalam kasus kejahatan, baik di kepolisian hingga pengadilan.

4. Antisipasi Lupa Menaruh Barang

Mobilitas yang tinggi sering membuat seseorang melewatkan sesuatu atau lupa menaruh barang. Pemasangan CCTV akan mempermudah Anda dalam mencari barang-barang penting yang kemungkinan lupa meletakkannya. Sehingga Anda tidak akan membuang banyak waktu agar dapat menemukannya kembali.

5. Meningkatkan Sistem Keamanan

Pemasangan CCTV mampu meningkatkan sistem keamanan di tempat yang telah ditentukan. Kemampuannya dalam merekam segala kegiatan di tempat tersebut dapat mengurangi kesempatan yang dimiliki para pelaku kejahatan.

6. Mempermudan Pengumpulan Data

Fungsi CCTV yang dapat Merekam segala kegiatan yang terjadi dalam satu lingkup tempat, maka akan mempermudah pengumpulan data. Ketika mengalami kekurangan data, Anda tinggal mengecek hasil rekaman CCTV saja.

Gunakan Kamera CCTV untuk Keamanan Rumah Susun

Kamera CCTV Outdoor
Kamera CCTV Outdoor
Image by rawpixel.com on Freepik

Pemilihan jasa pemasangan CCTV kini tidak akan menjadi masalah lagi. Produk CCTV Hikvision ColorVu terkenal memiliki kualitas terbaik serta dapat melayani kebutuhan Anda. Terutama untuk kebutuhan pemasangan kamera CCTV di rumah susun, terdapat berbagai jenis yang bisa di pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jenis-jenis kamera CCTV tersedia untuk memenuhi kebutuhan Anda, baik untuk kebutuhan indoor maupun outdoor. Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan memilih produk CCTV Hikvision ColorVu, antara lain:

  1. Merekam momen dalam warna yang terang.
  2. Hasil rekaman kamera CCTV di tampilan dalam warna yang cerah, bahkan dalam kondisi minim cahaya.
  3. Memiliki resolusi sampai 4K.
  4. Didukung kecerdasan teknologi ColorVu.

Pemasangan kamera CCTV di seluruh sudut rumah susun akan membuat penghuninya merasa tenang. Anda tidak perlu khawatir akan terjadi insiden yang tidak menyenangkan karena satpam tidak dapat berjaga selama 24 jam. Jika Anda tertarik dengan produk Hikvision ColorVu, silakan cek detail penjelasannya di link berikut https://www.hikvision.com/id/products/IP-Products/Network-Cameras/colorvu-products/.

13 comments

  1. kalau ada CCTV rasanya lebih aman aja dalam menjaga keadaan dan keamanan apalagi rumah susun itu luas dan banyak sudut yang mungkin tidak terlihat mata. perlu ada CCTV

    ReplyDelete
  2. CCTV penting banget di rumah susun loh. Apalagi kan seolah masing-masing gitu tinggal di rumah susun. Jendela cuma satu arah. Di lift atau area tangga sering engga ada orang...

    ReplyDelete
  3. Waw. Resolusi kameranya ampe 4K loh. Jrg2 nih ada produk CCTV dgn resolusi kamera ampe sgtu tgginya. Ini keren bgt sih biar kita bs jls lht apa aja di sekitar kita. Pntg bgt tuh kl ada pencuri shg bs dgn jelas melihat pelaku. Bahkan kl prlu ampe pelat motor yg dipake. Zaman now hrs pake CCTV sih kalo ga pny tetangga super baik yg mau jagain rumah kita.

    ReplyDelete
  4. Iya, kalau aku pikir, semakin kesini tindak kejahatan itu semakin banyak modusnya. Adanya CCTV harusnya bisa cukup membantu mengawasi area perumahan, termasuk rumah susun dan ruko-ruko.

    ReplyDelete
  5. Dengan adanya cctv di setiap area, termasuk di rumah susun dapat membuat pantauan dari aktivitas di sekelilingnya, dan ini bisa menjadi langkah preventif untuk mencegah aksi kriminalitas

    ReplyDelete
  6. Pemasangan CCTV di rumah susun memang perlu sekali ya, Mbak. Karena bukan hanya untuk menjaga keamanan sendiri, tapi juga dengan para tetangga dan sekitarnya. Karena rumah susun tidak hanya banyak sudut, tapi juga lorong dan tangga.

    ReplyDelete
  7. Rumah susun yang bisa dikatakan banyak penghuninya dan beraneka ragam juga karakter orangnya memang lebih aman dan nyaman kalau dipasangkan CCTV ya

    ReplyDelete
  8. Kalau zaman sekarang kayaknya emang perlu banget sih Mbak pasang CCTV bahkan di rumah kecil pun juga butuh.

    ReplyDelete
  9. Udah lama kepikiran sih buat pasang CCTV di rumah, walaupun bukan rumah susun. Buat pengamanan aja.

    ReplyDelete
  10. Camera CCTV ini memang wajib banget sih ada di rumah susun atau apartement yaahh. Bukan hanya untuk keamanan, tapi kadang-kadang kita juga menemukan hal-hal menarik atau lucu lainnya, ya kan?

    ReplyDelete
  11. Penting banget memang kalau pasang CCTV di jaman seperti saat ini. Apalagi jika memang tinggalnya di rumah susun yang ada banyak sekali warganya di sana pun aktivitas lalu-lalangnya cukup tinggi. Demi menjaga keamanan juga sih.

    ReplyDelete
  12. Penting banget CCTV ini terpasang karena zaman sekarang setiap sudut tidak hanya menjadi saksi bisu, tetapi membutuhkan bukti agar ketika ada kejadian bisa dijadikan sandaran fakta.

    ReplyDelete
  13. cctv emang makin ke sini makin kayak kebutuhan. biar bisa memantau dan punya datanya kalau amit-amit ada kenapa-kenapa

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation