Belajar Inklusi Keuangan bareng OJK dan Prudential di Masa Pandemi

Beberapa waktu lalu aku sempat ya menceritakan tips and trick financial planning ala aku. Satu prinsip yang tidak boleh terlewat ya "setiap tanggal 1 pay the bill!" Pun aku sudah membuat rincian pos-pos pengeluaran bulanan supaya dananya tersedia dan dibayar sebelum waktu jatuh tempo, mulai dari cicilan-cicilan, biaya kuliah, tagihan jaminan/asuransi kesehatan dan jiwa, serta kebutuhan-kebutuhan dasar lainnya.

Perasaan bete, kesel, worry kalau semisal jumlah pendapatan ku tidak bisa mencukupi total kebutuhan bulanan. Makanya selama beberapa tahun terakhir aku rajin mencatat neraca keuanganku, supaya bisa mengatur flow keuangannya. Juga berusaha memaksimalkan pendapatan-pendapatan tambahan, memangkas pengeluaran yang tidak begitu diperlukan serta berusaha sekali harus menyisihkan sebagian pendapatan untuk tabungan/dana darurat dan jaminan/asuransi kesehatan juga jiwa. Selain, rutin mencatat keluar masuknya pendapatanku, aku pun rajin mencari-cari informasi dan ilmu tentang manajemen keuangan. Karena ternyata persoalan financial planning tidak sesederhana mencatat kas bulanan yaa. Ada banyak ilmu-ilmu keuangan lainnya yang perlu kita tahu.

Virtual Financial Expo BIK 2021

Dan ternyata, bulan ini adalah perayaan bulan inklusi keuangan yaa. Beruntung sekali aku tau infonya dari #KEBxPrudential dan bisa mengikuti helatan Virtual Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2021. Acara BIK ini berlangsung sejak tanggal 18 Oktober hingga 2 November mendatang! Masih ada waktu nih untuk banyak menimba ilmu seputar inklusi keuangan, karena beragam program penjualan produk/jasa keuangan berinsentif, webinar edukasi keuangan, pameran jasa keuangan dan pembagian doorprize jutaan rupiah setiap hari masih terus berlangsung sampai penutupan #BIK2021!

Ada apa sih sama bulan inklusi keuangan? Ternyata tingkat inklusi keuangan di Indonesia itu masih rendah loh! Berdasarkan Data Global Findex tahun 2017, tingkat inklusi keuangan Indonesia baru mencapai 48,9% kurang dari separuh jumlah penduduk Indonesia! Jadi masih lebih dari separuh penduduk Indonesia belum terbiasa mengakses layanan atau pun produk keuangan. Kondisi inklusi keuangan yang hendak dicapai berdasarkan Peraturan OJK No. 76/POJK.07/2016 tahun 2016 yakni ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kalau begitu, inklusi keuangan ini pun sudah menjadi kegiatan ku sehari-hari ya mulai dari menerima gaji di rekening bank, melakukan transaksi online, menabung, berinvestasi, membayar cicilan dan tagihan, belanja online dan membayar premi polis asuransi. Di era digital dengan layanan-layanan i-banking, m-banking dan dompet digital semestinya kita bisa meningkatkan tingkat inklusi keuangan Indonesia lebih baik lagi nih, karena sangat mudah untuk dilakukan kapan pun dan dari mana pun.

Bulan Inklusi Keuangan 2021

Helatan virtual expo BIK 2021 tentu jadi kesempatan kita mendapatkan edukasi tentang keuangan secara mendalam ya, karena ada banyak sekali penyedia produk/jasa keuangan yang mengisi virtual expo tersebut dengan beragam informasi, baik berupa naskah, infografis, video dan juga webinar. Dengan demikian, kita bisa mempelajari terlebih dahulu product knowledge dari masing-masing penyedia produk/jasa keuangan tersebut dan bisa memilih dan memanfaatkan produk/jasa keuangan yang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial kita masing-masing.

Aku sendiri lebih suka sistem seperti ini, baca dan pelajari dulu product knowledge nya baru berdiskusi dengan financial advisor nya. Supaya lebih paham dan bisa berdiskusi tanpa kepala kosong, hehe. Tentu hal ini pun sejalan ya dengan tema penyelenggaraan BIK 2021 "Literasi Asuransi untuk Negeri, Kenali - Pahami - Miliki" sekaligus untuk memperingati hari asuransi.

Aku pun akhirnya setelah banyak belajar, bertanya dan mempertimbangkan kebutuhan versus kemampuan finansialku akhirnya sudah memiliki polis asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sejak tahun lalu.

Virtual Booth Prudential BIK 2021

Salah satu virtual booth yang aku kunjungi pada helatan BIK 2021 ya booth Prudential! Memang ya, Prudentian menjadi salah satu layanan jasa asuransi yang turut mendorong inklusi keuangan di Indonesia. Sedari dulu, layanan asuransi Prudential bisa dibilang sebagai salah satu penyedia jasa asuransi yang bisa dipercaya ya. Aku pun beberapakali pernah berdiskusi dengan financial advisor Prudential tentang jenis-jenis layanan asuransi, pilihan premi dan manfaat yang bisa diperoleh dari layanan jasa tersebut. 

Saat mengunjungi booth virtual Prudential, kita akan disuguhi info-info seputar asuransi dan tips-tips yang perlu kita pikirkan lebih dulu sebelum memilih jasa asuransi yang akan kita gunakan, antara lain:

  1. Membuat anggaran yang diperlukan. Seperti yang kuceritakan sebelumnya ya, aku pun rajin membuat pos anggaran bulanan terlebih dulu supaya mengetahui kemampuan finansial kita bagaimana dan berapa alokasi dana yang bisa disiapkan untuk asuransi.
  2. Pahami kebutuhan dan fasilitas yang diinginkan, serta ketahui batas manfaat yang ditawarkan.
  3. Tentukan premi yang akan dibayar sesuai dengan kemampuan dan pilih produk asuransi kesehatan murni.
  4. Pahami masa pertanggungan dari produk asuransi kesehatan yang dibeli.
  5. Pelajari jenis penyakit yang ditanggung.

Salah satu layanan asuransi yang disediakan oleh Prudential yang pernah ku ulik sebelumnya ya PRUlink Generasi Baru yang merupakan produk asuransi jiwa dengan manfaat perlindungan jiwa sekaligus alokasi investasi positif sejak nasabah pertama kali membayar premi hingga usia 99 tahun. Tentunya produk asuransi yang ditawarkan Prudential ada banyak jenis lainnya ya, yang harus kita kenali dan pahami terlebih dahulu untuk memilikinya kemudian!

Prudential juga berupaya memaksimalkan kualitas pelayanan bagi para nasabahnya dengan mendirikan PRUuniversity. Lembaga ini berupaya untuk terus meningkatkan kapasitas pengetahuan dan mengembangkan kapabilitas para karyawan, tenaga pemasar dan financial advisor agar bisa melayani jutaan keluarga Indonesia dengan kebutuhan asuransi dan kemampuan finansial yang berbeda-beda ya.

Mumpung masih ada waktu beberapa hari lagi untuk mengikuti acara-acara virtual edukasi keuangan di BIK 2021 nih, jangan lupa untuk berkunjung ke https://www.finexpo-bik2021.id/ dan upgrade ilmu financial kita untuk kenyamanan di masa depan guys!

Dan ternyata dengan terlibatnya aku dalam kegiatan finansial sehari-hari menggunakan layanan-layanan keuangan digital, #SayaBangga sudah turut berkontribusi memulihkan perekonomian Indonesia di masa pandemi dan #JalaninSepenuhHati pengaturan keuanganku selama ini.

92 comments

  1. Setuju banget, kak. Mulai sekarang kita memang harus mempersiapkan keuangan untuk masa depan. Dengan mengikuti asuransi, lebih baik dan membuat hati tenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semakin banyak tau informasi tentang financial planning tuh beneran nambah wawasan supaya lebih bijak mengelola keuangan

      Delete
  2. Hahhahaa setujuuu

    Financial planning tu ga semudah bikin catatan : Awal bulan terima berapa - belanja apa dan sisa berapa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget mba, klo sekedar catat mah namanya bikin laporan keuangan doang, bukan mengatur pos-pos keuangan buat konsumsi, saving dan investasi masa depan hahaha

      Delete
  3. Literasi financial masyarakat kita masih kurang memang. Terlihat dari daya bei dan kehidupan yang konsumtif, tanpa memikirkan bagaimana esok?
    Beruntung saya juga bisa ikutan gabung di FinExpo2021 ini. Banyak ilmu dan nambah wawasan pastinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya mba, mungkin masih berpikiran yang penting bisa makan enak, hidup enak hari ini ya, masih berfokus pada hari ini belum one step ahead buat persiapan masa depan

      Delete
    2. Seharusnya pemerintah menyadari ini dan membuat pelajaran lebih awal sehingga generasi muda bisa jadi sasaran utama. Kelak dewasa mereka sudah terbiasa dengan urusan finansial ini
      Cmiiw

      Delete
    3. Kalau sudah terbiasa dengan literasi finansial, maka memang jadi kebiasaan baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ya Teh

      Delete
  4. Saya baru paham soal Inklusi keuangan ini, Mbak. Dan walau baru tahu namanya sekarang, ternyata sejak dulu saya sudah melakukan juga hehehe. Dan soal mengatur pendapatan ini, memang mudahnya kalau punya gaji tetap setiap bulan. Kalau saya yang freelance, tinggal menyesuaikan saja sesuai honor atau fee selama sebulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ternyata praktiknya udah ya tapi baru tau aja istilahnya inklusi keuangan.

      nah iya enaknya punya gaji bulanan udah ketauan pos-pos keuangannya ya mas, tapi ya itu mentok di situ rate pendapatannya, kalau usaha/freelance pendapatannya bisa fluktuatif banget sesuai rame/engga usaha/job nya ya, makanya mesti jago nih atur keuangannya

      Delete
  5. Wah seru banget ya acaranya.. sekalian meningkatkan ilmu tentang literasi keuangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak banget materi2 edukasi keuangan di acara FinExpo 2021 ini mba

      Delete
  6. Mau dong ditularkan ilmunyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa sulis ahahhaa, ya itu aku masih berusaha rutin buat neraca keuangan dan bikin pos2 keuangannya, cicilan, tagihan, tabungan, kebutuhan pokok, baru bisa jajan di sisa2 pendapatan haha. Baca blog aku tentang 01. pay the bill deh, ada contoh neraca keuangan ala aku wkwkwk

      Delete
  7. Setelah membaca artikel yang super duper keren pisan ini, saya baru tau kalo bulan ini adalah inklusi keuangan. Wah enaknya ya bisa gabung ke acara virtual Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2021.

    Financial planning itu penting banget sih, biar financial keluarga siap menghadapi segala kondisi, kayak saat pandemi gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, acara FinExpo ini masih berlangsung sampe besok 2 Nov dan feel free to join, karena emang acaranya virtual dan bebas akses kan.

      Betul banget, klo semisal perempuan jadi manager keuangan rumah tangga kan yaa mesti punya basic skill financial planning juga nih, biar keuangan rumah tangga ga keteteran

      Delete
  8. Wah acara dari prudential! Pasti mendapatkan banyak pelajaran yang bagus tentang keuangan ya, saya kepengen belajar juga nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ada edukasi keuangan, asuransi dan tips-tips memilih asuransi yang tepat dan cocok sama kondisi kuangan dan kebutuhan masing2 orang juga

      Delete
  9. Dengan adanya bulan Inklusi, semakin menyadarkan masyarakat Indonesia mengenai pentingnya literasi keuangan. Bagaimana mempersiapkan masa depan dengan kondisi keuangan yang aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, emang lagi getol kan ya literasi keuangan ke masyarakat supaya bisa lebih baik lagi mengelola keuangannya biar bisa mandiri dan tercukupi hingga masa depan

      Delete
  10. Semogaa hadirnya prudent inii bisa bikin ekonomi Indonesia inklusif yaah kak. Setuju bangett visi misi dan programnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mas, karena emang lagi digenjot banget tingkat inklusi keuangan di Indonesia meningkat

      Delete
  11. Senangnya ya bisa berkunjung ke Fin Expo BIK 2021 bisa dapat pengetahuan banyak tentang literasi keuangan dan asuransi. Oh ya Saya waktu berkunjung ke BIK2021 juga sempat mampir ke Virtual Boothnya Prudential buat cari tahu produk asuransi syariah mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya mba Fin Expo BIK 2021 kan enak banget ya kita bisa eksplor info2 lengkap edukasi keuangan dan asuransi karena banyak banget booth virtual yang bisa kita korek-korek informasinya

      Delete
  12. Saya beruntung bisa ikutan berkunjung ke BIK 2021
    Booth Prudential banyak sekali info soal keuangan juga di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mba, ternyata enak dan praktis juga kan ini acara online, bisa mudah diakses dan dieksplorasi kapan pun dari rumah aja pun bisa

      Delete
  13. Dengan lebih melek finansial, kita jadi bisa belajar bijak mengatur keuangan, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, karena tau ilmu2 dasar keuangan tuh paling engga bikin kita punya pertimbangan2 dulu ya sebelum kalap menghabiskan uang

      Delete
  14. Waah toss nih . Meski cuma ibu rumah tangga merangkap bendahara rumah, tapi aku juga tiap tgl 1 semua bill berusaha dibayar. Dari spp anak-anak, listrik, cicilan , sosial dan semuanya. Jadi abis itu tenang..

    Eh baru tau ada PRUniversity . Bagus juga ya buat karyawan dan para financial advisornya Prudential

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya mba, aku berusaha banget akan bayar2 semua tagihan dan cicilan yg bisa dibayar tgl 1, karena ada juga tagihan yg jatuh temponya di tgl 5 aku tu. Berasa lebih plong dan tenang aja klo semua pos2 cicilan dan tagihan udah terbayar kan

      Delete
  15. Kalau baca tips dan saran mengenai perencanaan keuangan itu kayaknya gampang, tapi begitu menjalaninya, ya tetap sulit dan butuh konsisten yang tinggi. Tapi aku setuju dengan tulisan ini, literasi keuangan penting banget untuk dipelajari ya, termasuk merencanakan keuangan dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, aku pun ngerasain gimana ups and downs nya konsisten melakukan pencatatan keuangan di tahun pertama 2020, masih banyak bolong2nya, dan tahun ini jadi tahun kedua aku lebih rutin dan rapi pencatatan dan pengelolaan keuangannya

      Delete
    2. Semangaat, bisa karena biasa ya, Kak. Ayuk ditelateni saja

      Delete
  16. Nice share mba. Mamak rumahan kaya saya jadi punya tambahan wawasan tentang prudential

    ReplyDelete
  17. Secara tidak langsung dengan mendukung BIK ini kita pun mendukung percepatan kenaikan perekonomian bangsa ya
    Tahun depan ada BIK harus ikutan lagi

    ReplyDelete
  18. Senang pasti ya bisa ikut belajar literasi keuangan dengan pakar. Saya juga merasa terkait perencanaan keuangan dengan baik itu masih gagap jadi perlu belajar lagi

    ReplyDelete
  19. Dulu masih blm tahu financial planning, permah ditawari kak. Tapi sekarang kayaknya penting banget ya kak. Jadi pengen belajar jg.

    ReplyDelete
  20. Kadang emang ya, suka kesel kalo menjelang akhir bulan kok udh tiris, kayanya belanja nggak banyak haha. Perencanaan keuangan memang harus dibuat dari awal bulan nampaknya untuk membedakan mana kebutuhan dan kewajiban. termasuk mempersiapkan dana untuk asurasi ya mbaa

    ReplyDelete
  21. wahs aya juga keamrin ikutan kak, bagus bangte acaranya, sangat bermanfaat buat saya yang memang masih belajar soal literasi keuangan niy kak

    ReplyDelete
  22. nah literasi keuangan nih bagus banget buat anak-anak muda, apalagi yang belum married jd bs lbh well prepared secara finansial utk masa depannya

    ReplyDelete
  23. Bagus banget nih acaranya. Dengan banyaknya info seputar finansial, jadi kita bisa lebih matang buat mempersiapkan finansial untuk masa depan ya mbak

    ReplyDelete
  24. Betul, ada perasaan khawatir ya..kalau setiap bulan penghasilan tidak sama. Dengan fluktuatifnya pendapatan justru harus ikut yang namanya asuransi yaa.. Biar dipaksa menabung untuk masa depan. Bisa banyak informasi keuangan dengan mengikuti BIK 2021.

    ReplyDelete
  25. nah, aku pribadi masih belum menyentuh di ranah asuransi ini kak. Banyak yang dialokasikan untuk dana darurat dan investasi untuk saat ini. Tapi kedepannya memang ada niatan untuk mulai asuranasi untuk jangka panjang

    ReplyDelete
  26. Literasi finansial dan inklusi keuangan adalah dua bagian yang sulit dipisahkan. Apalagi hidup di zaman serba modern seperti ini sehingga penting untuk mengetahui kedua hal tersebut. Penggunaan asuransi pastinya bisa menjadi proteksi kita di masa depan.

    ReplyDelete
  27. Dulu tahunya Prudential ya perusahaan asuransi doang, eh ternyata mereka peduli banget sama literasi finansial gini ya kak. Aku udah sering denger sih soal Inklusi Keuangan tapi belum yang bener-bener paham gitu. Bakalan lebih banyak belajar deh, persiapan kalau udah nikah nanti hahaa, aamiin.

    ReplyDelete
  28. Bener bangett aku juga sempet nulis tentang inklusi keuangan inii. rasanya banyak banget orang2 yang belum tersentuh yaa mba. Eman2 bangett
    untuk dana darurat aku jg blm banyak persiapan nihh

    ReplyDelete
  29. Wah ini penting banget sih.. Selain lebih paham mengenai inklusi keuangan, bisa lebih tepat juga dalam memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan

    ReplyDelete
  30. bagus nih mba acar2 kayak gini, karena masyarakat jadi lebih leluasa dalam belajar dan memilih mana produk asuransi yang paling tepat untuk profil keuangan diri atau keluarga

    ReplyDelete
  31. Adanya Bulan Inklusi Keuangan jadi menyadarkan kita ya mbak, bisa mengatur keuangan pribadi bisa lebih teratur. Daku juga kadang rajin, kadang gak juga sih buat nyatet haha

    ReplyDelete
  32. Melek manajemen keuangan memang harus dari muda ya mba.
    Untung ada Bulan Inklusi Keuangan yang lebih memberikan kesadaran lagi.
    Tidak cukup dgn menabung, tapi juga harus memiliki asuransi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini..aku merasa telat sekali mengenal literasi keuangan ini. sampai di usia setua ini baru sampai ke tabungan dan blm berani kd asuransi ataupun investasi. hehe.. untung banyak temsn sharing materi2 bagus

      Delete
  33. Baru tahu nih Kak bulan Oktober ternyata dinyatakan sebagai Bulan Inklusi Keuangan karena memang belum seluruh masyarakat yang tercakup atau punya akses perbankan. Sayang banget padahal bisa mengembangkan usaha kecil atau mikro. Misalnya asuransi yang juga penting, yang disediakan Prudential. Sebagai penyedia layanan terkemuka, ga heran kalau booth-nya ramai pengunjung meskipun online. Nah, pesan Meery tuh bener banget, kadang orang fokus ke nilai pertanggungan tapi ga ngeh ke masa pertanggungan. Makasih tulisanya jadi mengingatkan banget.

    ReplyDelete
  34. Saya lebih suka virtual expo gini, Mbak. Jadi lebih leluasa berkunjung ke booth-booth dan mencari informasi yang dibutuhkan. Kalau tertarik pengen tahu lebih lanjut atau ada yang bingung baru deh konsultasi secara online juga.

    ReplyDelete
  35. Saya sempat kepikiran ingin asuransi tapi belum berjalan dan belum tahu nih kapan.. apalagi alokasi uang sisa untuk kebutuhan lain

    ReplyDelete
  36. Meskipun menjadi kaya raya adalah keinginan semua orang, namun gak ada yang lebih dari realistis yaitu menjadi cukup dengan keuangan yang ada untuk hidup di masa depan ya kan kak, makanya penting banget rencana keuangan

    ReplyDelete
  37. Saat pandemi gini banyak ya kebiasaan baru yang bisa kita lakukan
    termasuk mengunjungi Virtual expo seperti ini
    Fin EXPO BIK ini jadi ajang yang pas untuk menambah pengetahuan seputar keuangan

    ReplyDelete
  38. Keren banget acara yang diadakan pridential. Paling nancap pesan dari Merry Riana. Memang penting untuk tahu dulu kemampuan diri terkait finansial sebelum memutuskan untuk tergabung di asuransi ya

    ReplyDelete
  39. Di era digital dengan layanan-layanan i-banking, m-banking dan dompet digital semestinya kita bisa meningkatkan tingkat inklusi keuangan Indonesia lebih baik lagi nih ya, tapi faktanya masih banyak masyarakat Indonesia yang unbanked. Semoga harapan nantinya semakin banyak yang memanfaatkan fasilitas layanan perbankan yah.

    ReplyDelete
  40. Saya paling suka ikut webinarnya di event FINEXPO BIK 2021 ini. Ilmu yang dibagikan macem-macem, terutam seputar pasar modal. Pas lagi menekuni dunia ini sebagai newbie 😁

    ReplyDelete
  41. Literasi asuransi menurutku penting banget lho apalagi kalau sudah berkeluarga. Hati jadi tenang soalnya sudah terproteksi lewat asuransi. Apalagi ada event bulan inklusi keuangan ini moga masyarakat makin melek soal literasi keuangan dan mampu mengelola keuangannya dengan baik

    ReplyDelete
  42. Keren, perbanyak tulisan model gini tiwul.

    ReplyDelete
  43. Memang zaman sekarang tuh penting banget melek financial ya kak. Apalagi asuransi Kesehatan

    ReplyDelete
  44. sama aku juga awal bulan nayar-bayar dulu semua kebutuhan, setelah itu baru tenang pakai duit sisanya..rasanya harus lebih melek finansial lagi biar hidup dari bulan ke bulan nggak gitu-gitu terus

    ReplyDelete
  45. Senaangnya ya bisa jalan2 ke Fin Expo BIK 2021 dan melihat berbagai macam pameran. Oh ya saya juga sempat mampir di Virtual boothnya Prudential. Senang deh di sana dapat oleh2 dari Merry Riana terkait tips memilih asuransi dan materi terkait lainnya

    ReplyDelete
  46. Setuju nih, mencatat pemasukan dan pengeluaran, terutama pengeluaran, ya, karena kita mungkin sering beli ini-itu, saking asyiknya, lupa mencatat. Hehe..

    ReplyDelete
  47. Aku masih buta banget nih tentang insklusi dan investasi keuangan nih. Padah penting banget ya Mbak, untuk menata keuangan dan masa depan. Mantap nih acaranya.

    ReplyDelete
  48. tertarik nih, gimana cara tahu biar ngga ketinggalan acara tahun depan (2022) ? :)

    ReplyDelete
  49. Perlu banget untuk mengetahui pengembangan dari literasi keuangan yang telah disiapkan oleh OJK. Wah banyak fitur baru dari suatu produk yang juga harus dipahami. Sangat beruntung yach bisa bergabung dalam BIK. Ntar saya mampir ke situsnya.

    ReplyDelete
  50. buat kita yang awam soal literasi keuangan, ikutan acara inklusi keuangan prudential ini bagus karena menambah pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  51. Ada fokus khusus mengenai asuransi di kegiatan Inklusi Keuangan ini. Menurut hemat saya ini sangat informatif, dan edukatif agar masyarakat bisa lebih mengenal asuransi lebih dekat sebelum menentukan pilihan. Nggak asal kasihan sama marketingnya karena teman, atau malah asal setuju nggak baca polis.

    ReplyDelete
  52. Apalagi untuk yang sudah memulai berkeluarga, segala sesuatu yang bersifat perencanaan memang perlu diperhatikan, termasuk hal-hal yang tidak diinginkan terkait kesiapan keuangan di masa mendatang. Asuransi, menjadi salah satu pilihan aman.

    ReplyDelete
  53. Aku sendiri baru tahu nih ada yang namanya bulan inklusi keuangan di bulan Oktober. memang sih kayaknya tingkat literasi finansial kita masih kurang yaa apalagi kalau perempuan kayaknya wajib banget menimba ilmu soal finansial ini biar bisa mengatur keuangan keluarga

    ReplyDelete
  54. Prudential selalu terdepan ya?

    perusahaan nomor satu di Indonesia

    karena itu paham banget produk asuransi yang dibutuhkan anggota masyarakat

    ReplyDelete
  55. Seru banget ya ada bik 2021 secara virtual. Apalagi booth keuangan nya ga kaleng2. Bener juga bikin financial planning ga sesederhana ngitung kas bulanan. Lha aku baru sampai ngitung pengeluaran bulanan nih mbak sama suami. Baru sadar buat bikin planning

    ReplyDelete
  56. Penting banget emang bikin cashflow termasuk mencatat pengeluaran yaa kak.

    Btw aku kepo nih soal PRUniversity, keren idenya, semoga para karyawan dan FA nya makin Educated, pun kita sebagai masyarakat awam ikut teredukasi.

    ReplyDelete
  57. Aku pun suka kak kalau mengunjungi booth virtual apalagi tema keuangan sesuai aja sama kemampuan dan jurusan aku, hehehe. Dan melek keuangan itu butuh ilmu dan praktik langsung sih biar lebih terarah ya kak.

    ReplyDelete
  58. Iya sih ya, pemasukan mo sebanyak apapun tapi kalau kita nggak pinter ngaturnya, percuma juga ya. Tapi sampai sekarang, kenapa aku kok susah banget ya kalau disuruh nulis rinci. Padahal tahu sih konsekuensinya, aku jadi nggak tahu bocor alus keuanganku di mana.

    ReplyDelete
  59. Ngomong-ngomong soal keuangan, ini masih jadi PR besar sih. Bahkan neraca keuangan alias cash flow aja seringnya nggak kecatet. Abis baca ini mau insyaf deh lebih concern lagi masalah ini :) semangat! Eventnya bagus ya mbak, melek literasi keuangan juga jadinya

    ReplyDelete
  60. Bagus sekali ada acara inklusi keuangan ini. Biar orang-orang semakin melek keuangan dan nggak hanya mengandalkan arisan panci sebagai sumber pendapatan ya..

    ReplyDelete
  61. Prudential ini banyak sekali ya manfaatnya saya juga nih ambil asuransinya bermanfaaat banget apalagi pada situasi pandemi saat ini

    ReplyDelete
  62. Saya masih kurang sekali pengetahuan tentang pengelolaan keuangan. Dan juga masih tidak cuek dalam manajemen keuangan pribadi.

    Setelah baca artikel ini, jadi tergerak untuk mulai mengelola keuangan secara bertahap.

    Sayang saya melewatkan acara Virtual Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan 2021 yang bagus ini.

    ReplyDelete
  63. Perencanaan finansial itu memang penting banget ya. Terutama perencanaan enggak hanya selama sebulan ke depan, kalau perlu beberapa tahun ke depan. Masalah asuransi kayaknya termasuk yang beberapa tahun ke depan. Saya pernah ikut asuransi pendidikan di satu bank, kudu ketat banget sisihkan uang bulanan. Tapi melatih diri dengan pos-pos belanja itu penting banget. Jadi duitnya enggak ambyar begitu aja. Ada hasilnya buat hidup kita juga.

    ReplyDelete
  64. iya, kemarin saat FIN EXPO BIK 2021 aku juga berkunjung ke Virtual Booth Prudential Indonesia
    senang dapat tips cara memilih produk asuransi kesehatan yang tepat dari Merry Riana

    ReplyDelete
  65. Aku orangnya gak bisa terencana & konsisten. Lebih ke impulsif aja gitu, huhu

    Makanya masih struggling konsisten mencatat keuangan nih. Dan salah satu wishlist aku juga punya asurasi buat keluarga. Hari gini asuransi emang penting banget ya.

    ReplyDelete
  66. Kalu sudah urusan asuransi, Prudential memang menjadi salah satu pilihan yang tepat. Saya pun smpai sekarang masih pakai prudential

    ReplyDelete
  67. Yang kemarin sempat viral tentang kasus pinjaman online itu mungkin sebenarnya karena masyarakat sendirilah yang belum mendapat edukasi finansial ya. Bagus banget ini program dari prudential seperti ini biar kita semua melek finansial.

    ReplyDelete
  68. Uang memang bukan segalanya. Tapi segala kebutuhan hidup butuh uang. Karenanya kita perlu perencanaan yang baik dan bijak dalam mengatur keuangan supaya diri pribadi dan keluarga bisa terlindungi masa depannya

    ReplyDelete
  69. Prudential memang selalu menjadi pilihan terbaik untuk produk asuransinya. Banyak juga pilihannya, dan bisa disesuaikan dengan budget yang kita miliki.

    ReplyDelete
  70. Sering banget ditawari produk asuransi kak. Tapi karena belum Paham akan kebutuhan dan fasilitas yang diinginkan, jadib sering aku skip kak

    ReplyDelete
  71. Kerennn mbak. Masih muda sudah berasuransi dan benerin cashflow itu menurutku langkah terbaik. Supaya nanti pas udah berumahtangga nanti, sudah terbiasa dengan pengaturan keuangan.

    ReplyDelete
  72. Seru Dan menarik sekali mbak acaranya. Prudential memang always yang terbaik ya...

    ReplyDelete
  73. Di masa pandemi ini semakin mengajarkan kita juga untuk hemat dalam menggunakan duit dan semakin belajar pengelolaan keuangan ya. Serunya sih bisa langsung belajar ya sekalian manajemen keuangan yang tepat.

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation