Tips Menurunkan Berat Badan 13 kg Selama Masa Pandemi

Mencapai bentuk tubuh ideal tentu menjadi salah satu impian mayoritas perempuan, tak terkecuali aku. Rasa insecure akibat merasa jelek, gemuk, kelebihan berat badan dan lemak tentu menjadi masalah yang senantiasa berkelindan di dalam benak kepala ketika kita tidak pede dan merasa overweight.

Sejak kecil aku sudah merasakan hal demikian, lahir dan tumbuh dengan badan bongsor dan gemuk, merasa minder menjadi masalah-masalah yang muncul.

Di masa-masa self quarantine saat awal pandemi mengubah gaya hidup ku menjadi lebih sehat. Secara perlahan aku merutinkan olahraga mulai dari badminton, zumba, boxing, workout, jogging, jalan kaki hingga main sepeda. Selain merutinkan olahraga aku pun memulai pola makan rendah kalori dan mengikuti program defisit kalori. 

Badminton

Awalnya sebelum negara api menyerang, dan pandemi mengungkung kita untuk diam di rumah aja, aku sudah memulai aktivitas badminton mingguan. Tempat badminton yang dipakai silih berganti, mulai dari Pergola Futsal di Jl Bangka, Kuningan, Taman Tebet sampai akhirnya sekarang membership di Cililitan Badminton Hall.

Badminton di Cililitan Badminton Hall


Zumba

Setelah negara api menyerang dan ditetapkan peraturan self-quarantine oleh kantor, ya karena aku tinggal di mess kantor, kegiatan badminton sempat terhenti dan aku beralih ke olahraga zumba di rumah aja. Bermodalkan laptop, lalu beralih ke Smart TV, speaker dan video YouTube aku melakukan aktivitas zumba di pagi hari sebelum melakukan aktivitas kantor atau sore hari setelah pekerjaanku selesai.

Zumba di rumah aja


Boxing

Ga bisa dipungkiri yaa, selama pandemi dan kebijakan-kebijakan PSBB, self quarantine tidak boleh pergi kemana-mana turut mengaduk-aduk perasaan dan emosi hingga sempet merasakan titik mood swing! Akhirnya aku membeli portable boxing, selain untuk berolahraga yaa untuk meluapkan emosi haha! Biasanya aku main boxing pagi hari sembari berjemur di balkon mess.

Selain menggunakan portable boxing aku pun sempat mencoba boxing ala-ala muaythai bersama teman kantor ku, tapi gagal hahhaha. Karena memang belum terlalu paham dengan teknik-teknik yang harus dilakukan.


Workout, Jogging dan Jalan Kaki

Biasanya aku fokus workout ke kaki, karena memang bentuk tubuhku cenderung curvy seperti buah pir. Bentuk dan ukuran badan cukup normal, aku masih bisa mengenakan baju-baju ukuran M. Namun, pinggul dan pahaku cenderung besar, ukuran jeans yang biasa ku pakai nomor 33. Biasanya aku mencari-cari referensi leg workout di TikTok hehe. Silakan tonton video berikut yaa, supaya ada gambaran beberapa gerakan leg workout yang biasanya aku lakukan.

@hallowulandari

♬ original sound - SimJim6627


Main Sepeda

Ternyata melakukan beberapa jenis-jenis olahraga tersebut, membuat ku bosan juga hahhaa. Sempat selang beberapa minggu aku menghentikan aktivitas olahraga ku. Hingga akhirnya aku merasakan rasa senang dan bahagia saat bersepeda mengelilingi komplek!

Main sepeda di sekitaran komplek rumah


Alhasil aku bisa menurutkan berat badanku mulai dari 69,9 kg pada bulan Agustus 2020 menjadi 57 kg pada bulan Juni 2021. Perjalanan panjang untuk menurunkan 12,9 kg (almost 13 kg yha!) selama 10 bulan. Yes it is! No pain no gain!

Perubahan rahang muka: lebih tirus!

Selain berkurangnya berat badan, aku pun melakukan pencatatan lingkar badan sebagai catatan perkembangan perubahan yang ku capai selama menjalani pola hidup dan makan sehat. Berikut catatanku selama 10 bulan terakhir:

Perkembangan Lingkar Badan


Tips paling ampuh menurunkan berat badan? KONSISTEN! Mulai olahraga dari sekarang, mulai atur pola makan seimbang, atur menu makan sesuai kebutuhan kalori harian dan lakukan semuanya secara berimbang dan konsisten. 

11 comments

  1. Aku tinggi 150, berat 70,7kg🤣 dari 83,3kg sekarang diangka 70,7kg mau nurunin lagi rasanya kok berat 😑

    ReplyDelete
  2. Jadi kuncinya tuh apapun olahraga yang kita lakukan, yang penting konsisten ya ...
    Pengen banget soalnya turunkan berat badan nih. Ga banyak lah lima kilo aja

    ReplyDelete
  3. Perubahannya keren kak. Salut ama perjuangannya. Emang usaha tidak akan mengkhianati hasil ya kak. Olahraganya juga bervariasi biar ga boring. Dari semua olahraga itu, aku cuma pilih main sepeda aja sih. Soalnya yg murah dan udah ada alatnya. Hehehe..Jogging so pasti sih kalo lagi males pake sepeda.

    ReplyDelete
  4. wah menginspirasi banget sist. boleh nih dicontek tipsnya buat molly. semoga bisa segera langsing

    ReplyDelete
  5. wow, amazed selama pandemi bisa turun BB 13 kg!! berarti selama satu setengah tahun ini ya kak? kuncinya emang konsistensi sih ya, kalah sama modd dan godaan cheat day tuh yang paling berat, hehehe. semoga BB nya konsisten ya kak

    ReplyDelete
  6. Kerennnn! Aku nih mau banget olahraga bukan buat diet tapi biar badan segerr dan lebih sehat aja gak gampang loyo. Tapi gak kuat kalau olahraga yg terlalu heavy, jd paling cuma jogging pagi atau yoga doang. Itu aja susahhhh banget dirutinin :") kamu keren Kak bisa olahraga sebanyak itu.

    ReplyDelete
  7. AAAAAAKKKK Wulaaaan!
    Aku pun berhasil turun tapi ga banyak, hanya 8-9 kg tapi tetep aja olga emang ga bisa ditinggal saat ini, kalo ga olga badan pada pegel linu malahan!

    Semangat yaaaa kamu cantik banget!

    ReplyDelete
  8. Wah turunnya banyak banget kak. Ini sih berhasil banget berati ya. Emang sih usaha nggak menghianati hasil yah.

    ReplyDelete
  9. wuaaaah beneran 13kg. aku udah kepengin ngurusin badan karena udah berat tapi jogging aja masih bolong-bolong. pengin gak malas kayak mbak wulan T_T

    ReplyDelete
  10. Waw keren banget kak. selamat ya pandemi membawa hikmah, bisa byk wkt utk olah raga hingga berat badan pun terjaga.

    ReplyDelete
  11. Wah infonya menarik sekali. Tapi kebalikannya diriku kak Wulan, hehe.
    Pandemi aku justru berhasil menaikkan BB. Dan emang pengennya demikian, hehe.

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation