Zumba Dance: Alternatif Olahraga di Rumah Aja Selama PSBB!

Setelah beberapa waktu kita lima kali fase PSBB transisi dan sekarang kita warga Jakarta kembali lagi ke fase PSBB yaaa. Sudah pasti kegiatan-kegiatan juga menjadi dibatasi demi mencegah penularan pandemi. Selagi memang tidak ada urusan yang penting sekali dan mendesak ya lebih baik di rumah aja, menjaga diri dan orang lain dari penularan virus.

Satu hal yang paling bikin bete karena kembali PSBB adalah tempat olahraga ditutup lagi, jadi aku pun sudah tidak bisa bermain badminton di akhir pekan, padahal kegiatan ini semacam menjadi salah satu aktivitas looping out stress ku selama pandemi. Ya, karena sejak Maret lalu, aku sangat membatasi interaksi dan kegiatan di luar dan kantor. Selama PSBB transisi pun aku hanya dua kali makan di luar dan bersapa dengan temanku. Itu pun penuh dengan protokol kesehatan, aku hanya bertemu dengan satu teman, menjaga jarak selama makan dan berbincang, serta mengenakan masker. 

Jadi, gimana dong ya looping out stress selama kebijakan PSBB kembali berjalan? Aku sih memilih aktivitas zumba dance dan boxing! Tapi di blogpost kali ini aku akan fokus menceritakan keseruan zumba dance aja ya :)

Di bulan keenam aku menjalani self-quarantine, sejak bulan Agustus aku semakin banyak meng-eksplor olahraga nih, ahahahaha, emang ya everything happened for a reason. Sebagai anak yang sebenernya males olahraga, mungkin kali ini emang jalannya disuruh lebih giat olahraga, LOL. Tapiiiii, sekalinya olahraga yang emang disukai, jadi nagih lohhh! Trust me!

Hal ini aku sepakati selama mencoba zumba dance, di awal-awal kegiatan olaharga adalah rasa malas, cape, dan merasa tidak bisa mengikuti ritme gerakan dan lagu yang terlampau cepat. Tapi setelah beberapa kali melakukan latihan rutin, aku merasa lebih refleks, sigap dan relatif cepat beradaptasi mengikuti gerakan trainer zumba yang ku tonton via YouTube.

Biasanya aku latihan zumba dua sampai tiga kali seminggu setelah pulang kerja bersama seorang teman mess kantor dengan mengikuti panduan YouTube tentunya.

 

Setelah berkali-kali mencari referensi zumba dance workout dan akhirnya kami menemukan channel YouTube The Fitness Marshall, yang menurut kami channel ini recommended untuk jadi acuan, selain trainer-nya memang lebih komunikatif dengan memberikan panduan di setiap gerakan, dan yang paling kami suka, Caleb sang trainer senantiasa memberikan positive suggestion for love ourbody! Jadinya kami pun semakin bersemangat berlatih.

Gerakan-gerakan dance workout dari Caleb Marshall juga relatif lebih mudah diikuti tetapi lebih powerfull dibandingkan tutorial lainnya. Kami lebih cepat berkeringat saat mengikuti dance workout dari The Fitness Marshall ini.

Buat kamu yang mau mencoba berlatih zumba selama PSBB di rumah aja juga boleh dicoba nih varian zumba dance workout-nya mulai dari lagu yang slow hingga lagu yang super up beat!


The Fitness Marshall Zumba Dance Workout

Pandemi belum berakhir ya guys, mari terus patuhi protokol kesehatan dan rutinkan olahraga untuk meningkatkan imun kita lawan corona!


33 comments

  1. Maak, saya jadi ikutan buka referensi YouTube-nya tuh. Menarik yaa tapi sebagai orang yang tidak pernah ikutan zumba, gimana supaya saya bisa ikutin gerakannya yang menghentak2 itu ya? .... Kira-kira ada semacam "bridging" gerakan ya yang lebih slow?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di channel nya Fitness Marshall itu ada banyak pilihannya mba, ada juga yang relatif slow motion, kalau search di YouTube juga banyak buat pemula :)

      Delete
  2. Waduh saya kalau melihat teman Zumba saja, saya yang engap-engapan. Olahraga lain saja saya semisal lari dan badminton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahhah aku ga kuat lari, cape, bete hahha, kalau badminton aku suka, ayo kapan main badminton haha

      Delete
  3. Lah sama aku suka ketinggalan kalau ikutin gerakan zumba 😆. OK OK aku coba ikutin channel ini mba, thx infonya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya di awal latihan aku suka ketinggalan terus deh, tapi setelahnya bisa lebih reflek ngikutinnya, emang semua perlu praktek dan latihan yaa haha

      Delete
  4. Belum pernah sih ngikuti kelas Zumba, tapi melihat Pandemi yang belum berakhir dan pemberlakuan PSBB harus bisa bertahan dirumah tanpa tubuh yang melar. Jadi pingin ikutan zumba juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih butuh banget kan aktivitas yang menyenangkan biar tetep waras selama corona

      Delete
  5. Terakhir ikut zumba pas lagi CFD an. Tapi apapun olahraganya, yang penting tetap olahraga agar badan tetap fresh dan sistem imun optimal menghadapi pandemi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus banget olahraga biar imun bagus nih, biar kuat lawan corona, stay healthy mba

      Delete
  6. untunglah zaman sudah maju ya kak, dengan kecanggihan teknologi, kita sudah bisa olahraga dirumah. tinggal mencontoh gerakannya saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tinggal ngumpulin niat nya aja kan kalau olahraga di rumah tuh

      Delete
  7. Aku sejak usai melahirkan selalu zumba dirumah, ditambah pandemi begini yauda gak keluar-keluar deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya mba, harus jaga kebugaran kan apalagi abis lahiran

      Delete
  8. Wah, Mbak Wulan semangat sekali menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Di rumah juga tetap ngezumba. TOP!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih sebulan belakangan ini aku rajin zumba gara-gara udh bingung lagi mau ngapain karena corona hahah

      Delete
  9. Waaa pas bgt, ku pingin banget ikuttttt.. ini paginya seru2 ya mba..

    Alhamdulillah for kelas zumba gratis hehe

    ReplyDelete
  10. Tiap liat orang Zumba tuh kayaknya seru yaa. Saya berkali kali hanya ingin, tapi ngga kesampaian, hihi. Kalo nemu tempat Zumba deket rumah pengin deh ikutan.

    ReplyDelete
  11. Wah aku ntar coba buka channel The Fitness Marshall ah. Pengen nyobain Zumba yang buat pemula yg gerakannya gampang diikuti dulu...ahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, ada kok di fitness marshall yang gerakannya mudah diikutin, dan menurutku dia gerakannya basic dan relatif lebih mudah diikutin dibanding yang lain-lain sejauh yang udh aku explore yaa

      Delete
  12. Ternyata gerakan zumba ada yg selama ini saya lakukan juga lho, meski saya gak melakukan zumba secara formal, hehehe

    Yg gampang diikuti itu lho gerakannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hahha, fitness marshall ini gerakannya emang relatif lebih gampang diikutin sih mba menurutku

      Delete
  13. mntap ini olahraganya. Memang zumba masih menjadi favorit byk org krn cukup mudah gerakanya dan cocok sekali utk diet BB, he

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe iya nih kak, parah sih zumba keringetnya nampol hahhaha, so far ini olahraga yang paling sukses buat aku

      Delete
  14. Aku selama psbb ini baru pertama kali nyoba zuma dan itupun daring wkwkwk.
    Tapi bener loh berasa banget keringet ngucur.seru seru
    Sekarang lebih ke senam aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mba, keringetnya parah ya kalau zumba, wah ada juga ya zumba bareng secara daring gitu, belum kebayang nih hahaha

      Delete
  15. Waaah seru ya kak bisa tetep sehat di rumah dengan zumba di rumah.
    Soalnya berasa banget sih aku jarang ke luar rumah, jarang gerak. Perlu banget bakar lemak dengan zumba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, apalagi sekarang harus lebih rajin olahraga buat ningkatin imun kan,

      Delete
  16. Zumba memang best dan bikin nagih, meski aku tuh sering gak bisa ngikutin gerakannya. Tapi ya tetep saja suka hehehe...

    #jadi curhat aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah iya setuju! zumba emang bikin nagih ternyata, aku aja bisa 2-3 hari sekali latihan zumbanya

      Delete
  17. Ide bagus ini, jadi olahraganya di rumah aja ya, kalo keluar rumah ada resiko juga saat pandemi gini, aku cobain ah cari video zumba buat belajar

    ReplyDelete