Be a Healthy Mom to be? Yes, We Should!

Kamis, 8 September lalu aku berkunjung ke Rumah Sakit Siloam Semanggi. Apakah aku sakit dan harus melakukan pemeriksaan? Untungnya bukan, aku datang untuk mendengarkan perbincangan yang menarik! Pagi itu RS Siloam Semanggi bersama Bliblimendiskusikan tentang maternity (kelahiran) dan breast feeding (menyusui).

Meskipun, aku masih lajang, namun dua topik ini menarik perhatianku. Karena tentunya hal ini penting untuk diketahui dan dipersiapkan bagi seorang perempuan yang kelak akan menjadi calon istri, dan seorang calon ibu.

RS Siloam Semanggi, pada dasarnya adalah RS Kanker, namun RS ini juga memberikan layanan kesehatan umum dengan fasilitas bagus dan staff doter yang terbaik. Di tahun kelima RS Siloam Semanggi berdiri, RS ini merayakannya dengan memberikan fasilitas terbaru yakni “Mother and Child Ward” serta “VIP Ward.” RS Siloam Semanggi terus menawarkan fasilitas terbaik bagi masyarakat di pusat kota Jakarta.

Launching Mother-Child & VIP Ward
Umumnya, prosesi kelahiran bayi dilakukan secara normal dan secara caesar, ujar dr. Batara. Kedua cara ini bertujuan untuk memberikan keselamatan baik bagi ibu maupun bagi bayi pada saat dilahirkan. Secara umum, di dunia medis, prosesi kelahiran adalah sebuah uji coba. Uji coba bagi seorang ibu pada saat berusaha melahirkan bayinya. Oleh karena itu, persalinan harus benar-benar dipersiapkan oleh sang ibu dan suami sejak awal.

Sesi Talkshow bersama dr. Batara
Pada persalinan normal, yang umumnya berlangsung selama 14 jam, seorang ibu membutuhkan banyak energi untuk melakukan kontraksi. Hal ini akan terganggu jika si ibu mengalami malnutrisi, anemia dan gangguan kesehatan lainnya.
Baik persalinan normal maupun caesar pun masih memiliki pro dan kontranya sendiri di dunia medis.

Dengan segalam macam pro-kontra dan pertimbangan kesehatan, persalinan normal atau caesar dipilih sesuai dengan kondisi ibu yang akan melahirkan. Banyaknya hal yang perlu dipertimbangkan pada saat persalinan, mengharuskan calon ibu dan suaminya mengkonsultasikan segala informasi yang diperlukan kepada dokter yang menangani. Mulai dari kesehatan, infeksi, sensitivitas atau pun rekam medis dari calon ibu.

Setelah prosesi melahirkan selesai dilalui dan bayi telah dilahirkan, mulailah pada tahap breast feeding. Menyusui dengan ASI kepada bayi merupakan hal yang amat penting dan bermanfaat seperti yang disampaikan oleh dr. Paulus. ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi karena mengandung berbagai zat yang diperlukan oleh bayi dan tidak bisa dipenuhi oleh susu formula. Nutrisi, kalori,

Zat-zat Imunologi, fisiologi, lemak, protein, laktosa, vitamin dan mineral, karbohidrat, faktor anti inveksi dan faktor pertumbuhan tersedia di dalam ASI secara cukup bagi bayi hingga berumur 2 tahun.

Kolostrum, ASI yang pertama keluar berwarna kuning, umumnya diketahui sebagai susu basi oleh masyarakat, namun, sebetulnya kolostrum ini sangat penting bagi bayi. Di dalam kolostrum terkandung zat anti bodi, sel darah putih, pencahar, faktor pertumbuhan dan vitamin A yang bermanfaat untuk perlindungan infeksi dan alergi, pencegahan penyakit kuning, membantu perkembangan usus lebih matang serta mencegah penyakit mata.
Selain bermanfaat bagi bayi, menyusui pun memberikan manfaat bagi sang ibu, antara lain mencegah perdarahan paska persalinan, mencegah involusi uterus, mengurangi anemia, mengurangi risiko kanker ovarium dan payudara. Secara psikologis pun, menyusui akan mendekatkan sang ibu dengan bayi secara emosional.

Dari berbagai macam pandangan tersebut, sejujurnya aku lebih memilih persalinan normal dan menyusui bayi secara eksklusif. That’s my choice, what’s yours?

Dengan pilihanku itu, tentunya aku wajib menjalani gaya hidup yang sehat bukan? Gaya hidup yang sehat memang sudah menjadi tuntutan sekarang ini. Apalagi di tengah kota metropolitan dengan kondisi alam yang kurang mendukung bagi kesehatan diri. Oleh karena itu, RS Siloam Semanggi pun bekerjasama  dengan Blibli untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih mudah bagi masyarakat luas. Fasilitas kesehatan, melahirkan, dan alat-alat kesehatan terutama untuk ibu dan bayi pun kini tersedia di Blibli.

<span data-iblogmarket-verification="v7Taui5dNCsB" style="display: none;"></span>

No comments