Peran Media dalam Menghadapi Tantangan dan Stigma Kusta di Indonesia

Di Indonesia, masalah kusta masih merupakan masalah serius dalam sistem kesehatan negara. Data terbaru menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ketiga dalam jumlah kasus tertinggi di dunia, dengan sekitar 16.000-18.000 kasus baru setiap tahun. Selain itu, tingkat disabiitas kusta mencapai 6,6 per 1.000.000 penduduk pada tahun 2017, jauh dari target pemerintah yang kurang dari 1 per 1.000.000.

Kusta adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae dan penularan melalui kontak. Namun, keterlambatan dalam penemuan dan penanganan kusta menjadi salah satu kendala utama dalam mengatasi penyakit ini. Pasien kusta dan penyandang disabilitas seringkali menghadapi kesulitan dalam mendapatkan layanan kesehatan yang memadai dan akses informasi perawatan kusta. Hal ini meningkatkan risiko penularan dan jumlah kasus kusta baru.

Peran Media Menyuarakan Kusta
Solider News x Ruang Publik Berita KBR

Untuk mengatasi permasalahan ini, perlu dilakukan penyebaran informasi yang benar dan komprehensif tentang kusta kepada masyarakat. Peran media dalam upaya ini sangat penting. Media, termasuk media sosial, media online, dan media elektronik, memiliki potensi besar untuk menyampaikan informasi tentang kusta ke seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, pers mahasiswa dan jurnalis juga dapat berkontribusi dalam mengatasi hoaks, mitos, dan stigma seputar kusta. Stigma yang melekat pada penyakit ini dapat mempengaruhi kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial penderita kusta. Oleh karena itu, media harus berperan aktif dalam menghapus stigma dan diskriminasi yang mungkin muncul.

Solider News Menyuarakan Isu Kusta

Dalam sesi diskusi Ruang Publik KBR kali ini, sebuah media online, solidernews.com yang diwakili oleh Ajiwan Arief Hendradi, S.S menyosialisasikan program-program dalam menyuarakan isu-isu kusta melalui media online. Solider News memiliki program untuk menyuarakan isu kusta dengan menggandeng penderita kusta dan OYPMK untuk turut serta berkontribusi untuk menyuarakan isu-isu kusta sebagai penulis dan menjalani program magang.

Solidernews.com
Solidernews.com

Solider News merupakan media alternatif yang berfokus pada upaya-upaya advokasi isu-isu disabilitas, OYPMK, yang turut juga membahas dan memberikan informasi seputar peraturan-peraturan yang berkaitan dengan isu-isu disabilitas, pasien kusta dan OYPMK. Berbagai macam informasi seputar disabilitas juga tersedia dalam kanal solidernews.com

Sebagai media, solidernews.com juga turut berperan dalam mendukung kampanye-kampanye sosial yang bertujuan meningkatkan kesadaran tentang kusta dan menggalang dukungan masyarakat untuk perjuangan melawan stigma kusta. Pasalnya, banyak OYPMK yang masih mengalami diskriminasi dalam dunia kerja. Pun, kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas masih sangat minim.

Masyarakat pun perlu berperan aktif dalam mendukung upaya pencegahan dan pengoatan kusta serta menghapus stigma yang masih ada. Upaya riset dan ricek informasi atas hoaks seputar kusta yang beredar menjadi hal yang harus dilakukan secara aktif oleh pembaca berita dan masyarakat luas.

Dengan kerjasama yang kuat antara pemerintah, media dan masyarakat kita dapat memerangi kusta secara efektif, menghapus stigma yang melekat padanya, dan membantu mereka yang terkena dampak penyakit ini untuk mendapatkan perlindungan dan perawatan yang layak. Dalam dunia yang semakin terkoneksi ini, media memegang peran penting dalam menyuarakan isu-isu kesehatan seperti kusta, dan kita semua memiliki tanggung jawab untuk bersama-sama berkontribusi dalam mengatasi tantangan ini.

Baca Juga

No comments

your comment awaiting moderation