9 Tips Merawat Kulit Berminyak

Sebagai pemilik wajah dengan kulit berminyak, aku mengalami banyak masalah kulit mulai dari jerawat, iritasi dan peradangan dan terkadang komeda yang muncul di area sekitar hidung. Dengan perawatan yang tepat, permasalahan-permasalahan yang sering muncul pada kulit berminyak dapat dikendalikan. Berikut beberapa tips untuk merawat kulit berminyak.

9 Tips Merawat Kulit Berminyak

1. Bersihkan Muka Secara Teratur

Membersihkan kulit muka secara teratur sangat penting untuk menjaga kulit berminyak agar tetap bersih dan bebas dari kotoran. Gunakan pembersih yang dapat mengangkat minyak dan kotoran tanpa membuat kulit kering. Jangan lupa gunakan double cleansing, ketika menggunakan make up untuk memaksimalkan pembersihan sisa-sisa make up yang mengandung minyak.

Tips Merawat Kulit Berminyak
Tips Merawat Kulit Berminyak
Sumber Gambar: Pinterest

Saat ini aku menggunakan Amiraderm Greentea Facial Tissue, yang diformulasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat dengan kandungan tea tree oil dan niacinamide. Dilanjutkan dengan menggunakan Acne Facial Wash dari Scarlett Whitening.

2. Gunakan Toner

Toner dapat membantu mengontrol produksi minyak di kulit. Gunakan toner yang mengandung bahan salisilat atau asam glikolat yang dapat membantu mengurangi produksi minyak dan membersihkan pori-pori.

3. Hindari Produk Berbasis Minyak

Kita perlu menghindari penggunaan produk-produk perawatan berbasis minyak. Pilihlah produk-porduk bebas minyak atau non-komedogenik untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih di kulit.

4. Gunakan Sunscreen

Meskipun kulit berminyak cenderung lebih tahan terhadap sinar matahari, namun kulit tetap memerlukan perlindungan dari sinar UV yang berbahaya. Gunakan sunscreen yang mengandung SPF minimal 30.

5. Hindari Memegang Wajah

Tangan kita mengandung banyak kuman dan bakteri, saat kuman dan bakteri menempel dan menyebar di wajah akan sangat mudah menyebabkan infeksi dan peradangan. Hindari juga memencet jerawat yang muncul/

6. Jaga Pola Makan Sehat

Makanan yang mengandung lemak dan gula dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit. Konsumsi makanan-makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran dan protein rendah lemak dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

7. Eksfoliasi Teratur

Eksfoliasi dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Namun, jangan terlalu sering, lakukanlah 1-2x per minggu.

8. Kurangi Stres

Stres turut memicu produksi hormon yang dapat membuat kulit lebih berminyak. Lakukan kegiatan-kegiatan yang membuat diri rileks dan mengurangi stres.

9. Hindari Penggunaan Produk Berlebihan

Terlalu banyak menggunakan produk perawatan kulit juga bisa membuat kulit rusak. Gunakan produk yang diperlukan dengan jumlah yang tepat.

Demikian beberapa tips untuk merawat kulit berminyak.

17 comments

  1. Diantara tips tersebut, nomer 8 yang susah. Kita gak pernah bisa memprediksi kapan stres melanda pikiran, cara menguranginya juga gak semudah mengatakannya

    ReplyDelete
  2. Duh saya paling nggak betah deh kalau wajah oily, kulit saya nih normal kombinasi. Kadang suka oily, apalagi kalau kebanyakn begadang.
    Biasanya saya pakai produk yang buat oily skin sih, pakai facial wash teatree, trus paling utama tuh jaga pola hidup sih ya

    ReplyDelete
  3. Aduhai itu No 5 ... Games emang kadang sering banget gak sadar megang muka.. apalagi hidung hhuhuhu

    ReplyDelete
  4. kulit saya termasuk tipe normal cenderung kering.dan tuk poin no 7 saya baru ngeh nih, kalo saya jarang banget melakukan perawatan eksfoliasi pada wajah.padahal perawatan tersebut penting banget buat semua jenis kulit ya

    ReplyDelete
  5. kulitku juga berminyak, tapi problem yg paling sering adalah komedo. tiap pake masker yg bisa narik komedo itu, puas banget liat hasilnya

    ReplyDelete
  6. Kulitku kombinasi jadi beberapa tips di atas sudah kuterapkan sih, terutama ekfoliasi rutin. Soalnya dulu cuma eksfoliasi kalau baru habis dari luar kota. Kalau di rumah aja suka males gitu karena meraasa gak kemana-mana maka cuci muka aja udh cukup. hehehe.

    ReplyDelete
  7. Thanks tipsnya kak. Jadi pengingat lagi buat diriku yg kadang cuek sm kulit berminyak ini.

    ReplyDelete
  8. Kalau muka lagi berasa berminyak, suka kayak gampang timbul jerawat. Biasanya saya menjelang haid kayak gitu, Mungkin karena merasa stress juga saat PMS, ya

    ReplyDelete
  9. Saya baru banget praktikkan yang pakai double cleansing, ini, Kak. Kulit jadi terasa lebih bersih dan sehat.

    ReplyDelete
  10. Baru tau nih kak klo penggunaan Toner bisa membantu banget ya untuk atasi kulit berminyak tadinya toner nganggur2 aja dirumah gak pernah dipakai hehehe

    ReplyDelete
  11. Tips untuk kulit berminyak yang jitu. Aku kulitnya kan juga berminyak jadi memang harus dijaga banget biar nggak gampang jerawatan, komedian, terus njaga makanan, plus bersihkan wajah. Nah tantangan itu kalau lagi banyak tekanan alias stress, eh jerawat muncul juga karena produksi minyak.

    ReplyDelete
  12. Waaahh, no 5 sering melanggar banget nih saya. Terimakasih sharingnya Mba, noted banget sih ini karena kulit wajah saya juga tipe oily skin..

    ReplyDelete
  13. Stres ini menarik sekali.
    Karena gak jarang, tanpa kita sadari, tubuh membunyikan alarm dengan ketidaknormalannya dan itu pertanda bahwa kita harus mengakui sedang tidak di kondisi yang baik-baik saja.

    Sehingga perlu banget merawat diri dari luar dan dalam, seperti tips kak Wulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngerasa banget kalau lagi stres atau banyak pikiran, kulit mengeluarkan minyak berlebih...mungkin dari hormon juga ya, kak? Jadi pas baca ini, relate banget...memang oily skin itu treatmentnya istimewa

      Delete
  14. Pola makan, pola istirahat juga punya pengaruh ya, Kak pada kesehatan kulit. Kudu betul-betul bisa strengt pad diri untuk bisa menjaga pola makan dan pola hidup. Termasuk melakukan perawatan kulit secra teratur.

    ReplyDelete
  15. Kulit berminyak itu memang kudu benar sih ya perawatannya, biar ga jerawatan 😂

    ReplyDelete
  16. Baru tahu kalau stress bisa bikin wajah makin berminyak
    Hmm, jadi penasaran deh sama perawatan kulit kering
    Ditunggu ya next artikelnya

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation