Pendidikan Kurikulum International Solusi Hadapi Tantangan Global

"Education is the powerful weapon which can you use to change the world" - Nelson Mandela

Aku mengamini betul petuah Nelson Mandela perihal pentingnya pendidikan sebagai senjata paling penting untuk mengubah keadaan. Dengan pendidikan kita bisa mengatasi masalah ketidaksetaraan gender, mengurangi kemiskinan, menciptakan gaya hidup dan lingkungan yang berkelanjutan, mencegah kematian dan penyakit yang tidak perlu hingga memupuk perdamaian. Ajaran tersebut pun tercermin dalam pembukaan UUD RI 1945, tujuan negara untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Pun, tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan dan pengajaran (UUD RI 1945 Pasal 31).

Diriku sudah melewati fase-fase pembuktian, bagaimana pendidikan bisa membantu memutus kondisi perekonomian keluarga yang serba pas-pasan, memulai investasi untuk masa depan, memiliki karir yang setara dengan posisi lawan jenis lainnya, secara perlahan meniti gaya hidup sehat dan less plastic, memiliki pehaman yang lebih baik perihal penularan dan pencegahan Covid-19, semua karena pendidikan.

Lalu bagaimana dengan kondisi sekarang dengan tantangan global yang lebih besar lagi? Terlebih revolusi industri 4.0 semakin menjadi kebutuhan dan tidak terelakkan lagi.

Kurikulum Internasional
Solusi Tantangan Global: Kurikulum Internasional

Tantangan Global

Saat ini, kita menghadapi tantangan besar, setidaknya dua hal, revolusi industri 4.0 dan kondisi pasca pandemi Covid-19. Dua tantangan ini turut menimbulkan kekhawatiran penggantian tenaga-tenaga sumber daya manusia menjadi tenaga-tenaga mesin dan IoT (Internet of Things).

Pandemi Mempengaruhi Transformasi Digital

Kondisi pandemi, memaksa hampir semua orang beralih dan beradaptasi dengan digitalisasi, mulai dari pekerja kantoran, guru, pedagang, hingga ibu-ibu rumah tangga yang harus mendampingi anaknya belajar di rumah atau pun sekadar membeli barang-barang belanjaan via online.

Revolusi Industri 4.0 semakin gesit dalam mengkombinasikan mesin-mesin pintar ke dalam sektor industri, bahkan sekarang tersedia layanan chatGPT (Chat Generative Pre-trainer Transformer), sebuah layanan Artificial Intelligence (AI) untuk menuliskan beragam hal hanya dalam hitungan detik hingga menit saja.

Tantangan dalam Dunia Kerja

Semakin pesatnya pertumbuhan dan perkembangan penggunaan mesin dalam sektor-sektor industri, memaksa sumber daya manusia untuk memiliki kompetensi bekerja lebih untuk mampu bersaing dan survive menghadapi tantangan global. Terlebih, pasca pandemi Covid-19, tren future work tanpa batasan waktu dan lokasi semakin meningkat. Kenyamanan WFH (working from home) mendorong semakin banyak orang memilih pekerjaan remote, bahkan saat ini tren menjadi virtual assistant berbagai pekerjaan dari dalam dan luar negeri semakin terbuka lebar. Tentu, untuk mengambil kesempatan dan tantangan ini, setiap individu harus memenuhi kompetensi bekerja standar global.

Kurikulum Internasional Solusi Hadapi Tantangan Global

Kualitas pendidikan tidak bisa dipungkiri menjadi satu hal yang mempengaruhi kualitas dan kompetensi bekerja seseorang. Tidak hanya kualitas, fasilitas dan tenaga pengajarnya saja, lebih dari itu kualitas kurikulum pendidikan yang adaptif dengan standar dan kebutuhan global menjadi hal mendasar yang perlu dikejar.

Baca Juga: 5 Skill Wajib Hadapi Tantangan Global dan Revolusi Industri 4.0

Pendidikan Internasional

Kurikulum pendidikan merupakan salah satu bagian penting dalam mencapai keberhasilan pendidikan. Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tujuan, isi, bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional (UU Th 2003 Pasal 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional). Selain kurikulum nasional, terdapat juga kurikulum internasional yang diterapkan di Indonesia. Biasanya kurikulum ini terdapat pada sekolah-sekolah swasta berstandar internasional. Pendidikan internasional sudah bisa dinikmati di dalam negeri ya.

Kaitan kompetensi dengan Pendidikan internasional
Keunggulan Pendidikan dan Kurikulum Internasional

Keunggulan Kurikulum Internasional

Kurikulum internasional diterapkan untuk membentuk karakter dan keterampilan peserta didik untuk menghadapi persaingan global dengan keunggulan-keunggulan berikut.

  1. Fasih berbahasa Inggris.
  2. Pendidikan yang moderen dan terbaru.
  3. Memiliki wawasan internasional.
  4. Menyiapkan peserta didik sebagai pemimpin masa depan.
  5. Potensi kemampuan peserta didik lebih diolah.

Sampoerna University Terapkan Kurikulum Amerika, Kurikulum Internasional Terbaik Dunia

Sampoerna University merupakan universitas terakreditasi di Indonesia yang menawarkan pilihan terbaik pendidikan kurikulum internasional. Sampoerna University menjadi satu-satunya kampus di Indonesia yang menerapkan standar kurikulum pendidikan, fakultas, fasilitas dan operasional standar Amerika Serikat. Dengan bekerjasama dengan University of Arizona, Sampoerna University menawarkan gelar ganda pada para peserta didiknya.

Kurikulum internasional pada Sampoerna University
Keunggulan Sampoerna University

Keunggulan Kurikulum Internasional Sampoerna University

1. Pendidikan Tinggi di Amerika Serikat adalah Salah Satu yang Terbaik di Dunia

Sebanyak 40% dari 200 universitas terbaik dunia berada di Amerika Serikat. University of Arizona, mitra Sampoerna University menduduki peringkat ke-46 dunia menurut Council of World University Ranking (CWUR) pada tahun 2020-2021.

2. Kurikulum Amerika Serikat Dapat Sepenuhnya Tercapai di Indonesia

Bagian terbaik dari kurikulum internasional yang ditawarkan Sampoerna University adalah para peserta didik dapat memperoleh kredit dari University of Arizona selama mengenyam pendidikan di Samperna University tanpa harus meninggalkan Indonesia.

3. Nilai Terbaik, Kurikulum Amerika Serikat, Biaya Kuliah Lokal

Dengan mengambil studi di Sampoerna University, kita bisa menghemat biaya pendidikan hingga 75% dari biaya pendidikan internasional di luar negeri.

4. Akademik Fakultas Kelas Dunia

Lebih dari 70% anggota fakultas Sampoerna University telah mengantongi gelar Doktor.

5. Program Terkurasi Siap untuk Masa Depan

Melalui program kurikulum internasional, Sampoerna University menjamin para peserta didik mendapatkan kredensial dan keterampilan yang lebih baik sebagai kunci membuka peluang karir baik di skala nasional maupun internasional.

6. 94% Lulusan Kerja dalam 3 Bulan

Bermodalkan kurikulum internasional dan soft skill relevan yang diajarkan di Sampoerna University, para alumni tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan nasional tetapi juga internasional.

Bagaimana? Sudah siap mempersiapkan diri, atau pun mempersiapkan pendidikan anak berstandar internasional? Hambatan biaya dan keharusan studi di luar negeri demi mendapatkan standar pendidikan internasional sudah tidak jadi soal, Sampoerna University menjadi solusi akses kualitas pendidikan kurikulum internasional untuk menghadapi tantangan global.


Referensi:

  • Rahmad, Abdul. Universitas Muhammadiyah Malang. Tantangan Global, Strategi dan Kepemimpinan Pendidikan.
  • https://klasika.kompas.id/baca/menghadapi-tantangan-dunia-kerja-masa-depan-saat-disrupsi/ 
  • https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/kurikulum-internasional-yang-ada-pada-sekolah-di-indonesia/

25 comments

  1. Persaingan di industri semakin ketat. Harus diimbangi dengan skill yang mumpuni agar tidak tertinggal. Salah satunya bisa memilih pendidikan tinggi taraf internasional seperti di Sampoerna University ini. Makasih sharenya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, kalau ga punya skill dan pendidikan yang sesuai sama kebutuhan pasar pasti bakal tertinggal dan terseok-seok nih

      Delete
  2. Kemajuan teknologi tuh bikin kita dapat peluang sekaligus tantangan sih. Apalagi ada Artificial Intelligence. Tapi kalau punya kompetensi global sih udah nggak khawatir lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, teknologi, AI dan lain sebagainya bikin kemudahan hidup yaa, tapi ada harga yang harus dibayar juga, termasuk buat survive secara ekonomi nih

      Delete
  3. Menarik ya karena sampoerna universitas memberikan nilai lebih untuk para lulusannya dan para pemuda Indonesia memiliki nilai lebih untuk bersaing di tataran global

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul nih, bisa jadi solusi pendidikan masa kini

      Delete
  4. Pembahasan menarik mbak. Semoga generasi muda Indonesia semakin memiliki kemampuan kompetitif di dunia global

    ReplyDelete
  5. Suka sekali dengan pembuka dari Nelson Mandela bahwa pendidikan dapat mengubah dunia dan beberapa negara yang menggunakan kurikulum telah membuktikannya. Semoga dengan hadirnya Sampoerna University dapat menjadi jalan agar kualitas pendidikan Indonesia dapat sejajar dengan negara-negara lain yang telah dulu maju

    ReplyDelete
  6. banyak sekali keunggulan internasional, pasti dampaknya sangat besar untuk sistem pendidikan indonesia. Paling tidak yang bisa kita lakukan sekarang untuk membantu memperbaiki kualitas sdm adalah dengan menguasai bahasa inggris sebagai bahasa internasional.

    Btw program yang ditawarkan Sampoerna University sangat menarik, bisa dapat kualitas pendidikan dari Amerika tapi kuliahnya tak perlu ke luar negeri.

    ReplyDelete
  7. Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam menyiapkan generasi muda menghadapi tantangan global saat ini. Melalui pendidikan kurikulum internasional, siswa dapat belajar tentang berbagai bidang studi yang mencakup aspek internasional dan dapat mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja global.

    ReplyDelete
  8. wow ternyata kuliah di Sampoerna university cukup terjangkau ya jika dibandingkan beneran kuliah di USA, kita bisa hemat sampai 75% . udah gitu kurikulumnya menganut kurikulum amerika serikat, its a must nih kuliahin anak-anak disini kelak

    ReplyDelete
  9. Sebagai orangtua yg punya anak remaja, dari sekarang sudah berfikir bagaimana menyiapkan anak agar ia kelak bisa memiliki pendidikan yg global tanpa biaya yg terlalu mahal ternyata Sampoerna University bisa jd solusi nya y

    ReplyDelete
  10. Bener banget. Pendidikan bisa mengubah keadaan. Makanya kuriuulum sangat menentukan adanya perubahan dalam pendidikan. Termasuk Kurikulum internasional. Salut sama Sampoerna university yang udah pakai Kurikulum internasional. semoga yang lain menyusul

    ReplyDelete
  11. Jadi nggak hanya akademik aja yang oke karena standarnya internasional, tapi ada peningkatan skill yang nantinya berguna pasca kampus. Keren sih, udah gitu menghemat biaya dibandingkan kalau pergi kuliah ke luar negerinya dr awal. Jd tetep dpt cara belajar Amerika tp dr sini saja, dan bs double degree pula :)

    ReplyDelete
  12. Aku setuju sama bagian ini "pendidikan bisa membantu memutus kondisi perekonomian keluarga yang serba pas-pasan, memulai investasi untuk masa depan"
    Tosss kak...

    ReplyDelete
  13. Memang sejak pandemi, perkembangan teknologi dan informasi semakin pesat ya kak. Nggak heran kalau perkembnagan dunia pendidikan juga mengalami kemajuan akibat pertukaran budaya via media sosial

    ReplyDelete
  14. Keren ya, pendidikan terbaik di dunia bisa diakses di Indonesia, melalui kurikulum internasional dari Sampoerna University ini.
    Ini penting banget buat generasi mendatang menghadapi tantangan globalisasi

    ReplyDelete
  15. dengan pendidikan bisa memutus masalah perekonomian, dengan memperbaiki softskill, hardskill dan kurikulum pendidikan. diharapkan mampu bersaing di global

    ReplyDelete
  16. Sampoerna University keren banget karena sepertinya belum banyak kampus yabg punya kurikilim seperti ini. Jadivkesempatan emas untuj teman teman yang sedang cari kampus, semoga banyak yg lagi galau pilih kampus mampir ke sini

    ReplyDelete
  17. Kalo bisa milih, molly juga pengen sekolah atau kuliah di kurikulum amerika. Soalnya menunjang untuk kita bisa fasih berbahasa inggris. Semoga bisa anak molly nanti sekolah di kurikulum amerika hene

    ReplyDelete
  18. Ini kurikulumnya aku suka lho...semua sejalan dengan perkembangan dunia yang ada terpapang nyata didepan. Keren! Sampoerna University

    ReplyDelete
  19. Tantangan semakin global. Kurikulum internasional tentu mencoba menjawab tantangan ini. Nah, bagus kalau di dalam negeri pun ada. Jadi gak perlu jauh-jauh ke luar negeri.

    ReplyDelete
  20. Tantangan pendidikan sekarang memang luar biasa ya Mba, apalagi dengan majunya teknologi, benar-benar kompetitif. Keren ini Sampoerna University dengan kurikulumnya, bisa melahirkan SDM unggul di masa depan..

    ReplyDelete
  21. Banyak banget keunggulan dari Kurikulum Internasional yang ada di Universitas Sampoerna. Dengan bekal yang dimiliki ketika kuliah, maka ketika memasuki dunia kerja dengan kompetensi global, maka uda gak kaget lagi.

    ReplyDelete
  22. yang aku suka dari kurikulum internasional itu karena bahasa sehari-harinya menggunakan bahasa inggris sehingga anak-anak bukan terpaksa belajar tapi karena kebiasaan sehingga mereka cakap bertutur kata dengan bahasa inggris

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation