5 Skill Wajib Hadapi Tantangan Global dan Revolusi Industri 4.0

Internet of Things (IoT) semakin menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari terlebih sejak pandemi Covid-19 melanda. Itulah revolusi industri 4.0 yang kita alami secara langsung. "Sebuah revolusi untuk memajukan industri melalui penggabungan teknologi digital dan internet dengan industri konvensional, yang dijalankan melalui machine learning dan artificial intelligence (AI)," Angela Merkel, Kanselir Jerman (2014),

Jika semua sektor industri sudah memberdayakan AI, apakah akan ada kesempatan bagi sumber daya manusia bersaing dan mendapatkan peran di dunia industri global?

kompetensi bekerja
5 Skill Wajib Hadapi Tantangan Global dan Revolusi Industri 4.0

5 Skill Wajib Hadapi Revolusi Industri 4.0

Ketika dunia industri 4.0 mulai menggeser man power dengan mesin, bahkan Jepang telah mempersiapkan Society 5.0 untuk beradaptasi dengan revolusi industri tersebut, apa yang harus kita siapkan untuk bersaing dan bertahan?

Beragam insight menarik untuk menghadapi tantangan global kudapatkan dalam talkshow "Bright Future Festival" bersama para praktisi dan akademisi dari Sampoerna University dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Farrah Mahdaly, Student & Alumni Affairs sekaligus Manajer Sampoerna University berbagi tips dan cara menghadapi tantangan global industri 4.0. Para talenta man power setidaknya harus memiliki lima skill utama sebagai daya saingnya dengan mesin pintar.

Kaitan kompetensi dengan Pendidikan internasional
Kompetensi Bekerja Global

1. Komunikasi

Komunikasi, soft skill mendasar yang perlu dimiliki untuk terjun dalam dunia kerja. Setidaknya ada empat jenis komunikasi yang perlu kita kuasai.

  • Komunikasi Verbal. Penggunaan bahasa untuk menyampaikan informasi secara lisan menjadi salah satu jenis komunikasi yang paling efisien. Dalam berkomunikasi kita perlu menggunakan suara yang jelas, percaya diri, juga melakukan active listening terhadap lawan bicara, dan hindari penggunaan kata-kata filler dalam berbicara, seperti oh, uh, ehm.
  • Komunikasi Non-Verbal. Penggunaan bahasa tubuh, gestur dan ekspresi wajah juga menjadi bagian penunjang dalam berkomunikasi. 
  • Komunikasi Tertulis. Catatan tertulis sebagai bentuk informasi dan referensi seperti laporan pekerjaan, notulensi rapat, memo, pemberitahuan, email, chat dan lain sebagainya selaku dibutuhkan. Buatlah tulisan sesederhana dan sejelas mungkin dan lakukan review sebelum mengirim tulisan tersebut.
  • Komunikasi Visual. Tidak hanya penyampaian informasi dalam bentuk visual (gambar, bagan maupun video), tetapi juga kemampuan meeting jarak jauh juga menjadi bagian penting dari komunikasi visual.

2. Kolaborasi

Dunia kerja semakin menuntut kolaborasi (kerjasama) demi tercapainya hasil yang optimal. Kolaborasi dilakukan baik secara internal tim,  antar tim, antar departemen, antar perusahaan, antar komunitas, bahkan kolaborasi virtual dan cloud collaboration.

3. Berpikir Kritis & Problem Solving

Berpikir kritis berbeda dengan sekadar menerima, menolak atau mempertahankan informasi. Lebih dari itu, kemampuan berpikir kritis menuntut kita untuk berpikir secara sistematis dari segala sudut pandang untuk memahami, mempertimbangkan dan mengevaluasi informasi, dengan tujuan menentukan apakah informasi tersebut dapat diterima, ditolak atau ditangguhkan.

Dengan berpikir kritis, kita diajak untuk membuat keputusan dan membuat solusi atas permasalahan yang ada. Untuk memiliki kemampuan berpikir kritis & problem solving, kita harus aktif berpikir, menambah informasi, mengasah nalar dan berlatih dalam mencari solusi atas masalah atau tantangan yang dihadapi.

4. Kreativitas & Inovasi

Saat algoritma AI terus berkembang, sangat dimungkinkan mesin pintar ini bisa menghasilkan output kreativitas berkualitas tinggi. Namun, keseragaman dan kurangnya originalitas output kreativitas AI akan berdampak pada homogenisasi budaya dan mematikan inovasi.

Hal ini bisa menjadi peluang yang harus diambil oleh para pekerja profesional, seperti dalam laporan World Economic Forum: The Forum of Jobs 2020, "kemampuan berpikir kreatif dan kritis, yang tidak dapat diotomatisasi, akan menjadi semakin penting bagi karyawan dalam semua kategori pekerjaan." Oleh karenanya, mengasah kemampuan berpikir kritis, meningkatkan kreativitas hingga menghasilkan inovasi-inovasi unik harus dilakukan.

5. Pembelajaran Teratur di Berbagai Sektor

Di tengah tantangan global, para siswa dituntut untuk mempersiapkan diri untuk bersaing secara global di tengah kemajuan dan revolusi industri 4.0. Oleh karenanya, pembelajaran teratur di berbagai sektor menjadi penting. Tidak hanya mengajarkan teoritikal semata, tetapi juga skill-skill wajib di atas. Kurikulum internasional menjadi salah satu sarana yang menawarkan solusi dalam menghadapi tantangan global.

Kurikulum internasional memberikan kelebihan dalam sistem pendidikannya untuk membentuk karakter dan keterampilan peserta didiknya dalam menghadapi persaingan global. Beragam keunggulan yang diberikan kurikulum internasional antara lain:

  • Kualitas pendidikan internasional yang moderen dengan sistem yang terbaru;
  • Jago dan fasih dalam berbahasa Inggris;
  • Mempunyai wawasan internasional yang mendalam;
  • Mengolah setiap potensi kemampuan dan bakat setiap peserta didik;
  • Menyiapkan peserta didik sebagai pemimpin di masa depan yang smart dan kompeten bekerja.

Salah satu universitas di Indonesia yang menawarkan kurikulum internasional dan kompetensi bekerja adalah Sampoerna University, Jakarta.

Kurikulum Internasional Sampoerna University: Kunci Hadapi Tantangan Global dan Revolusi Industri 4.0

Sampoerna University merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang telah menerapkan standar kurikulum pendidikan, fakultas, sarana dan prasarana, fasilitas serta sistem operasional Amerika Serikat di Indonesia. 

Keunggulan Kurikulum Internasional Sampoerna University

Dengan mengenyam pendidikan di Sampoerna University, kita akan mendapatkan manfaat dari keunggulan kurikulum internasional Sampoerna University:

Kurikulum internasional pada Sampoerna University
Keunggulan Kurikulum Internasional Sampoerna University

  • Perguruan tinggi di Amerika Serikat merupakan yang terbaik di dunia. Sekitar 40% dari top 200 universitas dunia berada di Amerika Serikat. Berdasarkan Council of World University Rankings (CWUR), University of Arizona, mitra Sampoerna University berada di peringkat 46 pada tahun 2020-2021. 
  • Mendapatkan Gelar Sarjana AS tanpa meninggalkan Indonesia. Mendapatkan gelar ganda, merupakan salah satu keunggulan terbaik dari Sampoerna University. Kita bisa memperoleh gelar sarjana AS tanpa harus mengenyam pendidikan secara langsung di Amerika.
  • Sistem akademik fakultas berkelas dunia. Lebih dari 70% anggota dan dosen telah mengantongi gelar doktor yang memiliki kemampuan mengajar bertaraf internasional. 
  • Mengikuti kurikulum pendidikan AS dengan biaya yang terjangkau. Mengikuti kurikulum pendidikan AS, mendapatkan gelara ganda dan kita bisa menghemat biaya pendididikan hingga 75% dari biaya internasional di Sampoerna University.
  • Setiap mahasiswa dijamin memikili kredensial dan keterampilan yang baik. Dengan kurikulum dan sistem yang bertaraf internasional, Sampoerna University menjamin lulusannya memiliki kredensial, keterampilan dan kompetensi bekerja yang baik untuk membuka peluang karir baik lokal, nasional maupun internasional.
  • 94% lulusan Sampoerna University langsung mendapatkan pekerjaan dalam 3 bulan. Dengan sistem kurikulum internasional dan soft skills yang relevan dengan kebutuhan industri global, alumni Sampoerna University tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan atau instansi di Indonesia tetapi juga perusahaan-perusahaan internasional.

Sudah siap upgrade skill untuk menghadapi tantangan global dengan memanfaatkan fasilitas pendidikan internasional yang ditawarkan Sampoerna University?


Referensi:

  • https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/mengapa-sampoerna-university/
  • https://glints.com/id/lowongan/tipe-komunikasi-pekerja/
  • Takwin, Bagus. (2006). Universitas Indonesia: Berpikir Kritis: Psikologi Pendidikan dan Lanjutan.
  • https://www.linkedin.com/pulse/ai-dan-masa-depan-kreativitas-manusia-a-rizal-khabibi
  • https://www.gonel.id/peran-kurikulum-internasional-dalam-sistem-pendidikan-di-indonesia/

15 comments

  1. Asyik nih kalau kuliah di Sampoerna University, karena banyak banget keunggulannya apalagi kurikulum yang digunakan adalah kurikulum internasional. Ah jadi mupeng pengen kuliah lagi

    ReplyDelete
  2. Untuk menghadapi tantangan secara global, tentu butuh skill mumpuni dan pastinya pendidikan tinggi berkualitas dengan kurikulum internasional. Boleh banget nih kuliah di Sampoerna University yang sudah menerapkan kurikulum internasional dan bekerja sama dengan University of Arizona, USA.

    ReplyDelete
  3. Tidak hanya pintar dengan nilai akademik bagus, tapi 5 skil di atas memang sangat dibutuhkan nanti saat bekerja ya, Mbak. makanya harus dipersiapkan dan dikembangkan sebaik mungkin, biar nantinya bisa bersaing di dunia kerja.

    ReplyDelete
  4. Memiliki skill yang memadai atau bahkan lebih dari memadai menjadi kebutuhan utama menghadapi dunia global seperti sekarang. Terlebih dunia global sudah semakin tinggi tingkat persaingannya. Kalau tidak dipersiapkan dengan baik, belum tentu bisa bersaing.

    ReplyDelete
  5. Asik, ada jaminan bisa dapat kerja juga ya pasca lulus.
    Makin semangat jadinya buat para mahasiswa belajar dan gali keilmuan di Sampoerna University

    ReplyDelete
  6. ngga bisa cuman ngandelin hard skill sekarang. kudu ada soft skill untuk mendukung supaya kita siap untuk bersaing didunia kerja global dan bisa dilirik perusahaan bonafit ya

    ReplyDelete
  7. Kelima soft skill di atas emang wajib banget buat hadapi dunia zaman now. Dunia makin canggih karena teknologi, untuk mendapatkan pekerjaan yg layak tak cukup dengan IPK saja. Tapi penting juga untuk mengenyam pendidikan dengan wawasan global.

    ReplyDelete
  8. memang bagus ini programnya sampoerna university, sangat fokus ke menyiapkan pendidikan berkualitas dengan kurikulum internasional dari USA

    ReplyDelete
  9. Saya setuju banget dengan pandangan bahwa kemampuan untuk belajar, bekerja secara tim, berpikir kreatif dan inovatif, mengelola teknologi, dan memahami pasar global itu sangat penting untuk menghadapi tantangan dan mencapai kesuksesan dalam era digital seperti sekarang ini. Terima kasih sudah sharing tips yang sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  10. betul banget kak Wulan, setuju bahwa 5 skill di atas diperlukan agar bisa kompeten menghadapi dunia kerja saat ini yg serba digital dan serba dinamis

    ReplyDelete
  11. rasanya problem solving ini yang juga peelu diasah lebih mendalam ya mbak, karena ketika sudah berada di industri global kita dituntut mampu bersaing dan berdaya

    ReplyDelete
  12. Nah ini, bisa jadi solusi banget ya buat yang mau kuliah dan menjadi lulusan dari universitas dengan kurikulum internasional, tapi biaya kuliahnya bisa hemat sampai 75%.

    ReplyDelete
  13. Keren banget nih kalau jadi mahasiswa Sampoerna University. Karena menerapkan kurikulum internasional, jadi bisa menghemat biaya pendidikan ya kak sampai 75 persen. Bener-bener pilihan tepat nih untuk kuliah di Sampoerna University

    ReplyDelete
  14. Dengan mengikuti kurikulum internasional, setidaknya selangkah lebih maju karena memilih lingkungan dengan pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan karakter anak gen Alpha.

    ReplyDelete
  15. makin ke sini memang harus makin banyak nguasai skill ya, biar gak ketinggalan jaman. Jadi pengen ke Sampoerna University hihi..

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation