Akhirnya Kembali Lagi ke Jakarta Humanity Festival, Ini Tentang Kita

Beberapa kali mengikuti kegiatan Jakhumfest, Jakarta Humanity Festival dari  Dompet Dhufa aku senantiasa diingatkan bahwa ini tentang kita, tentang kemanusiaan.

Jakarta Humanity Festival 2023
Jakarta Humanity Festival 2023
Di Pos Bloc Jakarta

Jakarta Humanity Festival 2023

Ada yang menarik dari helatan Jakhumfest kali, ada banyak interpreter bahasa isyarat sebagai penerjemah segala kegiatan dan perbincangan yang sedang berlangsung baik di atas panggung maupun di ruang-ruang komunitas yang tersedia. Aku pun sempat duduk bersama dengan penyandang tuna wicara di area balkon pengunjung selama sesi Ruang Bercerita. Mereka pun bisa ikut sama-sama menyimak beragam informasi yang dibagikan oleh para narasumber. Secara tidak langsung kita diingatkan bahwa mereka pun memiliki hak yang sama untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan yang disuguhkan Jakhumfest, Dompet Dhuafa. Ya tentang pemahaman kebencanaan, financial planning, menjaga kewarasan mental hingga hiburan dari para komika.

Layanan Konseling bersama Aku Temanmu
Layanan Konseling bersama Aku Temanmu

Aku Temanmu, salah satu program layanan konseling dibawah naungan Dompet Dhuafa. Kita bisa berbincang dengan para konselor untuk memetakan permasalahan kita, hingga mendapat rujukan ke psikolog. Layanan Aku Temanmu bisa dilakukan secara tatap muka maupun daring. Kita tidak akan dipungut biaya apa pun untuk konsultasi. Layanan ini mungkin bisa menjadi solusi bagi teman-teman yang merasa gundah, tak nyaman dan memiliki pikiran tak enak yang berkecamuk di dalam kepala.

Games Ular Tangga Kemanusiaan
Games Ular Tangga Kemanusiaan

Jika tahun-tahun sebelumnya Jakhumfest berlangsung di Blok M, kali ini Jakarta Humanity Festival diselenggarakan di Pos Bloc Jakarta. Tak kalah seru dan asik! Beragam kegiatan pengetahuan kebencanaan, talkshow, bazaar, hiburan hingga konsultasi kesehatan mental menjadi ragam kegiatan yang bisa kita ikuti.

Baca Juga: Jakhumfest 2020, Millenial & Kemanusiaan

Senang sekali, tahun ini aku bisa datang bersama Paksu, mengenalkan teman-teman komunitas dan ragam kegiatan sosial-kemanusiaan yang aku ikuti selama ini. Berkeliling area Jakhumfest sekaligus menjadi semacam tour guide Paksu, memupuk nihai-nilai kemanusiaan kali ini terasa semakin bermakna dan hangat.

Pameran Foto Kemanusiaan
Pameran Foto Kemanusiaan

Pameran Foto Kemanusiaan
Bersama Paksu di Jakhumfest 2023

Ruang Bercerita: Financial Planning

Sebagai pasutri newbie, tema ruang bercerita ini terasa sangat menyentil ya. Enam bulan menikah, pengaturan keuangan rumah tangga, terasa masih carut marut. Ada empat hal kunci yang aku dapatkan dari sesi ruang bercerita bersama Mba Annisa Steviani, Certified Financial Planner sore itu.

financial planning
Ruang Bercerita: Financial Planning

  • Catat pendapatan dan kebutuhan rumah tangga. Dari sini, kita baru bisa mengelola dan mengatur pos-pos keuangan rumah tangga.
  • Siapkan dana darurat. Sebelum beranjak ke hal-hal hiburan, tersier atau pun investasi, dana darurat menjadi dana prioritas yang harus disiapkan terlebih dahulu.
  • Asuransi. Kita perlu memahami dan mengamini bahwa asuransi bukanlah investasi masa depan, dimana saat kita menyimpan uang sekarang, akan bisa kita ambil di masa mendatang. Asuransi adalah instrumen perlindungan keuangan kita, manakala terjadi risiko atau musibah datang menimpa kita.
  • Investasi. Saat ketiga landasan keuangan sudah terpenuhi, barulah kita melangkah ke investasi. Pilihlah investasi yang nyaman bagi kita, investasi yang dengan senang hati kita lakukan, tanpa menjadi beban mental, emosi, pikiran atau pun beban finansial yang berlebih.

Ini Tentang Kemanusiaan, Ini Tentang Kita

Ini tentang kita, menjadi tajuk program utama kegiatan-kegiatan kemanusiaan Dompet Dhuafa sejak tahun lalu. Isi-isu kemanusiaan, tak bisa dilepaskan dengan keseharian kita, karena semuanya tentang kita. Ada banyak kisah-kisah di sekitar kita, kisah suka cita, kisah duka, kebencanaan, atau pun perjuangan yang dilalui oleh banyak orang.

Saat bencana menerpa banyak orang di Cianjur, musibah Kanjuruhan, banjir Manado, menjadi momen-momen penting bagi kita mengambil kesempatan untuk berbuat baik. Dari kita untuk mereka, karena isu-isu kemanusiaan adalah isu bersama semua orang, tentang kita.

Banyak yang bisa kita lakukan untuk berbagi kebaikan, menjadi sukarelawan, menjadi pembawa berita dan pengumpul kebaikan atau pun menjadi donatur. Ikhtiar kecil dimulai dari diri kita, jaka dimasifkan akan membawa perubahan dan dampak yang signifikan bagi mereka, bagi kita semua.

Humanesia : Ini Tentang Kita
Humanesia, Ini Tentang Kita
Sumber Gambar: Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa menjadi salah satu lembaga bisa kita percaya untuk menitipkan kebaikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Beragam program kemanusiaan dilakukan mulai dari donasi bagi masyarakat yang tertimpa gempa Cianjur, sedekah menolak bala, wakaf masjid untuk ibu kita, kado untuk anak-anak yatim, hingga bantuan untuk perempuan tangguh berdaya.

Satu hal yang ku suka dari kinerja Dompet Dhuafa, segala kebaikan yang kita titipkan, sekecil apa pun yang kita berikan, dikelola dengan baik, transparan dan berkelanjutan. Pernah beberapa kali mengikuti program wakaf Rp 10.000,- dan secara aktif pihak Dompet Dhuafa memberikan konfirmasi, laporan dan pemberitahuan secara berkala baik melalui pesan instan WhatsApp atau pun email.

Baca Juga: Ini Tentang Kita, Berbagi Kebaikan & Kebahagiaan

16 comments

  1. Acaraya seru ya, Mbak. Saya saja dari pukul setengan 11 sampai malam. Banyak hal yang membuka dan mencerahkan. Terutama Tentang Kita, bagaimana kita harus peduli dengan orang-orang, lingkungan, dan apa saja yang terjadi di sekitar kita.

    ReplyDelete
  2. Seru ya acaranya bikin betah? Festival kemanusiaan ini setidaknya membuka mata ttg masalah2 di beberapa daerah..

    ReplyDelete
  3. Wahh ketemu Annisast. Idolaku tuuh.
    Festivalnya keren banget ya. Gak hanya untuk hiburan. Tapi juga dapat ilmunya. Mulai dari finansial sampai yg lain. Bisa ketemu konselor juga, curhat pada orang yg tepat.

    ReplyDelete
  4. wah mashaAllah wakaf 10 ribu pun laporannya dikirimkan ya kak, semoga Dompet Dhuafa selalu amanah dan terus jadi jembatan untuk kemanusiaan

    ReplyDelete
  5. Wah, ada Mbak Annisa Steviani juga ya? Saya suka mengamati sharing Mbak Annisa di instagramnya. Banyak insight yang bisa diambil dari sharingnya.

    ReplyDelete
  6. keren banget deh ada event kemanusiaan tapi di balut dengan konsep yang menarik seperti jakhumfest ini. eh ternyata yang bikin dompet dhuafa ya, keren banget deh. semoga di Bandung bisa ada event seperti ini.

    ReplyDelete
  7. Salfok sama banner "80% Sampah di laut berasal dari daratan". Memang bener-bener ya manusia ini, buang sampah sembarangan emang udah jadi kebiasaan yang sulit diperbaiki. Kasian mahkluk laut yang gatau apa-apa eh udah kedatengan aja tuh limbah dari manusia darat. Semoga dengan adanya kegiatan festival ini bisa meningkatkan kesadaran manusia untuk gak lagi membuang sampah sembarangan apalagi ke laut.

    ReplyDelete
  8. Kesempatan untuk berbagi ke sesama terbuka lebar ya. Kadang bingung jika mau membantu korban bencana banyak banget yang buka donasi. Kadang takut ga tersalurkan tapi kalo transparan gini ga takut lagi

    ReplyDelete
  9. keren banget, jadi pengen kesana :) lengkap acaranya, dan yang pasti biin kita tersentuh ya buat peduli dengan sekitar

    ReplyDelete
  10. Wah, acara yang seru banget ini
    Banyak informasi dan hiburan yang bisa didapatkan di sini ya mbak

    ReplyDelete
  11. Sempat tau program inovasinya Dompat Dhuafa yang keren, karena dulu ada beberapa teman kerja di sana. Kalo ada pengemasan acaranya keren kayak gitu dengan komitmen kemanusiaannya jadi semakin tambah kepercayaan masyarakat pada lembaga zakat seperti DD...

    ReplyDelete
  12. Mupeeeng pengen datang kalau asa acara seperti ini lagi, semoga pas ga bentrok waktunya.

    Dompet dhuafa keren semoga makin banyak donatur dan bermanfaat bagi umat

    ReplyDelete
  13. JakHumFest ini seru banget ya. Bukan hanya tentang berbagi atau apa. Tapi ada juga materi Financial Planning. Cocok untuk kita semua untuk mengatur keuangan kita.

    ReplyDelete
  14. JakHumFest ini ternyata ada misi kemanusiaan dan menjaga lingkungan hidup ya. Bagus banget sih ada event begini. Selain seru-seruan, bisa sekalian melek juga hal-hal baik yang berguna untuk meningkatkan taraf hidup manusia di masa depan.

    ReplyDelete
  15. Jakhumfest selalu dinantikan..
    Karena acaranya yang seru dan bisa diikuti oleh semua orang. Selain dapat ilmu juga dapat pengalaman seru yang aplikatif. Termasuk mengetuk kepedulian bersama Dompet Dhuafa.

    ReplyDelete
  16. Keren banget kegiatannya sih,kak tentu sebagai manusia akan tersentuh banget dengan program begini dan makin semangat kelola kondisi keuangan agar tetap ada terus budget buat berbaginya.

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation