Cara Menghemat BBM Agar Tak Boros Bahan Bakar

Isi BBM Kendaraan
Isi BBM Kendaraan
Sumber Gambar: pixel.com

Buka rekening online tidak lagi sesulit yang dibayangkan, banyak orang memilih cara demikian karena memudahkan mereka untuk melakukan transaksi tunai kapan saja dan dimana saja. Salah satunya adalah bayar BBM yang harganya tidak lagi dapat diprediksi.

Karena seperti yang kita tahu, belakangan harga bahan bakar minyak (BBM) bisa naik tanpa diduga-duga. Oleh karena itu, apabila Anda ingin hemat dalam penggunaan BBM, sebaiknya cari tahu cara yang tepat untuk mengatasinya.

Cara Menghemat BBM Agar Tak Boros Bahan Bakar

Menghemat BBM menjadi viral dilakukan. Sebab, hingga saat ini BBM menjadi komoditas penting bagi pengguna mobil maupun sepeda motor. Pasalnya, apabila Anda tidak bisa menghemat BBM yang sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari, tentunya akan berdampak pada pengelolalaan keuangan yang mana pengeluaran akan membengkak. Jika demikian, Anda pun harus lebih waspada. Lakukan hal sederhana seperti mulai memahami cara membuat rekening online yang dikhususkan untuk menyimpan dana BBM untuk kebutuhan pokok.

Lantas, bagaimana sih cara menghemat BBM yang tepat? Simak ulasannya di bawah ini.

  • 1. Pilih Oktan yang Tinggi

Tips pertama adalah pakai BBM dengan oktan tinggi. Menurut beberapa ahli, penggunaan BBM dengan oktan tinggi akan memicu pemakaian bahan bakar yang lebih sedikit dibandingkan dengan oktan yang rendah.

Proses pembakaran jauh lebih sempurna bila pakai BBM oktan tinggi, karena hanya mengkonsumsi sedikit bahan bakar. Berbanding terbalik dengan oktan rendah yang membutuhkan jumlah bahan bakar lebih banyak untuk mencapai pembakaran yang sempurna.

Walau harganya sedikit mahal, tapi cara untuk menghemat bensin dengan cara ini jauh lebih bermanfaat dibandingkan harus mengeluarkan banyak biaya karena pemakaian BBM dengan oktan rendah. Jangan lupa siapkan untuk buka rekening online agar pembayaran BBM semakin mudah dan fleksibel pastinya.

Paksu pun sudah menerapkan prinsip ini sejak dulu, lebih memilih BBM jenis Pertamax untuk sepeda motor dan Pertamax Turbo untuk mobil. Selama beberapa bulan membersamai Paksu, memang terasa lebih hemat secara jangka panjang ya. Perjalanan jarak jauh untuk pulang kampung pun, pembelian bensinnya terasa lebih irit.

Baca juga: BBM Subsidi Tepat Sasaran

@hallowulandari

Mau ngantor dan perlu isi bensin dulu. Mampir ke SPBU Pertamina, eh Paksu minta isi Pertamax Turbo karena ga mau pake BBM subsidi yang bukan hak kita katanya. Info lengkapnya di video yaa

♬ Jarang Pulang - Manda Cello
2. Pakai AC Seperlunya Saja

Tips yang kedua ini terbilang paling sederhana yakni efektif dalam pemakaian AC di dalam mobil. Walau terdengar sepele, nyatanya AC juga menjadi komponen yang dijalankan dengan mesin berukuran 5 PK.

AC dalag mobil bisa berjalan dengan bain karena menggunakan bensin agar seluruh komponennya dapat berjalan dengan baik. Jadi kalau Anda memang ingin temat dalam penggunaan BBM sebaiknya lebih bijak dalam pemakaian AC. Atau cara yang paling efektif adalah jangan menyalakan AC sebelum udara panas dalam mobil kelar agar AC tidak bekerja dengan keras.

3. Perhatikan Beban Mobil

Mobil yang membawa beban terlalu banyak atau tidak sesuai dengan standar yang ditentukan, ternyata data membuat mobil lebih boros dalam pemakaian BBM. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi beban setidaknya sampai 45 kg saja untuk setiap perjalanan. Dengan begitu BBM kapat hemat sekitar satu sampai dua persen.

Apa Keuntungan Menghemat BBM?

Mungkin Anda sendiri juga bingung, Kenapa harus hemat BBM. Tanpa Anda sadari, ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari hemat BBM. Apa saja? Ini dia 4 mandat dari hemat bahan bakar atau eco driving, antara lain:

  • Jauh lebih hemat dalam pengeluaran karena tidak perlu menhgeluarkan biaya lebih untuk isi bensin setiap kali ingin berkendara.
  • Secara tidak langsung sudah membantu pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan. Dengan begitu Anda sudah turut berpartisipasi dalam pengurangan gas emisi CO2 di dara.
  • Manfaat yang paling penting adalah membantu Anda mengurangi stres saat berkendara. Dengan begitu Anda dapat meningkatkan kenyamanan untuk diri sendiri maupun penumpang saat macet di jalan.
  • Apabila Anda menerapkan eco driving, secara langsung Anda sudah mengurangi risiko kecelakaan. Sebab orang-orang yang menerapkan cara ini jarang menggunakan kecepatan tinggi atau mengebut ketika berkendara.

Agar metode eco driving berjalan dengan lancar, tidak ada salahnya bila Anda mengalokasikan dana untuk BBM dengan buka rekening online di Aplikasi digibank by DBS.

Buka Rekening Online di Aplikasi digibank by DBS

Mungkin Anda sedikit bingung kenapa harus buka rekening secara online di Aplikasi digibank by DBS. Kenapa tidak langsung pergi ke kantor cabang untuk membuat rekening baru, padahal bisa bertanya secara langsung dengan Customer Service.

Jawabannya sangat simple sekali. Tentu saja dengan adanya Aplikasi digibank by DBS ini semua kemudahan bisa Anda dapatkan dengan mudah tanpa harus repot mengeluarkan banyak waktu dan menyiapkan dokumen penting yang harus dibawa ke kantor cabang.

Apalagi seperti yang kita tahu kalau harga bensin sudah tidak murah lagi. Meskipun ada subsidi dari pemerintah, tidak ada salahnya kan kalau tips menghemat bahan bakar minyak seperti yang sudah dibahas di atas diterapkan. Sebab pergi ke kantor cabang hanya untuk membuka rekening tentunya akan mengeluarkan biaya lagi untuk membeli bensin.

Jadi, dengan mengetahui cara buka rekening online yang bisa Anda dapatkan di Aplikasi digibank by DBS, Anda bisa buka rekening secara online kapan saja dan dimana saja. Tidak lagi harus menyiapkan dokumen yang diperlukan, menyiapkan biaya untuk belu BBM, dań waktu yang terbilang lumayan lama saat antri di bank.

Cara buka rekening online menurut beberapa orang sangat mudah sekali dan kegiatannya pun bisa dilakukan kapan saja juga dimana saja, sesuai dengan keinginan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah dengan memilih bank mana yang diinginkan, sesuai dengan kenyamanan hati. Selanjutnya tinggal ikuti instruksi yang diberikan aplikasi.

Salah satu contoh aplikasi digital banking yang Anda jadikan sebagai pilihan untuk kelola keuangan termasuk biaya isi BBM adalah Aplikasi digibank by DBS.

Terdapat beberapa kemungkinan yang Anda bisa dapatkan melalui aplikasi ini, diantaranya:

  1. Transaksi dilakukan secara online dan lengkap jadi aman dan muda sekali
  2. Menawarkan layanan investasi dan asuransi yang menguntungkan
  3. Tersedia produk kartu kredit dan pinjaman.
Baca Juga:

Tips menghemat bahan bakar minyak untuk kendaraian roda empathie di atas bisa Anda terapkan agar mendapatkan keuntungan bisnis secara maksimal. Apalagi kalau sudah tahu dengan manfaat yang didapatkan, sudah pasti niat untuk bisa hidup hemat dengan metode eco driving bisa diterapkan tanpa halangan.

Anda pun dapat memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS sebagai bank digital yang memudahkan Anda untuk mengelola keuangan sehari-hari. Tanpa harus khawatir lagi tentang pengeluaran yang tidak terduga utamanya pada pengisian bahan bakar mesin kendaraan roda empat.

Tak hanya itu saja, mengingat harga BBM yang tidak dapat diprediksi secara pasti. Maka dengan buka rekening secara online di Aplikasi digibank by DBS pastinya sangat membantu Anda untuk mengatur keuangan setiap harinya.

Bagaimana, apakah Anda masih ragu untuk buka rekening online di Aplikasi digibank by DBS? Tentu saja tidak, karena akan ada banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh Aplikasi digibank by DBS untuk Anda.

Informasi lebih lanjut mengenai cara untuk buka rekening online di Aplikasi digibank by DBS, Anda bisa klik dan temukan semua jawaban yang Anda butuhkan tentang aplikasi ini di link berikut https://www.dbs.id/digibank/id/id/default.page.


Referensi:
https://www.cekaja.com/info/6-cara-menghemat-bbm-agar-tak-boros-bahan-bakar-dan-uang
https://www.dbs.id/id/index/default.page

13 comments

  1. Soal ac dan beban mobil ini yang susah bikin aku hemat bbm. Bakal terus dipelajari deh caranya untuk bijak mengelola keuangan

    ReplyDelete
  2. Aku baru ngeh ini kak, haha selama ini ngga pernah perhatiin BBMnya habis berapa dan seberapa banyak kilometer yang sudah ditempuh. Jadi ya gituu..

    ReplyDelete
  3. Ternyata jumlah berat barang muatan di kendaraan juga memberi pengaruh pada penggunaan bahan bakarnya ya. Baru eungeuh nih. Berarti memang sebaiknya disesuaikan sama kapasitas kendaraan sih ya.

    ReplyDelete
  4. Whoaa, aplikasi DBS nggak cuma buat nyimpen duit dan transfer doang ya kak Wulan. Seru nih bisa ikut ngebantu kelola finansial. Karena emang sih sejak harga BBM subsidi naik, termasuk pos keuangan yang mayan boncos, kudu diatur nih

    (Arai)

    ReplyDelete
  5. Buka Bank Digital by DBS bisa bikin online benar-benar memudahkan dan bikin hemat. Bikin ga perlu nempuh jarak jauh, apalagi kena macet, bakal makin banyak pengeluaran BBM ya, Kak.

    ReplyDelete
  6. Kalau hemat bahan bakar gitu kan berarti hemat dompet juga ya gak kak? Hehe.
    Selain itu juga turut jaga lingkungan sekaligus rajin bergerak kalau jaraknya dekat

    ReplyDelete
  7. BBM yang bagus meski mahal membuat pembakaran sempurna akhirnya bikin hemat BBM lho.

    ReplyDelete
  8. Wah asik banget kalau buka bank digital by DBS ini. Praktis dan bikin hemat

    ReplyDelete
  9. sejak harga BBM naik dan isu pertalite semakin boros, saya udah beralih ke pertamax dan ya meski agak mahal dikit tapi gak boros

    ReplyDelete
  10. Untuk motor, saya pun menggunakan pertamax untuk bahan bakarnya. Alasannya simpel, agar mesin lebih terjaga dan awet dengan pembakaran sempurna dari bahan bakar dengan oktan tinggi

    ReplyDelete
  11. Terasa sekali manfaat kemudahan yang ditawarkan untuk membuka rekening melalui Aplikasi digibank by DBS. Dan dengan menggunakan mobile banking yang tepat guna, segala keperluan termasuk dalam rangka menghemat BBM pun bisa dilakukan.

    ReplyDelete
  12. Sama satu lagi, menjaga kecepatan kendaraan cepat stabil juga katanya bisa menghemat bbm, Kak, terutama pas perjalanan jauh dan track lurus.

    ReplyDelete
  13. Bener mbak, aku motor kakak ipar dipakeinnya pertamax dari dulu zaman masih BBM-nya premium. Dan sampai dialihin ke aku tetep pake Pertamax. Walau harganya lebih tinggi tapi bener sih rasanya lebih hemat aja gitu. Membantu mengurangi emisi gas CO2 pula ya.

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation