Situs Gunung Padang Rame Karena Netflix: Ancient Apocalypse!

"Gunung Padang disebut-sebut sebagai situs tertua di dunia mengalahkan Piramida yang ada di Mesir," detik Jabar, 19 Agustus 2022. 

Situs Megalitikum Gunung Padang yang berlokasi di Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat belakangan ini menghebohkan dunia dan menuai pro-kontra karena rilisnya pernyataan peneliti Geotek LIPI, Danny Hilman bahwa situs tersebut berumur 5.900 SM hingga menjadi episode pembuka dalam series dokumenter Netflix: Ancient Apocalypse.

Situs Gunung Padang Ancient Apocalypse
Rekonstruksi Imajinasi Situs Gunung Padang dalam series Ancient Apocalypse
Sumber Gambar: Pinterest

Tiga kali mengunjungi Situs Gunung Padang, 2016, 2017 dan 23 Februari kemarin, memang selalu menemui orang-orang asing dengan motif yang berbeda untuk datang kemari. Di tahun 2017, bertemu dengan Mike Addock, peneliti litofonik Inggris yang memang mau melihat dan mengobservasi batu gamelan di situs ini. Terlihat seperti batu biasa, namun uniknya batu ini mampu menghasilkan bunyi-bunyian dengan nada litofonik, f-g-d-a. Suatu hal yang sangat menarik bagi peneliti litofonik asal Inggris bukan? Di tengah situs purba yang nampak tak terawat dan masih belum banyak diperhatikan oleh banyak orang pada saat itu, tapi memiliki batuan nada yang umurnya jauh lebih tua dari orkestrasi musik barat.

Dan kemarin, aku menemui seorang wisatawan asing asal Polandia datang mengunjungi Situs Gunung Padang karena hebohnya series Netflix, Ancient Apocalypse. Menurut cerita Kang Nanang, salah satu kuncen Gunung Padang, memang semakin banyak wisatawan asing yang datang berkunjung karena penasaran akibat tayangan Netflix tersebut.

Series Dokumentar Netflix: Ancient Apocalypse
Sumber Gambar: Netflic

Fun Fact Science Situs Gunung Padang

Gnomon, Instrumen Astronomi

Gnomon atau jam matahari menjadi instrumen astronomi yang ditemukan di situs megalitikum Gunung Padang. Batu ini dipergunakan oleh nenek moyang pada masa itu untuk mengamati pergerakan benda-benda langit seperti matahari dan bintang untuk mengukur waktu dan pergantian musim. 

Gnomon Situs Gunung Padang
Gnomon di Situs Gunung Padang
Dokumentasi Pribadi

5 Unden Berundak Gunung Padang: Observatorium Astronomi

Situs Megalitikum Gunung Padang memiliki lima unden berundak yang tidak berada pada garis lurus. Undak pertama berorientasi pada Gunung Gede (335' UT), dan undakan kedua berorientasi pada 015' UT. Berdasarkan orientasi posisinya, situs ini seolah-olah menghadap ke arah langit utara yang terbuka sebagai jendela observasi terbitnya gugus bintang yang biasanya menjadi petunjuk arah utara.

Perhitungan musim berdasarkan bintang juga dilakukan oleh nenek moyang sejak dulu. Berdasarkan riset dan temuan teknologi masa kini, bahkan disimpulkan perhitungan waktu dan musim berdasarkan pergerakan bintang lebih akurat dibandingkan perhitungan bulan dan matahari.

Pintu Gerbang Situs Gunung Padang
Seperti Pintu Gerbang di Setiap Punden Berundak Situs Gunung Padang
Dokumentasi Pribadi

Batu Gamelan Nada Pentatonik

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Hokky Situngkir dari Bandung Fe Insitute, batu gamelan di kawasan Situs Gunung Padang ini mengandung mineral yang berbeda dengan batuan biasa, sehingga ketika dipukul pun akan mengeluarkan bunyi-bunyian dengan nada f-g-d-a, cikal bakal instrumen alat musik yang jadi lebih tua dibandingkan dengan alat musik orkestrasi barat.

Batu Gamelan Situs Gunung Padang
Batu Gamelan Situs Gunung Padang
Dokumentasi Pribadi

Disinyalir pada masa itu, batu gamelan ini dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari atas bukit ke pemukiman di bawah bukit, tentang pertanda musim dan waktu dari pengamatan benda-benda langit.

Fun fact science Situs Gunung Padang bisa dibaca lebih lanjut dari hasil riset Hokky Situngkir dari Bandung Fe Insitute dalam buku Kode-kode Nusantara.

Foto Bonus, LOL

Cuplikan video perjalanan Situs Gunung Padang

15 comments

  1. Sekitar 3 tahun lalu, gw jg penasaran sm situs ini setelah cobain sendiri batunya bisa "bunyi".. terus gw nonton kisah tanah jawa yg episode jalan2 ke sini.. wew, gila sih penjelasan om hao katanya dia alat dl ada alat untuk jalan menuju ke universe lain.. percaya ga percaya sih, tp tetep aja ini jd bikin penasaran..hehe.. (febi)

    ReplyDelete
  2. Pas dari hebohnya Situs Gunung Padang ini, saya penasaran pengen ke sini tapi belum kesampean, penasaran sama batu gamelan dan reruntuhannya.

    ReplyDelete
  3. Selalu menarik ketika membaca tentang gunung padang dengan segala hasil penelitian dan teorinya. Bahkan lokasi ini pernah jadi lokasi shooting oleh chanel misteri dan metafisika.

    Tapi aku yakin, orang-orang dahulu selalu membuat sesuatu tidak asal, tetapi penuh dengan perhitungan, tujuan, dan penggunaan material yang memliki kualitas yang bagus.

    Tulisan yang bagus mbak wulan :)

    ReplyDelete
  4. Aku 3 kali lewat sini tapi gak pernah mampir, lain kali harus mampir ya kayaknya. Tapi kmrn itu sempet ada kontroversi apakah kalau banyak wisatawan situs ini bisa terjaga

    ReplyDelete
  5. Banyak berita mengenai Situs Gunung Padang, dan banyak sekali pertanyaan terkait gunung satu ini, semoga kelak bisa kesana langsung, dan semoga kedepannya informasi tentang situs Gunung Padang semakin banyak dan akurat oleh para arkeologi, sehingga memudahkan kita untuk bisa mempelajari, Btw Keren ulasannya Mba Wulan

    ReplyDelete
  6. Sempet penasaran sama Gunung Padang dari beberapa tahun lalu, tapi sampai sekarang belum kesampaian ke sana. Informasi yang Kak Wulan bagi lengkap banget, jadi lebih tahu tentang Gunung Padang dan bunyi bebatuannya

    ReplyDelete
  7. Baru tau situa Gunung Padang ini ada di Netflix. Jadi penasaran pengen nonton. Walaupun sayang belom kesampean ngunjungin tempat ini.

    ReplyDelete
  8. Aku belum pernah kesini, kayaknya ini trip penuh edukasi banget kalo ke siniii. Next ajakin kesini yaaa

    ReplyDelete
  9. bikin penasaran
    dulu aku tau nama situs gunung padang waktu baca majalah. Yang bikin takjub adalah mirip kayak machu pichu di meksiko, serba bebatuan.
    baju saja bisa "istimewa" ya, ada namanya batu gamelan, unik banget ini

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah dateng ke sini, baca cerita ka Wulan kayanya seru banget.

    ReplyDelete
  11. Dari berbagai cerita tentang gunung padang ini bikin merinding semua yah. Ternyata nenek moyang kita dulu merupakan orang2 pilihan yang luar biasa.

    ReplyDelete
  12. Saya pernah datang ke Gunung Padang ini melalui salah satu trip di BPJ.-Ristiyanto-

    ReplyDelete
  13. Iqbal - Sudah lama sy dengar banyak misteri di gunung Padang. Tp kalau sy pribadi, belajar sejarah semacam itu, yg tdk ada aktivitas fisiknya, lbh enak di rumah alias malas ke sana

    ReplyDelete
  14. Kerennya..ternyata fun fact sciencenya sehebat itu ya.
    Menariknya lagi, ternyata Gunung Padang itu berada di Jawa-Barat, jadi tertarik untuk mengunjunginya.
    Dan impact dari netflix sebegitu luar biasanya juga ya.

    ReplyDelete
  15. Kerennya..ternyata fun fact sciencenya sehebat itu ya.
    Menariknya lagi, ternyata Gunung Padang itu berada di Jawa-Barat, jadi tertarik untuk mengunjunginya.
    Dan impact dari netflix sebegitu luar biasanya juga ya.

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation