#KapalKemanusiaan: Selamatkan Afrika dari Kelaparan

“Masih ingat ceritaku tentang bencana kelaparan di Somalia? Sebuah negara kecil dan miskin di Afrika yang mengalami bencana kelaparan di tahun 2011. Dua ratus enam puluh ribu penduduk Somalia telah tewas karena kelaparan, gelombang kematian ini terancam terjadi lagi di tahun ini!”

Beberapa waktu lalu aku ikut serta dalam diskusi #FoodforSomalia bersama teman-teman Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk mengumpulkan bantuan pangan bagi saudara-saudara di Somalia. Namun bencana kelaparan ini ternyata tidak hanya dialami oleh Somalia, tetapi juga negara-negara lain di tanduk Benua Afrika, yakni Sudan Selatan, Yaman dan Nigeria.

Dari data yang dihimpun, lebih dari 60 juta masyarakat Afrika mengalami kelaparan dan malnutrisi. Bencana ini disebabkan oleh banyak hal mulai dari kekeringan, konflik berkepanjangan dan sistem pemerintahan yang tidak stabil. Ratusan ribu bayi dan balita turut menjadi korban krisis pangan terparah selama 70 tahun terakhir!

Lebih dari 20 juta orang Afrika meregang nyawa
Sumber data: ACT

Untuk turut membantu dan mengulurkan bantuan bagi Afrika, kini Aksi Cepat Tanggap menjalankan program #KapalKemanusiaan.
#KapalKemanusiaan: Food for Humanity


Krisis pangan di Afrika ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk ikut serta membantu penanggulangan kelaparan yang terjadi. Kita bisa berkontribusi mendukung program #KapalKemanusiaan. #KapalKemanusiaan ini menjadi aksi bersama untuk turut serta terlibat meredam krisis kelaparan di Afrika. Program ini berupaya menghubungkan empati dan uluran bantuan dari berbagai pulau di Indonesia.

Ada beberapa cara untuk kita turut berkontribusi mengulurkan bantuan bagi saudara-saudara di Afrika, yakni:

#BerasUntukKelaparanAfrika:
Target awal #KapalKemanusiaan ini adalah pengumpulan 25.000 ton beras yang akan dijemput dari berbagai pelabuhan yang disumbangkan oleh masyarakat.

Donasi Tunai:
Kapal Kemanusiaan juga menerima donasi dalam bentuk uang tunai yang nantinya akan dikonversi menjadi bahan pangan. Mari salurkan kepedulian Anda melalui rekening berikut:
BNI Syariah 66 00000 120
Bank Mandiri 128 000 4793 136
Atas nama Aksi Cepat Tanggap

Mitra Lumbung Padi:
Daftarkan diri segera, sebagai mitra untuk mengumpulkan #BerasUntukKelaparanAfrika bagi Kapal Kemanusiaan melalui :
Telp : +62 21 2940 6565



Mari bantu jutaan saudara kita di Afrika yang mengalami kelaparan dan malnutrisi dengan memberikan bantuan dan menyebarkan informasi ini kepada sanak saudara dan kerabat kita.

“The best way to not feel hopeless is to get up and do something. Don’t wait for good things to happen to you. If you go out and make some good things happen, you will fill the world with hope, you will fill yourself with hope.” – Barack Obama

No comments