Ini Tentang Kita: Berbagi Kebaikan & Kebahagiaan

Ajaran-ajaran kebaikan senantiasa diajakarkan oleh orang tua dan para pendidik sejak anak usia dini, bahkan sejak bayi baru dilahirkan. Kebaikan menjadi hal yang kita lakukan dan memberikan manfaat atau pun dampak positif bagi orang-orang sekitar. Sesederhana, melemparkan senyuman dan memberikan salam serta tegur sapa kepada tetangga yang kita jumpai saja, adalah sebuah kebaikan.

Pepatah, "lebih baik tangan di atas dari pada tangan di bawah" yang biasanya kita terima saat di bangku sekolah dasar juga mengajarkan kita untuk berbagi dan berbuat kebaikan. Lebih baik kita memberikan dan berbagi kebaikan kepada orang-orang sekitar.

Ini tentang kita, berbagi kebaikan dan kebahagiaan

ini tentang kita
Ini Tentang Kita: Berbagi Kebaikan dan Kebahagiaan

Selama kita berbagi kebaikan kepada orang lain, akan muncul kebahagiaan dari penerima manfaat yang menular pada kita. Sebuah lingkaran kebaikan yang tak akan putus pada penerima manfaat.

Saat aku masih di bangku kuliah, dan memiliki banyak waktu luang menjadi sukarelawaan kegiatan-kegiatan sosial, segala macam rasa lelah dan waktu yang berjalan tak terasa selama sibuk beraktivitas dan merasakan kebahagiaan di tengah komunitas.

Misalnya saja, saat bersama komunitas Sobat Budaya dan komunitas-komunitas lainnya, mengadakan Festival Muharram, bagi anak-anak yatim piatu dan masyarakat di Taman Menteng, 2016 lalu, terpancar senyum dan tawa anak-anak yang mengikuti berbagai kegiatan mulai dari membatik, menari, menyanyi dan berbagai perlombaan anak-anak.

membatik
Membatik

Festival Muharram 2016
Festival Muharram 2016

Saat, hari-hari dilanda kesibukan, dan waktu luang terasa sempit, kita masih bisa berbagi kebaikan dan kebahagiaan dengan cara-cara lainnya. Kita bisa melakukan kebaikan kolektif untuk berbagi kebaikan, memberikan pertolongan hingga menciptakan kebahagiaan bersama. Salah satunya dengan akut serta pada program-program Humanesia Dompet Dhuafa.

Humanesia Dompet Dhuafa

Melalui program Humanesia, Dompet Dhuafa mengajak kita untuk bergandengan tangan dan meringankan beban orang-orang yang membutuhkan pertolongan. Karena ini semua tentang kita, lingkaran kebaikan tidak akan pernah putus dan berhenti. Kekuatan berjamaah dan kebaikan kolektif, yang bisa juga kita sebut gotong royong mampu merawat harapan di tengah bencana dan gelombang putus asa.

Hal kecil yang kita lakukan, akan terus berputar dan menjadi gulungan-gulungan gelombang kebaikan bagi sesama.

Ini Tentang Kita: Mulai dari kamu, mari ambil peran merawat kebaikan kolektif

Ini semua tentang kita, dengan beragam perbedaan dałam satu persamaan. Dari berbagai suku, agama, kepercayaan, asal dan keluarga, tapi kita sama-masa berpijak dan hidup di tanah Nusantara, dengan Bhinneka Tunggal Ika nya.

Masih membekas dalam ingatan riuhnya bencana gempa Cianjur, yang belum pulih hingga sekarang. Kebutuhan anak-anak yatim-piatu. Kewajiban zakat tahunan atas rezeki yang kita dapat selama setahun penuh. Kita bisa mengulurkan tangan dan bantuan kolektif untuk berbagai kebutuhan masyarakat dan kelompok yang membutuhkan.

Humanesia: Ini Tentang Kita
Humanesia: Ini Tentang Kita

Bantu Cianjur Pulih

Sampai sekarang, Cianjur belum juga pulih. Masih banyak uluran tangan dan bantuan yang dibutuhkan. Ratusan nyawa tewas akibat gempa. Ratusan ribu lainnya terpaksa tinggal di tenda-tenda di pengungsian. Dukungan kita akan menjadi harapan bagi para penyintas gempa Cianjur.

Kado Akhir Tahun Yatim

Kita bisa memberikan kado bagi anak yatim berupa perlengkapan sekolah, pakaian, atau pun sembako yang akan didistribusikan ke berbagai wilayah di Indonesia.

Perempuan Tangguh

Menjadi wanita denga peran ganda tentu tidak mudah. Para perempuan ini berperan tangguh untuk mengais rezeki bagi keluarga. Dukungan kita bisa menjadi pemberi semangat mereka untuk tetap berdaya.

Zakat Akhir Tahun

Menyambut tahun baru tinggal menghitung jari, kita bisa menyempurnakan dan menutup akhir tahun dengan keberkahan zakat akhir tahun.

Wakaf untuk Ibu

Pemberian wakaf untuk Ibu bisa menjadi hadiah pahala abadi untuk Ibu tercinta.

Sedekah Menolak Bala

Bala bencana layaknya misteri, tidak bisa ditebak kedatangannya. Dengan bersedekah semoga bisa menjadi ikhtiar kita untuk melindungi diri dan keluarga dari bencana yang akhir-akhir ini melanda.

Beragam aksi kebaikan kolektif ini bisa dilakukan dalam program Humanesia #IniTentangKita dari Dompet Dhuafa.

Menutup tahun 2022, sudah siap untuk berbagi kebaikan dan kebahagiaan?

16 comments

  1. Dompet Dhuafa menjadi lembaga yg paling banyak memberikan kemanfaatan bagi masyarakat. Sudah sepantasnya kita dukung dan ikut berpartisipasi didalamnya

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah, banyak pengalaman kemanusiaan ya Mbak yang tercipta waktu di bangku kuliah dulu. Semoga jadi amal baik Mbak dan terus bisa berbagi ke sesama ya apalagi dengan adanya program Humanesia dari Dompet Dhuafa ini.

    ReplyDelete
  3. Semoga kita semua diberi rezeki dan kemudahan hingga kita bisa membantu sesama, ya, Mbak.

    ReplyDelete
  4. Benar sekali, Mbak. Ajaran kebaikan-kebaikan sudah ditanamkan orang tua sejak kecil. Insya Allah, semakin berbagi, maka tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, tapi bagi diri kita juga. Tidak hanya membuka rezeki, diberi kesehatan, juga dijauhkan dari marabahaya.

    ReplyDelete
  5. Merawat kebaikan kolektif ini sungguh sangat dibutuhkan apalagi dengan banyaknya program berarti banyak pula daerah di Indonesia yang membutuhkan. Semoga bersama Humanesia, mampu menyentuh daerah-daerah di Indonesia yang membutuhkan uluran tangan degan program kebaikannya. Dan, yuk.. bersama-sama kita rawat bersama program kebaikan kolektif Humanesia dari Dompet Dhuafa ini.

    ReplyDelete
  6. berkah terus yaa dompet dhuafa, semoga terus amanah dan terdepan memberikan pertolongan terutama bagi korban bencana alam di indonesia

    ReplyDelete
  7. Manfaat sedekah memang luar biasa, dan ini bisa kita terapkan selalu ya. Apalagi bareng DD yang dengan programnya membuat masyarakat yg membutuhkan menjadi berdaya

    ReplyDelete
  8. Selalu kagum deh sama orang-orang yang aktif banget turun ke lapangan buat membantu sesama yang membutuhkan. Tapi tentunya kita juga tetap bisa membantu ya lewat donasi do lembaga yang terpercaya

    ReplyDelete
  9. Masya Allah semakin banyak yang terbantu oleh Dompet Dhuafa semoga berkah berlimpah di tahun 2023

    ReplyDelete
  10. Keren deh program Humanesia Dompet Dhuafa ini. Semoga berlanjut terus tiap tahun supaya semua orang merasakan manfaatnya ya.

    ReplyDelete
  11. MasyaAllaah programnya keren banget Humanesia iniii <3 semoga DD makin berkah dan banyak membawa manfaat bagi banyak orang

    ReplyDelete
  12. Setuju banget ama filosofi, "lebih baik tangan di atas dari pada tangan di bawah" Sedekah membuat hidup jadi lebih berkah. Apalagi sekarang semua lebih mudah seperti program Humanesia dari Dompet Dhuafa ini.

    ReplyDelete
  13. nice banget deh, di jaman yg makin egosentris, kita memang butuh orang2 berhati mulia melalui berbagai program kemanusiaan kaya yg dibuat sm DD

    ReplyDelete
  14. Program dompet dhuafa yang luar biasa dan tepat sasaran ya Mba Wulan. Kegiatannya juga seru ada membatik

    ReplyDelete
  15. Mari ambil peran merawat kebaikan, luar biasa. Selalu suka dengan campaign yang dipilih Dompet Dhuafa, nggak pernah gagal dan malah bikin pengen berderma terus

    ReplyDelete
  16. Keren banget programnya Dompet Dhuafa ini yang begitu peduli dengan masyarakat yang membutuhkan dan mengajak untuk menebarkan kebaikan kolektif.

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation