Belajar Google Analytics dan Google Search Console

Blog ini pertama kali ku buat bulan November tahun 2011, saat aku berstatus mahasiswa semester lima. Awalnya blog ini ku manfaatkan untuk mengunggah hasil-hasil tugas kuliahku, selain sebagai catatan, juga barangkali bisa menjadi referensi bahan-bahan tugas kuliah teman-teman lainnya. Bahkan, aku pernah mendapatkan pesan untuk berdiskusi tentang tugas-tugas kuliah dan skripsiku bertahun-tahun setelah lulus dari kampus. Perjalanan catatan ini siapa yang tahu? Seperti jodoh, catatan-catatan usang itu pun akan menemukan pembacanya sendiri.

Di penghujung tahun 2011, mana ku tahu istilah blogger dan monetisasi blog? Dunia internet saja masih awam buat ku sebagai anak rantau yang memiliki keterbatasan gawai dan akses teknologi saat di kampung halaman. Sampai pada akhirnya aku berada di titik ini, aku menjadi seorang blogger dan bisa memanfaatkan blog ini sebagai salah satu sumber penghasilan selain menyandang status sebagai karyawan perusahaan swasta.

Blogging Activities

Menjadi seorang blogger ternyata tidak semudah dan seremeh temeh yang dibayangkan; membuat ulasan artikel, unggah dan sebarkan. Oh tidak segampang itu ferguso! Semakin lama berkecimpung di komunitas blogger, aku semakin sadar ada banyak PR dan ilmu-ilmu dasar yang perlu dipelajari. Mulai dari menulis berdasarkan SEO words sampai menggunakan tools Google Analytics (GA) dan Google Search Console (GSC) untuk memonitoring dan mengevaluasi performa blog kita.

Akhirnya, setelah hampir 10 tahun blog ini lahir, aku berkesempatan untuk meng-upgrade ilmu-ilmu blogging di Kelas BRT SEO Juni 2021.

Kelas BRT SEO Juni 2021

Kelas BRT SEO ini dipandu oleh Mba Monica Anggen dan Mas Punto, selaku founder komunitas BRT (Blogger Ruang Tunggu). Tahapan awal yang dilalui adalah pengecekan status blog masing-masing peserta, mulai dari pengecekan DA, PA, Spam Score, DR, H1, H2, H3, H4, broken link dan juga meta desc.

Di setiap Sabtu malam, para admin BRT akan menyelenggarakan kelas virtual untuk membahas materi-materi mulai dari optimasi blog, penanaman link blog, dan juga pembelajaran Google Analytics (GA) dan Google Search Console (GSC) yang dipandu oleh Mas Priyo Harjoyono.

Google Analytics (GA)

Google Analytics atau GA merupakan aplikasi gratis dari Google yang semestinya dipasang di blog agar kita bisa melakukan monitoring performa dan kinerja blog kita. Selain itu, laporan yang tercantum di Google Analytics (GA) juga biasanya diminta oleh klien sebagai data dan laporan performa ulasan brand terkait. Aku sendiri sudah memasang GA beberapa tahun lalu, awalnya karena tuntutan dari agency yang bertugas mengurus kampanye brand. Dan ternyata memang Google Analytics (GA) sangat dibutuhkan dan wajib terpasang bagi para blogger yang bertujuan memonetisasi blognya.

Berikut fitur-fitur Google Analytics (GA) yang perlu kita pahami:
  1. Realtime; Fitur ini menggambarkan pengunjung yang sedang mengunjungi blog kita pada saat kita memonitoring blog menggunakan Google Analytics (GA) pada saat itu juga. Melalui figur ini kita bisa melihat berapa banyak pengunjung yang sedang online, berasal dari kawasan mana dan bahkan kita bisa menemukan kata kunci yang dimasukkan oleh para pengunjung di mesin pencari untuk menemukan blog kita.
  2. Audience / Pemirsa; Dalam menu ini kita bisa menemukan data audiens yang mengunjungi blog kita beserta asal kota dan negara, resolusi layar, mesin pencari, penyedia ISP dan sistem operasi yang dipakai. Bahkan kita bisa mengetahui demografi pengunjung blog kita, minat dan keterlibatan mereka, baik pengunjung lama maupun pengunjung baru.
  3. Acquisition / Akuisisi; Kita bisa mengakses informasi mengenai kata kunci, sumber rujukan, halaman yang dibuka pertama kali dan sosial media yang digunakan oleh pengunjung blog
  4. Behaviour / Perilaku; Dengan fitur ini kita bisa memberi tanda kepada user atau pengunjung blog kita. Kita bisa melihat alur perilaku pengunjung, mulai dari tujuan halaman yang dibuka, halaman pertama hingga halaman terakhir yang dibuka oleh pengunjung blog kita. Fitur ini juga bisa menunjukkan seberapa lama para pengunjung singgah di blog kita. Kita pun bisa mendapatkan detail informasi pencarian para pengguna di blog kita dan kecepatan halaman blog yang dikunjungi oleh para user.
  5. Conversion / Konversi; Fitur ini cocok bagi pelaku e-commerce atau blogger yang berusaha menjual produk atau pun link afiliasi. 


Google Search Console (GSC)

Sejujurnya aku masih sangat awam dengan Google Search Console (GSC) ini, aku baru memasangkan GSC saat mengikuti Kelas BRT  SEO dan ternyata sangat mudah cara memasangkan Google Search Console (GSC) di blog hallowulandari ini. Kita cukup login akun google blog kita, lalu masuk ke menu Google Search Console tools dan pasangkan url blog kita. Manfaat dari Google Search Console (GSC) adalah memonitoring kondisi blog apakah dalam keadaan sehat, baik secara performa.

Google Search Console (GSC) bisa mendeteksi permasalahan-permasalahan yang terjadi di blog, misalnya saja kecepatan blog. Lambannya blog biasanya disebabkan oleh ukuran foto yang terlalu besar dan tema blog yang tidak mobile friendly. Oleh karena itu, jika kita sudah menemukan permasalahan blog, kita bisa segera memperbaiki performa blog mulai dari mengurangi ukuran foto dan mengganti tema yang mobile friendly.

Kita bisa menggunakan Google Pagespeed Insight untuk mengukur kecepatan blog kita baik dari perangkat mobile maupun dekstop. 

GA dan GSC barulah sekelumit ilmu blogging yang dipelajari, masih ada lagi pelajaran-pelajaran blogging lainnya! See you on another blogging-edu!

7 comments

  1. Pelajaran penting untuk blogger nih mba. Aku belum paham2 banget soal seo, masih gmharus belajar terus dan terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, aku pun belajarnya pelan-pelan banget ini soal daleman per blogger an, ampun ternyata ribet juga ya, ga semudah nulis tok ahahha

      Delete
  2. Blog saya juga sudah dikaitkan dengan GSC, tapi tetap aja jarang terperhatikan. Update blog aja masih belum rutin. Sambil belajar ya, mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, GSC aku baru banget pasang pas ikutan kelas blogging nya BRT nih mba, dan masih belajar juga ini biar bisa optimalisasi blog nya

      Delete
  3. dulu waktu awal awal ngeblog taun 2008an sampe ga pernah tau apaan itu GA, GSC, karena nggak nyoba buat cari tau dan jarang banget aku temuin kelas kelas blogging kayak sekarang.
    sampe sekarang aku masih terus belajar soal tools toolsdi dunia blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh senioooorrr banget nih, udah dari 2008 kenal blogging, aku mungkin malah masih kudet sama internet jaman jaman itu mba, karena tinggal di desa kan, minim gadget juga hoho. Iya belajar GA, GSC, SEO mati-matian yaa, aku pun suka bingung aplikasiin nya ke blog, apalagi kalau udha coding-coding an hahahha

      Delete
  4. Aku ga tahu kalo itu bisa diinstal langsung di blog. Soalnya aku biasa baca laporannya yg dikirim ke email itu mba, tiap akhir bulan. Yg ttg GSC dan GA. Dikash tahu sih data2nya, walopun jujurnya aku ga semua ngerti :D. Tapi memang blog buatku msh untuk hobi aja, dan blm ada niat utk monetisasi-in. Cuma setidaknya hrs tahu dulu itu apa. :)

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation