Rekomendasi Destinasi Alam Terbaik di Pulau Sumba

Pernahkah kamu mengunjungi Pulau Sumba? Pulau Sumba merupakan sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di Nusa Tenggara Timur banyak terdapat objek wisata alam yang tidak perlu diragukan lagi soal keindahan alamnya. Salah satunya adalah di Sumba. Sumba menjadi salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan berbagai destinasi wisata alam yang eksotis dan menakjubkan. Tak heran jika Pulau Sumba menjadi destinasi favorit para wisatawan lokal hingga mancanegara.

Menawarkan berbagai destinasi wisata alam yang cantik dan mempesona, Pulau Sumba selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal hingga mancanegara. Untuk berkunjung atau liburan ke Sumba, kamu bisa mengajak keluarga, teman-teman ataupun menikmati liburan romantis bersama keluarga. Kebersamaan bersama orang terdekat ditambah dengan suasana alam sekitar Sumba yang indah dan menakjubkan akan melengkapi liburan kamu di Sumba.

Penasaran bagaimana rasanya menghabiskan waktu libur di Pulau Sumba? Kamu bisa merencanakan perjalanan ke Sumba dengan aplikasi Traveloka. Traveloka membantu kamu untuk mempermudah persiapan akomodasi liburan kamu ke Sumba, mulai dari tiket pesawat seperti masakapai Batik Air, dan keperluan lainnya seperti reservasi hotel, tiket kereta, rental mobil, tiket masuk wisata dan lain-lain.

Baca Juga:

Tips Nyaman Bepergian dengan Kereta Api

5 Cara Mendapatkan Hotel Saat Melakukan Perjalanan Bisnis

Berikut ini adalah rekomendasi destinasi wisata alam di Sumba yang indah dan mempesona. Simak ulasan selengkapnya.

1. Danau Weekuri

Salah satu tempat wisata alam di Sumba yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Danau Weekuri. Dana Weekuri berlokasi di Desa Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya. Melihat pemandangan Danau Weekuri secara langsung, kamu akan merasa tidak percaya dan takjub oleh pemandangan alam Danau Weekuri yang sangat indah. Pasalnya, pemandangan alam sekitar Danau Weekuri disebut-sebut mirip seperti yang ada di lukisan. Air pada Danau Weekuri memiliki warna gradasi yang cantik sesuai dengan suhu airnya. Terdapat tiga warna, mulai dari biru, hijau dan putih.

Danau Weekuri Sumba
Danau Weekuri
Sumber Gambar: tripadvisor.com

2. Puru Kambera

Puru Kambera merupakan salah satu tempat wisata di Sumba yang bisa dibilang memeiliki pemandangan indah dan eksotis. Pemandangan sekitar yang menawarkan rerumputan sekitar serta pepohonan di musim kemarau menambahkan kesan eksotis pada tempat wsiata yang satu ini.

Di Puru Kambera, kamu akan melihat banyak sekali kuda berkeliaran terutama ketika di musim kemarau. Puru Kambera ini memang sebagai habitat untuk kuda liar di Sumba, maka  kamu bisa sesekali menyapa kuda yang sedang berkeliaran di sekitar Puru Kambera.

Puru Kambera Sumba
Puru Kambera
Sumber Gambar: mongabay.co.id

3. Pantai Nihiwatu

Kamu senang berkunjung ke Pantai? Pantai-pantai di Sumba merupakan wisata alam yang tentunya tidak boleh kamu lewatkan. Salah satunya adalah Pantai Nihiwatu.

Pantai Nihiwatu termasuk kedalam pantai tersembunyi di Sumba. Bahkan, Pantai Nihiwatu ini disebut-sebut sebagai pantai terbaik di Asia dengan pemandangan alam dan laut birunya yang eksotis. Untuk kamu yang hobi berselancar di pantai, Pantai Nihiwatu ini selalu ramai dikunjungi oleh peselancar profesional.

Selain berselancar, kamu juga bisa menikmati pantai dengan melakukan aktivitas lainnya, seperti berenang, snorkeling, dan menyusuri pantai menggunakan perahu.

Pantai Nihiwatu Sumba
Pantai Nihiwatu
Sumber Gambar: gojek.com

4. Pantai Mandorak

Untuk kamu yang hobi berselancar, bukan hanya Pantai Nihiwatu saya yang bisa kamu kunjungi. Coba juga Pantai Mandorak, yang selalu menjadi incaran para peselancar profesional. Selain itu, Pantai Mandorak memiliki pemandangan alam sekitar pantai yang sangat indah.

Pantai Mandorak berada di antara dua tebing yang membuat pantai ini terlihat sangat eksotis. Pantai Mandorak ini tepatnya berlokasi di Kabupaten Sumba Barat Daya. Jika kamu berkesempatan untuk berkunjung ke Pantai Mandorak, kamu wajib mengabadikan momen dengan berfoto, terutama pada sore hari ketika matahari mulai terbenam.

Pantai Mandorak Sumba
Pantai Mandorak
Sumber Gambar: nativeindonesia.com

5. Air Terjun Lapopu

Berlokasi di Desa Lapupu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, terdapat sebuah tempat wisata alam yang menyuguhkan air terjun. Air Terjun Lapopu, merupakan tempat wisata dengan objek air terjun yang deras dan cantik.

Lokasi air terjun ini masih tersembunyi dan belum ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Air yang terjun disana juga cukup deras, namun jika kamu berkunjung ketika musim kemarau debit air terjun akan berkurang sehingga tidak terlalu deras. Di bagian bawah air terjun terdapat kolam dengan air yang jernih.

Air Terjun Lapopu Sumba
Air Terjun Lapopu
Sumber Gambar: alamindonesia.co.id

6. Bukit Warinding

Bukit Warinding merupakan salah satu destinasi wisata di Sumba yang menawarkan pemandangan padang sabana yang sangat luas. Padang sabana ini sangat indah dengan warnanya yang kuning ketika kamu berkunjung di musim kemarau. Namun, jika kamu berkunjung di musim hujan, padang sabana akan berubah menjadi warna hijau. Sangat unik, bukan?

Di Bukit Warinding ini juga pernah dijadikan latar lokasi syuting untuk film layar lebar yaitu film "Susah Sinyal." Tertarik untuk berkunjung ke Bukit Warinding?

Bukit Warinding Sumba
Bukit Warinding
Sumber Gambar: maryanimayaa13.blogspot.com

Demikian rekomendasi destinasi wisata alam di Pulau Sumba yang memiliki pesona alam yang sangat indah. Suasana yang begitu cantik dan eksotis pasti akan membuat kamu betah berlama-lama di Sumba. Tak sabar untuk berlibur dan menikmati keindahan alam di Sumba? Segera download aplikasi Traveloka dan dapatkan berbagai akomodasi perjalanan kamu. Selamat menikmati masa liburan di Pulau Sumba!

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Makassar

19 comments

  1. Wisata Sumba emang keren dan menakjubkan banget ya mbak. Mulai dari danau pantai,hingga bukit lengkap. Mudah-mudah next, bisa mengunjungi Sumba bersama keluarga tercinta.

    ReplyDelete
  2. Saya belum pernah ke Sumba, Mbak. Dan begitu lihat beragam wisatanya yang cantik dan memikat, saya langsung mupeng. Apalagi saya paling suka wisata alam. Pantai, air terjun, wih... mantap. Semoga saya bisa segera ke sana, Mbak.

    ReplyDelete
  3. Pulau Sumba ini apakah ada hubungannya dengan aerobik sumba? eh itu zumba yah, eh sama gak sih? Betewe, Keindahan alamnya eksotis banget sih.. Jadi mupeng juga pengen ke Sumba

    ReplyDelete
  4. Baca postingan ini jadi pingin dolan ke sumba. Dulu cuma sampai labuan badjo aja belum explore sumba

    ReplyDelete
  5. Daku selalu takjub kalau melihat landscape pemandangan yang diambil angle nya itu dari atas. Jadinya kan makin kepengen buat traveling ke Pulau Sumba, apalagi lihat air terjunnya

    ReplyDelete
  6. Saya belum pernah ke Sumba, Mbak. Lihat destinasi wisata di sana jadi pengen sekali pergi ke sana. Banyak tempat dengan pemandangan yang indah sekali. Mudah-mudahan bisa ada rezeki dan kesempatan untuk pergi ke Sumba :)

    ReplyDelete
  7. Lihat Puru Kambera udah kayak lihat savana di Afrika ngga sih kak? MasyaAllah indah bangettt! Salah satu wishlist bisa punya foto di tundra kayak gitu hihi, eh ternyata ada di Indonesiaa kantongin dulu!

    ReplyDelete
  8. Sumba jadi bucketlist destinasi nusantara yg next time bakal kami datangi setelah sumbawa Insya Allah.

    Indonesia emang kereen...

    ReplyDelete
  9. Hmm dari foto-foto destinasi wisata di Sumba, bisa saya hirup segarnya udara di sana. Otw, buka Traveloka nih. Cek tiket dan hotel.

    ReplyDelete
  10. Dan semua destinasi tersebut, belum pernah saya kunjungi. Semoga ada kesempatan ke sana. Apalagi Pantai Mandorak, Masya Allah, bagus banget.

    ReplyDelete
  11. Wah... aku belum pernah sama sekali ke Sumba, Mbak. Pernah juga ke Pulau Sumbawa di NTB, hihiiii...
    Ternyata banyak juga ya destinasi yang gak kalah cantiknya. Eksplor Indonesia bagian timur memang perlu juga karena makin banyak tujuan wisata yang menarik.

    ReplyDelete
  12. seger-seger banget destinasi wisatanya, indah mempesona. Dari dulu pengen ke Nihiwatu, semoga nnti bisa liburan kesana

    ReplyDelete
  13. Aduuuuh Sumba ini cantik sekali alamnya
    Pantainya, bukitnya, air terjunnya semua seperti memanggil untuk dijelajahi
    Kapan ya bisa beneran ke Sumba

    ReplyDelete
  14. Wahh Sumba cantik banget ya
    Pantainya , bukitnya, air terjunnya
    Semuanya sempurna
    Semoga kapan kapan bisa berkunjung ke Pulau Sumba

    ReplyDelete
  15. MasyaAllah, di Sumba mau lautan ataupun daratannya benar benar indah dan penuh pesona yaaa Mba..Semoga one day bisa ke sana bersama keluarga. Pingin banget bisa ke bukit Parinding

    ReplyDelete
  16. MashAllah~
    Semua wisata alam di Pulau Sumba ini seperti lukisan ya.. Sungguh harmonisasi alam yang indah dipadukan dengan warna alaminya. Melihat dan menikmati fotonya saja sudah seperti sedang healing yaa.. Apalagi beneran berada di salah satu lokasi Pulau Sumba, NTT.

    ReplyDelete
  17. Wah Pulau Sumba bakal jadi destinasiku selanjutnya nih kak, makasih ya udah kasih review yang lengkap gini. Bisa aja sekeluarga liburan keren nih

    ReplyDelete
  18. Pengen banget bisa wisata ke sumba. Kelihatannya masih alami banget ya.. saya penasaran sama rumah adatnya yg atapnya tinggi itu

    ReplyDelete
  19. Masyallah. Cantik-cantik banget ya mbak wisata di Sumba ini. Kalau menjelajah seluruhnya, bisa kelar sehari nggak sih?

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation