Cara Meningkatkan Traffic Organik di Blog

Mengikuti beberapa komunitas blogger, banyak memberikan insight dan ilmu baru tentang dunia blogging, mulai dari mengatur tampilan dan kecepatan web supaya nyaman dan menarik perhatian pembaca, membuat green article yang langgeng sepanjang masa karena banyak dicari pembaca hingga cara-cara meningkatkan traffic organik di blog. Tentu semakin banyak renovasi blog, kualitas blog kita akan semakin bagus dan mendatangkan peluang kerjasama.

Cara Meningkatkan Traffic Blog
Cara Meningkatkan Traffic Blog

Cara Meningkatkan Traffic Organik Blog

Beberapa informasi dan tips dari rekan-rekan blogger senior, inilah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan traffic organik blog.

1. Update Artikel Hijau

Artikel hijau atau green artickle merupakan jenis artikel yang tidak terpatok dengan tren, tapi banyak dicari sepanjang masa. Misalnya saja di blog hallowulandari.com ini artikel-artikel kuliah, terutama isu Dampak ANZUS bagi dunia paling banyak dicari dan selalu menduduki ranking satu pada laporan Google Search Console (GSC). Beberapa jenis green article lainnya seperti tips memasak, tips diet, tips membersihkan gadget dan beragam tips lainnya.

Baca Juga: Belajar Google Analytics (GA) dan Google Search Console (GSC)

2. Kemas Artikel dengan SEO

a. SEO Title Tag

Tag judul SEO seringkali menjadi hal pertama yang diperhatikan di halaman mesin pencari. Tag judul akan merujuk pada link artikel atau halaman web. Pada mesin pencari Google hanya menampilkan 70 karakter dalam sistem SERP-nya, maka lebih baik kita menyusun judul SEO dengan batasan 70 karakter saja. 

Baca Juga: Pentingnya SEO Bagi Pekerja Digital

b. URL

Link artikel atau URL tidak menjadi posisi kritis kata kunci/ keyword namun URL menjadi salah satu tempat pertama kata kunci akan muncul. Kita bisa meng-custom link artikel di bagian setting publikasi artikel blog.

c. Deskripsi Meta

Deskrispi meta adalah teks yang ditemukan di bawah URL. Keyword akan muncul pada deskripsi meta yang akan menarik perhatian pembaca.

d. Judul Artikel

Judul artikel semestinya menggunakan kata kunci sealami mungkin dan upayakan membuat judul artikel dengan menjaga sebanyak mungkin kata kunci yang kita gunakan.

e. Subjudul

Subjudul akan memudahkan para pembaca untuk melakukan screening isi artikel kita dan menjadi langkah berikutnya bagi pembaca untuk memutuskan relevankah artikel kita dengan kebutuhan mereka.

f. Judul Gambar dan Alt text

Ternyata mengoptimalkan gambar disertai alt text merupakan hal yang penting. Temuan gambar dalam mesin pencari menjadi salah satu cara para pembaca menemukan konten artikel kita. Kita bisa mengubah nama file gambar dan membubuhkan judul gambar dengan kata kunci pada bagian setting gambar dalam blog.

g. Kepadatan Keyword

Kepadatan keyword atau kata kunci dalam badan konten sangat penting, sebagai permulaan usahakan untuk memasukkan kata kunci setiap 100-200 kata.

Baca Juga: 1-0-1 Teknik Wawancara & Menulis

3. Peningkatan Kualitas Konten dengan Tautan/Link

a. Interlink

Sisipkan interlink (tautan dengan artikel lainnya dalam blog) yang relevan dengan pembahasan konten yang baru. Pembubuhan interlink juga bermanfaat untuk menjaga pembaca bertahan di blog kita lebih lama. Saat menyisipkan interlink, perlu diperhatikan teks tautan interlink.

b. Backlink

Tautan balik atau backlink dapat meningkatkan kredibilitas blog. Backlink merupakan tautan balik dari situs web ke web lainnya, semakin banyak backlink yang dimiliki blog kita, akan dinilai semakin kredibel oleh mesin pencari.

4. Riset Keyword Artikel yang Banyak Dicari

Riset keyword bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan beberapa mesin seperti Google Trends.

5. Buat Konten Secara Teratur dan Share Setiap URL Postingan

Membagikan URL postingan merupakan langkah alternatif yang bisa kita lakukan untuk memberitahukan postingan terbaru dan menarik pembaca dari circle pertemanan kita di media sosial.


Referensi:

Blogger Ruang Tunggu

HIIP x Eco Blogger Squad

https://www.jagoankode.com/cara-meningkatkan-traffic-organik-di-blog/

https://www.barantum.com/blog/tingkatkan-traffic-organik-dengan-blog/

18 comments

  1. Ahh,,, ada banyak hal yang harus aku perbaiki lagi supaya traffic di blog bisa konsisten
    Apalagi tentang SEO dan memperbaiki artikel hijau, PR banget ini

    ReplyDelete
  2. Di update lagi si konten hijau bisa manggil trafik lagi ya. Apalagi bisa dirapikan lagi susunannya dan diselipkan apa yang jadi trends, ini nih bagian yang kadang daku lupa

    ReplyDelete
  3. Artikel yang kudu di bookmark ini agar selalu ingat saat mau menulis sebuah postingan di blog agar gak asal jadi aja.
    Semangat belajar menulis agar traffic organic selalu meramaikan blog.
    Makasih sharing ilmu ngeblognya mba.

    ReplyDelete
  4. Ada yang paling mujarab mbak, yaitu pas ketemu keyword yang banyak dicari dan sangat minim persaingan. Kalau bisa malah hanya 1 atau 0 pesaing. Pernah ketemu yang begitu, padahal nggak riset2 amat. Hampir kebetulan malah, karena waktu bikin artikelnya waktu itu masih newbie.

    Nah sekarang, riset kata kunci benar2 penting sebelum menulis. Hasilnya memang lumayan.

    ReplyDelete
  5. saya masih kurang nih di riset keyword sama posting organik, makin kesini blognya jadi jarang banget buat postingan organik.
    padahal dari GSC jelas doong green article yang jadi juaranya.
    mau bangkit lagi dah biar bisa rajin post organik :)

    ReplyDelete
  6. Kecepatan blog kayaknya juga berpengaruh ya kak. Masih PR nih buat aku supaya blog jalannya sat set sat set. Ada ulasannya juga gak ya di blog ini?

    ReplyDelete
  7. Bener sih. Tapi kadang-kadang riset keyword ini bikin dilema. Kalau blognya masih baru kayak punyaku mending cari keyword yang masih sepi persaingan kali ya...
    Anyway. Artikel tentang tips menaikkan traffic organik tuh selalu bakalan dicari sih.

    ReplyDelete
  8. Masih jd pe er banget sih ini buatku.. Tp gpp deh, selalu belajar dan memperbaiki setiap konten dan isi dr blog itu sendiri.. Intinya tetap nulis dan selalu aktif ya.. Mkasih kak remindernya..

    ReplyDelete
  9. Noted nih, aku udah ketinggalan banyK ilmu di dunia perbloggeran. Harus cek ricek artikel hijau nih...

    ReplyDelete
  10. Meningkatkan trafik organik di blog itu sebenarnya nggak sulit ya mbak
    Caranya menulis artikel Evergreen dan memahami teknik SEO friendly

    ReplyDelete
  11. Membuat konten secara teratur ini yang jadi PR banget buat saya hehehe...
    Memang kerasa bedanya kalau kita buat artikel dengan kata kunci yang paling banyak dicari. Mendulang traffic yang kenceng!

    ReplyDelete
  12. Tjakeeeep... tipsnya oke banget. Kutambahin satu lagi, kak, usahakan setiap konten mampu menjawab masalah/frustation dari audiens. Nah, kita berarti perlu mulai perhatiin konten, selain berkualitas, juga konten kita bisa jadi jawaban untuk pertanyaan dari banyak permasalahan yg dihadapi audiens

    ReplyDelete
    Replies
    1. Noted. Ngasih solusi itu senjata ampun buat audience balik lagi ke blog kita dan bahkan merekomendasikan blog kita kmana2 :) Makasi tips nya mba Wulan dan mab Monic

      Delete
  13. Saya sekarang udah mulai nulis berdasarkan trik SEO. Meskipun masih alur curcol tapi setidaknya dri judul dan isian sudah ada beberapa keyword yg saya tuju. SEO yg komplit masih dipelajari, pelan2 aja yg penting posting dulu

    ReplyDelete
  14. Makasih kak sharingnya, ternyata masih banyak yang belum saya lakuin pantas saja trafic blog saya masih kurang

    ReplyDelete
  15. Yg paling sulit Artikel dengan SEO kak.. Kadang ketimpa sm website, pdhl udh ikutin caranya.. Mungkin mereka ada teknik lain..

    ReplyDelete
  16. PV-ku turun banyak beberapa bulan terakhir ini. Salah satunya memang karena gak riset KW, gak rutin update, dan gak banyak postingan organik. Lengkap sudah. Sekarang waktunya benah2 blog lagi.

    ReplyDelete
  17. nggak gampang memang untuk dapatin trafic blog unik, ini tipsanya berguna banget untuk saya. Yang PV nya masih anjlok

    ReplyDelete

your comment awaiting moderation